Posts Tagged ‘orang tua’

Kata mutiara tentang korupsi, hukum, politik, KPK vs Polri

Februari 4, 2015

paris-for-president-o

Paris Hilton dalam kampanye Pemilu Amerika Serikat

Catatan: Tak ada yang baru di bawah matahari. Konflik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah memasuki jilid III. Konflik jilid III dimulai dari persoalan yang muncul dari pemilihan Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri dari Presiden dan penetapan BG sebagai tersangka oleh KPK menjelang DPR melakukan fit and proper test. Drama balas-membalas antara KPK dan Polri terus berjalan yang melibatkan banyak pihak lain, seperti DPR, DPD, lembaga Kepresidenan, aktivis pembela pemberantasan korupsi, dan berbagai agen masyarakat madani (civil society). Anekamedia massa ikut meramaikan kegaduhan ini.

Sebenarnya bila diamati secara saksama, konflik ini bukanlah antara institusi KPK dan instituasi Polri tapi pertarungan antara KPK dan para koruptor di Polri, DPR, partai politik. Oknum-oknum itu menggunakan institusi untuk menyembunyikan niat dan kejahatan korupsi. Akar dari akar persoalan ini adalah korupsi yang telah amat tertanam  sampai ke ujung-ujung akar dan menyebar ke seluruh bagian pohon negara-bangsa ini.

Posting ini merupakan rangkuman kicauan kami di Twitter S Belen @sbelen07 dan Facebook. Kami masukkan pula komentar teman-teman di Facebook. Banyak kicauan yang kami ambil dari kata mutiara pepatah, kutipan ucapan tokoh dalam dan luar negeri yang tak lekang oleh waktu sehingga setiap kali muncul persoalan yang sama kita dapat merujuk ke kata-kata mutiara itu. Karena, seperti kata peribahasa Latin “Nihil novi sub sole”, tiada yang baru di bawah matahari. Gejala-gejala dan modus boleh berubah tapi hakikat korupsi itu tetaplah yang sama yang terulang dan terulang.

 

john-f-kennedy-assassination-o

Tertembaknya Presiden John F Kennedy. Komplotan yang bertanggung jawab atas pembunuhan ini masih tetap misteri sampai sekarang.

.

“Satu kelapa ditahan polisi atas dugaan kecurangan sengketa Pilkada. Kelapa dicurigai sebagai agen black magic #KPKvsPolri

 Coconut

Komentar:

  • Faisal Mard: Ha….ha… nggak lama lagi kodok pun jadi barang bukti. Biar si kodok ikut bernyanyi.

    Daniel Boli Kotan: Amana….suwanggi bisa jadi alat bukti….

.

Jika polisi tindak oknum, bukan institusi, Polri tunduk pada hukum, mengapa saksi dan BG tak datang ke KPK? #KPKvsPolri

 B8NVc9RCcAEhLPZ.jpg large

.

Dalam sebuah negara polisi, merujuk dan menuntut hak seseorang dipandang sebagai tindakan agresi. (Philip Schuyler). #KPKvsPolri

 Save KPK 4

.

Kita hidup dalam masyarakat di mana pizza sampai ke rumah Anda lebih cepat daripada polisi. #KPKvsPolri

 promo_big_mac11 - Copy

Komentar Theresia Fie: Betul banget, pak…. Mat pagi. mat beraktivitas ya…Gbu.

,

Sistem hukum yang korup memberi peluang emas bagi polisi, jaksa, hakim, dan pengacara meraup uang haram. #KPKvsPolri

 Korupsi 53

,

Ada dua jenis pengacara, yaitu pengacara halal dan pengacara haram. (Prof J E Sahetapy). #KPKvsPolri

 Prof J E Sahetapy 5

Komentar

  • Karim Karhami: Kalau kondisi seperti ittu, apa yang harus kita lakukan, Pak SB?

     

     S Belen: Pak Karim, biarkan saja pengacara haram berbicara mutar-mutar dengan argumentasi yuridis di layar TV dan kertas koran. Warga masyarakat pasti menilai dengan mata hatinya. Kebenaran tak bisa dimanipulasi dengan kata-kata manis, demi hukum, demi rakyat, demi keadilan. Kita semua tahu mereka berbusa mulut demi duit masuk kantong. Uang haram tidak menyehatkan jasmani-rohani. Mereka hanya menggali lubang bagi dirinya sendiri.
    Karim Karhami: Apa perlu membuat list pengacara haram dan we announce to the public. Atau, pada dasarnya sebagaian besar atau semua pengacara itu haram?

.

Polisi telah menjadi penafsir terakhir hukum negara. (Zaid Ibrahim). #SaveKPK

 Save KPK 4

.

Tiap hukum yang melanggar HAM pada dasarnya tidak adil dan tirani; itu bukan hukum sama sekali. (M Robespierre). #SaveKPK

 Korupsi

.

Tiada seorang pun di atas hukum. Tidak seorang politisi, tidak seorang imam, tidak seorang penjahat, tidak seorang polisi. Kita bertanggung jawab atas tindakan kita. (A Villaraigosa). #SaveKPK

.

Kekuatan pengacara adalah ketidakpastian hukum. (Jeremy Bentham). #SaveKPK

 bohong

.

Jika anda memiliki 10 ribu peraturan, anda menghancurkan semua penghormatan terhadap hukum. (Winston Churchill). #SaveKPK

Korupsi 6

.

Anda menipuku. Aku tak menuntut Anda, karena hukum terlalu lambat. Aku akan menghancurkan Anda. (C Vanderbilt). #SaveKPK

 Save KPK 7

Target yang mau dihancurkan?

.

Tiada tirani lebih kejam daripada yang diabadikan di bawah perisai hukum dan atas nama keadilan. (C de Montesquieu). #SaveKPK

 Save KPK 4

.

Sebuah semangat yang kuat melampaui aturan. (Prince). #SaveKPK

 Bambang Widjoyanto

Hoegeng 9

 

.

Perang memiliki aturan, gulat lumpur memiliki aturan – politik tidak memiliki aturan. (Ross Perot, Calon Presiden Amerika Serikat). #SaveKPK

 Save KPK 5

.

Yang saya pahami, hukum, perintah, aturan, dan fatwa untuk mereka yang tak bisa menyinari jalan. (Anne Hutchinson). #SaveKPK

 Korupsi 39

.

Di mana cinta berkuasa tiada hasrat kekuasasaan; di mana kekuasaan dominan, ada defisit cinta. Yang satu jadi bayang-bayang yang lain. (Carl Jung)

 Korupsi 25

.

Integritas tidak membutuhkan aturan-aturan. (Albert Camus). #SaveKPK

 Bambang Widjoyanto 8

Komjen Budi Gunawan

 

.

Yang memerintah diri dan menguasai nafsu, hasrat dan ketakutan adalah orang yang lebih dari seorang raja. (John Milton). #SaveKPK

 Korupsi 53

.

Aturan-aturan hukum tidak selalu suci, prinsip-prinsip iya. (Franklin D. Roosevelt). #SaveKPK

 Save KPK 4

.

Kepemimpinan diuji dari konsistensi dan tindakan yang pasti, yang menjadi sandaran tim – tak memaksakan berkas aturan. (Don Yaeger). #SaveKPK

 Save KPK 5

 

.

Aturan hukum yang benar tidak berlawanan dengan HAM dan etika moral. Yang berlawanan = hukum rimba. Lawan! #SaveKPK

 Save KPK 5

.

Hiduplah satu hari saja pada satu saat lebih menekankan etika moral daripada aturan (hukum). Wayne Dyer #SaveKPK

 Save KPK 5

.

Orang muda tahu aturan (hukum), tapi orang tua tahu pengecualian dari aturan. (Oliver Wendell Holmes, Sr). #SaveKPK

Love KPK

.

Siapa yang mengikuti rules of the game (aturan main) dan siapa yang games the rules (mempermainkan aturan)? #SaveKPK

183657_wakil-ketua-kpk-bambang-widjojanto_663_382

Komjen Budi Gunawan

 

.

Dalam Kongres PNI di Bandung 1966: Partai Sukarno, PNI berkhianat, tak mau Bung Karno kembali dalam kepemimpinan Nasional dan Negara.

Apakah PDIP yang dipimpin anak Bung Karno bisa mengingkari kepemimpinan Jokowi yang dipilih Ketum PDIP sendiri?

 1966bksuharto

Komentar:

Alfons Rianghepat: Tanda-tanda ke arah sana sudah semakin jelas……….

.

Saat kekuasaan direbut Soeharto, Bung Karno berkata kepada Roeslan Abdulgani: “Cak Roes! Biarkanlah saya tenggelam asal rakyat Indonesia tetap bersatu.”

 soeharto-dan-soekarno-2wzgoz4wk4qjrqohocchkw

.

Jika kita membohongi pemerintah, itu tindak kejahatan. Jika pemerintah membohongi kita, itu “hanyalah politik”. #SaveKPK

 Mouth poison

.

Joko, Joko, kamu berani durhaka kepada ibu ya? Tahu nggak, Jok, “Sakitnya tuh di sini. Di dalam hatiku.” #SaveKPK

 Sakitnya tuh di sini

.

Musuh dari musuhku adalah kawanku. Kalau Megapaloh “memusuhi” JKW, maka “musuh” mereka bisa jadi kawan JKW. #SaveKPK

 Catur

Komentar:

.

Megapaloh out of touch dengan keinginan dan hati nurani rakyat. JKW bertemu Prabowo dan Habibie: gejala rekonstelasi politik.#SaveKPK

 Mega Paloh

Komentar:

Alfons Rianghepat: Jokowi harus berani seperti Ahok….. KELUAR dari PDI-P dan KIH…..KMP siap mendukung……..hebohhhhhh.

.

PDIP dan Nasdem tuntut Jokowi melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri lalu langsung membatalkan. Apa kata dunia? #SaveKPK

 Jika BG dilantik

Komentar:

.

Jika Jokowi lantik dan langsung batalkan BG sebagai Kapolri, maka inilah Kapolri tersingkat di sini dan di dunia. #SaveKPK

 Komjen Budi Gunawan

.

Ideologi modern: cinta dan seks selalu berjalan sama-sama. Mungkin masalah terbesar manusia adalah keduanya tidak demikian.

 sontaglove_unlimited

.

“Benarkah? Orang sakit yang ia pikir jiwanya, tapi orang sehat yang ia pikir adalah … uangnya?” #Duitstips

 Love & money

.

Jika punya 1 hari tersisa dalam hidup, bagaimana anda akan menjalaninya? Apa yang akan anda ubah ihwal kehidupan kini?

 jejak-langkah-kaki1

Komentar Vindy Arloncylionz: Jika hanya tersisa satu (1) hari untukku hidup maka aku akan menghabiskan waktuku untuk berterima kasih kepada orang-orang yang selama ini memberikan pelajaran berharga di kehidupanku, dan berusaha untuk meminta maaf semampuku. Serta aku akan menghabiskan waktu bersama orang-orang kesayanganku, orang tuaku, pendampingku.. yang utama. Terima kasih atas kesempatan hidup yang Kau berikan hingga saat ini ya Tuhanku.

.

Yesterday is history. Tomorrow is a mystery. And today? Today is a gift. That’s why we call it the present.#Psikologi

 Present

.

Kita masuk abad tanpa privasi, kapan pun tiap orang terpapar diawasi, tiada lagi rahasia dari pemerintah! #SaveKPK

 Sosmed

.

Tiada yang salah dengan negara kita. Ada yang salah dengan politik kita yang perlu kita perbaiki. (Presiden Obama). #SaveKPK

 Obama

.

Untuk mengetahui siapa yang menguasai anda, cukup temukan siapa yang tidak boleh anda kritik. (Voltaire). #SaveKPK

 Politik quotes 3

.

Bahasa politik dirancang untuk membuat kebohongan terdengar jujur dan pembunuhan terhormat. (George Orwell). #SaveKPK

 Politik quotes 2

.

Di politik tiada teman sejati. Kita semua hiu yang berputar-putar, dan menanti jejak darah muncul di air. (Alan Clark). #SaveKPK

 Sharks

.

Belakang pemerintah sah, duduk pemerintah bayangan yang lolos dari kesetiaan dan tanggung jawab kepada rakyat. (Roosevelt). #SaveKPK

 Mega Paloh

Komentar

  • Pius Rengka: Rakyat akan menyiksa partai dua orang ini nanti pada waktunya, jika mereka tidak segera memulihkan hubungan ini. Tadinya dua partai yang dipimpin oleh dua orang ini terkesan sudah baik, tetapi sekarang orang mulai ragukan dan perlahan merasa gak beda dengan yang sebelumnya. Kesan itu saya peroleh dari rakyat sederhana ketika saya mengelilingi kampung di kawasan Maluku Barat Daya. Dalam bahasa mereka, “tadinya ose bagus, beta pilih ose punya partai, sekarang ose mulai putar balik deng ose kasih beta maling urus polisi. Seng beda deng laen. Ale tunggu nanti. Itu kalimat mereka dalam bahasa lokal. Saya diam-diam mencatat, dan mencatat.
  •  Pius Rengka: “Ale satu saat butuh ketong, butuh ketong pung suara, nanti beta kasih ale kosong,” kata satu anak muda.
  • S Belen: Terima kasih, Pak Pius Rengka. Beta yakin itu suara polos orang kampung. 6 x saya berkunjung ke Pulau seram (3 x ke Masohi dan 3 x ke Piru). Mereka amat baik dan bicara apa adanya. Kalau bertemu di jalan di malam hari dalam kegelapan mereka masih menyapa “Selamat malam, Om.” Kosa kata mereka tidak tampak siapa yang muslim dan siapa yang Kristen. Amat egaliter. Walau partai-partai mengklaim itu basis mereka, orang Maluku pandai dan bijak menilai partai mana yang benar dan mana yang suka putar balik (ngapusi). The time will come, the judgment time.
  • S Belen: Sampai sekarang beta seng mangarti mengapa BG jadi untouchable man sehingga bisa lolos di DPR tanpa filter KPK dan PPATK. Penangkapan BW dan pelaporan komisioner KPK yang lain Ke Bareskrim menunjukkan skenario sistematis balas dendan dan pelumpuhan KPK yang datang dari partai pendukung JKW. Energi bangsa ini terkuras untuk hal yang tak perlu. Cabe deh.
  • Alfons Rianghepat PENGKHIANAT…..!!!!!!!!!!

.

Cintai dirimu terakhir: sayangi hati-hati yang benci anda; korupsi menang tapi tak lebih daripada kejujuran. (Shakespeare). #SaveKPK

 Korupsi 20

.

Rakyat tak boleh takut pemerintah. Pemerintah-lah yang harus takut rakyat. Kan, mereka naik berkat suara kita. Mengapa waktu Pemilu kita memilih mereka lalu setelah duduk di tahta, kok kita balik takut kepada mereka? Aneh!! #SaveKPK

 Korupsi 51

.

Kekuasaan tidak korup. Rasa takut itu yang korup … mungkin takut kehilangan kekuasaan. (John Steinbeck). #SaveKPK

 Korupsi 50

.

Makin banyak korupsi di satu negara, makin banyak undang-undang dibuat. (Tacitus). Hidup hukum rimba dalam rimba hukum! #Save KPK

 Korupsi 49

.

Korupsi di negara mana pun tak lain daripada tanda manusia-manusia egois yang rakus yang hidup di tengah mayoritas.#SaveKPK

 Korupsi 48

.

Pemerintah disandra penyumbang kampanye. Uang bukan demi kebijakan publik yang baik tapi yang bayar mereka kembali. #SaveKPK

 Korupsi 47

.

Bila mengekspos satu kejahatan diperlakukan seperti melakukan satu kejahatan, anda diperintah oleh para kriminal. #SaveKPk

Korupsi 46

.

Bila si kaya merampok dari si miskin, disebut bisnis. Bila si miskin berbalik menyerang, disebut kekerasan. #SaveKPK

 Korupsi 45

.

Korupsi bahasa mengikuti korupsi uang, antara lain melalui eufemisme dan argumentasi hukum yang cerdik. #SaveKPK

 89700-85883

.

Kebesaran sebuah bangsa diukur dari bagaimana ia memperlakukan warga negaranya yang terlemah. (Mahatma Gandhi) #SaveKPK

 Korupsi

.

Saya merayakan kemerdekaan Indonesia bila Indonesia terbebas dari korupsi karena itulah kemerdekaan sejati. #SaveKPK

 Korupsi 14

.

Kata bijak pada masa darurat: Mengapa mereka yang berkuasa menolak investigasi terhadap korupsi? #SaveKPK

 Korupsi 15

.

Ketidakpedulian anda lebih buruk daripada drone, serangan teroris, dan korupsi apa pun. #SaveKPK

Korupsi 44

.

Waktu terus berjalan, dan demikian pula korupsi politik. #SaveKPK

 karikatur-janji-politik11

Korupsi adalah terorisme terhadap rakyat. #SaveKPK

 Korupsi 32

.

“Korupsi dalam pendidikan mempengaruhi integritas dan martabat siswa seumur hidup” #SaveKPK

 Korupsi 34

.

“KEWAJIBAN PEMUDA-PEMUDI adalah menantang korupsi” (Kurt Cobain). #SaveKPK

 Love KPK

.

Kiat praktis: Bila memilih walikota, bupati atau gubernur, carilah orang yang tak tersangka korupsi politik #SaveKPK

 Korupsi 26

.

“Seorang pencuri berpikir bahwa siapa pun mencuri.” (Pepatah India). #SaveKPK

 Korupsi 29

.

Perilaku yang benar meningkatkan harga diri bangsa, tapi korupsi adalah aib bagi pemerintah mana pun. #SaveKPK

Korupsi 64

 

.

“Pencuri klas kakap menghukum gantung pencuri klas teri”. (Pepatah Ceko). #SaveKPK

 kartun-lucu-tikus-dihukum-2

.

“Bila kepala membusuk, ia mempengaruhi seluruh tubuh.” (Pepatah Afrika). #SaveKPK

 Sogok uang

.

Ikan mulai membusuk dari kepalanya. (Pepatah Turki). #SaveKPK

 Koruptor pengadilan terakhir

.

“Pencuri yang cerdas menguasai majikannya” (Pepatah Turki). #SaveKPK

 Mata ditutup uang 100 rb

.

Koruptor mampu menemukan selusin alibi. (Pepatah Amerika). #SaveKPK

 tikus korupsi basmi

.

“Sebuah negara yang partai politiknya dibiayai dengan uang korupsi adalah negara dengan korupsi sistematis.” #SaveKPK

 Suap

.

Tiada bantal tidur selembut hati nurani yang bersih. (Pepatah Prancis). #SaveKPK

 Hari korupsi internasional

.

Kucing minum susu sambil berpikir tak ada orang melihatnya! (Peribahasa Kanada). Pikiran koruptor = kucing. #SaveKPK

 Maling

.

Bak air tak dapat mengalir ke atas, politik tak mungkin bersih. Punya teman tidur aneh itu bisa dalam politik #SaveKPK

 Strange bedfellows

.

Bila dua gajah beradu, rumput-lah yang terinjak-injak. (Peribahasa Afrika). #SaveKPK

 Elephants fight

.

“Bahkan kelinci mampu menarik seekor singa dengan memegang jenggotnya bila ia sudah mati.” (Pepatah Belanda). #SaveKPK

 Kelinci dan singa 2

.

“Musuh dari musuhku adalah kawanku.” (Peribahasa kuno). #SaveKPK

 Catur

.

Siapa tidak ikut berpolitik akan dikerjain oleh politik. (Peribahasa Prancis). KPK buta politik? Pasti bubar. #SaveKPK

 Belajar politik

.

“Satu kebohongan = bohong 1 x, dua kebohongan = bohong 2 x, tapi 3 x bohong adalah politik. Tiddish Proverb #SaveKPK

 bohong

.

Vox populi vox Dei. Suara rakyat = suara Tuhan karena merupakan suara hati nurani. Bukan suara ketua umum  partai, suara pembisik. #SaveKPK

Vox populi vox Dei 2

.

Vox populi vox Dei. Suara rakyat adalah suara Tuhan. Bukan suara Megapaloh, suara Tedjo, suara Kabareskrim. #SaveKPK

Vox populi vox Dei 3

.

Siapa biang kerok kisruh kriminalisasi KPK? Pak Jokowi, bapak yang memulai, bapak juga yang harusnya mengakhiri. #SaveKPK

 Jokowi memulai

Komentar:

  • Arief Masdjudi KPK dan POLRI harus bahu-membahu berantas korupsi. Ok, asal bukan petinggi yang rekeningnya gendut…
  • S Belen Bareskrim bisa jadi superbody yang bisa menangkap petinggi siapa pun tanpa prosedur hukum yang jelas. Ganti Wasweswos sebelum terlambat.

.

Jokowi: Saya akan libatkan KPK dan PPATK dalam memilih menteri dan pejabat negara. Mengapa kecuali Budi Gunawan? #SaveKPK

 Jokowi janji dan ingkar

.

Pak Jokowi, tanya dong koh Ahok cara bisa punya urat berani melepaskan diri dari kendali partai dan ketumnya! #SaveKPK

 Jokowi dan Ahok

Komentar:

  • Julius Juih: Dengan kata lain partai biang keladinya ya pak?
  • Alfons Rianghepat: Sepertinya……….
  • S Belen: Pak Jokowi lagi belajar bagaimana bersikap dan bertindak sebagai presiden. Menteri saja perlu 2 tahun belajar seluk-beluk kementerian baru paham.
  • Arief Masdjudi: Ayo langsung talak 3, jangan khawatir asal program prorakyat pasti dibela dan didukung…..

.

Pak Jokowi, kami inginkan tindakan dan bicara tegas dan lugu, tanpa ewuh pakewuh hentikan kriminalisasi KPK #SaveKPK

STRUKTUR KABINET JOKOWI-JK

Komentar Bayu Aji Pamungkas: KPK itu lembaga yang sangat berpengaruh sekali…  Sudah banyak pelaku korupsi yang dibabat habis sama dia om…. Polri pun tidak kalah bagusnya. Yang jadi masalahnya adalah dengan situasi yang sekarang ini…tinggal jujur saja ko, siapa yang salah, siapa yang benar…. Kalo emang korupsi ya tinggal ngaku, apa salahnya…. Yang jadi masalahnya lagi…  dia dia orang punya muka tembok ngga…. Itu sedikit komentar dari saya om….

.

Pak Jokowi, mengapa memberi pernyataan di Bogor dan istana seperti anak SD yang baru belajar baca dan bicara? #SaveKPK

 jokowi-di-bogor

.

Polwan ini tak punya rekening gendut dan tidak pungli di jalan. Bagaimana kalau mbak ini yang jadi Kapolri? #SaveKPK

 Mbak jadi Kapolri

.

Pak Jokowi, bapak akan terus tergencet dan jadi bulan-bulanan duet dalang Megapaloh.Hayo, tampil berani dan mandiri #SaveKPK

 Bayangan Megapaloh

.

Hoegeng: Saya polisi, bukan politisi. Polisi kini poliTIsi. Dapat transferan duit pakai Teknologi Informasi #SaveKPK

 Hoegeng saya polisi bukan politisi

Komentar Etty Sofyatiningrum: Tullll sekali pak. Mana tahannn…..

.

Tiap kali anak ke sekolah, kukatakan,”Hati-hati ya!” Hati-hati dengan lidahmu karena ..(lihat gambar). Ini bukan tedjo. #SaveKPK

 89700-85883

.

Kata-kata Pak Tedjo: “membakar” rakyat – kekanak-kanakan – rakyat nggak jelas. Apa rakyat nggak jelas boleh dibakar? #SaveKPK

 B8KsSyECcAEyZTo

.

Waktu bicara kemenangan dan kesalahan, pikiran GWH Bush berasosiasi dengan seks karena pengalaman masa lalunya #SaveKPK

 89700-85965

.

GHW Bush: “Saya bekerja bersama Presiden Reagen. Kita .. menang. Buat … kesalahan… main seks .. uh .. kemunduran.” Tedjo banget #SaveKPK

.

わたしの民は明らかではない。(私は委員会をサポートすることを誇りに思います) Gak jelas bagi Mr Tedjo, jelas bagi kita statemen di gambar dalam Kanji #SaveKPK

 Save KPK 6

.

Statemen Pak Tedjo membuat ここに病気TUH Nggak jelas? Itu tulisan huruf Kanji Jepang: sakit tuh di sini. Hahaha #SaveKPK

 Save KPK in New York

.

TV ini jelas nggak jelas. Tapi saya lihat pasir yang lebih jelas daripada Mr Tedjo yang jelas nggak jelas. #SaveKPK

 B8K0R2QCMAAhNnG

Komentar Agus Dharma: Hahaha…kreatif status bro ini.

.

Mr.Tedjo. Coz ur tongue is spineless (tak bertulang), beware of ur mouth coz it is poisonous (beracun). #SaveKPK

 Mouth poison 3

.

Tedjo bahasa Porto berarti തേജോ dalam bahasa Malayaalam. Tulisan + bahasa gak jelas. Tedjo = gak jelas. Hahaha. #SaveKPK

 B8KsSyECcAEyZTo

 

.

Kepribadian koruptor terbelah. Kalau dia bicara, perhatikan kali ini suaranya muncul dari pribadi yang mana. #SaveKPK

 Corruptor alter ego

.

BW masuk bui. Gedung KPK disegel. Dekrit presiden bubarkan KPK. Aku terbangun, ternyata hanya mimpi koruptor #SaveKPK

 Corruptor alter ego

Komentar Yon Sudiyono: Terkadang mimpi itu menjadi kenyataan lho…., kita setuju melawan upaya pengerdilan KPK.

.

Beware of your mouth. Beware of what you are talking about coz your mouth is a poison. Mulutmu adalah racun. #SaveKPK

 Mouth poison 3

.

Who’s speaking against conscience? Speaking against your conscience is useless. You are a liar. (Siapa yang berbicara melawan hati nurani? Berbicara melawan hati nurani itu sia-sia. Anda adalah seorang pembohong) #SaveBW #SaveKPK

 Mouth poison

.

Duit, lagi-lagi duit yang jadi biang kerok kegaduhan hukum dalam penangkapan BW. Duit bikin nurani loyo. #SaveKPK

 Uang mercon

Bambang Widjoyanto 6

.

Di belakang suami hebat ada istri yang tangguh. Pak Bambang & Bu Sari, pantang mundur sikat koruptor. #SaveKPK

 Bambang Widjoyanto 4

istri-bambang-widjojanto--tidak-perlu-gentar_663_382

.

Di belakang istri hebat ada suami yang tangguh. Bu Sari & Pak Bambang, pantang mundur ganyang koruptor. #SaveKPK

 istri-bambang-widjojanto--tidak-perlu-gentar_663_382

Bambang Widjoyanto 4

.

BW tetap ditahan. Janji Plt. Kapolri tak bisa dipegang. Presiden dikangkangi. Menunggu ketegasan Pak Jokowi. #SaveKPK

Save KPK 5

.

Jika BG ditangkap, siapa gerangan yang akan bereaksi membela? BW ditangkap, rakyat bereaksi membela yang benar #SaveKPK

 183657_wakil-ketua-kpk-bambang-widjojanto_663_382

Komentar Arief Masdjudi: Ya komunitasnya sendiri yang gendut…..yang bisa bayar pengacara, media, demonstran, … apa saja.

.

BG = totum pro parte/uno (mewakili korpsnya). BW = pars/unum pro toto (bagian/satu mewakili seluruh rakyat). #SaveKPK

 Bambang Widjoyanto

Komentar Arief Masdjudi: Kalau mbokde BG???

.

Para petinggi Polri yang komentar soal penangkapan BW menggunakan logika hukum karet. Bisa diputar-balik. #SaveKPK

 Cicak vs buaya 4

Komentar:

.

Para petinggi Polri kok satu suara dan nada mendukung penangkapan BW. Bersihkan orang-orang ini dari jajaran Polri. #SaveKPK

 Bambang Widjoyanto

.

Presiden Jokowi, bapak tidak tegas menyikapi penangkapan BW. Terombang-ambing berpihak PDIP atau KPK / rakyat? #SaveKPK

 Dua orang yang sedang dicari

.

Segerombolan polisi yang melanggar hukum adalah geng terbesar di planet ini. (Proverbs-of-Police). Save BW #SaveKPK

 95tx4B2O

Komentar:

  • Agus Dharma: Konon, bambang adalah nama paling banyak di negeri kita, kedua agus, paling buncit s belen…hehehe pis bro.
  • S Belen: Pak Agus Dharma. Saya ketawa baca komentar Pak. Apalagi yang namanya Agus plus Dharma itu manusia langka. He he he. Namaku adalah turunan manusia Adonara di Flores yang suka perang, pantang menyerah. Hahaha.
  • Agus Dharma Prihatin ya bro….

.

Polisi menyulitkan anda. Mereka bikin masalah di mana-mana. Tapi bila mati dan ke surga, anda tidak temukan polisi di sana. (W Guthrie). #SaveKPK

.

Polisi disanjung bila menangkap musuh rakyat tapi dihujat bila menangkap pendekar berantas korupsi. Save BW #SaveKPK

 183657_wakil-ketua-kpk-bambang-widjojanto_663_382

.

Keberanian bukanlah tiadanya ketakutan tapi aksi di hadapan ketakutan. Save BW pemberani tangkap koruptor. #SaveKPK

 Bravery meaning

Bambang Widjoyanto

 

.

Peluklah seorang polisi. Itulah hukum! Pakai logika hukum membantah polisi adalah pekerjaan sia-sia. Save BW #SaveKPK

.

Bila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut berbuat kebaikan, maka tidak akan ada kemajuan selangkah pun” (Bung Karno) #SaveKPK

.

Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu lebih sulit karena melawan bangsa sendiri. (Bung Karno). Save BW #SaveKPK

.

Seorang pemberani biasanya juga seorang yang amat percaya diri dan yakin. (Cicero). Save BW #SaveKPK

 Bambang Widjoyanto 7

.

Satu orang mungkin mati, bangsa-bangsa muncul dan runtuh, tapi sebuah ide bertahan tanpa kenal mati. (J F Kennedy). Save BW #SaveKPK

 Bambang Widjoyanto 5

Komentar Guido Fahik: Ya, Siril. Maju terus bela yang benar!

.

Kompromi adalah pemenjara kebebasan dan musuh pertumbuhan. (J F Kennedy). Save BW #SaveKPK

 95tx4B2O

.

“Selalu beri yang terbaik, jangan pernah takut. Pembenci tak akan menang kecuali anda membenci mereka, lalu menghancurkan diri. (Richard Nixon). #SaveKPK

.

“One man with courage is a majority.” (Thomas Jefferson). Satu orang yang berani = mayoritas. Save BW #SaveKPK

 183657_wakil-ketua-kpk-bambang-widjojanto_663_382

.

Usul: Semua dokumen soal korupsi di KPK dibuat rangkap 3 dan disimpan di 3 tempat aman yang berbeda. Save BW #SaveKPK

.

Mengapa Bareskrim tak sekalian tangkap juga Abraham Samad? Mungkin alat bukti baru 2, belum 3. #SaveKPK

 Dua orang yang sedang dicari

.

Kirain BW ditangkap karena kasus narkoba / main perempuan di hotel. Eh, taunya soal perkara di MK 2010. #SaveKPK

.

Dua tokoh yang gencar diburu koruptor. Walau sudah mewakafkan nyawanya, kita bela agar tak mati konyol. #SaveKPK

 Dua orang yang sedang dicari

.

Track record BW terbukti konsisten sejak perjuangan di Papua sampai kini. Orang jujur dibenci koruptor. #SaveKPK

 Bambang Widjoyanto

.

Salah pilih Kabareskrim? Salah pilih buaya? Baru menjabat langsung salah langkah? Lucu banget. #SaveKPK

 cicak vs buaya

.

Citra Polri semakin terpuruk melalui aksi menangkap dan memeriksa Bambang Widjoyanto. Buaya lagi panik. #SaveKPK

.

Salut bagi Pak Bambang Widjoyanto yang mengantar anaknya ke sekolah tanpa ajudan. Mengantar anak ke sekolah pertanda orang tua yang sayang dan sadar pendidikan anaknya. Orang baik pasti dibela rakyat. #SaveKPK

.

Aksi menangkap Bambang Widjoyanto hanya mempermalukan muka Polri. Skenario terlalu mudah dibaca. Ha ha ha. #SaveKPK

 Cicak vs buaya 4

.

Buaya balas dendam kepada cicak yang berani menghalangi buaya. Doa kita bagi Bambang Widjoyanto dan KPK #SaveKPK

 Buaya & sejuta cicak

.

Buaya yang loyo kini menangkap cicak. Tontonan tidak lucu. Ini semua gara-gara korupsi. Duit jadi mercon. #SaveKPK

 Uang mercon

.

Ketika satu pintu tertutup, akan terbuka pintu-pintu lain. Janganlah putus asa, terus berlangkah. Pintu lain akan terbuka.

 door close open

Komentar Agustinus Gereda Tukan: Selamat malam, Pak Belen. When one door closes another door opens…… sangat inspiratif memperteguh langkahku…

  •  S Belen: Ama Agus (Agustinus Gereda Tukan), bila tiap orang merefleksikan kembali perjalanan hidupnya, betapa terlihat kebenaran fakta adagium When one door closes, another door opens. 2 x saya mengalami serangan jantung dan menjalani operasi pasang ring 2 x (one door closed). 12 tahun kemudian akhirnya kami menemukan ramuan herbal Sano yang membuat kinerja jantungku bagus dan bisa membantu sesama yang menderita sakit (another door opens). Sekarang kami dibantu sejumlah karyawan belia dari keluarga kurang mampu sehingga tak bisa melanjutkan pendidikan (one door closes). Saya dan istri mendorong mereka untuk berlangkah menuju pintu yang terbuka dengan menawarkan mengikuti kursus yang diinginkan untuk masa depannya agar another door opens. Kebiasaan dalam keluarga kami adalah mengkursuskan pembantu agar terbuka pintu bagi mereka bila berkeluarga. Bisa cari uang sendiri, tidak bergantung kepada suami, agar “tidak diinjak-injak” suami. He he he
  • Mario Josef: Pak Belen selamat pagi, itu cocok untuk pintu ekonomi, tetapi tidak untuk pintu psikhologi…hahaha, apa khabar! Hmmm akhirnya nimbrung juga teman Agus, apa khabar? Pak Belen titip salam buat teman kami Agus, setelah hampir 25 tahun dia jumpa di layar ini!!
  • S Belen: Pak Mario Yosef, Terima kasih atas tanggapan. Kabarku bae-bae sa. Beta sudah jadi opung, mbah, ba’i atawa opa 3 cucu. Sudah kusampaikan salam buat Pak Agus Gereda Tukan, teman lama Pak yang barusan ketemu di layar facebook setelah 25 tahun. No. HP Pak Agus juga sudah kukirim. Pak Agus itu yang mengembangkan sampai jadi Universitas Negeri Merauke. Kalau ke Merauke Pak Agus yang suka antar saya ke mana-mana. Sekali kami cari keluarga dari Adonara sampai di pelosok Merauke yang becek. Sampai di sana sudah malam. Bapak itu cerita tentang pengalaman tangkap ular untuk dijual. Waktu keluar dari rumah jadi takut injak ular. He he he.
  • Agustinus Gereda Tukan: Terima kasih, Pak Belen sudah konfirmasi kepada teman saya Mario Yosef. Tapi agak berlebihan kalau sayalah yang mengembangkan Universitas Musamus (awas orang lain marah, hehehehehe). Selamat berhari minggu, GBU.

.

Uang dapat membuka semua pintu, kecuali pintu surga. #KPKStars

 Uang mercon

.

Bagaimana bisa mengharapkan detox racun virus, kuman, bakteri yang sudah menjalar ke seluruh tubuh Polri bila calon #kapolritersangka?

Komentar:

  • Agus Dharma: Betul itu bro…
  • Andreas Tri Scs: Revolusi
  • Agus Dharma: Bro…Pak Jokowi sudah menunda pelantikan BG sebagai Kapolri dan menunjuk Wakapolri yang sekarang menjadi Plt Kapolri. Penundaan itu sampai proses hukum BG selesai. Now we know…he is not going to appoint BG as Kapolri. Thank you Mr President.
  • S Belen: Pak Jokowi pakai kearifan lokal Jawa: Nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake – Kita harus bersikap ksatria, bertanggung jawab. Maju perang tanpa pasukan, dan menang tanpa merendahkan. Jadinya Bu Mega, PDIP, partai pendukung, KMP, DPR tak kehilangan muka. Akhirnya sampai ke tujuan antara melalui jalan berkelok-kelok.
  • Daniel Boli Kotan Ini pak .S Belen, strategi pak Jokowi: “Tiga Alasan Jokowi Tunda Lantik Budi Gunawan dan Politik Jalan Tengah”

.

#kapolritersangka: Pak Jokowi, Rakyat tidak hanya butuh nasi dan turunnya harga minyak tapi juga kebenaran nurani demi pemberantasan korupsi.

.

#kapolritersangka: Djoko Susilo dihukum 18 tahun bui dan wajib bayar denda Rp 1 miliar + uang pengganti Rp 32 miliar. Percaya clearance Bareskrim?

.

#kapolritersangka: Semula Polri ngotot menyelidiki kasus korupsi Djoko Susilo waktu KPK mau mengambil alih kasus ini. Akhirnya KPK yang menang.

Korupsi 28

.

Pak Jokowi, Inga-inga pesan Pak Adam Malik: Bila anda diberi kekuasaan walau hanya sedikit, janganlah melukai hati rakyat. #kapolritersangka

.

Pak Jokowi, Jika bapak melantik #kapolritersangka, maaf saya terpaksa minta kembali uang sumbangan kampanye Pilpres. Itu uang jajan cucuku.

Komentar Alfons Wungubelen: Para pendukung jgn tidur…brjaga jaga slalu…

.

Pak Jokowi, Hanya ada 2 opsi. Durhaka kepada ibu yang telah membesarkanmu atau durhaka kepada rakyat yang memilihmu. #kapolritersangka

.

Zaman SBY, pejabat tersangka KPK langsung mengundurkan diri. Zaman Jokowi, calon pejabat tersangka KPK kok mau dilantik? #kapolritersangka

Hoegeng 11

Komentar:

  • Arief Masdjudi: Belum pak, mudah-mudahan tidak jadi dilantik.
  • Daniel Boli Kotan: Ini mungkin strategi politik tingkat tinggi, dari Mr. Presiden jokowi..melawan penitip jabatan kapolri dengan tangan besi KPK…lihat sa bapa S Belen… Hahaha…
  • Alfons Wungubelen Maksud sama caranya yang berbeda…. Hahaha..

.

Budi Gunawan: Rakyat bela KPK. Presiden, DPR, semua partai kecuali Demokrat “memusuhi’ KPK. Oh negaraku negara maling? #kapolritersangka

Korupsi 31

Komentar:

  • Arief Masdjudi dia hanya terima setoran kok….
  • Faisal Mard: Udah jadi bajak laut, udara, dan darat pak Belen
  • Daniel Boli Kotan: Negeri para bedebah…itu puisi Masaid, aktivis parlemen jalanan, jubirnya Gus Dur tempo dulu….

 

.

Budi Gunawan, politik balas budi sejak pencalonan sampai persetujuan DPR. Pak polisi, jangan tangkap saya ya kalau korupsi #kapolritersangka

Korupsi 8

.

Bareskrim menyatakan Budi Gunawan bersih. Benar sekali. Masa’ jeruk makan jeruk? #kapolritersangka

Komentar:

  • Bocha Belen Polisi dan militer pada umumnya terikat sumpah jadi tidak mungkin menjatuhkan. Itulah hebatnya “sumpah” mereka sampai-sampai anggota salah dan kotor pun dibilang bersih dan baik. Jadi akan ke manakah kebenaran sejati akan dibawa?  Kepada siapakah hukum akan diberlakukan, untuk semua atau hanya rakyat sipil doang?
  • S Belen Masih ingat kasus Irjen Djoko Susilo koruptor simulator SIM? Semula Polri ngotot menyelidiki kasus ini waktu KPK mau mengambil alih penanganan kasus ini. Akhirnya KPK yang menang dan Djoko Susilo dihukum tingkat kasasi MA 18 tahun penjara dan diwajibkan MA membayar denda Rp 1 miliar serta membayarkan kepada negara uang pengganti Rp 32 miliar.
  • Bocha Belen: Kalau diadili sendiri tentunya tidak ada ranah hukum yang berlaku di situ mengingat terikat”SUMPAH”. Makanya sebaiknya KPK ambil alih baru ada keadilan di situ dan hukum pun bisa berjalan dan terlaksana dengan sebaik-baiknya. KPK maju terus karena rakyat mendukungmu.

.

Pak Hoegeng: Berantas korupsi ibarat mandi, siram dari kepala barulah sampai kaki bersih. Kalau Kapolri tidak bersih, bgm?#kapolritersangka

.

Budi Gunawan: Sungguh heran Jokowi, ketua-ketua partai dan anggota DPR pilih tak pakai hati nurani. Ayo KPK, percepat proses! #kapolritersangka

Komentar:

  • Theresia Fie: Jokowi memilih BG waktu masih belum tersaangka….namun tetap disetujui DPR meski telah ditetapkan sebagai tersangka… Banyak kejanggalan di sini…lebih arif andai BG memakai etika dan hati nuraninya memilih mundur tanpa dipaksa oleh siapa pun… Itu akan menyelesikan semuanya,
  • Lili Nurlaili Judul metro tV hari ini cukup menarik “bola panas kapolri”. Mari kita lihat akan bagaimana selanjutnya.

.

Soal Budi Gunawan: Yang pakai akal sehat Demokrat, setengah akal sehat PAN, tak pakai akal sehat PDIP dan partai lain. #kapolritersangka

Korupsi 19

Komentar:

  • Arief Masdjudi: Partai Hanura?
  • Julius Juih Yang lain akal sehatnya dipakai hanya untuk kepentingan golongannya Pak, kali ini harusnya hatinurani ikut bicara
  • S Belen Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyangkal jati diri yang diusung namanya. Politik itu tidak ikut logika akal sehat. Politik = logika kepentingan. Anda dapat apa, saya dapat apa. Win – win solution. Persetan logika hati nurani rakyat. Kalau anggota DPR Hanura, PDIP atau Nasdem bersikap sesuai hati nuraninya, ia akan didepak petinggi partainya. Merekalah dalang karut-marut dan hiruk pikuk ini. Anggota DPR hanyalah pion ketua-ketua partai yang menjadi dalang di belakang layar. Itulah taraf politik Indonesia. Belum dewasa. Padahal, kata Sabam Sirait, politik itu suci. Sucinya di mana hayo?

.

Jokowi asli wong Jowo.Ngono ya ngono,ning aja ngono. Tak setuju Budi Gunawan ya jangan tak setuju.Biar KPK yang jadi gladiator #kapolritersangka

.

Calon Kapolri Jepang jadi tersangka ia bisa harakiri. Masalah selesai. Di Indonesia, malah petenteng bak pahlawan di DPR. #kapolritersangka

Komentar Theresia Fie: Saya berharap Jokowi hanya test case saja…dan semoga menganulir keputusannya…karen pada KPK juga belum tentu absolut kebenarannya….mereka juga manusia…. Kita orang awam melihat saja…jungkir baliknya politikus kita…di mana kartu As-nya.

.

.

AirAsia tenggelamkan berita politik.Kita sedih tapi tak gundah direcoki politik. Budi Gunawan bikin kita sedih + gundah + kecewa. #kapolritersangka

.

Budi Gunawan: I. Saya kecewa pada Bu Mega. II. PDIP. III. Jokowi. Ada kapolri satu negara dilantik tapi dilarang ke luar negeri? #kapolritersangka

.

Ingin tanya:Andaikan Pak Jokowi tetap sebagai pengusaha mebel, tak jadi presiden, apa bapak setuju usulan calon Kapolri kali ini? #kapolribersih

.

Pak Jokowi Yth. Pasti bisa dong pilih calon Kapolri yang berkarakter mirip Pak Hoegeng dari sekian banyak perwira Polri. #kapolribersih

.

Mengapa KMP dan KIH begitu kompak setuju Budi Gunawan jadi Kapolri? Ada batu apa di balik udang? Setuju pertimbangan Demokrat. #kapolribersih

B8NSMpdCEAAa4UB.jpg large

Komentar:

  • Alex Efi Banusu: KPK…hadirnya komisi ini membawa ancaman bagi seluruh perangkat pengelola negara yaitu eksekutif dan legislatif…DPR walaupun mereka sendiri yang menghadirkan adanya KPK ini,tp mereka pun sudah siap bilamana adanya ancaman dr komisi ini…mereka tahu cara2 utk melemahkan komisi ini…
  • Anas Nachrowi: Itulah Politik…ini jebakan Batman dari KMP untuk pak Jokowi….biar lebih galau pak…
  • Alex Efi Banusu: Bukan saja KMP tapi juga KIH…
  • Mizan Syaroni: Mau ngetes kebijakan pak jokowi

.

20 tahun lebih saya mengabdi sebagai PNS. Baca transferan Rp 57 milyar ke rekening Hervianto, anak 19 tahun, tak masuk akal sehatku. #budigunawan

Komentar:

.

Gunakan saja asas pembuktian terbalik. Komjenpol Budi Gunawan hendaknya membuktikan asal-usul semua kekayaannya. #kapolritersangka

Hoegeng 10

.

Di layar TV wajah Komjenpol Budi Gunawan tak tampak sumringah di sidang paripurna DPR. Apa arti bahasa tubuh ini? #kapolritersangka

.

Selama ini KPK tak pernah kecolongan satu tersangka lolos dari vonis bersalah. Pak Jokowi, tunjukkan bisikan hati nurani bapak. #kapolribersih

Komentar Arief Masdjudi: Sedang dipertimbangkan pak antara ini balas Budi dan ibu Budi.

Korupsi 63

.

Hukum moral lebih tinggi dari hukum positif. Menilai Budi Gunawan, pakai asas hukum moral, bukan asas praduga tak bersalah. #kapolritersangka

.

Asas praduga tak bersalah itu salah kaprah. Komjenpol Budi Gunawan disangkakan bersalah. Pake dong asas praduga bersalah. #kapolritersangka

Korupsi 62

.

Diperlukan sapu yang bersih untuk menyapu lantai yang kotor. Apa kata dunia jika calon Kapolri disangkakan sebagai sapu kotor?#kapolritersangka

.

Solusi terbaik adalah Komjenpol Budi Gunawan menarik diri di rapat paripurna DPR. Ksatria dan menyelamatkan muka Presiden dan DPR. #budigunawan

Hoegeng 5

Indonesia kehilangan figur Polisi Hoegeng

.

Kutipan dari makalah J.E. Sahetapy, Guru Besar Emeritus. Yang disampaikan dalam Seminar KPK pada tanggal 13 Maret 2013 di Hotel Le Meridien, Jakarta

 J E Sahetapy

Sylvie Rony dalam TIME (22 – 03 – 1999):”Politicians are like gangsters. Unless you catch them redhanded, you never get them”. (Politisi itu seperti bandit. Kecuali mereka tertangkap tangan oleh anda, anda tidak pernah mencekal mereka).

Gangster-Squad.

Pepatah Belanda : ”de pot verwijt de ketel dat hij zwart ziet”, alias secara bebas : pantat kuali yang hitam menuduh pantat belanga yang juga sama-sama hitam.

nr6

pot-calling-kettle-black-9416841

 

Sudah beberapa kali, menurut pengamatan saya, KPK diterjang gelombang rekayasa politik, tetapi syukur ia bisa bertahan. Dan mengherankan Kepolisian seperti “medepleger” atau seperti lempar batu sembunyi tangan, pada hal ia masih “kotor”.

 batu 2

Pepatah Belanda : ”hoogmoed komt voor deval”, alias kesombongan berarti kejatuhan sudah dekat.

 Sombong

Sombong jatuh

Gustav Radbruch: “law which is morally evil is not law at all”. (Hukum yang secara moral itu buruk / jahat sama sekali bukanlah hukum.

 Good not evil

Setelah berakhir tirani Orde Baru, dalam salah satu publikasi di Asean ditulis : “during the New Order, corruption is under the table; after the New Order, corruption is above the table; and now during the Reformation corruption includes the table”. (selama Orde Baru, korupsi di bawah meja; setelah Orde Baru, korupsi di atas meja; dan sekarang selama Reformasi, korupsi termasuk juga meja / meja juga ikut dikorupsi.

angkat meja 2

Air kotor mulai dari hulu, bukan dari hilir. Kalau hulu (sumber air) bersih, maka yang di hilir atau yang di bawah (hilir) juga akan bersih. Keluhan dari rakyat jelata terutama terhadap kepolisian, sehingga ungkapan “Babbertje moet gehangen worden” (perlu ada yang digantung atau dikorbankan) perlu dipertimbangkan.

 

Mana bisa hakim yang dicurigai Komisi Yudisial bisa disogok berpihak kepada KPK dalam praperadilan BG? ‪#‎Sarpin‬

 

Mana mungkin maling menghukum maling? Kalau KPK menang kan satu saat saya juga bisa dicekal KPK. Logis kan?

 

Sarpin Rizaldi 7

Catat, Senin 16 Februari 2015 patut dicatat sebagai hari kemenangan koruptor Indonesia setelah ‪#‎Sarpin‬ membebaskan BG

Komentar Faisal Mard: Prokorupsi. Kami bangsa Negara Koruptor Republik Indonesia, menyatakan kemerdekaan Negara Koruptor Republik Indonesia. Hal-hal yang mengenai pembebasan koruptor diselenggarakan dengan cara secepatnya dalam waktu yang sependek-pendeknya.
Jakarta 16 Februari 2015
Atas nama bangsa Negara Koruptor Republik Indonesia

Etty Sofyatiningrum: Hihihi.. dagelannnn…

Sarpin Rizaldi 8

polisi gembira

Kupinjam tangan ‪#‎Sarpin‬ untuk membebaskan jalanmu jadi Kapolri. Hidup koruptor! Hidup Jokowi! Hidup Mega! Hidup PDIP!

Komentar:

  • Martin Bhisu: Kasihan sekali, hanya bertopang pada prosedur perkara yang tidak lengkap dari pihak KPK, bukan substansi perkara yang paling esensial. KPK tidak tangkas, Polri bobrok.
  • Etty Sofyatiningrum Trus mana yang jadi panutan rakyat??

Palu hakim dan uang

Kartun Presiden_JOKOWI  Budi_Gunawan Toni_Malakian-16012015

Tuhan, Syukur karena BG selamat dari status tersangka. Kata ‪#‎Sarpin‬ ia bukan penyelenggara negara & penegak hukum.

Komentar:

Polisi bersyukur

Bangkitlah koruptor! Praperadilankan status tersangka anda. ‪#‎Sarpin‬ tunjuk jalan agar anda terbebas dari hukuman bui.

Palu hakim dan uang

#‎Sarpin‬ memang hebat. Hanya 2 minggu ia bisa ubah Nawacita menjadi Dukacita. Hidup Mega! Hidup Jokowi! Hidup PDIP!

Komentar:

Hari Koruptor Nasional

Kalau Jokowi melantik Budi Gunawan jadi Kapolri, akan kuucapkan “Good bye, Jokowi. ‪#‎ShameOnYouJokowi‬. Hidup ‪#‎Sarpin‬

Joko Widodo tepok jidat

Budi Gunawan

Siapa Kepala Kantor Pengadilan Jaksel? Dia harus tanggung jawab kenapa pilih ‪#‎Sarpin‬ jadi hakim tunggal bebaskan BG.

Sarpin Rizaldi 10

#‎Sarpin‬ = Saya Recoki Perundang-undangan Indonesia. Wanted! Telusuri harta kakayaan dan rekening orang ini! ‪#‎SaveKPK‬

Tahun 2010 BG bukan penyelenggara negara & penegak hukum. Eselon ‪#‎Sarpin‬ belum memenuhi syarat ia jadi penegak hukum.

#‎Sarpin‬. Pahlawan pembela koruptor NKRI. Layak diberi award. Perisai hukum berada di tangannya yang berlumur lumpur.

Komentar:

Sarpin Rizaldi

Nawacita menjadi Dukacita Cita Citata:Sakit tuh di sini. ‪#‎Sarpin‬, algojo yang membunuh pemberantasan korupsi negeriku

Komentar: Faisal Mard: si #Sarpin alias saraf pincang

Sarpin Rizaldi 10

Hanya soal waktu penegakan hukum akan diorganisasi sebagai kejahatan terorganisasi. (Rudy Giuliani) ‪#‎Sarpin‬ ‪#‎SaveKPK‬

Palu hakim dan uang

Beberapa orang terberani & terbaik dunia telah berkontribusi menegakkan hukum tanpa diketahui. (Thomas Foran). ‪#‎SaveKPK‬

Save KPK 5

Sungguh menyakitkan hatiku tiap kali ada kematian seorang penegak hukum (yang benar). (Eric Holder). ‪#‎SaveKPK‬

Hoegeng

Saya pikir satu penipuan terbesar dalam penegakan hukum adalah monitor, pemantau, pelacak. (Raymond Kelly) ‪#‎Sarpin‬

Komentar: Mario Josef Kenapa para polisi gembira, menyambut ditolaknya praperadilan? Dengan kasus dari lembaga KPK dan polisi ini yang terbeberkan via media semakin nyata bahwa kedua lembaga itu rendah kapasitas tanggung jawab moralnya terhadap rakyat yang mereka layani.

polisi gembira

Sarpin Rizaldi 8

Bukanlah tanggung jawab presiden melakukan operasi penegakan hukum. Itu tugas kita. (Janet Reno) ‪#‎Sarpin‬ ‪#‎SaveKPK‬

Komentar Mario Josef: Dunia Hukum kita tengah terbantai politik anti-kerakyataan, anti-kebernaran. Benarkah peradilan yang dilakuakn dewasa ini, jangan-jangan cuma dagelan belaka!!

Demo dukung KPK

Ini bom. Sudah kutelepon penegakan hukum. Mari kita pergi dari sini.(Richard Jewell) ‪#‎Sarpin‬ = pengebom tatanan hukum

Komentar: Faisal Mard: #Patwa Sarpin: “Barang siapa menjadi tersangka, baik langsung atau tidak langsung dan didukung dua alat bukti yang sah, dapat dibebaskan melalui gugatan praperadilan dan berkekuatan tetap serta mengikat. 😅😅😅😅

Sarpin Rizaldi 4

Hanya ada 2 orang dalam hidupmu yang anda harus berbohong… polisi dan pacarmu. (Jack Nicholson) ‪#‎Sarpin‬ ‪#‎SaveKPK‬

Budi Gunawan

Sarpin Rizaldi 10

Waktu studi di London, seorang polisi dibunuh penjahat, seluruh bangsa Inggris meratap. Di Indonesia kapan? ‪#‎SaveKPK‬

Komentar:

  • Faisal Mard: Air mata bangsa ini sudah kering, karena sering meratap akibat tingkah laku para pemimpin. Ibarat lepas dari mulut harimau tapi sekarang menghadapi mulut buaya. Apakah Indonesia itu masih bisa bertahan dari Sabang sampai Merauke? Biar waktu saja yg memberikan jawabannya.🌏
  • Agustinus Tetiro: Bapak waktu itu di Leeds ya?
  • S Belen: Di London, South Bank University sambil berkonsultasi dengan konsultan untuk Indonesia di Institute of Education University of London.

Hoegeng 3

Korupsi dalam pelaporan dimulai sejak awal. Itu seperti polisi melaporkan kejahatan polisi. (Julian Assange) ‪#‎SaveKPK‬

Save KPK 5

Labora Sitorus saja begitu powerful, apalagi BG. Hidup polisi! Matilah KPK! ‪#‎SaveKPK‬

Komentar Arief Masdjudi: Jangan coba-coba……

Budi Gunawan

Sabar, ini semua perlu kalkulasi politik, kalkulasi hukum. Ada hitungannya. Alon-alon asal kelakon gak cocok ‪#‎SaveKPK‬

Komentar Faisal Mard: Pantasan aja pakai kalkulator nggak tuntas, karena kalkulatornya nggak ada notasi politik & hukum

jokowi mlaku mlaku

Joko masih belajar membaca anak kelas I SD: Ini Budi. Ini ibu Budi. Politik balas budi bikin susah segalanya ‪#‎SaveKPK‬

Komentar Ugartua Rumahorbo: Korban pemilu…

Ini ibu budi

Dua tokoh ini sudah jadi tersangka. Kita harus sabaaarrr menunggu titah wangsit inspirasi dari istana Bogor. ‪#‎SaveKPK‬

Dua orang yang sedang dicari

Siapa takut Australia protes hukuman mati? Siapa takut tenggelamkan kapal ikan asing? Saya cuma takut ibu. ‪#‎SaveKPK‬

Komentar:

Joko Widodo tepok jidat

Diel tak seimbang cicak vs buaya. Buaya di atas angin, didukung DPR, PDIP, Nasdem & koruptor di semua lini. ‪#‎SaveKPK‬

Komentar

Duel

Buaya mengamuk menelan KPK. Bersembunyi di mana presiden kita? Sabaaaaaaaarrr ‪#‎Sarpin‬ ‪#‎SaveKPK‬

Komentar:

Kata2 konyol: Menghormati proses hukum, menghormati keputusan hakim. Proses & keputusan konyol kok dihormati? ‪#‎SaveKPK‬

Komentar Payung Masan: Itulah Indonesia amane …….

Buaya menelan KPK

Seruan KPK: Kami sudah diterkam buaya. Presiden membiarkan. Nawacita -> Dukacita. Save Our Soul. ‪#‎SOSkpk‬ ‪#‎SaveKPK‬

Komentar Etty Sofyatiningrum: Apakah tujuan utamanya agar BLBI aman?? Tontonan memuakkan..

Buaya menelan KPK 2

Kita hormati proses hukum bla bla. Makin tampak niat sebenarnya Presiden soal kisruh Polri vs KPK. ‪#‎SOSkpk‬ ‪#‎SaveKPK‬

Komentar:

  • Etty Sofyatiningrum: Apakah tujuannya agar BLBI aman?? Rakyat diberi tontonan yg memuskkan!!!!
  • Arief Masdjudi: tontonan yg memuaskan bu Etty? Jangan coba-coba lawan buaya…. yg ahlinya kriminalisasi….
  • Julius Juih: bukan hanya BLBI, tapi BPPN dan Century

SOS KPK

Entar lagi Bawas akan umumkan: Gedung KPK dijadikan tersangka, disegel karena terjadi mark up biaya bangun. ‪#‎SaveKPK‬

Gedung KPK

Bawas bisa kangkangi presiden, didukung mpok & partai2, trias politica koruptor. Ini manusia paling berkuasa obok2 KPK. ‪#‎SOSkpk‬ ‪#‎SaveKPK‬

.high_heels

 

Advertorial

Sano cegah dan sembuhkan sakit jantung

Sano adalah ramuan herbal yang mampu menyembuhkan beragam penyakit. Guna mengenal lebih jauh tentang Sano, perkenankan mengunjungi posting:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

https://sbelen.wordpress.com/2014/10/07/tanya-jawab-tentang-ramuan-herbal-sano-bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon/

 

banner Sano blog

Kartu nama Yuni 3.

Khasiat FIDES & HP pemesanan

Kunjungilah:

https://sbelen.wordpress.com/2015/06/11/habbatussauda-jintan-hitam-bawang-putih-jahe-lemon-madu-diabetes-stroke-penyakit-komplikasi-sembuh-tubuh-sehat/

Iklan

Tahukah anda 17 faktor risiko sakit jantung & serangan jantung?

April 21, 2014

heart-attack-o 3

Kejadian seperti ini sering tak terduga. Karena itu penyakit jantung sering disebut penyakit yang diam-diam mematikan (silent killer).

Berikut ini disajikan gambar slide tentang 17 faktor risiko sakit jantung dan serangan jantung yang perlu anda ketahui sebelum semuanya terlambat. Gambar-gambar ini diambil dari file powerpoint Robin Behar berjudul:

HEART ATTACK, TUTORIAL 8, Heart Attack
Risk Factors dan

HEART ATTACK, TUTORIAL 9, Risk Factors
Continued

Faktor risiko serangan jantung 1

&

Serangan jantung informasi terpenting 2

&

Serangan jantung tutorial 2 slide 2

&

Serangan jantung tutorial 2 slide 3

&

Serangan jantung informasi terpenting 5

&

Faktor risiko serangan jantung 6

&

Faktor risiko serangan jantung 7

&

Faktor risiko serangan jantung 8

&

Faktor risiko serangan jantung 9

&

Faktor risiko serangan jantung 10

&

Faktor risiko serangan jantung 11

&

Faktor risiko serangan jantung 12

&

Faktor risiko serangan jantung 13

&

Faktor risiko serangan jantung 14

&

Faktor risiko serangan jantung 15

&

Faktor risiko serangan jantung 16

&

Faktor risiko serangan jantung 17

&

Faktor risiko serangan jantung 18

&

Faktor risiko serangan jantung 19

&

Faktor risiko serangan jantung 20

&

Faktor risiko serangan jantung 21

&

Faktor risiko serangan jantung 22

&

Faktor risiko serangan jantung 23

&

Faktor risiko serangan jantung 24

&

Faktor risiko serangan jantung 25

Faktor risiko serangan jantung 26

&

Faktor risiko serangan jantung 27

&

Faktor risiko serangan jantung 28

&

Faktor risiko serangan jantung 29

&

Faktor risiko serangan jantung 30

&

Faktor risiko serangan jantung 31

&

Faktor risiko serangan jantung 32

&

Faktor risiko serangan jantung 33

&

Faktor risiko serangan jantung 34

&

Faktor risiko serangan jantung 35

&

Faktor risiko serangan jantung 36

&

Faktor risiko serangan jantung 37

&

Faktor risiko serangan jantung 38

&

Faktor risiko serangan jantung 39

&

Faktor risiko serangan jantung 40

&

Faktor risiko serangan jantung 41

&

Faktor risiko serangan jantung 42

&

Faktor risiko serangan jantung 44

&

Faktor risiko serangan jantung 45

&

Faktor risiko serangan jantung 46

&

Faktor risiko serangan jantung 47

&

Faktor risiko serangan jantung 48

&

Faktor risiko serangan jantung 49

&

Faktor risiko serangan jantung 50

&

Faktor risiko serangan jantung 51

&

Faktor risiko serangan jantung 52

&

Faktor risiko serangan jantung 53

&

Faktor risiko serangan jantung 54

&

Faktor risiko serangan jantung 55

&

Faktor risiko serangan jantung 56

&

Faktor risiko serangan jantung 57

&

Faktor risiko serangan jantung 58

&

Faktor risiko serangan jantung 59

&

Faktor risiko serangan jantung 60

&

Faktor risiko serangan jantung 61

&

Faktor risiko serangan jantung 62

&

Faktor risiko serangan jantung 63

&

Faktor risiko serangan jantung 64

&

Faktor risiko serangan jantung 65

&

Faktor risiko serangan jantung 66

&

Faktor risiko serangan jantung 67

&

Faktor risiko serangan jantung 68

&

Faktor risiko serangan jantung 69

&

Faktor risiko serangan jantung 70

&

Faktor risiko serangan jantung 71

&

Faktor risiko serangan jantung 72

&

Faktor risiko serangan jantung 73

&

Faktor risiko serangan jantung 74

&

Faktor risiko serangan jantung 75

&

Faktor risiko serangan jantung 76

&

 Faktor risiko serangan jantung 77

&

Faktor risiko serangan jantung 78

&

Faktor risiko serangan jantung 79

&

Faktor risiko serangan jantung 80

&

Faktor risiko serangan jantung 81

&

Faktor risiko serangan jantung 82

&

Faktor risiko serangan jantung 83

&

Faktor risiko serangan jantung 84

&

Faktor risiko serangan jantung 85

&

Faktor risiko serangan jantung 86

&

Faktor risiko serangan jantung 87

&

Faktor risiko serangan jantung 88

&

Faktor risiko serangan jantung 89

&

Faktor risiko serangan jantung 90

&

Faktor risiko serangan jantung 91

&

Faktor risiko serangan jantung 92

&

Faktor risiko serangan jantung 93

&

Faktor risiko serangan jantung 94

&

Faktor risiko serangan jantung 95

&

Faktor risiko serangan jantung 96

&

Faktor risiko serangan jantung 97

&

Faktor risiko serangan jantung 98

&

Faktor risiko serangan jantung 99

&

Faktor risiko serangan jantung 100

&

Faktor risiko serangan jantung 101

&

Faktor risiko serangan jantung 102

&

Faktor risiko serangan jantung 103

&

Faktor risiko serangan jantung 104

&

Faktor risiko serangan jantung 105

&

Faktor risiko serangan jantung 106

&

Faktor risiko serangan jantung 107

&

Faktor risiko serangan jantung 108

&

Faktor risiko serangan jantung 109

&

Faktor risiko serangan jantung 110

&

Faktor risiko serangan jantung 111

&

Faktor risiko serangan jantung 112

&

Faktor risiko serangan jantung 113

&

Faktor risiko serangan jantung 114

&

Faktor risiko serangan jantung 115

Jika Anda ingin menyimpan slides ini dalam bentuk file powerpoint, silahkan download file berikut ini:

Tutorial 8 dan 9 Faktor-faktor risiko sakit jantung & serangan jantung

 

 

Bacalah juga posting yang berhubungan:

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/18/informasi-apa-yang-paling-penting-tentang-serangan-jantung/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/19/dapatkah-anda-prediksi-serangan-jantung/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/19/gejala-serangan-jantung-yang-harus-anda-hafal/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/25/bagaimana-menyikapi-serangan-jantung-diam-diam-tanpa-gejala/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/21/tahukah-anda-17-faktor-risiko-sakit-jantung-serangan-jantung/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/25/apa-saja-gejala-unik-sakit-jantung-dan-serangan-jantung-perempuan/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/26/inilah-11-cara-praktis-mencegah-sakit-jantung-dan-serangan-jantung/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/28/serangan-jantung-pertanyaan-yang-sering-diajukan-seks-merokok/

https://sbelen.wordpress.com/2014/05/14/perlukah-operasi-pasang-ring-atau-bypass-jantung/

Advertorial

alam penyembuh compressed (2)

Desain polo shirt putih crop 2

Jika ingin mengenal lebih jauh tentang ramuan herbal Sano, perkenankan mengunjungi posting:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

.

 

 

 

Advertorial

alam penyembuh compressed (2)

Desain polo shirt putih crop 2

Jika ingin mengenal lebih jauh tentang ramuan herbal Sano, perkenankan mengunjungi posting:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

 

Sano cegah dan sembuhkan sakit jantung

Kartu nama Yuni 3

Teladan + pembiasaan = karakter

Mei 5, 2011

Tentang Budi Pekerti

Yang Utama Adalah Keteladanan

Kamis, 5 Mei 2011 | 03:18 WIB

KUPANG, POS-KUPANG.COM —Pendidikan budi pekerti sebagai mata pelajaran tersendiri hanya punya sejarah yang amat singkat dalam kurikulum di alam Indonesia merdeka, yaitu dari Kurikulum 1947 sampai dengan Kurikulum 1964. Yang paling dibutuhkan sebetulnya bukan mata pelajaran budi pekerti, tetapi keteladanan dan pembiasaan perilaku hidup yang baik dan mencerminkan nilai-nilai moral.

Demikian pendapat Dr. Sirilus Belen,  peneliti dan pegiat pendidikan, menjawab pertanyaan Pos Kupang melalui email, Rabu (4/5/2011), menanggapi pentingnya budi pekerti membangun karakter anak-anak sekarang. Dr. Sirilus Belen menghabiskan masa tugasnya sebagai PNS di Pusat Kurikulum Depdiknas Pusat, Jakarta. Dia meraih gelar master dan doktor di London. Saat ini, putra NTT ini berkeliling Indonesia memberi pelatihan kepada para guru untuk mengembangkan sekolah-sekolah model.

Menurut Sirilus, sejak hilang dari kurikulum pendidikan, budi pekerti diintegrasikan ke dalam pendidikan Kewarganegaraan, kemudian Pendidikan Moral Pancasila (PMP), dan kini Pendidikan Kewarganegaraan (Kurikulum KTSP 2006).

Sirilus mengingatkan, kurikulum hendaknya tidak dilihat secara sempit hanya berupa mata pelajaran. “Kurikulum adalah seluruh pengalaman anak, pengalaman siswa di sekolah,” katanya.

Menurutnya, pengajaran nilai-nilai moral dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang mengandung nilai-nilai budi pekerti dewasa ini cenderung tidak efektif karena materi dan kompetensi dalam kurikulum terlalu bersifat kognitif dan diajarkan secara teoritis, verbalistis, cenderung menekankan nasihat tanpa penegakan imbalan dan sanksi dalam pelaksanaan nasihat.

Dia juga melihat perilaku anak-anak sekarang yang cenderung kasar dan gampang terlibat dalam aksi kekerasan karena terjadi kemerosotan keteladanan guru di sekolah dan suburnya kasus-kasus kejahatan yang diperankan orangtua dan dilihat anak-anak. “Di sekolah-sekolah di negara maju, tidak ada mata pelajaran pendidikan moral, tidak ada pendidikan budi pekerti sebagai mata pelajaran tersendiri, namun nilai-nilai moral siswa seperti kejujuran, sopan-santun, kasih sayang, adil dipraktikkan karena terjadi proses peneladanan dan pembiasaan dalam seluruh suasana dan aktivitas sekolah, termasuk dalam proses belajar-mengajar,” jelasnya.

Pentingnya proses peneladanan dalam menumbuhkembangkan budi pekerti siswa. Proses peneladanan adalah cara terpenting. Yang juga penting adalah proses pembiasaan. Prinsip peneladanan dan pembiasaan tidak menekankan nasihat karena menurut para ahli, 25% anak memperhatikan nasihat, 18% melakukan yang sebaliknya, dan 57% tidak melakukan apa pun. Hanya 1 dari 4 anak yang memperhatikan nasihat orangtua dan guru.

Menurutnya, proses peneladanan dan pembiasaan harus dimulai dari ‘kaki’, kemudian menyentuh ‘hati’, dan terakhir barulah ‘pikiran’. Perubahan perilaku individu dimulai dari kaki, dalam arti mulai bertindak, melakukan, berbuat, walaupun dalam tindakan kecil dan sederhana. Pada tahap berikutnya setelah anak terbiasa melakukan, ia mulai tertarik, termotivasi. Ia mulai ‘jatuh hati’ terhadap tindakan-tindakan yang biasa ia lakukan. Barulah, pada tahap terakhir perubahan perilaku individu dipengaruhi konsep, pikiran, pandangan di benaknya mengenai perilaku mana yang baik dan mana yang buruk. (len)

Editor : Bildad Lelan

Sumber: http://kupang.tribunnews.com/read/artikel/61260/kupangnews/senibudaya/2011/5/5/yang-utama-adalah-keteladanan

Iklan

Semprot

Hepatitis

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

sano-sembuhkan-hepatitis

Kartu nama Yuni 2

Bill Gates: 11 aturan yang tidak dipelajari anak Anda di sekolah

September 12, 2010

Baru-baru ini Bill Gates berbicara depan para siswa sebuah sekolah menengah di Amerika Serikat. Ia mengemukakan 11 aturan (eleven rules) yang tidak pernah anak-anak Anda pelajari di sekolah. Inilah rangkuman ekspresi dari refleksi Bill Gates, salah seorang terkaya di muka bumi ini, tentang makna sekolah bagi pekerjaan dan sukses seseorang dalam hidup ini. Silahkan klik file powerpoint Aturan Bill Gates berikut ini!

Aturan Bill Gates

Aturan 1: Hidup ini tidak fair, tidak adil – biasakan diri dengannya!

Aturan 2: Dunia tidak peduli dengan rasa harga dirimu. Dunia mengharapkan Anda menyelesaikan sesuatu SEBELUM Anda merasa baik tentang diri Anda.

Aturan 3: Anda TIDAK akan mendapatkan uang $ 60 000 (Rp 600 000 000) setahun setelah Anda tamat sekolah menengah. Anda tidak akan menjadi wakil direktur dengan sebuah telepon mobil sampai Anda mendapatkan kedua-duanya (penghasilan sebesar itu dan jabatan seperti itu).

Aturan 4: Jika Anda pikir gurumu keras, tunggulah sampai Anda mendapatkan seorang bos.

Aturan 5: Pekerjaan hina dengan penghasilan  rendah tidaklah mengurangi kehormatan Anda. Kakek-nenekmu punya istilah berbeda untuk pekerjaan seperti itu: mereka menyebutnya kesempatan.

Aturan 6: Jika Anda gagal, itu bukanlah kesalahan orang tuamu. Karena itu, janganlah sesali kesalahanmu, belajarlah dari kesalahan itu.

Saraswati, Dewi Ilmu Pengetahuan

Aturan 7: Sebelum Anda lahir, orang tuamu tidak merasa sebosan sekarang. Mereka bosan karena membayar rekening tagihan untukmu, mencuci pakaianmu, dan mendengarkan ocehanmu tentang betapa dinginnya udara. Karena itu, sebelum Anda selamatkan hutan tropis dari parasit generasi orang tuamu, cobalah bersihkan kloset (WC) di kamarmu sendiri.

Aturan 8: Sekolahmu mungkin telah menentukan siapa pemenang dan pecundang (yang kalah), tapi hidup TIDAKLAH DEMIKIAN. Di beberapa sekolah, mereka telah menghapus nilai gagal dan mereka akan memberimu BANYAK KESEMPATAN sesuai dengan keinginanmu untuk mendapatkan jawaban yang benar. Ini sama sekali tidak menggambarkan APA PUN dalam kehidupan nyata.

Aturan 9: Kehidupan tidak dibagi ke dalam semester demi semester. Anda tidak mendapatkan liburan tahunan dan hanya segelintir majikan yang berminat membantu Anda MENDAPATKAH LIBURAN. Lakukan itu dengan mengatur waktu Anda sendiri.

Aturan 10: Televisi BUKANLAH kehidupan yang nyata. Dalam kehidupan nyata sesungguhnya orang harus meninggalkan kedai kopi dan pergi bekerja.

Aturan 11: Berbaik-baiklah dengan orang yang tidak mampu atau bodoh. Bisa terjadi suatu waktu kelak Anda terpaksa bekerja pada salah seorang seperti itu.

Ayo klik file powerpoint ini jika Anda belum mengkliknya tadi, karena 11 aturan menurut Bill Gates ini ditampilkan secara menarik dalam file ini!

Aturan Bill Gates

iklan

tumblr_mkx4lngz0S1qcwhkeo4_250

Sakit stroke

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

gambar spanduk sano

sano-sembuhkan-stroke

Kartu nama Yuni 2

Sentuhan kasih sayang ibu kepada bayi meningkatkan perkembangan otak

Mei 13, 2009

Kasih sayang & otak

Hasil penelitian terhadap kera menunjukkan bahwa anak kera yang mendapatkan kasih sayang, diajak bercanda, dan dibelai induknya menunjukkan perkembangan otak yang lebih sempurna. Sedangkan, anak kera yang ditinggal mati oleh induknya (“ibunya”), yang tidak mendapatkan kasih sayang, belaian, dan tak mendapatkan pengalaman bermain-main dengan ibunya memperlihatkan perkembangan otak yang amat lambat dan tak sempurna.

Gejala yang sama terjadi juga pada bayi atau anak manusia. Kasih sayang yang diungkapkan dalam usapan, elusan, dan belaian adalah makanan pokok otak bayi, anak, remaja, orang dewasa, dan bahkan orang tua dan lansia.

Agar anak menjadi dokter

Desember 29, 2008

family-cartoons-06-sshttpwwwrdcomliving-healthy15-family-life-cartoonsarticle108374-6html

Sumber: Reader’s Digest: family-cartoons-06-ss.httpwww.rd.comliving-healthy15-family-life-cartoonsarticle108374-6.html

Kahlil Gibran, sang pengilham Libanon milik dunia: “Anakmu bukanlah milikmu”

September 3, 2008

Pada tahun 2001, pernah saya bacakan Puisi Kahlil Gibran “Anakmu bukan milikmu” di hadapan orang tua murid sebuah sekolah menengah berasrama yang tertua di NTT di Mataloko, Bajawa, Kabupaten Ngada, Flores. Karena sekolah ini bermutu dan lulusannya merantau ke berbagai daerah di Indonesia dan cukup banyak pula yang bekerja di mancanegara, puisi ini saya pilih. Para orang tua berasal dari berbagai pulau di NTT dan dimotivasi sekolah agar memberikan sumbangan berupa uang atau hasil bumi (beras dan kacang hijau). Betapa pun berat pengorbanan mereka, sejak awal mereka perlu diyakinkan bahwa anaknya bukanlah investasi ekonomi bagi keluarga. Mereka harus ikhlas melepaspergikan anaknya ibarat anak panah yang melesat-luncur jauh dan cepat entah ke mana. Orang tua hanyalah ‘busur’ yang digunakan untuk meluncurkan anaknya sebagai ‘anak panah’. Hadirin amat terkesan.

Potret diri lukisannya

(Sumber: http://www.inner-growth.info. gibran_art_g308)

Sejak waktu itu, puisi ini sering saya gunakan dalam pelatihan guru di berbagai daerah. Tepat tanggal hari ini setahun yang lalu, saya tuliskan puisi Kahlil Gibran ”Anakmu bukan milikmu” pada file powerpoint. Baris puisi terkenal itu antara lain:

Kaulah busur, dan anak-anakmu adalah panah yang meluncur.

Sang Pemanah mahatahu sasaran dan bidikan keabadian.

Dia merentangmu dengan kekuasaanNya, hingga anak panah itu melesat, jauh dan cepat.

Anda ingin membacanya? Silahkan klik di sini kahlil-gibran-anakmu-bukan-milikmu


Lukisan Kahlil Gibran: ’Pemanah’

(Sumber: http://www.inner-growth.info. gibran_art_g102.The archer)

Ia adalah penyair yang karyanya laris di seantero dunia pada urutan ke-3, sesudah William Shakespeare dan Lao Tse.

Puisi-pusi Kahlil Gibran semakin diminati remaja dan mahasiswa Indonesia. Di Jakarta banyak siswa SMA pernah membaca puisinya, Di Jogjakarta terjemahan karyanya diminati mahasiswa dari berbagai suku dan agama. Siapa sebenarnya Kahlil Gibran? Apa latar belakang hidup dan karyanya?

Kahlil Gibran adalah penyair, pelukis, pematung, penulis, filsuf, teolog, dan seniman seni rupa berkebangsaan Linanon, Ia lahir pada akhir abad ke-19, tanggal 6 Januari 1883 di Libanon. Tanggal 10 April 1931, pada usia 48 tahun ia wafat di Kota New York, Amerika Serikat.

Riwayat hidup

Ibunya Kamila berusia 30 tahun ketika Kahlil Gibran dilahirkan. Ayahnya juga bernama Kahlil, suami ketiga Kamila. Karena kemiskinan keluarganya, Gibran tidak mendapatkan pendidikan formal di masa kecilnya. Setelah ayahnya, seorang pemungut pajak dipenjara atas tuduhan penggelapan uang, pemerintah Ottoman menyita harta milik keluarganya. Pemerintah membebaskan ayahnya tahun 1894, tapi keluarga itu telah kehilangan rumahnya. Ibunya memutuskan mengikuti kakaknya, paman Gibran, beremigrasi ke New York, Amerika Serikat, bersama-sama dengan kedua adik perempuannya, Marianna dan Sultana, serta kakak tirinya Peter. Mereka berangkat pada 25 Juni 1895.

Foto Kahlil Gibran, remaja berusia 15 tahun pada tahun 1898

Gibran dan keluarganya tinggal di komunitas Libanon-Amerika di Boston. Ibunya bekerja sebagai penjaja kelilingpakaian linen dan busana berenda dari rumah ke rumah. Gibran mulai bersekolah pada tahun 1895 pada usia 12 tahun, dimasukkan ke kelas khusus bagi imigran untuk belajar bahasa Inggris. Seorang guru bahasa Inggrisnya mengusulkan namanya diubah menjadi Kahlil agar mudah diucapkan lidah Amerika.

Gibran kemudian dimasukkan ke sebuah sekolah seni dekat rumahnya. Ia berkenalan dengan seniman besar Boston, juru foto, dan penerbit yang mendorong dan mendukung olah kreatifnya. Sebuah penerbit menggunakan lukisan Gibran yang baru berusia 15 tahun pada kover-kover buku tahun 1898.

Pada usia 15 tahun ia kembali ke Libanon untuk belajar pada sebuah sekolah persiapan dan institut pendidikan tinggi di Beirut. Ia memulai sebuah majalah sastra mahasiswa dengan teman kelasnya dan terpilih sebagai ”penyair kampus”. Ia di sana beberapa tahun sebelum kembali ke Amerika Serikat pada tahun 1902. Dua minggu sebelum kepulangannya, adiknya Sultana wafat pada usia 14 tahun karena TBC, Tahun berikutnya kakaknya Bhutros meninggal karena penyakit yang sama, dan ibunya wafat karena kanker. Adiknya Marianna kemudian membiayai kehidupan Gibran dan dirinya, bekerja sebagai penjahit toko.

Seni dan puisi

Gibran menyelenggarakan pameran seninya yang pertama tahun 1904 di Boston. Waktu pameran ia bertemu dengan Mary Elizabeth Haskell, seorang kepala sekolah berwibawa yang lebih tua 10 tahun. Keduanya menjalin hubungan asmara sampai akhir hidup Gibran. Walaupun tersembunyi dari publik, korespondensi keduanya mengungkapkan keintiman luar biasa. Mary Haskell tidak hanya mempengaruhi kehidupan pribadi Gibran, tetapi juga kariernya. Tahun 1908 Gibran ke Paris untuk belajar seni dengan Auguste Rodin selama dua tahun. Di sinilah ia bertemu dengan mitra studi seninya yang menjadi teman seumur hidup, Youssef Howayek. Gibran kemudian belajar seni lagi di Boston.

Sementara terbanyak karya tulis awalnya ditulis dalam bahasa Arab, terbanyak karyanya yang dipublikasi sesudah tahun 1918 ditulis dalam bahasa Inggris. Buku pertamanya yang diterbitkan tahun 1918 adalah The Madman, sebuah karya berbentuk antara puisi dan prosa.

Walaupun sebagian besar waktu hidup Kahlil Gibran dilewatkan di Amerika Serikat dan Eropa (Prancis), banyak karya tulis Gibran menggunakan istilah-istilah spiritual dengan kata-kata kias alam tumbuhan dan hewan serta alam sosial (masyarakat) Timur Tengah, khususnya Libanon dan Suriah. Tulisannya yang agung adalah yang terutama membahas soal cinta spiritual. Seperti nasib Wolfgang Amadeus Mozart, komponis musik klasik yang amat sohor, yang meninggal pada usia 36 tahun, Kahlil Gibran tak pernah kawin selama 48 tahun hidupnya. Tampaknya, ia menggeluti cinta platonis dengan Mary Haskell. Cinta platonis yang menggairahkan disertai suka duka pergelutan tampak jelas pada karya lukisannya yang sebagian besar pria, wanita, dan anak-anak yang telanjang. Karya-karyanya ini mengingatkan kita kepada patung-patung agung yang tersohor di dunia karya Auguste Rodin yang sealmamater dengannya di Paris.

Cinta (Sumber: http://www.inner-growth.info. gibran_art_g105)

Karena nuansa dan ungkapan-ungkapan kias Gibran diambil dan diramu dari alam fisik dan sosial Timur Tengah, tak mengherankan jika puisi-puisinya mengingatkan kita kepada karya tulis (sastra) kristiani, terutama Alkitab, dan karya tulis dunia Islam. Karena itu, tak mengherankan pula, karya tulis Gibran mendapat sambutan baik dari kalangan dunia Kristen dan dunia Islam, dua agama yang berasal dari Timur Tengah.

Karyanya yang amat terkenal adalah ‘The Prophet’ (‘Sang Nabi’), yang terdiri dari 26 esai puitis. Opus magnum atau masterpiece Kahlil Gibran ini amat terkenal selama dasawarsa 1960-an, bersamaan dengan gerakan budaya tanding (counterculture) dan New Age yang melanda Amerika Serikat. Sejak diterbitkan tahun 1923, ‘Sang Nabi’ tak pernah berhenti dicetak dan tetap terkenal sampai hari ini. ‘Sang Nabi’ telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 20 bahasa, dan menjadi buku terlaris selama abad ke-20 di Amerika Serikat, nomor dua setelah Alkitab.

Baris puisinya yang amat populer pada lingkup penutur bahasa Inggris adalah dari ‘Sand and Foam’ (‘Pasir dan Buih’, 1926), yang berbunyi: ‘Separuh dari yang kukatakan tak berarti, tetapi aku mengatakannya sehingga separuh yang lain dapat sampai kepada Anda’. Kata-kata ini diambil oleh John Lennon, walaupun sedikit diubah, ke dalam lagu Julia dari album The Beatles tahun 1968.

Wafat dan warisannya

Kahlil Gibran Memorial di Washington, D.C.

Kahlil Gibran meninggal di Kota New York pada 10 April 1931 karena penyakit sirosis hati dan TBC. Sebelum wafat, ia mengucapkan keinginan terakhirnya agar dikuburkan di Libanon. Keinginan ini dipenuhi pada tahun 1932, ketika Mary Haskell dan adiknya Marianna membeli Biara Mar Sarkis di Libanon.

Museum dan kubur Kahlil Gibran di kota kelahirannya Bsharri, Libanon

Kahlil Gibran menginginkan agar isi studionya dipersembahkan kepada Mary Haskell. Di sinilah Mary Haskell menemukan surat-suratnya kepada Gibran sepanjang rentang waktu 23 tahun. Mula-mula Mary berniat membakar surat-surat cinta itu, namun menyadari nilai historisnya ia menyelamatkannya. Ia menyerahkan surat-surat itu beserta surat-surat yang dikirim Gibran yang ternyata ia simpan juga kepada Perpustakaan Universitas North Carolina sebelum ia wafat pada tahun 1964. Ringkasan lebih dari 600 surat itu diterbitkan pada buku berjudul ”Beloved Prophet” (”Nabi Tercinta”) pada tahun 1972.

Mary Haskel Minis akhirnya kawin dengan Jacob Florance Minis setelah pindah ke Savannah, Georgia tahun 1923, 8 tahun sebelum Kahlil Gibran meninggal. Ia menyumbangkan koleksi pribadinya yang terdiri dari hampir 100 karya seni asli Kahlil Gibran kepada Telfair Museum of Art di Savannah tahun 1950. Mary Haskell telah berpikir untuk menempatkan koleksinya itu di museum tersebut sejak tahun 1914. Dalam sebuah surat kepada Kahlil Gibran ia menjelaskan, ”… Saya sedang berpikir tentang museum-museum yang lain … Telfair Gallery yang mungil di Savannah.”

’Derita’ (’Pain’), salah satu lukisan Kahlil Gibran yang mungkin menggambarkan penderitaan batin Mary Haskell yang mencintai Kahlil Gibran tapi tak sampai dikukuhkan dalam lembaga perkawinan dan akhirnya kawin dengan Jacob Florance Minis yang mungkin kurang dicintainya. (Sumber: http://www.inner-growth.info. gibran_art_g207)

Seluruh royalti buku-buku Kahlil Gibran dipersembahkan bagi Bsharri, kota kecil kelahirannya, agar digunakan untuk tujuan-tujuan yang baik. Akan tetapi, hal ini membawa kontroversi dan konflik fisik selama bertahun-tahun perihal pembagian uang, dan akhirnya, pemerintah Libanon mengambil alih sebagai pengawas sumber dana tersebut.

(Sumber: Wikipedia, the free encyclopedia, lihat www.en.wikipedia.org tentang Kahlil Gibran)

Iklan

Skeleton

Diabetes

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

sano-normalkan-gula-darah

Kartu nama Yuni 3



Bermuka dua penting untuk bertahan hidup

Agustus 15, 2008


(Sumber foto: Media.photobucket.com)

Amatilah gambar ini! Ini adalah gambar wajah seorang yang bermuka dua, berwajah ganda. Mendengar kata “bermuka dua” orang pasti menilai negatif. Bermuka dua itu jelek. Bermuka dua itu harus ditinggalkan.

Dalam hidup ini, kadang-kadang orang tua terheran-heran. Anaknya yang selalu jujur, tiba-tiba ketahuan menipu. Tiba-tiba ketahuan mencuri uang dari dompet ibunya. Ya, namanya juga anak-anak. Kadang-kadang ia bereksperimen menipu. Dan, ia merasa senang jika berhasil mengelabui orang tuanya. Anak yang sopan ternyata bermuka dua juga. Bukankah orang tuanya juga pernah melakukan hal yang sama waktu kecil dulu? Apakah bermuka dua itu selalu jelek?

Dalam hidup ini, kadang-kadang orang tua harus berterus terang memarahi anaknya. Kadang-kadang harus memberi hukuman. Anak akan merasa jengkel, terpukul, dan mungkin memendam perasaan, orang tuaku mungkin tak sayang aku lagi. Apakah bermuka dua seperti ini jelek?

Dalam hidup ini, jika guru terus-menerus mengatakan kepada seorang anak yang berprestasi rendah, bahwa ia bodoh, apa yang terjadi? Dijamin anak itu akan benar-benar bertambah bodoh. Namun, kadang-kadang guru harus mengatakan, wah kamu anak pintar, walaupun sebenarnya yang dikerjakan salah. Apakah bermuka dua seperti ini jelek?

Dalam hidup ini, jika suami mengatakan semua yang ia pikirkan dan rasakan kepada istrinya, dijamin rumah tangganya bakal ambruk. Jika istri mengatakan semua isi hatinya, dipastikan pula rumah tangganya bakal goncang dan berantakan. Kadang-kadang suami atau istri perlu bermuka dua. Apakah ini selalu jelek?

Dalam hidup ini, jika Anda karyawan perusahaan, lalu Anda selalu jujur dan tiap kali mengatakan penilaian buruk tentang bos Anda, dapat dipastikan Anda akan dipecat dan kehilangan pekerjaan.

Sebaliknya, jika Anda bos perusahaan, lalu tiap kali Anda katakan secara apa adanya tentang wanprestasi seorang karyawan Anda, sudah dapat dipastikan bahwa prestasinya tak akan meningkat. Malah, terus merosot. Apakah bermuka dua adalah hak karyawan dan hak bos untuk diterapkan dalam hubungan kerja perusahaan?

Setujukan Anda dengan pernyataan seperti ini? Anda punya pengalaman tentang hal bermuka dua, berwajah ganda ini?

Advertorial

big love dance

Asma

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

Sano sembuhkan asma

Kartu nama Yuni

Jika ingin “menguasai” dunia, bacalah!

Agustus 11, 2008

Apa arti gambar “Child on globe” ini?

Jika bangsa ini ingin “menguasai” dunia, tidak malah “dikuasai” dunia, bacalah!

Jika kita ingin “menguasai” dunia, tapi anak tak dibina agar gemar membaca, apa bisa?

Jika anak gemar membaca, namun tak ada buku yang tersedia, apa bisa bertahan?

Jika anak gemar membaca, tapi jarang didorong bertanya, apa bisa?

Jika anak gemar membaca, namun jarang dilatih study skill membaca, apa bisa?

Jika anak sulit memahami bacaan karena kurangnya kosakata, namun tak pernah dilatih study skill menggunakan kamus, apa bisa?

Jika anak ingin membaca buku apa saja, untuk menjawab pertanyaannya, namun tak dibina keterampilan membaca dalam satu bahasa asing dunia, misal bahasa Inggris, apa bisa?

Jika anak ingin membaca buku berbahasa asing, tapi bukunya tak ada, apa bisa?

Banyak prasyarat yang harus dipenuhi agar kita mampu “menguasai” dunia” dan tidak malah digilas oleh “bola” dunia!

Jadi, apa yang harus kita lakukan?

(Sumber foto: www.bronze-depot.com)

Iklan

alison-brie-hunger-deans-1

Sakit maag

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

Sano maag

Kartu nama Yuni

Apa yang mendorong orang bertindak?

Agustus 7, 2008

Banyak orang tua dan guru berpendapat keliru. Mereka amat yakin bahwa untuk mendorong anak bertindak sesuai dengan harapan, haruslah anak diberi pengertian atau pemahaman. Pandangan seperti ini terpengaruh oleh cara berpikir Barat, yang dipengaruhi filsafat yang mengagung-agungkan rasio, kemampuan berpikir selama berabad-abad.

Patung The Thinker (Pemikir) karya Auguste Rodin ini

amat terkenal di dunia (www.forcounsel.com.1942).

Kapan Anda bertindak kalau terus saja berpikir dan berpikir?

Apa pikiran yang membuat manusia bergerak, berjuang, dan berprestasi?

Konsekuensi aliran pikiran ini adalah sikap mengagung-agungkan IQ. Tradisi pendidikan kita amat menekankan pengembangan kecerdasan intelektual siswa. Kecerdasan intelektual-lah yang melahirkan ilmu dan anak kandungnya teknologi. Karena itu, untuk menguasai ilmu dan teknologi, kecerdasan intelektual-lah yang harus ditekankan. Lihat saja mata-mata pelajaran yang diuji dalam Ujian Nasional (UN)! Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS.

(gardkarlsen.com.The_Thinker_at_Musee_Rodin)

Kita lupa, bahwa menurut hasil riset otak, yang lebih dominan berperan mendorong orang bertindak adalah hatinya. Suara hatinya! Kehendak hatinya! Bukan pikiran, bukan rasio! Nah, hati itu bermukim, bertempat tinggal, bersemayam dalam ranah emosi manusia. Nabi-nabi dari zaman ke zaman sebenarnya lebih terfokus kepada menyentuh dan mendorong hati manusia daripada rasio atau pikiran.

Namun, lihatlah pendidikan agama di sekolah-sekolah kita. Yang lebih ditekankan adalah pengetahuan dan pemahaman agama, bukan bagaimana menggarap hati anak agar menjalankan ajaran agama. Buktinya, kurikulum pendidikan agama terlalu kognitif, kurang afektif. Buku pelajarannya terlalu kognitif, kurang afektif. Apalagi, evaluasi pendidikan agama terlalu kognitif.

Akhir-akhir ini sebelum pelatihan guru, kami sering memberikan tes gaya belajar otak kiri dan otak kanan. Setiap kali hasilnya selalu sama. Jumlah guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK yang bergaya belajar otak kiri amat dominan. Mayoritas mutlak! Hanya sedikit sekali yang bergaya belajar otak kanan atau bergaya belajar kombinasi otak kiri dan otak kanan. Dalam populasi, sekitar 10% orang bergaya belajar otak kiri, 10% bergaya belajar otak kanan, dan 80% bergaya belajar kombinasi otak kiri dan otak kanan. Jelaslah hanya 10% siswa yang terlayani secara baik dan efektif oleh guru-guru yang mayoritas bergaya belajar otak kiri. 90% siswa menjadi pelengkap penderita. Dirugikan! Menjadi korban!

Mengapa ada begitu banyak guru yang bergaya belajar otak kiri di sekolah? Lihat saja tesnya. Tes seleksi menjadi guru adalah Bahasa, Matematika, IPA, dan IPS. Ada juga sekolah swasta yang memasukkan pula tes IQ. Lengkaplah sudah kekeliruan kita. Yang bergaya belajar otak kiri cenderung membuat sekolah menjadi tempat yang tak nyaman dan tak menyenangkan bagi siswa. Mengapa? Karena orang yang bergaya belajar otak kiri menunjukkan ciri-ciri, antara lain:

  • Perfeksionis (selalu menuntut yang sempurna)
  • Menekankan disiplin yang keras dan kaku
  • Bertanggung jawab
  • Suka menyalahkan orang lain
  • Kurang suka bekerja bersama dengan orang lain
  • Cenderung memaksa diri dan karena itu mudah terserang stres
  • Kurang mudah menyesuaikan diri (kurang adaptif
  • Mudah memotivasi diri
  • Pikirannya lebih banyak berisi angka dan kata-kata, kurang berisi gambar, bayangan, dan citra (image)
  • Patuh kepada orang yang berkuasa atau yang memiliki otoritas

Apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki keadaan yang sudah parah dan memfosil ini? Kapan kita lebih berpihak kepada pengembangan hati daripada pengembangan pikiran?

Iklan

andy

Kolesterol tinggi

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

sano-kolesterol-tinggi

Kartu nama Yuni