RADIX, Sirup herbal 16 bahan: Lengkuas + bawang putih + jintan hitam + jahe + daun kelor + kunyit + kulit manggis + kencur + daun sirsak + lemon + ciplukan + madu + 4 bahan lain = anekapenyakit autoimun, penyakit kulit, penyakit berat lain serta penyakit ringan, seperti flu, batuk, masuk angin, perut kembung, pegal linu, kepala sakit sembuh

Jumlah penduduk dunia yang menggunakan pengobatan medis herbal tradisional

Praktik medis tradisional adalah bagian penting dari pengobatan kesehatan primer di negara-negara sedang berkembang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sekitar 65% – 80% penduduk negara-negara sedang berkembang, karena kemiskinan dan kurangnya akses terhadap pengobatan modern, bergantung terutama kepada pengobatan medis tradisional ini.

Para pengamat medis menyimpulkan, bahwa sistem pengobatan medis tradisional dewasa ini digunakan oleh 80% orang di negara-negara sedang berkembang, oleh 360 juta orang di China, dan oleh sekitar 150 juta penduduk dan 300 ribu petugas medis professional kesehatan terdaftar di Eropa.

Sekitar seperempat penduduk dewasa di Amerika Serikat sekarang masih menggunakan pengobatan medis tradisional.

 

Dekan Fakultas Kedokteran UGM, Prof dr Ova Emilia saat membuka seminar “Peran Herbal untuk Mencegah Proses Degenerasi,” di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM, Sabtu, 22 April 2017, menyatakan, sampai saat ini, herbal masih dipandang sebelah mata oleh dunia medik modern, padahal sesungguhnya, penyakit degeneratif mampu dicegah dengan cara herbal.

“Sayangnya, pada penyakit degeneratif yang seharusnya bisa dicegah, kurang mendapat perhatian termasuk perusahaan asuransi, kurang mengedepankan aspek promotif upaya pencegahan penyakit dan menomorsatukan pengobatan,” ujarnya.

Dari pengalaman kami selama ini, 9 sirup herbal kami, yaitu Sano, Fides, VCO Plus, Xanthi, Vigor, Fit Brain, Credo, Liber, dan Radix mampu menyembuhkan beragam penyakit degeneratif. Contoh penyakit degeneratif yang disembuhkan, a.l. penyakit jantung koroner (sehingga banyak sekali konsumen yang terbebas dari operasi pasang ring atau bypass), penyakit diabetes, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan TBC, osteoartritis, rematik, kanker payudara, kanker rahim, dan jenis kanker lain, hepatitis B, asam urat atau gout, saraf terjepit, prostat, sakit ginjal, hipertensi (darah tinggi), stroke, gangguan pencernaan, sakit pinggang, nyeri bahu.

Bukti kesembuhan itu telah kami siarkan berupa testimoni pada posting kami tentang tiap sirup herbal dan di Page Facebook Sirup Sano serta di Website sanoherbal.id  Banyak testimoni yang disertai foto konsumen yang sembuh ditampilkan.

Dari psoriasis ke penyakit autoimun lainnya

Pengembangan sirup herbal Radix dimotivasi oleh tekad kami membantu menyembuhkan tiga teman kami yang berpuluh-puluh tahun menderita penyakit psoriasis. Ini adalah penyakit kulit autoimun yang belum bisa disembuhkan obat dokter di dunia.

Setelah berbulan-bulan bereksperimen dengan anekabahan penyembuh penyakit kulit psoriasis dan penyakit kulit lainnya akhirnya ditentukan 12 bahan yang cocok, termasuk daun cabe gendut.

Ternyata 12 bahan ini belum cukup untuk menyembuhkan penyakit kulit psoriasis, penyakit autoimun yang relatif sulit disembuhkan karena belum ada obat farmasi yang manjur.

Ada seorang dokter ahli di Filipina yang berhasil menyembuhkan penyandang psoriasis tapi sayangnya beliau sudah meninggal, tanpa memberi tahu obat yang digunakan kepada dokter-dokter lain.

Tiap kali menemukan bahan herbal yang cocok mengobati penyakit psoriasis, kami temukan bahwa bahan herbal yang sama berkhasiat pula digunakan sebagai obat penyembuh penyakit-penyakit autoimun lain, seperti lupus, meningitis, fribromyalgia, Crohn’s, diabetes tipe 1, rematik.

Akhirnya, dari 12 bahan yang digunakan dicek satu demi satu apakah digunakan oleh berbagai kelompok etnis di berbagai negara, terutama di Asia, termasuk Indonesia, untuk mengobati penyakit-penyakit autoimun.

Kemudian, kami lakukan pergantian dan penambahan baru berdasarkan data yang sempat diperoleh. Dicek juga hasil-hasil riset dengan tikus dan manusia yang diterbitkan di jurnal-jurnal kesehatan di berbagai belahan dunia. Jumlah bahan menjadi 15 bahan.

Kemudian, pada Hari Lupus Sedunia tahun 2018 yang dirayakan secara nasional di Bandung, kepada para penyandang penyakit autoimun lupus diberikan obat yang dibuat dari ciplukan (physalis angulata). Obat ini dibuat berdasarkan hasil kerja sama Syamsi Dhuha Foundation (SDF) dengan tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Pajajaran dan Sekolah Farmasi ITB dengan tikus-tikus yang disuntik sehingga sakit lupus. Hasil uji klinis menunjukkan ekstrak ciplukan ini meredakan radang, menurunkan kreatinin, dan memperbaiki profil darah penderita lupus.

Setelah ditelusuri hasil-hasil riset mengenai khasiat ciplukan, terutama eksperimen in vitro dan in vivo, di Google Scholar dan website yang relevan, ternyata ciplukan memiliki khasiat luar biasa untuk menyembuhkan penyakit psoriasis, eksim, luka, diabetes, rematik, sakit jantung, stroke, tiroid, anemia, sklerosis, dan banyak penyakit lain. Akhirnya, ditambahkan lagi satu bahan, yaitu ciplukan. Akhirnya, jumlah total bahan herbal menjadi 16.

Ke-16 bahan itu adalah: lengkuas, bawang putih, jintan hitam, jahe, daun kelor, kunyit, kulit manggis, kencur, daun sirsak, lemon, ciplukan, madu, dan 4 bahan lainnya.

Seluruh 16 bahan ini cukup menjanjikan guna menyembuhkan psoriasis sebagai penyakit autoimun.

Ternyata, ke-16 bahan ini relevan juga untuk membantu menyembuhkan anekapenyakit autoimun lain. Misalnya:

Rematik

Diabetes tipe 1 (pankreas rusak sehingga tidak bisa menghasilkan insulin)

Radang usus besar (ulcerative colitis)

Anemia aplastik (trombosit 0 atau rendah)

Nyeri tulang dan otot fibromyalgia yang menjalar ke bagian dalam tubuh dari lokasi asal nyeri.

Lupus

Meningitis (infeksi pada meninges atau selaput yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang)

Sklerosis jamak

Hepatitis autoimun

Graves tiroid sebagai satu penyebab penyakit hipertiroid

Penyakit Crohn (jenis penyakit peradangan usus kronis pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan, mulai dari mulut sampai ke anus).

Bersamaan dengan penggunaan untuk psoriasis, penyakit-penyakit kulit lain seperti kurap, kudis, panu, jerawat dapatlah disembuhkan.

Selain itu, dari uji coba ternyata batuk rejan dapat disembuhkan. Demikian juga, influenza, masuk angin, perut kembung, pegal linu, kepala pusing, diare. Dengan demikian, sirup herbal ini ampuh menyembuhkan penyakit-penyakit akut, yang menyerang mendadak dan cepat sembuh, tidak kronis atau tidak menahun.

Dipilih nama Radix

Karena 5 bahan utama menggunakan akar atau umbi sebagai bagian akar yang membesar untuk menyimpan makanan, yaitu bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, dan kencur, sirup herbal ini dinamai RADIX.

Dalam bahasa Latin, radix berarti akar. Kata radix ini diambil alih bahasa Inggris seperti apa adanya tanpa diubah, lalu muncul kata sifat radical (radikal). Kata kerja bahasa Latin dari kata benda radix adalah eradicare yang berarti mencabut sampai ke akar-akarnya. Dalam bahasa Inggris, eradicare menjadi to eradicate.

Radix ini menunjukkan juga bahwa sirup herbal ini dapat mencabut akar penyebab anekapenyakit autoimun yang sulit disembuhkan. Demikian pula, sirup herbal ini mampu membongkar akar penyebab penyakit-penyakit akut, seperti virus, bakteri, kuman, dan jamur.

Berikut ini disajikan kandungan zat, ciri farmakologis, dan khasiat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sirup herbal Radix ini.

 

1.LENGKUAS

Lengkuas atau laos [Alpinia galangal atau Alpinia galanga L (Linn.) Pierre.]

Kandungan zat

Lengkuas juga mengandung phenolic, alonin dan resin serta senyawa 5-hydroxymethyl furfural, lkohol benzyl, methylcinnamate, 3-phenyl-2-butanone, dan asam benzenedicarboxylic, pinene, thujene, terpinen, terpineol, limonene, farnasene, bisabolene, bergamontene. gallic acid glycoside, sitosterol, galangin, alpinin, zerumbone, kampferde, dan galangin flavonol.

Minyak lengkuas menghasilkan cineol, pinene, eugenol, dan resin. Janssen and Scheffer (1985) menyatakan bahwa minyak lengkuas mengandung acetoxychavicol acetate, acetoxyeugenol acetate, dan hydroxychavicol acetate.

Ciri farmakologis

Lengkuas berciri antioksidan, antiradang, antimikroba, antibakteri, virus, kuman, jamur, parasit; antitumor dan antikanker, antidiuretik (menjaga keseimbangan air dalam tubuh), memperlancar menstruasi, meningkatkan libido, karminatif (mengeluarkan gas dari perut kembung), antiperitek atau penurun panas. Selain itu, lengkuas berciri antidepresi, antikejang, antibeku darah, antiobesitas, antialergi, antinyeri, analgesik (menghilangkan rasa sakit), dan membantu menghentikan pendarahan.

Khasiat

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit lupus.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit meningitis. Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri streptococcus suis, yang menyebabkan penyakit meningitis bakteri akut zoonosis, adalah penyakit radang selaput otak yang ditularkan dari babi ke manusia.

Lengkuas mengandung zat aktif semacam alonin, galangol, dan resin pada lengkuas membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi perut kembung, diare, rematik, dan demam. Selain itu, lengkuas juga sering dimanfaatkan sebagai obat antimabuk selama di perjalanan.

Secara tradisional lengkuas digunakan berbagai suku bangsa untuk mengobati penyakit diabetes, jantung, bronkitis, nyeri rematik, nyeri dada, radang usus, cacingan, sakit maag, demam, nyeri hati (liver), dan penyakit ginjal, radang lambung dan usus kecil (enteritis) kronis, dan batu ginjal.

Lengkuas mengurangi kadar gula darah.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik.

Mengobati penyakit tiphus. Salah satu tanaman obat yang dapat menghambat pertumbuhan S. typhi adalah rimpang lengkuas rimpang. Uji in-vitro yang dilakukan Fardiaz pada tahun 1999 menunjukkan, bahwa rimpang lengkuas dapat menghambat pertumbuhan bakteri salmonella typhi yang menyebabkan penyakit tiphus.

Minyak esensial dari rimpang lengkuas menunjukkan aktivitas antimikroba. Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri staphylococcus aureus, yang menyebabkan infeksi kulit. Infeksi kulit ini mengakibatkan kulit terlihat merah, bengkak, sakit, dan terkadang mengandung nanah.

Bakteri ini juga dapat menyebabkan penyakit bakteremia (Sepsis). Bakteri menyebar ke dalam sirkulasi darah. Bakteri lain yang menyebabkan penyakit ini adalah bakteri streptococcus pneumoniae, yang juga menyebabkan penyakit pneumonia dan bakteri salmonella, yang juga menyebabkan penyakit demam tifoid dan paratifoid serta penyakit foodborne, yaitu penyakit yang merupakan hasil dari pencernaan dan penyerapan makanan yang mengandung mikroba.

Gejala penyakit bakteremia adalah demam dan tekanan darah rendah. Bakteri ini bisa melakukan perjalanan yang cukup jauh di dalam tubuh Anda untuk menyebabkan infeksi pada organ dalam, seperti otak, jantung, atau paru-paru. Selain itu, bakteri ini juga bisa menyerang tulang dan otot, serta perangkat implan operasi (seperti sendi buatan atau alat pacu jantung).

Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri erysipelothrix rhusiopathiac, yang menyebabkan penyakit pada babi yang ditandai bercak-bercak merah. Penyakit ini dapat juga menular ke manusia.

Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri pseudomonas aeruginosa, yang menyebabkan infeksi karena pertahanan tubuh yang rendah.

Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri escherichia coli, yang biasanya menyebabkan infeksi usus, bakteri Pasteurella multocida, yang menyebabkan infeksi zoonotik, yang merupakan akibat dari gigitan atau cakaran dari binatang peliharaan (seperti kucing dan anjing), dan arcanobacterium pyogenes, yang menyebabkan infeksi yang dapat mempengaruhi kesimbangan unsur darah.

Mencegah peradangan dan artritis, termasuk rematik, dan mengurangi gejala osteoartritis. Lengkuas digunakan untuk mengobati rematik di kaki atau digunakan sebagai obat gosok penyandang rematik.

Mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan masalah pencernaan: mencegah anoreksia, mengatasi sakit perut, rasa mual dan muntah-muntah.

Mengatasi mabuk laut, mabuk perjalanan, dan rasa mual dan muntah ibu hamil 3 bulan pertama.

Mengatasi diare.

Mencegah tumor dan kanker, terutama tumor dan kanker paru-paru dan payudara.

Mengobati kanker gastrik lambung. Sebuah studi tahun 2014 di Iran menemukan bahwa ekstrak cairan lengkuas secara signifikan menghancurkan sejumlah sel kanker gastrik lambung di laboratorium setelah 48 jam. Hasil ini cukup menonjol.

Lengkuas menunjukkan prospek menyembuhkan leukemia (kanker darah). Para peneliti di Yamaika yang melakukan studi pengaruh ekstrak cairan lengkuas menyatakan bahwa lengkuas menunjukkan potensi mengobati leukimia yang mulai menyerang sumsum tulang.

Mengobati kanker kulit melanoma. Para peneliti di National Chiayi University di Taiwan mempelajari dampak tiga komponen rimpang lengkuas terhadap sel kanker melanoma. Ketiga komponen itu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker yang baru.

Mengobati kanker pankreas. Sebuah studi yang dirilis tahun 2017 menguji beberapa senyawa lengkuas di laboratorium dan dampaknya terhadap sel kanker pankreas. Studi ini menemukan bahwa lengkuas menghentikan pertumbuhan sel baru dan menekan jalur gen yang memperluas dampak kanker.

Mengobati kanker usus besar. Tahun 2013 pertama kali lengkuas dipelajari apakah menyerang sel-sel kanker usus besar. Para ilmuwan menemukan bahwa lengkuas mematikan dua tipe sel kanker usus besar.

Mengobati kanker payudara. Pada tahun 2014 sebuah universitas di Iran menemukan bahwa ekstrak lengkuas mematikan sel-sel kanker payudara, namun tidak membahayakan sel-sel payudara yang sehat. Sebuah studi di fakultas kedokteran sebuah universitas di China menemukan lengkuas mematikan sel-sel kanker payudara.

Mengobati kanker liver (hati). Sebuah studi di Taiwan tahun 2015 menemukan bahwa ekstrak lengkuas menghentikan penyebaran sel-sel kanker liver ke sel-sel yang sehat. Dalam sebuah studi yang lain ditemukan bahwa kombinasi terapi lengkuas dan agen-agen terapi lain lebih efektif mencegah penyebaran sel-sel kanker liver.

Meningkatkan jumlah dan fungsi sperma. Bagian-bagian tertentu dari umbi lengkuas dapat meningkatkan kesuburan pria. Dalam penelitian dengan tikus, para peneliti di Iran menemukan bahwa lengkuas meningkatkan jumlah sperma dan kemampuan bergeraknya.

Para peneliti di Denmark meneliti dampak rimpang lengkuas, yang dipasangkan dengan ekstrak buah delima, terhadap sperma laki-laki yang sehat. Ditemukan, jumlah spermayang bergerak meningkat tiga kali lipat dari jumlah plasebo.

Bertindak sebagai agen antiperadangan. Peradangan adalah akar sebagian besar penyakit. Peradangan kronis terkait dengan perkembangan sejumlah besar penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan beberapa penyakit lainnya. Lengkuas menunjukkan efek antiradang pada tubuh secara umum dan melawan kondisi tertentu. Fitonutrisi pada lengkuas membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Lengkuas juga membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan radang sendi (osteartritis). Pada sebuah studi tahun 2001, subjek yang mengkonsumsi senyawa lengkuas dan ekstrak jahe menunjukkan penurunan yang signifikan pada nyeri lutut dan kebutuhan akan obat-obatan dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Lengkuas membantu menyembuhkan cedera paru-paru akut yang menyebabkan sindrom gangguan pernapasan akut. Penyakit ini terutama menimpa orang yang sudah sakit kritis dan kelebihan carian yang bocor ke paru-paru sehingga menghentikan aliran oksigen ke organ-organ tubuh yang vital. Cedera paru-paru sering berakibat fatal kepada penderitanya.

Menyehatkan otak. Karena ciri antiradangnya, lengkuas mengandung senyawa yang disebut ACA yang berdampak melindungi otak dan memperlambat degenrasi kognitif (menurunnya kemampuan berpikir) seiring dengan pertambahan usia.

Lengkuas juga mengandung senyawa yang membantu mengurangi depresi.

Lengkuas meredakan sakit perut dan mengatasi masalah pencernaan. Khasiat lengkuas yang paling tua dan paling sering dimanfaatkan  adalah dampaknya terhadap sakit perut. Dalam tradisi pengobatan ayurveda India dan budaya Asia lainnya, lengkuas umum digunakan untuk meredakan sakit perut, mengatasi diare, menghentikan muntah, dan bahkan menghentikan cegukan.

Menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat.

Menegah penyakit jantung dan masalah kardiovaskular.

Mengatasi asma.

Mengurangi frekuensi kencing akibat kelebihan produksi air seni dan ketidakteraturan kencing.

Mengatasi masalah ketakteraturan haid.

Melindungi tubuh dari influenza

Mengatasi banyak masalah pernapasan, terutama batuk, radang tenggorokan, nyeri dada, dan suara parau.

Mengobati batuk rejan atau kinghus.

Menguatkan akar rambut dan rambut serta menyuburkan rambut.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh dan anti-HIV Aids (memblokir replikasi virus).

Melindungi liver dari keracunan kimiawi.

Mencegah Alzheimer dan kelelahan mental berdasarkan hasil riset bahwa lengkuas meningkatkan kemampuan kognitif dan ingatan otak.

Meningkatkan selera makan.

Mengobati masalah kulit akibat jamur, seperti panu; eksem, kulit terbakat dan gatal.

Mengatasi alergi akibat makan udang, ikan, atau makanan laut lainnya.

Membuat kulit awet muda dan antipenuaan dini karena antioksidan pada lengkuas mencegah radikal bebas memasuki tubuh. Vitamin C pada lengkuas meremajakan sel-sel kulit dan mencegah keriput kulit.

Menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam akibat jerawat.

Menghilangkan ketombe dan kulit kepala yang mengeras akibat ketombe.

Mengatasi katarak.

Mengurangi rasa sakit pada telinga yang disebabkan peradangan. Cairan lengkuas dapat diteteskan ke dalam telinga. Lengkuas digunakan sebagai obat tetes telinga.

Meningkatkan stamina tubuh.

Mengobati rematik.

Mengobati sakit limpa.

Membangkitkan gairah seks, meningkatkan libido. Lengkuas dijadikan obat meningkatkan gairah seks (aprodisiak).

Membangkitkan nafsu makan.

Mengobati batuk bronkitis.

Mengobati morbili sebagai bahan pengobatan luar.

Mengobati panu.

Mengobati anekapenyakit kulit, seperti kudis, koreng, dan borok.
Obat gosok, pelancar kemih, dan obat penguat empedu

Mengobati rematik.

Mengobati alergi udang atau ikan laut sehingga timbul gatal-gatal

Mengobati kaki encok

Penambah darah

Mengobati gangguan perut, perut kembung atau sebah. Mengobati masuk angin.

Menghilangkan bercak-bercak kulit dan tahi lalat (sproeten).

Mengobati demam disertai pembesaran limpa.

Dikonsumsi ibu-ibu yang baru saja melahirkan atau bersalin pada masa nifas.

Mengobati sakit bronkitis.

Mengobati diare.

Ciri farmakologis

Lengkuas berciri antioksidan, antiradang, antimikroba, antibakteri, virus, kuman, jamur, parasit; antitumor dan antikanker, antidiuretik (menjaga keseimbangan air dalam tubuh), memperlancar menstruasi, meningkatkan libido, karminatif (mengeluarkan gas dari perut kembung), antiperitek atau penurun panas. Selain itu, lengkuas berciri antidepresi, antikejang, antibeku darah, antiobesitas, antialergi, antinyeri, analgesik (menghilangkan rasa sakit), dan membantu menghentikan pendarahan.

Khasiat

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit lupus.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit meningitis. Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri streptococcus suis, yang menyebabkan penyakit meningitis bakteri akut zoonosis, adalah penyakit radang selaput otak yang ditularkan dari babi ke manusia.

Lengkuas mengandung zat aktif semacam alonin, galangol, dan resin pada lengkuas membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi perut kembung, diare, rematik, dan demam. Selain itu, lengkuas juga sering dimanfaatkan sebagai obat antimabuk selama di perjalanan.

Secara tradisional lengkuas digunakan berbagai suku bangsa untuk mengobati penyakit diabetes, jantung, bronkitis, nyeri rematik, nyeri dada, radang usus, cacingan, sakit maag, demam, nyeri hati (liver), dan penyakit ginjal, radang lambung dan usus kecil (enteritis) kronis, dan batu ginjal.

Lengkuas mengurangi kadar gula darah.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.

Lengkuas digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik.

Mengobati penyakit tiphus. Salah satu tanaman obat yang dapat menghambat pertumbuhan S. typhi adalah rimpang lengkuas rimpang. Uji in-vitro yang dilakukan Fardiaz pada tahun1999 menunjukkan, bahwa rimpang lengkuas dapat menghambat pertumbuhan bakteri salmonella typhi yang menyebabkan penyakit tiphus.

Minyak esensial dari rimpang lengkuas menunjukkan aktivitas antimikroba. Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri staphylococcus aureus, yang menyebabkan infeksi kulit. Infeksi kulit ini mengakibatkan kulit terlihat merah, bengkak, sakit, dan terkadang mengandung nanah.

Bakteri ini juga dapat menyebabkan penyakit bakteremia (Sepsis). Bakteri menyebar ke dalam sirkulasi darah. Bakteri lain yang menyebabkan penyakit ini adalah bakteri streptococcus pneumoniae, yang juga menyebabkan penyakit pneumonia dan bakteri salmonella, yang juga menyebabkan penyakit demam tifoid dan paratifoid serta penyakit foodborne, yaitu penyakit yang merupakan hasil dari pencernaan dan penyerapan makanan yang mengandung mikroba.

Gejala penyakit bakteremia adalah demam dan tekanan darah rendah. Bakteri ini bisa melakukan perjalanan yang cukup jauh di dalam tubuh Anda untuk menyebabkan infeksi pada organ dalam, seperti otak, jantung, atau paru-paru. Selain itu, bakteri ini juga bisa menyerang tulang dan otot, serta perangkat implan operasi (seperti sendi buatan atau alat pacu jantung).

Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri erysipelothrix rhusiopathiac, yang menyebabkan penyakit pada babi yang ditandai bercak-bercak merah. Penyakit ini dapat juga menular ke manusia.

Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri pseudomonas aeruginosa, yang menyebabkan infeksi karena pertahanan tubuh yang rendah.

Minyak atsiri lengkuas telah menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap bakteri escherichia coli, yang biasanya menyebabkan infeksi usus, bakteri Pasteurella multocida, yang menyebabkan infeksi zoonotik, yang merupakan akibat dari gigitan atau cakaran dari binatang peliharaan (seperti kucing dan anjing), dan arcanobacterium pyogenes, yang menyebabkan infeksi yang dapat mempengaruhi kesimbangan unsur darah.

Mencegah peradangan dan artritis, termasuk rematik, dan mengurangi gejala osteoartritis. Lengkuas digunakan untuk mengobati rematik di kaki atau digunakan sebagai obat gosok penyandang rematik.

Mengurangi rasa tidak nyaman yang disebabkan masalah pencernaan: mencegah anoreksia, mengatasi sakit perut, rasa mual dan muntah-muntah.

Mengatasi mabuk laut, mabuk perjalanan, dan rasa mual dan muntah ibu hamil 3 bulan pertama.

Mengatasi diare.

Mencegah tumor dan kanker, terutama tumor dan kanker paru-paru dan payudara.

Mengobati kanker gastrik lambung. Sebuah studi tahun 2014 di Iran menemukan bahwa ekstrak cairan lengkuas secara signifikan menghancurkan sejumlah sel kanker gastrik lambung di laboratorium setelah 48 jam. Hasil ini cukup menonjol.

Lengkuas menunjukkan prospek menyembuhkan leukemia (kanker darah). Para peneliti di Yamaika yang melakukan studi pengaruh ekstrak cairan lengkuas menyatakan bahwa lengkuas menunjukkan potensi mengobati leukimia yang mulai menyerang sumsum tulang.

Mengobati kanker kulit melanoma. Para peneliti di National Chiayi University di Taiwan mempelajari dampak tiga komponen rimpang lengkuas terhadap sel kanker melanoma. Ketiga komponen itu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker yang baru.

Mengobati kanker pankreas. Sebuah studi yang dirilis tahun 2017 menguji beberapa senyawa lengkuas di laboratorium dan dampaknya terhadap sel kanker pankreas. Studi ini menemukan bahwa lengkuas menghentikan pertumbuhan sel baru dan menekan jalur gen yang memperluas dampak kanker.

Mengobati kanker usus besar. Tahun 2013 pertama kali lengkuas dipelajari apakah menyerang sel-sel kanker usus besar. Para ilmuwan menemukan bahwa lengkuas mematikan dua tipe sel kanker usus besar.

Mengobati kanker payudara. Pada tahun 2014 sebuah universitas di Iran menemukan bahwa ekstrak lengkuas mematikan sel-sel kanker payudara, namun tidak membahayakan sel-sel payudara yang sehat. Sebuah studi di fakultas kedokteran sebuah universitas di China menemukan lengkuas mematikan sel-sel kanker payudara.

Mengobati kanker liver (hati). Sebuah studi di Taiwan tahun 2015 menemukan bahwa ekstrak lengkuas menghentikan penyebaran sel-sel kanker liver ke sel-sel yang sehat. Dalam sebuah studi yang lain ditemukan bahwa kombinasi terapi lengkuas dan agen-agen terapi lain lebih efektif mencegah penyebaran sel-sel kanker liver.

Meningkatkan jumlah dan fungsi sperma. Bagian-bagian tertentu dari umbi lengkuas dapat meningkatkan kesuburan pria. Dalam penelitian dengan tikus, para peneliti di Iran menemukan bahwa lengkuas meningkatkan jumlah sperma dan kemampuan bergeraknya.

Para peneliti di Denmark meneliti dampak rimpang lengkuas, yang dipasangkan dengan ekstrak buah delima, terhadap sperma laki-laki yang sehat. Ditemukan, jumlah spermayang bergerak meningkat tiga kali lipat dari jumlah plasebo.

Bertindak sebagai agen antiperadangan. Peradangan adalah akar sebagian besar penyakit. Peradangan kronis terkait dengan perkembangan sejumlah besar penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan beberapa penyakit lainnya. Lengkuas menunjukkan efek antiradang pada tubuh secara umum dan melawan kondisi tertentu. Fitonutrisi pada lengkuas membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Lengkuas juga membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan radang sendi (osteartritis). Pada sebuah studi tahun 2001, subjek yang mengkonsumsi senyawa lengkuas dan ekstrak jahe menunjukkan penurunan yang signifikan pada nyeri lutut dan kebutuhan akan obat-obatan dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Lengkuas membantu menyembuhkan cedera paru-paru akut yang menyebabkan sindrom gangguan pernapasan akut. Penyakit ini terutama menimpa orang yang sudah sakit kritis dan kelebihan carian yang bocor ke paru-paru sehingga menghentikan aliran oksigen ke organ-organ tubuh yang vital. Cedera paru-paru sering berakibat fatal kepada penderitanya.

Menyehatkan otak. Karena ciri antiradangnya, lengkuas mengandung senyawa yang disebut ACA yang berdampak melindungi otak dan memperlambat degenrasi kognitif (menurunnya kemampuan berpikir) seiring dengan pertambahan usia.

Lengkuas juga mengandung senyawa yang membantu mengurangi depresi.

Lengkuas meredakan sakit perut dan mengatasi masalah pencernaan. Khasiat lengkuas yang paling tua dan paling sering dimanfaatkan  adalah dampaknya terhadap sakit perut. Dalam tradisi pengobatan ayurveda India dan budaya Asia lainnya, lengkuas umum digunakan untuk meredakan sakit perut, mengatasi diare, menghentikan muntah, dan bahkan menghentikan cegukan.

Menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat.

Menegah penyakit jantung dan masalah kardiovaskular

Mengatasi asma.

Mengurangi frekuensi kencing akibat kelebihan produksi air seni dan ketidakteraturan kencing.

Mengatasi masalah ketakteraturan haid.

Melindungi tubuh dari influenza

Mengatasi banyak masalah pernapasan, terutama batuk, radang tenggorokan, nyeri dada, dan suara parau.

Mengobati batuk rejan atau kinghus.

Menguatkan akar rambut dan rambut serta menyuburkan rambut.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh dan anti-HIV Aids (memblokir replikasi virus).

Melindungi liver dari keracunan kimiawi.

Mencegah Alzheimer dan kelelahan mental berdasarkan hasil riset bahwa lengkuas meningkatkan kemampuan kognitif dan ingatan otak.

Meningkatkan selera makan.

Mengobati masalah kulit akibat jamur, seperti panu; eksem, kulit terbakat dan gatal.

Mengatasi alergi akibat makan udang, ikan, atau makanan laut lainnya.

Membuat kulit awet muda dan antipenuaan dini karena antioksidan pada lengkuas mencegah radikal bebas memasuki tubuh. Vitamin C pada lengkuas meremajakan sel-sel kulit dan mencegah keriput kulit.

Menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam akibat jerawat.

Menghilangkan ketombe dan kulit kepala yang mengeras akibat ketombe.

Mengatasi katarak.

Mengurangi rasa sakit pada telinga yang disebabkan peradangan. Cairan lengkuas dapat diteteskan ke dalam telinga. Lengkuas digunakan sebagai obat tetes telinga.

Meningkatkan stamina tubuh.

Mengobati rematik.

Mengobati sakit limpa.

Membangkitkan gairah seks, meningkatkan libido. Lengkuas dijadikan obat meningkatkan gairah seks (aprodisiak).

Membangkitkan nafsu makan.

Mengobati batuk bronkitis.

Mengobati morbili sebagai bahan pengobatan luar.

Mengobati panu.

Mengobati anekapenyakit kulit, seperti kudis, koreng, dan borok.
Obat gosok, pelancar kemih, dan obat penguat empedu

Mengobati rematik.

Mengobati alergi udang atau ikan laut sehingga timbul gatal-gatal

Mengobati kaki encok

Penambah darah

Mengobati gangguan perut, perut kembung atau sebah. Mengobati masuk angin.

Menghilangkan bercak-bercak kulit dan tahi lalat (sproeten).

Mengobati demam disertai pembesaran limpa.

Dikonsumsi ibu-ibu yang baru saja melahirkan atau bersalin pada masa nifas.

Mengobati sakit bronkitis.

Mengobati diare.

2. Bawang putih (Allium sativum)

Kandungan zat

Bawang putih mengandung minyak atsiri, allicin dan alliin, kalsium, saltivine, diallysulfide, alilpropil-disulfida, belerang, protein, lemak, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C.

Kandungan gizi pada bawang putih adalah: Selenium, mangan, seng, sodium, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, vitamin C, folat, vitamin B6, asam pantotenat, niacin, riboflavin, thiamnine, beta-karoten, protein, lemak, serat, gula, dan karbohidrat.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antibakteri, virus, kuman, parasit
  • Antioksidan
  • Antidepresi
  • Antikejang
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiradang
  • Alkaline, alkalis, basa
  • Antialergi
  • Analgesik, menghilangkan rasa nyeri

Khasiat

Bawang putih digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.

Bawang putih digunakan untuk mengobati penyakit lupus.

Bawang putih digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.

Bawang putih digunakan untuk mengobati penyakit meningitis.

Di zaman dulu, bawang putih dipercaya mengusir vampir (pengisap darah). Atlet Yunani makan bawang putih sebagai perangsang sebelum bertanding. Menurut cerita rakyat Mesir, bawang putih menangkis “mata roh jahat”. Bawang putih dijuluki lemari obat karena berkhasiat menyembuhkan banyak sekali penyakit, mulai dari flu, infeksi kulit, jerawat sampai menyembuhkan sakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, mengontrol kadar gula darah, kadar kolesterol tinggi, dan menyembuhkan gangguan rematik. Bawang putih adalah satu tanaman obat yang terbukti menunjukkan begitu banyak manfaat sehingga dijuluki “umbi seribu khasiat”.

  • Bawang putih digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia.
  • Bawang putih digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.
  • Bawang putih digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Baik untuk penderita diabetes karena bawang putih membantu menormalkan kadar lemak yang tidak terkontrol. Bawang putih juga digunakan untuk mengobati diabetes tipe 1.
  • Bagi penderita diabetes, bawang putih membersihkan darah dari kelebihan gula. Salah satu perlakuan adalah makan bawang putih tiap hari. Sebuah jurnal medis Inggris menulis bahwa bawang putih itu baik untuk memurnikan darah dari kelebihan gula.
  • Mengunyah bawang putih mentah tiap hari dapat menambah kekuatan.
  • Menjaga kadar kolesterol normal.
  • Dapat membunuh beberapa jenis bakteri yang amat berbahaya dan bandel
  • Bawang putih disebut  “penisilin orang miskin.” Ia memerangi kuman-kuman tertentu yang tak dapat diperangi penisilin. Tidak seperti penisilin yang tak dapat anda peroleh tanpa resep dokter karena efek sampingnya yang serius, bawang putih tidak berbahaya. Anda dapat memakannya dengan aman dan kekuatan membunuh kuman bertahan selama 10 jam dalam darah. (Lihat http://adamsey.hubpages.com/hub/Heal-yourself-with-garlic)
  • Merupakan antibiotik yang membunuh bakteri dan melancarkan pencernaan
  • Merupakan antioksidan luar biasa yang dapat mengurangi radikal bebas yang berbahya dalam tubuh.
  • Menjaga sel darah tetap sehat sekali pun ada macam-macam zat pengotor seperti timah, merkuri, tembaga, dan aluminium.
  • Menjaga peredaran darah yang sehat
  • Menjaga tekanan darah tetap rendah
  • Meningkatkan aliran darah ke pembuluh darah kapiler kuku di sekitar kuku jari tangan
  • Meningkatkan sirkulasi darah ke pembuluh daerah arteri pada mata
  • Membunuh parasit-parasit pada manusia, termasuk entamoebam histolyca, dan guardia lambia
  • Melindungi tubuh dari keracunan logam berat
  • Merangsang keluarnya getah pencernaan
  • Menghindarkan masuk angin

  • Membunuh bakteri penyebab infeksi kulit, paru-paru, tenggorokan, dan mulut.
  • Merangsang tumbuhnya sel-sel pembunuh alami dalam tubuh
  • Setengah bawang putih sehari cukup untuk menjaga kadar kolesterol normal
  • Mencegah sakit perut dan membantu mengatasi diare.
  • Bawang putih memulihkan seseorang dari batuk dan infeksi kerongkongan hanya beberapa menit, lebih cepat dari Vitamin C dan penyembuhannya lebih permanen. [Sumber: http://adamsey.hubpages.com/hub/Heal-yourself-with-garlic]
  • Perangsang dan pembersih usus.
  • Menghentikan diare yang bersifat mikroba (kuman).
  • Digunakan untuk keperluan yang berkaitan dengan anus dan dubur (anal), seperti menghentikan disentri.
  • Berguna untuk urat saraf.
  • Membasmi pembusukan (kerusakan) pada perut.
  • Bawang putih yang dicampur dengan susu rayeb (yogurt) bermanfaat membasmi batu ginjal dan meringankan mules pada ginjal.
  • Mengurangi kadar lemak dan kolesterol pada darah, menekan tekanan darah, mengurangi tekanan darah tinggi, mengaktifkan detakan hati, merangsang sirkulasi darah, dan mengobati pembekuan pembuluh darah.
  • Mencegah terbentuknya cadangan lemak di pembuluh nadi koroner.
  • Bawang putih yang dicampur dengan parsley (sejenis seledri), minyak zaitun, dan jus jeruk nipis, kemudian diminum sebelum sarapan pagi, dapat membasmi batu ginjal.
  • Bawang putih berkumpul dengan asam polic, saluran kencing, dan mengobati penyakit encok.
  • Membasmi radang persendian dan mengobati lemahnya alat-alat pencernaan.
  • Mengobati wasir (ambeien) dan pembekuan pembuluh darah.
  • Mengobati kekurangan cairan.
  • Membasmi berbagai jenis cacing, seperti cacing entrobius vermicularis dan amuba.
  • Digunakan untuk pengobatan dan meredam penyakit telinga.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Mencegah infeksi.
  • Mengobati tenggorokan yang gatal.
  • Mengobati gejala-gejala flu.
  • Meningkatkan energi tubuh.
  • Mendukung kondisi kesehatan yang baik.
  • Merangsang sistem kekebalan (imunitas) tubuh.
  • Mengusir parasit, cacing.
  • Bawang putih telah terbukti dapat mengatur kadar kortisol sehingga mampu meningkatkan testosteron sehingga dapat meningkatkan libido pria.
  • Bawang putih digunakan untuk memulihkan disfungsi ereksi pada orang lanjut usia. Bawang putih mengandung alisin sebagai kandungan alami yang meningkatkan sirkulasi darah dengan mendorong aliran darah. Selain itu, konsumsi dua siung bawang putih tiap hari meningkatkan produksi hydrogen sulphide dalam tubuh. Kadar hydrogen sulphide yang memadai membantu merilekskan pembuluh arteri dan pembuluh-pembuluh darah lainnya. Sirkulasi darah yang tepat dan pembuluh-pembuluh darah yang rileks dapat secara efektif mengatasi masalah disfungsi ereksi.

Sejumlah studi in-vitro tentang khasiat bawang putih menunjukkan bahwa bawang putih dengan dosis yang tepat dapat meningkatkan enzim katalisator dan pemercepat reaksi kimia dalam tubuh dan melindungi testis dan melawan keracunan yang terjadi.

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni dari berbagai negara menunjukkan bahwa kulit manggis digunakan untuk mengobati kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker ginjal, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker mata, kanker mulut, kanker otak, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker perut, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tenggorokan, kanker tulang, dan kanker usus.
  • Bawang putih dan juga jahe digabungkan dengan kunyit akan efektif menyerang sel-sel kanker karena kunyit memaksa sel-sel kanker melakukan bunuh diri.
  • Studi-studi awal dengan manusia menunjukkan bahwa konsumsi teratur bawang putih dapat mengurangi risiko terserang beberapa jenis kanker. Beberapa studi menggunakan banyak bahan herbal sehingga sulit menentukan apakah bawang putih sendirian memainkan peran penting dalam mencegah kanker.
  • Allicin sebagai unsur aktif pada bawang putih diketahui memiliki efek antikanker. Allicin tampaknya membunuh sel-sel kanker limphoma dan jenis-jenis kanker lain. Pada tahun 2013 Dr Jiang melaporkan bahwa kombinasi sinergis Artesunate (diturunkan dari artemisinin) dengan allicin meningkatkan dampak antikanker terhadap sel-sel kanker tulang dalam penelitian in vitro dan in vivo.

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Provinsi Jiangsu, China, menganalisis data 1400 pasien kanker paru-paru dan 4500 orang dewasa yang sehat. Mereka membandingkan gaya hidup peserta sehat dan pasien dengan kanker paru-paru, baik pilihan makanan hingga gaya hidup sehari-hari. Mereka menemukan, bahwa peserta yang makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu, 44 persen lebih kecil kemungkinan terkena kanker paru-paru.

3. Jintan hitam atau habbatussauda (Nigella Sativa; bahasa Inggris: black seed)

Jintan hitam (habbatussauda)

Kandungan zat

Jintan hitam mengandung minyak atsiri yang berisi komponen utama thymoquinone, kaya kandungan protein, mineral, alkaloids, saponin, karbohidrat, dan lemak. Hampir semua isi lemaknya dalam bentuk asam lemak omega 3 dan omega 6 yang amat penting untuk kesehatan menyeluruh dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Juga mengandung sekitar 15 asam amino, elemen amat penting protein, 9 dari jumlah itu adalah asam amino esensial.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Pelindung ginjal
  • Antibakteri, virus, jamur
  • Antioksidan
  • Antiradang
  • Tonik liver dan pelindung liver
  • Analgesik atau penghilang rasa sakit
  • Pelindung lambung dari asam lambung
  • Perangsang nafsu makan
  • Penurun panas
  • Pengatur zat dan regenerasi sel
  • Pengatur tekanan darah
  • Antihipertensi atau darah tinggi
  • Pengatur lemak
  • Pelancar sirkulasi darah
  • Pelancar pencernaan dan metabolisme
  • Penangkal / pembersih racun
  • Antidiare
  • Peningkat autoimunitas tubuh
  • Peningkat energi aau stamina
  • Pengontrol gula darah; antidiabetes
  • Pengatur aktivitas saraf
  • Pembangun otot dan tulang
  • Antiobesitas
  • Karminatif (mengeluarkan udara)
  • Diuretik (mempelancar air seni)
  • Penyembuh sakit kulit

Khasiat

  • Habbatussauda atau jintan hitam digunakan untuk mengobati beragam penyakit sejak zaman dulu di Timur Tengah, jauh sebelum Masehi, bahkan pada zaman raja-raja Firaun di Mesir. Dalam kubur Firaun Tutankhamen ditemukan habbatussauda atau jintan hitam. Walaupun peran jintan hitam dalam kebudayaan Mesir kuno itu tidak kita ketahui, kita tahu bahwa bahan dan barang-barang yang dimasukkan ke dalam makam raja dipilih secara teliti untuk membantu arwahnya dalam kehidupan akhirat.
  • Tulisan awal yang merujuk kepada jintan hitam ditemukan dalam Kitab Yesaya dalam Perjanjian Lama. “Bukankah setelah meratakan tanahnya, ia menyerahkan jintan hitam dan menebarkan jintan putih, menaruh gandum jawawut dan jelai kehitam-hitaman dan sekoi di pinggirnya? …. Sebab jintan hitam tidak diirik dengan eretan pengirik, dan roda gerobak tidk dipakai untuk menggiling jintan putih, tetapi jintan hitam diirik dengan memukul-mukulnya dengan galah, dan jintan putih dengan tongkat. (Yesaya 28: 25, 27). Selain Timur Tengah penggunaan jintan hitam sebagai obat tersebar pula di India dan Pakistan.
  • Habbatussauda atau jintan hitam dianjurkan oleh Nabi Muhammad sebagai obat penyembuh penyakit. Ada sebuah hadist mengenai habbatussauda: Hendaklah kalian mengkonsumsi habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan segala macam penyakit kecuali kematian (HR. Al-Bukhori dan Muslim : Shohih Bukhori, no. 5688; Fathul Baari, X/143; dan Muslim, no. 2215).
  • Dari bacaan kami ada pengungkapan sekitar 112 jenis penyakit yang dapat disembuhkan habbatussauda. Dari penelusuran berbagai laporan hasil riset pada Google Scholar di internet, terlihat bahwa habbatussauda mampu menyembuhkan penyakit diabetes melalui perbaikan kerusakan dan gangguan pada pankreas sebagai penghasil insulin.
  • Jintan hitam digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.
  • Jintan hitam digunakan untuk mengobati penyakit lupus.
  • Jintan hitam digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.
  • Jintan hitam digunakan untuk mengobati penyakit meningitis.
  • Dari penelusuran literatur dan pengamatan kami selama ini, habbatussauda mampu menyembuhkan komplikasi penyakit parah yang disebabkan a.l. diabetes, darah tinggi, stroke, rematik, osteoartritis, osteoporosis, parkinson, Alzheimer, obesitas, asam lambung, gangguan saraf, termasuk saraf tulang belakang dan nyeri tulang belakang, pendengaran, ginjal, dan liver.
  • Jintan hitam digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia.
  • Jintan hitam digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.
  • Jintan hitam digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik.
  • Jintan hitam digunakan untuk mengobati penyakit diabetes, termasuk diabetes tipe 1.
  • Melindungi ginjal dan liver dari keracunan penyakit atau bahan kimia.
  • Habbatussauda juga mampu memperlancar menstruasi, mengatasi menstruasi yang tidak teratur, menanggulangi nyeri haid, meningkatkan air susu ibu, dan meningkatkan kesuburan pria.
  • Berbagai studi in-vitro jintan hitam menunjukkan khasiat meningkatkan kesuburan (fertilitas) dan kesehatan organ-organ reproduksi dan sistem reproduksi, termasuk efisiensi reproduksi serta meningkatkan kadar hormon androgen. Jintan hitam juga meningkatkan gerakan sperma melalui pengaruh terhadap enzim dan meningkatkan pula kualitas sperma. Peran jintan hitam dalam meningkatkan kesuburan tampaknya disebabkan oleh dampak antioksidan dan dampak perbaikan kadar rendah lipid abnormal dalam darah.
  • Memperbaiki benih abnormal pada pria kurang subur tanpa efek samping.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma, termasuk konsentrasi sperma dan daya sperma mencapai sel telur perempuan.
  • Mengatasi gangguan atau masalah rahim.
  • Melindungi organ dan ginjal dari kerusakan saraf sebagai komplikasi serius akibat diabetes. Mengurangi kadar gula darah puasa dan mengurangi resistensi insulin.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif, berpikir.
  • Karena berciri antiseptik, jintan hitam melindungi jaringan hidup, termasuk jaringan di otak.
  • Mengatasi serangan iskemik sesaat (Transient Ischemic Attacks, TIA), yaitu gangguan fungsi otak sebagai akibat berkurangnya aliran darah ke otak untuk sementara waktu.
  • Mengobati kerusakan otak akibat keracunan.
  • Mengatasi depresi ringan.
  • Mengobati asma dan bronkitis yang sering mengganggu anak-anak.
  • Mengatasi radang hidung dan tenggorokan yang sering mengganggu anak-anak.
  • Mengobati luka lambung dan kepala sakit.
  • Mengatasi edema atau retensi (tersimpannya) kelebihan cairan di luar sel dan pembuluh darah.
  • Memperlancar pencernaan, mengobati sindrom gangguan usus.
  • Membantu proses penyembuhan penderita Alzheimer dan parkinson.
  • Menyehatkan pankreas dan liver.
  • Karena berciri antioksidan, melindungi otak dari degenerasi (penurunan fungsi) sel-sel otak.
  • Mengobati kista di rahim.
  • Membantu tubuh meregulasi atau menormalisasi sistem kekebalan tubuh atau menenangkan sistem kekebalan yang overaktif (immunomodulation).
  • Mengobati emfisema atau sejenis penyakit paru-paru kronis.
  • Kombinasi jintan hitam dengan bawang putih, jahe, lemon, dan madu mampu menyembuhkan anekapenyakit lain, terutama infeksi paru-paru atau pneumonia, penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), epilepsi, sembelit (wasir), gangguan perut, eksim, ketombe, abses (luka bernanah), bisul, kapalan, kerusakan gigi, gigitan ular, sembab (edema, kelebihan cairan tubuh), keracunan logam berat atau timbal, konyungtivitis, kuman pada kulit dan hidung atau methicillin-resistant (MRSA), luka lambung, nyeri otot (sakit punggung), saraf terjepit, gangguan atau kehilangan pendengaran, termasuk tinnitus, dengung telinga yang berasal dari otak, kerontokan rambut, sesak napas, radang testis, disentri, lupus, hepatitis, dan tiroid atau gondok.

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa habbatussauda atau jintan hitam dapat mengobati kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker mulut, kanker otak, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker serviks atau rahim, kanker tenggorokan, kanker usus, kanker usus, dan adenokarsinoma (kanker yang berasal dari jaringan kelenjar).
  • Jintan hitam dinilai banyak orang sebagai ramuan herbal serius yang bisa membantu penyembuhan kanker. The U.S. Food and Drug Administration (Badan Pengawasan Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat, mirip BPOM Indonesia) telah memberikan 2 paten yang mengandung ekstrak jintan hitam untuk pengobatan kanker. Salah satunya adalah untuk mencegah efek samping kemoterapi dan yang lainnya adalah untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. (Paten A.S. 5.482.711 dan 5.653.981).
  • Untuk terapi tumor – Pada tahun 1991, berbagai studi di Amala Cancer Research Centre, Kerala, India, menunjukkan bahwa jintan hitam memiliki khasiat sebagai agen kemoterapi. Pada tahun 1997 di Cancer Research Laboratory of Hilton Head Island, South Carolina, Amerika Serikat, ditunjukkan bahwa minyak jintan hitam memperlihatkan sukses luar biasa dalam terapi tumor tanpa efek samping negatif kemoterapi. Para peneliti terpana menemukan bahwa minyak jintan hitam mampu meningkatkan pertumbuhan sel sumsum tulang sebesar 250% dan menghambat pertumbuhan tumor hingga 50%. Hal ini merangsang sel kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi interferon yang melindungi sel-sel dari dampak virus yang menghancurkan.
  • Pada tahun 2003, di Aga Khan University Medical College, Karachi, Pakistan, diteliti aktivitas antijamur, khususnya jamur Candida dan antibakteri jintan hitam. Penelitian ini menunjukkan kehebatan jintan hitam dalam meningkatkan imunitas tubuh yang dapat mendeteksi sel-sel kanker dan menghancurkannya.
  • Kanker payudara: Pada tahun 2003, di Jackson State University, AS, para dokter meneliti efektivitas jintan hitam dalam mencegah kanker. Mereka memaparkan ekstrak jintan terhadap sel-sel kanker payudara dan ternyata sel-sel kanker itu dinonaktifkan. Mereka menyimpulkan bahwa jintn hitam menunjukkan prospek yang menjanjikan untuk mencegah dan mengobati kanker.
  • Kanker usus: Para dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Osaka di Jepang menyelidiki penggunaan jintan hitam untuk pengobatan kanker usus besar. Studi mereka menunjukkan bahwa jintan hitam menghambat pertumbuhan kanker pada tahap awal. Selanjutnya pada tahun 2004, di American University of Beirut, Lebanon, ekstrak thymoquinone pada jintan hitam diteliti apakah mampu menghanurkan sel-sekl kanker usus manusia. Studi ini mengungkapkan potensi thymoquinone untuk mengobati kanker usus besar.
  • Studi sel-sel kanker pankreas – Dengan menggunakan sel-sel kanker pankreas manusia, Dr Arafat dan timnya menemukan bahwa dengan menambahkan thymoquinone , sekitar 80 persen sel kanker dapat dibunuh.
  • Kanker liver – Dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa ketika mereka menggunakan ekstrak thymoquinone dari Nigella Sativa pada tikus-tikus yang sakit kanker, pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker secara efektif ditekan.
  • Kanker serviks atau rahim – Sebuah studi tahun 2013 berusaha menyelidiki potensi antikanker ekstrak jintan hitam. Mereka menemukan bahwa jintan hitam menghambat penyebaran sel-sel kanker serviks sebesar 88,3%.
  • Kanker otak – Ekstrak thymoquinone jintan hitam ditemukan secara selektif membunuh sel-sel kanker otak yang agresif.
  • Leukemia – Ekstrak thymoquinone jintan hitam ditemukan membunuh sel-sel kanker leukemia dalam penelitian in vitro di laboratorium.
  • Limfoma – Sel limfoma Dalton diteliti. Tikus-tikus yang telah menerima sel EAC dan jintan hitam tetap normal tanpa pembentukan tumor apa pun. Ini menjunjukkan jintan hitam 100% efektif mencegah perkembangan sel-sel tumor limfoma.
  • Kanker mulut Para peneliti di China Medical University di Taiwan menemukan bahwa ekstrak thymoquinone membunuh sel-sel kanker mulut.
  • Melanoma jamak (kanker kulit) – Para peneliti menunjukkan bahwa penghambat proteasone (dulu dikenal sebagai PS-341) memicu aktivitas antitumor pada sumsum tulang.
  • Kanker kulit (Squamous Cell Carcinoma) – Jintan hitam telah terbukti menunjukkan berbagai dampak antikanker terhadap berbagai jenis sel abnormal dan dampak terhadap sel kanker kulit. Sel-sel kanker kulit ini mempengaruhi lapisan epidermis pada kulit dan dapat menyebar dan menyerang jaringan sekitarnya. Ekstrak jintan hitam telah terbukti efektif melawan sel-sel kanker kulit jenis ini dalam penelitian in vitro (menggunakan sel-sel kanker kulit manusia yang dibiakkan dalam laboratorium). Studi ini menemukan bahwa ekstrak jintan hitam yang aktif (thymoquinone) menghambat penyebaran sel-sel kanker dan mematikan sel-sel kanker itu. Minyak jintan hitam bisa dioleskan pada kulit dan diminum.
  • Terapi terpadu – Dalam penelitian lain, ditemukan bahwa biji atau minyak jintan hitam dapat mengurangi efek samping racun yang disebabkan oleh beberapa obat kemoterapi lain seperti cisplatin dan doxorubicin.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, anak-anak yang menderita tumor otak yang diberi 5g biji jintan hitam per hari mengalami infeksi dan demam 10 kali lebih sedikit setelah penanganan kemoterapi mereka. Anak-anak ini juga menjalani rawat inap lebih singkat daripada teman-temannya yang tidak diberikan jintan hitam.

4. Jahe (Zingiber Officinale; bahasa Inggris: ginger)

 

 

Jahe (halia)

Kandungan zat

Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, shogaol, filandrena, dehydrogingerdione, dan resin pahit. Jahe mengandung karbohidrat, energi, protein, fosfor, kalsium, zat besi, dan vitamin A, B1, C.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antioksidan
  • Anti-peradangan
  • Penangkal bakteri, kuman, dan virus
  • Anti-penggumpalan darah
  • Penahan rasa sakit (analgesis)
  • Pelancar aliran darah; mengurangi tekanan darah tinggi
  • Pemurni darah
  • Karminatif (mengeluarkan udara)
  • Antiobesitas
  • Penambah kekebalan / imunitas
  • Penghilang rasa mual
  • Pembakar / pengontrol lemak
  • Pelancar pencernaan dan metabolisme
  • Pencahar / pembuangan sisa limbah / peluruh batu ginjal dan batu empedu.

Khasiat

  • Jahe digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.
  • Jahe digunakan untuk mengobati penyakit lupus.
  • Jahe digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.
  • Jahe digunakan untuk mengobati penyakit meningitis.
  • Jahe digunakan secara intensif untuk mengobati penyakit rematik, radang sendi, kaku sendi, dan asam urat. Dianjurkan untuk mengobati tekanan darah tinggi, ateroklerosis (penyumbatan pembuluh koroner), alergi hidung, bronkitis, asma, gangguan irama jantung, gangguan pencernaan, diare (muntah berak), perut kembung, dan nyeri perut. Digunakan juga untuk menurunkan berat badan.
  • Jahe digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Jahe digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.
  • Jahe digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik.
  • Mengobati sakit ginjal sebagai komplikasi diabetes. Riset ilmiah menunjukkan bahwa jahe menurunkan peroksidasi lipid, mengerem proses memburuknya kerusakan jaringan pembuluh kapiler di ginjal, dan meningkatkan kemampuan antioksidan plasma di ginjal.
  • Mengatasi kadar kolesterol (lemak darah) yang tinggi dan meningkatkan fungsi ginjal penderita diabetes.
  • Melindungi ginjal penderita diabetes agar tidak menurunkan fungsi ginjal yang dapat berakibat gagal ginjal sehingga harus menjalani cuci darah.
  • Mengatasi kelebihan lemak pada liver dan melindungi liver dari oksidasi radikal bebas.
  • Mencegah oksidasi radikal bebas dalam tubuh. Menetralkan radikal bebas. Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
  • Merangsang aktivitas saraf pusat.
  • Mencegah penggumpalan darah.
  • Memperkuat otot jantung. Dibandingkan berbagai bahan herbal penyembuh lain, jahe menunjukkan khasiat sinergi kemampuan pembuluh darah jantung dan pembuluh darah lainnya. Karena kehebatan kinerja antioksidannya, jahe amat bermanfaat meningkatkan kondisi kesehatan, termasuk memperkuat otot jantung dan menurunkan serum kolesterol jahat.
  • Jahe menghilangkan hambatan kolesterol pada pembuluh darah, mencegah pembekuan darah dan melindungi organ dari penyumbatan dan dampak merusak seperti aterosklerosis (penyumbatan). Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
  • Mencegah tersumbatnya pembuluh darah dan memperlebar pembuuh darah. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
  • Menurunkan tekanan darah (hipertensi).  Karena, jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
  • Mengatasi pendarahan paru-paru.
  • Jahe meredakan kondisi radang jaringan tulang, sendi, dan tulang rawan, serta meningkatkan fungsi sendi.
  • Mencegah kemandulan; meningkatkan fungsi produksi.
  • Merangsang keluarnya air susu ibu.
  • Mencegah proses penuaan karena merangsang regenerasi sel kulit.
  • Merangsang nafsu seks. Jahe terkenal sebagai perangsang dan pendorong nafsu seks sepanjang sejarah pengobatan alami di India dan China sampai ke penerapannya yang lebih modern di Timur Tengah, Kuba, Indonesia, dan berbagai kawasan dan negara di dunia.
  • Berbagai studi in-vitro menunjukkan khasiat jahe untuk menyembuhkan gangguan pada testis, meningkatkan fungsi reproduksi, melalui bukti meningkatnya jumlah sperma, kualitas sperma, konsentrasi sperma, gerakan sperma, daya penetrasi sperma, jumlah hormon testosteron, dan berkurangnya radikal bebas yang merusak sistem reproduksi.
  • Mengobati disfungsi ereksi.
  • Mencegah kemandulan; memperkuat daya tahan sperma.
  • Jahe kaya kandungan aneka-zat kimiawi membuat jahe bisa mengatasi ejakulasi prematur, merangsang aktivitas saraf pusat dan ereksi.
  • Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
  • Jahe mengatasi gangguan pencernaan pada kontraksi lambung. Satu gram jahe menekan asam lambung dan sekresi (pengeluaran), mencegah limbung, rasa muntah, dan nyeri perut.
  • Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  • Merangsang nafsu makan.
  • Jahe mampu merangsang selaput lendir perut besar dan usus dan mengurangi rasa sakit.
  • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan.
  • Mengobati influenza.
  • Mendorong produksi getah bening.
  • Menjaga kekebalan tubuh.

Untuk penyembuhan kanker:

  • Sebuah studi yang dilakuan Rajiv Gandhi Centre untuk bioteknologi di India menemukan hal menakjubkan tentang jahe. Para peneliti membandingkan bagaimana suatu zat pada jahe dengan obat kemoterapi Taxol, yaitu Paclitaxel. Secara khusus, mereka mengamati bagaimana dua zat mempengaruhi sel stem kanker payudara. Dengan menggunakan model 3 dimensi, mereka menemukan bahwa Taxol hanya berpengaruh sedikit terhadap sel stem kanker. Sedangkan, sebuah zat jahe, yaitu 6-Shogaol, tampak menyerang sasaran secara langsung. Inilah yang mendorong para peneliti menyimpulkan betapa hebat kemampuan jahe menyerang sel-sel kanker.
  • Jahe termasuk dalam urutan ke-13 bahan-bahan herbal yang mengandung antioksidan yang hebat. Ada beragam unsur minyak atsiri jahe meningkatkan rasa dan bau jahe, seperti gingerols, shogaols, dan zingerone. Minyak atsiri ini berciri antiparasit, antigungus, antibakteri, dan antivirus. Agen-agen ini mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan bahkan dapat menghancurkan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh manusia.
  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa jahe dapat mengobati kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker ginjal, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker mulut, kanker otak, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tulang, kanker usus, kanker usus.
  • Jahe dan juga bawang putih digabungkan dengan kunyit akan efektif menyerang sel-sel kanker karena kunyit memaksa sel-sel kanker melakukan bunuh diri.

 

5. Kelor (Moringa Oleifera)

Kelor (nama ilmiah: Moringa Oleifera)

Kandungan zat

Kelor kaya vitamin A and vitamin C, kalsium

Kandungan gizi kelor:

7 x vitamin C pada jeruk

4 x calcium (kalsium) pada susu

4 x vitamin A pada wortel

2 x protein pada susu

3 x potasium pada pisang

9 x protein pada yogurt

25 x besi pada bayam

.

.

.

.

.

National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Kelor itu mengandung zat gizi atau nutrisi yang luar biasa sehingga direkomendasikan Badan Pangan Sedunia (WHO) menjadi makanan bagi penduduk negara-negara sedang berkembang untuk mengatasi kekurangan gizi dan gizi buruk. Alasan lain WHO adalah potensi kelor menyembuhkan sekitar 300 penyakit.

 

Versi lain kehebatan kandungan kelor

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antioksidan
  • Antibakteri
  • Antiradang
  • Antikerjang
  • Antiseptik atau penangkal infeksi
  • Antiartritis
  • Pelindung liver
  • Antialergi
  • Pemurni darah
  • Pembersih racun tubuh
  • Antibakteri, antivirus, antifungus, antiparasit.
  • Antiplatelet (terkumpulnya trombosit).
  • Antihipertensi atau darah tinggi
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas

Khasiat

  • Daun kelor digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.
  • Daun kelor digunakan untuk mengobati penyakit lupus.
  • Daun kelor digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis, terutama sklerosis jamak.
  • Daun kelor digunakan untuk mengobati penyakit meningitis.
  • Daun kelor digunakan untuk mengobati penyakit rematik, termasuk rematik yang dialami remaja.
  • Daun kelor digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia.
  • Daun kelor digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.
  • Kelor membantu pencegahan dan penyembuhan anemia (kurang darah) karena kelor kaya zat besi (iron) . Anemia adalah suatu komplikasi yang umum bagi yang gagal ginjal yang antara lain disebabkan oleh kekurangan zat besi.
  • Membantu menyembuhkan diabetes dengan menyeimbangkan kadar gula darah dan juga diabetes stipe 1 dengan memperbaiki pancreas agar kembali menghasilkan insulin.
  • Meningkatkan fungsi normal ginjal dan liver (hati).
  • Kelor yang kaya vitamin A dan vitamin C amat berguna bagi pasien gagal ginjal yang menjalani cuci darah karena sering mereka mengalami keterbatasan diet, kekurangan gizi.
  • Kelor amat kaya kalsium. Ginjal berfungsi menjaga keseimbangan elektrolit dan bila ginjal gagal bekerja dengan tepat, kadar fosfor dalam darah mudah meningkat. Kandungan fosfor yang tinggi menurunkan kadar kalsium dalam darah sehingga dapat menyebabkan beragam masalah tulang, seperti nyeri tulang dan patah tulang. Susu itu amat kaya kalsium tapi kandungan kalsium pada daun kelor lebih tinggi daripada dalam susu. Karena itu, konsumsi kelor amat bermanfaat bagi pasien gagal ginjal yang menjalani cuci darah.
  • Membangun pembentukan darah dan membersihkan atau memurnikan darah.
  • Meluruhkan batu ginjal.
  • Menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh dan Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  • Mengatasi masalah pencernaan yang biasa dialami orang yang gagal ginjal.
  • Mengobati penyakit liver, hepatitis, bahkan gagal liver karena telah mencapai tahap sirosis hati.
  • Mengobati disentri, katarak, keracunan arsenik dan keracunan logam berat.
  • Menormalkan molekul otak seperti norepinephrine, serotonin, dan dompamin, bahkan membantu penyembuhan penderita Alzheimer.
  • Karena kaya kandungan vitamin E dan C, kelor menyerang oksidasi yang mengakibatkan degenerasi neuron otak, meningkatkan fungsi otak. Kelor juga mampu menormalkan serotonin neurotransmitter, dopamin, dan noradrenalin dalam otak, yang memainkan peran kunci dalam ingatan, mood, fungsi oran, response terhadap stimulus, seperti stres dan kesenangan, dan kesehatan mental, seperti depresi dan psikosis.
  • Mengobati ambeien (wasir).
  • Mengatasi masalah pencernaan, menyembuhkan keluhan perut dan alergi rhinitis (hay fever dengan gejala suka sering bersin, hidung tersumbat, meler, dan tekanan sinus).
  • Meningkatkan metabolisme tubuh dan menyembuhkan penyakit metabolisme.
  • Menyembuhkan disfungsi ereksi atau impotensi.
  • Menyembuhkan kram, kepala sakit, dan sakit gusi.
  • Memperkuat kemampuan mata dan menyegarkan mata.
  • Menyembuhkan sakit empedu.
  • Mengatasi masalah pernapasan.
  • Karena kelor amat kaya vitamin E dan C untuk melawan oksidasi yang mengakibatkan regenerasi (penurunan) fungsi otak, kelor berguna meningkatkan fungsi otak.
  • Kelor mampu menormal neotransmitter otak: serotonin, dopamin, dan noradrenalin dalam otak, yang berperan kunci dalam ingatan, mood, fungsi organ, response (tanggapan) terhadap stimulus, seperti stress dan kesenangan, dan gangguan mental seperti depresi dan psikosis.
  • Kelor mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif berkat aktivitas antioksidan dan peningkat fungsi otak.
  • Kelor menormalkan molekul otak seperti norepinephrine, serotonin, dan dompamin, bahkan membantu penyembuhan penderita Alzheimer.
  • Menyembuhkan penyakit paru-paru.
  • Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh.
  • Meningkatkan stuktur sel tubuh.
  • Membuat awet muda, mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit, memperindah kulit.
  • Meningkatkan energi dan stamina tubuh serta memelihara sistem imunitas tubuh.
  • Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan.
  • Memberi perasaan sehat secara menyeluruh.
  • Menurunkan berat badan bagi penyandang obesitas atau orang yang kelebihan berat badan.

Anekapenyakit lain yang dapat disembuhkan kelor, antara lain:

  • AIDS
  • Andropause
  • Anorexia Nervosa
  • Asam lambung (Acid Reflux Disease atau GERD)
  • Asma
  • Aspergers Syndrome
  • Autisme
  • Batu empedu
  • Bayi premature
  • Bekas luka
  • Berak darah
  • Bipolar Disorder (BD)
  • Body Dysmorphic Disorder (BDD)
  • Cacar
  • Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD)
  • Deep Vein Thrombosis (DVT)
  • Dehidrasi
  • Demam kuning
  • Demam rematik
  • Depresi
  • Detoksifikasi logam berat, racun atau toksin, polutan, limbah kimiawi, obat yang harus mendapatkan resep dokter, kelebihan atau mabuk alkohol.
  • Diare
  • Disfungsi ereksi
  • Disleksia
  • Disleksia (gangguan atau kesulitan belajar membaca atau menafsirkan kata, huruf, dan symbol-simbol lain, tapi tidak mempengaruhi inteligensi umum)
  • Diverticulitis
  • Eksem
  • Endometriosis
  • Epilepsi
  • Gagal jantung kongestif (Congestive Heart Failure, CHF)
  • Gangguan kecemasan umum (Generalized Anxiety Disorder, GAD)
  • Gangguan kepribadian antisosial (antisocial personality disorder)
  • Gangguan kepribadian jamak (Multiple Personality Disorder)
  • Gangguan kepribadian narsistik (Narcissistic Personality Disorder)
  • Gangguan makan
  • Gangguan mata
  • Gangguan telinga
  • Gangguan tidur, insomnia
  • Gatal-gatal
  • Gegar otak
  • Glomerulonephritis (Nephritis)
  • Gonorrhea
  • Gynecomastia
  • Herpes alat kelamin
  • Hilang ingatan
  • Hilang pendengaran
  • Hipertiroid (kelebihan tiroid)
  • Hipoteroid (kekurangan tiroid)
  • Infectious Mononucleosis (Glandular Fever)
  • Infeksi ragi (candidiasis)
  • Infeksi sinus
  • Influenza
  • Jerawat
  • Kecemasan social
  • Keguguran
  • Keidaksuburan
  • Kejang atau kram otot
  • Kelebihan kalium
  • Kelelahan
  • Kelelahan adrenal (adrenal fatique)
  • Kelelahan otot
  • Kencing berdarah disfungsional (Dysfunctional Uterine Bleeding, DUB)
  • Kerusakan gigi
  • Ketombe
  • Kista rahim atau kista ovarium
  • Komplikasi menopause
  • Konyuntivits (Pink Eye)
  • Kurap, kudis
  • Kutil
  • Kutil kelamin
  • Luka bakar
  • Malaria
  • Mendengkur
  • Mesothelioma
  • Migren
  • Mules-mules
  • Napas berbau (halitosis)
  • Ngompol
  • Nyeri leher
  • Nyeri punggung
  • Nyeri sendi
  • Nyeri tumit
  • Obesitas
  • Obsessive Compulsive Disorder (OCD)
  • Osteoartritis
  • Osteomyelitis
  • Osteoporosis
  • Parkinson
  • Pembersih, pemurni sel
  • Penyakit autoimun (lebih dari 88 penyakit). Sistem autoimun yang sehat melindungi tubuh dari anekapenyakit.
  • Penyakit gusi
  • Penyakit kandung empedu
  • Penyakit menular seksual
  • Peripheral Artery Disease (PAD)
  • Pervasive Developmental Disorder (PDD)
  • Peyronie’s Disease
  • Pneumonia
  • Polio
  • Post Nasal Drip
  • Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)
  • Prostat yang membesar
  • Radang tenggorokan
  • Reactive Attachment Disorder (RAD)
  • Ruam kulit
  • Schizophrenia, sakit gila
  • Sciatica
  • Serangan panik
  • Sifilis
  • Sindrom kematian bayi mendadak
  • Sindrom menjelang haid
  • Sindrom nyeri kaki (Restless Legs Syndrome, RLS)
  • Sindrom Williams
  • Staph Infection (MRSA)
  • Stroke panas
  • Systemic Lupus Erythematosus (SLE)
  • TBC, tuberculosis
  • Tendonitis
  • Tiroid
  • Ulcers
  • Vertigo

Untuk penyembuhan kanker:

Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa kelor dapat menyembuhkan beragam jenis kanker, yaitu kanker payudara, kanker serviks atau rahim dan ovarian (indung telur), kanker leukemia, kanker otak, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker tulang, kanker liver, kanker getah bening, kanker kulit, kanker perut, dan kanker testis.

Guna mengenal lebih jauh khasiat kelor, kunjungilah dua posting kami berikut ini:

https://sbelen.wordpress.com/2011/09/10/apa-rahasia-stamina-pemain-sepak-bola-amerika-latin-daun-kelor-merunggai-marungge/

https://sbelen.wordpress.com/2014/08/28/daun-biji-ekstrak-akar-pohon-kelor-menyembuhkan-kanker-diabetes-dan-parkinson/

 

6. Kunyit (curcuma longa, bahasa Inggris: turmeric)

Kunyit

Kandungan zat

Kunyit mengandung curcumin sebagai satu jenis polifenol, suatu substansi aktif dan minyak esensial.

Ciri farmakologis

  • Antikanker & tumor
  • Antibakteri, virus, kuman, parasit
  • Antioksidan
  • Antidepresi
  • Antikejang
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiseptik atau penangkal infeksi
  • Antiradang
  • Antiartritis
  • Pelindung liver
  • Antialergi
  • Pemurni darah
  • Pembersih racun tubuh
  • Alkaline, alkalis, basa
  • Analgesik, hilangkan rasa sakit
  • Hentikan pendarahan, styptic

 

Khasiat

  • Kunyit digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.
  • Kunyit digunakan untuk mengobati penyakit lupus.
  • Kunyit digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.
  • Kunyit digunakan untuk menyembuhkan penyakit meningitis.
  • Menyembuhkan dan mencegah terulangnya berbagai jenis artritis, seperti osteoartritis, artritis rheumatoid (rematik), dan artritis asam urat. Mengenai asam urat, kunyit dapat menghambat produksi dan keluarnya enzimoksidasi xanthine yang berperan penting dalam pembentukan asam urat. Mekanisme kerja kunyit dalam mengatasi artritis asam urat sama dengan mekanisme kerja obat dokter yang digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.
  • Kunyit digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Kunyit digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.
  • Kunyit digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik.
  • Kunyit digunakan untuk mengobati penyakit diabetes, termasuk diabetes tipe 1.
  • Membantu membebaskan pasien cuci darah dari radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi kerusakan tisu ginjal yang masih berfungsi. Karena itu, pasien gagal ginjal yang menjalani cuci darah mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsi kunyit.
  • Memurnikan darah dan membersihkan racun dalam darah, terutama di ginjal.
  • Mengatasi rasa gatal yang disebabkan pruritus uremik atau pruritus ginjal yang biasa dialami penderita gagal ginjal kronis. Kunyit yang berciri antibakteri dan anti-infeksi juga mempercepat proses penyembuhan kulit gatal penderita gagal ginjal yang sakit diabetes karena biasanya kulit gatal itu sulit disembuhkan.
  • Membantu pasien cuci darah menyembuhkan penyakit usus dan merosotnya nafsu makan karena kunyit membantu mengatasi beragam jenis penyakit perut dan membantu membersihkan racun dalam tubuh (detoksifikasi) sehingga nafsu makan meningkat.
  • Mencegah dan mengurangi volume batu empedu, bisa sampai 45% dalam lima minggu.
  • Menyembuhkan luka.
  • Efektif melawan dan mengatasi beragam nyeri, seperti nyeri belakang, nyeri pinggang, nyeri otot, dan nyeri kaki.
  • Meningkatkan kesehatan seluruh tubuh dan menormalkan tekanan darah.
  • Meningkatkan tekanan darah penyandang darah rendah karena kemampuan kunyit sebagai perangsang nafsu makan dan perangsang pencernaan, membereskan sistem gastrointestinal, yaitu kerongkongan, perut, usus kecil, usus besar, dubur, dan organ pencernaan lain, liver, kandung empedu, dan pankreas, dan menormalkan metabolisme.
  • Mengatasi permasalahan organ pencernaan, seperti masalah liver, kandung empedu, penyakit kuning, dan gangguan pankreas.
  • Membantu menyembuhkan sakit jantung.
  • Karena ciri antiradangnya, kunyit memperkuat tulang dan tulang rawan.
  • Membantu menyembuhkan katarak.
  • Membasmi cacing perut.
  • Mengatasi obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Menyembuhkan sakit radang kandung kemih.
  • Mengatasi masalah pencernaan gastro, seperti rasa mulas, sakit perut, diare, gas usus, perut kembung, penyakit radang usus, hilangnya nafsu makan, sakit asam lambung.
  • Mengatasi masalah paru-paru, seperti bronchitis, flu atau pilek, dan pneumonia (infeksi paru-paru).
  • Membantu menyembuhkan penyakit kusta.
  • Mengatasi masalah haid.
  • Menyembuhkan penyakit Alzheimer.
  • Membantu mengatasi depresi.
  • Kunyit memicu kelenjar adrenal (kelenjar endokrin pada puncak ginjal) untuk memproduksi dan mengeluarkan jumlah besar kortison (hormon steroid). Kortison berperan amat penting dalam pengurangan dan penyembuhan radang. Akibatnya, ada pengurangan stress oksidatif yang selanjutnya menurunkan jumlah asam urat dalam darah.
  • Mekanisme antiradang dan antioksidan kunyit dalam mengatasi artritis asam urat mirip dengan mekanisme mengatasi semua jenis artritis yang lain.
  • Mengatasi radikal bebas yang diproduksi sel-sel dan tisu yang terluka. Juga mengatasi logam seperti tembaga dan besi.
  • Menghilangkan gejala artritis asam urat (gout), termasuk rasa sakit, kulit yang memerah, rasa panas mendadak, dan nyeri sendi.

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa kunyit dapat menyembuhkaan beragam jenis kanker, yaitu kanker payudara, kanker serviks atau rahim, kanker usus, kanker leukemia, kanker otak, kanker prostat, kanker pankreas, kanker tulang, kanker ginjal, kanker liver, kanker mulut, kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker kulit.
  • Dari semua jenis kanker tersebut, tampaknya kunyit terutama dapat menyembuhkan kanker, terutama kanker prostat, kanker testis, dan kanker prankreas.
  • Sebuah penelitian oleh UCLA yang menunjukkan bahwa kunyit secara alami dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, setidak-tidaknya 9 penelitian mengungkapkan bahwa kunyit dapat mengurangi ukuran tumor sebesar 81%.
  • Sejumlah studi laboratorium terhadap sel-sel kanker menunjukkan bahwa kunyit memiliki dampak antikanker, dengan menyerang sel-sel kanker dan mencegah pertumbuhannya. Tampaknya kunyit amat efektif membunuh sel-sel kanker payudara, usus, perut, dan kulit.
  • Kunyit dikombinasi dengan artemisinin pada daun kenikir meningkatkan kemampuan artemisinin membasmi sel-sel kanker.

7. Kulit manggis (dari Garcinia mangostana)

Pohon manggis (Garcinia mangostana) dipercaya berasal dari Indonesia, yaitu Kepulauan Sunda dan Maluku. Telah tersebar di Asia Tenggara, India barat daya, dan bahkan ke wilayah tropis lain, seperti Puerto Riko dan Florida di Amerika Serikat. Deskripsi tentang manggis terdapat pada buku Species Plantarum yang dikarang Linnaeus tahun 1753. Pohon manggis diperkenalkan melalui ditanam di rumah kaca di Inggris tahun 1855. Kemudian, budaya manggis diperkenalkan ke dunia Barat, sembari ditanam di pulau-pulau Hindia Barat, terutama Yamaika. Kemudian, menyebar ke Benua Amerika Latin di Guatemala, Honduras, Panama, dan Ekuador. Umumnya pohon manggis tidak tumbuh subur di luar wilayah tropis.

Buah manggis

Kulit manggis

Bagian yang digunakan: Kulit manggis.

Kandungan

Komponen:

Asam hydroxycitric adalah senyawa kimia yang disebut xanthone pada kulit manggis

Beberapa senyawa tampil aktif, terutama xanthone yang merupakan senyawa kimiawi unik di alam. Xanthone mengandung sistem aromatic tricyclic dengan variasi substituen phenolic, methoxy, dan isoprene. Sejumlah contoh xanthone pada buah manggis adalah mangostin, mangostenol, mangostenone A, mangostenone B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, mangostin alpha dan beta, garcinone B, mangostinone, dan mangostanol.

Kulit manggis juga mengandung oligomeric proanthocyanidins, procyanidins, bersama dengan sedikit unit prodelphinidin bersamaan dengan sejumlah kecil stereoisomers, afzelechin, epiafzelechin, catechin, epicatechin, serta gallocatechin dan epigallocatechin.

Selain itu, selain xanthone, buah dan kulit manggis mengandung asam tannic dan polysaccharides.

Buah manggis mengandung energi, karbohidrat, serat, lemak, dan protein. Buah manggis juga mengandung aneka vitamin, seperti thiamine (B1), riboflavin (B2), nicin (B3), asam pantothenic (B5), vitamin B6, folate (B9), dan vitamin C. Beragam mineral yang terkandung pada buah manggis adalah kalsium, besi, magnesium, mangan, fosfor, potassium, sodium, dan zinc.

Bagian dalam kulit buah manggis mengandung susunan polyhpenols, termasuk xanthone dan tannin. Xanthone adalah senyawa anti-oksidan dan memiliki sifat-sifat fisiologis yang terdapat pada buah manggis, dan yang paling banyak terdapat pada bagian kulit buahnya. Selain pada buah manggis, xanthone juga terdapat pada tumbuhan berbunga dan tumbuhan dari keluarga manggis-manggisan.

Berdasarkan nilai ORAC (Oxygen Radical Absorbance Cacity), yakni nilai yang menunjukkan kemampuan untuk melawan radikal bebas, buah manggis memiliki nilai tertinggi sebanyak 17000-20000, atau 8,3 kali buah jeruk, dan 66,7 kali wortel. Di alam, xanthone memiliki 200 jenis zat turunan dan 40 di antaranya langsung terdapat pada kulit manggis.

Senyawa turunan xanthone antara lain sebagai berikut: Garcinone A,  Garcinone B, Garcinone C, Garcinone D, Garcinone E, alfa-mangostin, beta-mangostin, gamma-mangostin, Mangostanol, Norathriol, Tovophyllin A, Tovophyllin B, Trapezifolixanthone, Garicidon A, Garcinidon B, Garcinidon C, BR-xanthone A, BR-xanthone B, Bezoquinon Atrovirinnon, Calabaxanthone, Garcimangosone A, Garcimangosone B, Garcimangosone C, 1-isomangostin, 3-isomangostin, 1-isomangostin hydrate, 3-isomangostin hydrate, Gartanin, Demethylcalabaxanthone, Mangostenon, Mangostanin, Malcorin, Mangostano, Mangostin, Mangostinone, Mangostinone A, Mangostinone B.

Selain itu, kulit buah manggis kaya dengan polyphenol, seperti polyphenol terkondensasi, polyphenol yang terhidrolisasi, dan flavonoid.

Ciri farmakologis

Buah manggis mengandung zat antikanker dan tumor, antibakteri, antivirus,termasuk anti-HIV,  antijamur, antialergi, antiradang, antiseptik, antioksidan, antimalaria, antidepresi, antikejang, antikoagulan atau antibeku darah, antiobesitas, dan menghentikan pendarahan atau styptic.

Ke-40 jenis dan turunan xanthone pada kulit manggis melakukan beragam fungsi biologis khusus. Misalnya, mangostin alpha berperan sebagai agen antioksidan, mangostin gamma berperan sebagai agen antiradang, dan garcione E berperan sebagai agen antitumor.

Alfa-mangostin berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker,dan garcinone memiliki sifat sitotoksik (penghancur sel) terhadap sel kanker sehingga mampu membunuh sel kanker.

Mangostin alpha dan mangostin beta juga terbukti secara ilmiah dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare, disentri, tifus, dan bakteri penyebab TB (tuberkulosis).

“Of these, mangostins have been mostly reported for their remarkable biological activities such as anti-oxidant(Williams et al., 1995), anti-HIV (Chen et al., 199

6), anti-fungus (Gopalakrishnan et al., 1997), anti-allergy(Chairungsrilerd et al., 1998), anti-bacterial (Sakagami etal., 2005), anti-malarial (Mahabusarakam et al., 2006),anti-cancer (Nagakawa et al., 2007), and anti-inflammation (Tewtrakul et al., 2009).” (Nongporn Hutadilok-Towatana et al, “Acute and subchronic toxicity evaluation of thehydroethanolic extract of mangosteenpericarp” pada Journal of Medicinal Plants Research Vol. 4(10), pp. 969-974, 18 May, 2010).

Khasiat

  • Kulit manggis digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.
  • Kulit manggis digunakan untuk mengobati penyakit lupus.
  • Kulit manggis digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.
  • Kulit manggis digunakan untuk menyembuhkan penyakit meningitis.
  • Kulit manggis digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia.
  • Kulit manggis digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.
  • Kulit manggis digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik.
  • Kulit manggis digunakan untuk mengobati penyakit diabetes, termasuk diabetes tipe 1.
  • Berabad-abad manggis digunakan di Thailand untuk menyembuhkan diare, disentri, infeksi kulit, dan eksem. Di India digunakan untuk menyembuhkan disentri kronis, diare, masalah asam lambung, gout, dan infeksi saluran kemih. Di Filipina digunakan untuk menyembuhkan demam, infeksi jamur, diare, disentri, dan gangguan kemih. Di Malaysia digunakan untuk mengobati sakit perut dan diare. Di China digunakan untuk mengatasi keluhan perut.
  • Buah manggis diolah menjadi berbagai produk dan khusus kulit manggis yang biasanya dibuang ternyata dapat digunakan dalam pengobatan tradisional, seperti mengobati penyakit kulit, luka, diare, disentri, dan infeksi saluran kemih.
  • Penelitian tentang khasiat kulit manggis telah dilakukan di berbagai negara. Khasiat tersebut terletak pada kandungan senyawa antioksidan kompleksnya, yaitu xanthones. Namun, baru awal abad ini dilakukan ekstraksi kulit manggis dan diproses lanjut menjadi produk suplemen kesehatan.
  • Salah satunya adalah jus xanthone, jus yang banyak dijual di tempat penjualan buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Serta, dapat mengobati berbagai macam penyakit. Khasiat jus xanthone ini telah terbukti, telah banyak orang yang mengkonsumsi dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Jus xanthone ini terbuat dari konsentrasi jus buah (keseluruhan bagian buah manggis), bunga roselle, apel, anggur, dan bahan pengawet digunakan madu murni sehingga terbebas dari bahan kimia.
  • Buah manggis dapat diolah menjadi herbal cair yang dapat digunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.
  • Studi tentang kinerja antioksidan dan antiracun ekstrak manggis serta khasiat mencegah kerusakan saraf penyandang Alzheimer ditunjukkan oleh hasil riset terbitan tahun 2010, yang dilakukan Department of Microbiology, Faculty of Pharmacy, Mahidol University, Bangkok, Thailand; Department of Biochemistry, Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University, Bangkok, Thailand; Medical Proteomics Unit, Office for Research and Development, Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University, Bangkok, Thailand; Institute of Biological Chemistry and Genomic Research Center, Academia Sinica, Taipei, Taiwan; dan Institute of Biochemical Sciences, College of Life Science, National Taiwan University, Taipei, Taiwan.
  • Studi tentang khasiat antioksidan ekstrak kulit manggis dan laporan hasilnya diterbitkan tahun 2006. Yang melakukan riset ini adalah Division of Medicinal Chemistry and Pharmacognosy, The Ohio State University, Columbus, Ohio, Amerika Serikat.
  • Laporan studi tentang khasiat antiradang ekstrak manggis, khususnya terhadap jerawat diterbitkan tahun 2007. Yang melakukan riset ini adalah Mahidol University, Rachathevi, Bangkok, Thailand.

Laporan studi tentang khasiat xanthone manggis terhadap penyakit jantung diterbitkan tahun 2007. Yang melakukan riset ini adalah Centre for Advanced Studies in Botany, University of Madras, Guindy Campus, Chennai, India.

Untuk penyembuhan kanker:

  • Alfa-mangostin berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker,dan garcinone memiliki sifat sitotoksik (penghancur sel) terhadap sel kanker sehingga mampu membunuh sel kanker. Uji laboratorium sejauh ini menunjukkan bahwa xanthone, misalnya, pada ekstrak buah dan kulit manggis dapat melakukan aktivitas melawan beberapa jalur sel kanker, termasuk kanker payudara, kanker liver (hati), dan leukemia (kanker darah). Selain itu, para ahli di universitas di China tahun 2009 melaporkan, manggis mampu membasmi dan menghambat perkembangbiakan sel kanker leukemia (kanker darah).
  • Lynn Stephenson menunjukkan khasiat manggis, terutama kulitnya untuk mengobati tumor dan kanker pada artikel yang diterbitkan pada Biofiles Vol. 8, No. 6. Sumber: http://www.sigmaaldrich.com/technical-documents/articles/biofiles/traditional-medicinals-and-cancer.html
  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni dari berbagai negara menunjukkan bahwa kulit manggis digunakan untuk menyembuhkan kanker dubur atau rektum, kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker ginjal, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker otak, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker perut, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tulang, dan kanker usus.

 

8. KENCUR (Kampferia Galanga)

Kandungan zat

Rimpang kencur mengandung asam klorogenat, asam p-hidroksibenzoat, asam vanilat, car-3-en-5-one, ester asam etil sinamat, asam p-methoxycinnamic, ester etil asam p-methoxycinnamic, ester ethyl asam trans-p-methoxycinnamic,

asam trans-p-methoxycinnamic, n-pentadecana, etil p-methoxycinnamate, etil sinamat,  carene, camphene, borneol, p-methoxystyrene, kaempferol, kaempferide, cinnamaldehyde.

Persentase kandungan kencur:

Pati (4,14 %)

Mineral (13,73 %)

Fitokimia

Rimpang kencur mengandung minyak atsiri (2,5-4%), beberapa alkaloid, pati, protein, aminoacid, mineral dan bahan berlemak. Kandungan minyak atsiri lebih tinggi di rimpang daripada di akar. Minyak atsiri mengandung lebih dari 54 komponen. Konstituen utamanya adalah etil-trans p-metoksi sinamat (16,5%), pentadecane (9%), 1,8-cineole (5,7%), g-carene (3,3%), dan borneole (2,7%). Selain itu, mengandung camphene, kaempferol, kaempferide, cinnamaldehyde, asam p-methoxycinnamic, dan ethyl cinnamate. Kandungan minyak terpene bisa mencapai 16,4%.

Minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa

  • Sineol
  • Asam metil kanil dan penta dekaan
  • Asam sinamat
  • Etil ester
  • Borneol
  • Kamphene
  • Paraeumarin
  • Asam anisat
  • Alkaloid

Gom

Ciri farmakologis

Antibakteri, virus, kuman, parasit

Antioksidan

Antiradang

Antidepresi

Antikejang

Antibeku darah

Antiobesitas

Antitumor & antikanker

Antialergi

Antinyeri

Analgesik (menghilangkan rasa sakit)

Antisedatif (menenangkan)

Khasiat

Kencur digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.

Kencur digunakan untuk mengobati penyakit lupus.

Kencur digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.

Kencur digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.

Kencur digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.

Kencur digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik.

Kencur digunakan untuk mengobati penyakit diabetes, termasuk diabetes tipe 1.

Pada tradisi pengobatan China, kencur digunakan untuk mengobati rematik, depresi sistem saraf pusat, menurunnya aktivitas motorik (gerakan), dan menurunya tingkat kecepatan pernapasan.

Minyak esensial kencur dan komponen utamanya berciri framakologis antibakteri, antivirus, antijamur, analgesik (mengurangi rasa nyeri), antiradang, antioksidan, antihipertensi, antikarsinogenik, mengurangi rasa sakit, anti-tuberkulosis dan mematikan larva nyamuk.

Minyak kencur berguna sebagai wewangian, digunakan untuk membuat obat farmasi dan aromaterapi serta digunakan dalam memijat untuk mengurangi rasa nyeri dan mengurangi kecemasan, stres, dan depresi.

Rimpang kencur berciri termogenik (meningkatkan suhu tubuh guna memperlancar metabolism, sakit limpa, radang tumor, hidung tersumbat, dan ambeien atau wasir, beraroma tajam atau sengit, karminatif (mengeluarkan gas dari salauran pencernaan), aromatik, depuratif (membersihkan darah), diuretik (mempercepat pembentukan urin atau pengeluaran urin), ekspektoran (merangsang pengeluaran dahak dari saluran pernafasan), memperlancar pencernaan, antehelmentik (mengeluarkan cacing), penurun panas, dan stimulan.

Kencur berkhasiat menyembuhkan dispepsia (menyembuhkan maag dan gejala kembung, mual, dan bersendawa), lepra, penyakit kulit, rematik, asma, batuk, bronkitis, luka, bisul, cacingan, demam, demam malaria.

Rimpang tanaman ini banyak digunakan di Asia Timur untuk berbagai macam pengobatan. Praktisi kesehatan tradisional menggunakan rimpang ini untuk pengobatan psoriasis, infeksi bakteri, tumor dan juga diterapkan secara eksternal untuk sakit perut pada wanita dan pengobatan rematik.  Daun dan bunga kencur mengandung flavonoid. Aroma dan rasa khas kencur ini digunakan dalam makanan dan minuman.  Daun digunakan sebagai parfum untuk mencuci rambut. Dalam bentuk lotion dan tapal daun digunakan untuk radang mata, pembengkakan, demam, sakit tenggorokan, dan rematik.  Daun memiliki aktivitas antioksidan, mengurangi rasa nyeri, dan antiradang yang membantu dalam pengobatan sariawan dan sakit kepala. Daun yang direndam dapat digunakan sebagai minuman yang bermanfaat bagi wanita hamil. Abu daun digosokkan pada payudara yang bengkak setelah melahirkan,sedangkan daun segar dikunyah untuk menghilangkan batuk.  Di Malaysia, daun kencur digunakan dalam hidangan makanan favorit setempat. Daun dan rimpang digunakan dalam kosmetik dan bubuk herbal. Tanaman ini digunakan dalam terapi aroma dan untuk menghilangkan rasa nyeri pada pijat ayurveda.

Kencur juga digunakan untuk mengobati kanker saluran empedu (Bile Duct Cancer). Ini adalah kanker agresif yang menginfeksi saluran empedu yang menghubungi liver sampai dengan  kecil. Jenis kanker ini banyak terjadi di wilayah tropis dan subtropics, terutama Thailand. Ekstrak kencur yang diuji pada sebuah studi di Thailand tahun 2017 menunjukkan, bahwa tikus-tikus uji coba hidup lebih lama, penyebaran sel-sel kanker ke bagian lain berkurang dan tidak menimbulkan efek samping kepada subjek riset.

9. Daun sirsak (Annona muricata atau Graviola)

A. Pohon sirsak. B. Daun sirsak. C. Bunga sirsak. D. Buah sirsak

Kandungan zat

Daun sirsak  mengandung unsur-unsur, seperti alkaloids, saponin, terpenoid, flavonoid, coumarin, dan lactone, anthraquinone, tannin, cardiac glycoside, phenol, dan phytosterol.

Zat-zat penyembuh pada berbagai bagian tumbuhan sirsak antara lain alkaloid, mega, megastigmanes, flavonol triglycosides, phenolics, cyclopeptides, dan minyak atsiri. Sirsak kaya sumber zat fitokimia asetogenik. Buah sirsak mengandung mineral utama, seperti K, Ca, Na, Cu, Fe, dan Mg yang dapat memberi nutrisi esensial bagi tubuh manusia.

Sirsak memiliki banyak zat annonacin  yang membentuk acetogenins, yang banyak diteliti karena berpotensi menyembuhkan kanker.

Sirsak kaya vitamin C dan beberapa vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niacin, dan juga mineral, seperti kalsium, fosfor, dan sedikit zat besi. Buah sirsak terdiri dari serat pulp 67.5% pulp, 20% kulit buah, 8.5% biji, dan 4% kepingan inti. Kandungan nutrisi buah sirsak dikemukakan berikut ini.

Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 276 kJ (66 kcal)
Karbohidrat 16.84 g
Gula 13.54 g
Serat 3.3 g
Lemak 0.3 g
Protein 1 g
Thiamine (vit. B1) 0.07 mg (6%)
Riboflavin (vit. B2) 0.05 mg (4%)
Niacin (vit. B3) 0.9 mg (6%)
Pantothenic acid 0.253 mg (5%)
Vitamin B6 0.059 mg (5%)
Folat 14 μg (4%)
Cholin 7.6 mg (2%)
Vitamin C 20.6 mg (25%)
Kalsium 14 mg (1%)
Besi 0.6 mg (5%)
Magnesium 21 mg (6%)
Fosfor 27 mg (4%)
Potassium 278 mg (6%)
Sodium 14 mg (1%)
Zinc 0.1 mg (1%)

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Antioksidan
  • Antikonvulsan atau antinyeri
  • Antiartritis (radang sendi)
  • Antibakteri, antivirus, antifungus, antiparasit
  • Antimalaria
  • Pelindung liver
  • Antidiabetes
  • Antirematik
  • Antigangguan saraf
  • Antiradang (terutama radang tenggorokan)
  • Menyembuhkan cacingan
  • Penenang
  • Antikadar gula rendah (hipoglisemia); antidiabetes
  • Antikejang
  • Antidarah rendah (hipotensi)
  • Analgesik (menghilangkan rasa sakit)
  • Antidepresi
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiradang
  • Hentikan pendarahan, styptic

Khasiat

  • Daun sirsak digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.
  • Daun sirsak digunakan untuk mengobati penyakit lupus.
  • Daun sirsak digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.
  • Daun sirsak digunakan untuk menyembuhkan penyakit meningitis.
  • Daun sirsak digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia.
  • Walaupun kandungan zat besi pada sirsak hanya sedikit tapi dapat membantu menyembuhkan anemia yang disebabkan oleh masalah asam lambung. Sirsak pun digunakan untuk mengobati penyakit anemia aplastik.
  • Daun sirsak digunakan untuk mengobati penyakit diabetes, termasuk diabetes tipe 1.
  • Daun sirsak juga digunakan untuk mengatasi gangguan kulit pada bayi.
  • Menyembuhkan beragam infeksi, termasuk infeksi parasit.
  • Buah sirsak digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan nyeri artritis, prosopalgia atau penyakit Fothergill, yaitu penyakit saraf yang dicirikan oleh rasa nyeri hebat pada wajah, berasal dari saraf trigeminus, artritis, diare, disentri, demam, malaria, rematik, bintik merah pada kulit, cacingan, dan buahnya dimakan untuk meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) setelah melahirkan.
  • Buah sirsak mampu memulihkan sakit perut, rasa nyeri, demam, gangguan pernapasan, termasuk batuk-batuk. Hasil sebuah studi di Nigeria menunjukkan bahwa daun sisrsak mampu menyembuhkan keluhan pernapasan seperti asma.
  • Daun sirsak digunakan untuk mengobati radang kandung kemih, diabetes, kepala sakit, insomnia, abses luka.
  • Menurut sebuah studi di Nigeria, sirsak mengandung ciri antidiabetes, menurunkan kadar gula darah. Ekstrak daun sirsak terbukti menghambat dan bahkan mencegah kerusakan oksidatif liver pada penderita diabetes.
  • Dalam sebuah penelitian di Brazil, daun dan jus sirsak mengatasi peradangan akibat gigitan ular. Penelitian di Amerika Selatan dan wilayah tropis Afrika menunjukkan kemampuan akar, kulit kayu, dan daun sirsak menyembuhkan peradangan, termasuk radang sendi. Sirsak juga dikenal menimbulkan efek analgesik (menghilangkan rasa nyeri).
  • Tumbuhan sirsak di Afrika digunakan untuk menyembuhkan batuk-batuk, rasa nyeri, dan penyakit kulit.
  • Di India buah dan bunga sirsak digunakan untuk mengatasi katarak, sedangkan akar batang dan daun digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan dan cacingan.
  • Di Malaysia daun sirsak digunakan untuk mengatasi kondisi pingsan.
  • Daun, batang, dan akar pohon sirsak digunakan untuk mengatasi radang, kadar gula darah yang rendah (hipoglisemia), sebagai zat penenang, relaksasi otot, penyakit darah rendah, berdampak antikejang.
  • Meningkatkan kesehatan mata.
  • Daun sirsak digunakan untuk menyembuhkan tukak lambung, penyakit kulit seperti eksem, dan gangguan yang berhubungan dengan imunitas tubuh yang rendah.
  • Meningkatkan kesehatan mata. Ciri antioksidan sirsak, terutama vitamin C dan E, seng, dan beta karoten, ternyata mampu menurunkan risiko penyakit mata. Antioksidan juga mengurangi stres oksidatif, yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula terkait usia.
  • Membantu mengatasi sakit ginjal dan liver menurut sebuah studi di Malaysia.
  • Sebuah laporan studi oleh University of Connecticut, sirsak luas digunakan untuk mengatasi stres dan depresi.
  • Meningkatkan kesehatan asam lambung karena ciri antioksidan dan antiradang sirsak.
  • Meningkatkan imunitas tubuh. Sebuah studi di Korea menunjukkan bahwa daun sirsak dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sirsak juga kaya ascorbic acid (vitamin C) yang memperkuat dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sebuah laporan studi pada sebuah jurnal yang diterbitkan The University of West Indies menunjukkan bahwa sirsak yang dimakan para pasien berbagai jenis kanker membantu meningkatkan imunitas tubuh mereka.
  • Menghilangkan rasa sakit karena bekerja sebagai analgesik atau penghilang rasa nyeri. Menurut U.S. National Library of Medicine, sirsak dapat bekerja sebagai agen analgesik.
  • Mengobati demam. Buah sirsak secara tradisional digunakan untuk mengobati demam. Di Afrika minuman daun sirsak digunakan untuk mengendalikan gejala-gejala demam dan nyeri. Demikian juga, buah sirsak digunakan untuk mengatasi demam pada anak-anak.
  • Sebuah studi di India menunjukkan bahwa buah sirsak dan jus buah sirsak tidak hanya mengatasi demam tapi juga menyembuhkan diare dan disentri.
  • Mengendalikan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan antioksidan phenol pada buah sirsak membantu mengatasi darah tinggi menurut hasil sebuah studi di Nigeria, Afrika. Hasil sebuah studi di Indonesia menunjukkan bahwa kandungan nutrisi yang baik pada sirsak membntu menurunkan tekanan darah pada manusia.
  • Membantu menyembuhkan rematik. Berbagai studi menunjukan bahwa minuman daun sirsak membantu menyembuhkan rematik. Di Afrika buah sirsak mentah yang belum masak digunakan untuk mengobati rematik dan sakit artritis. Demikian juga daun sirsak yang ditumbuk digunakan untuk mengobati rematik. Kandungan anthocyanin, tannin, dan alkaloid pada sirsak menunjukkan dampak antirematik.
  • Daun sirsak menyembuhkan penyakit ambeien atau wasir melalui menghentikan pendarahan pada anus dan merilekskan otot pada anus sehingga mengurangi pembengkakan sekitar anus.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Mencegah dan menghilangkan jerawat.
  • Manfaat daun sirsak untuk kesehatan haid. Daun sirsak mempunyai peranan utama yg sanggup melancarkan keluarnya darah haid pasca menstruasi. Sebab didalam kandungan daun sirsak ini terdapat kandungan senyawa Acetogenins yg sanggup mengeluarkan dan menetralisir endapan racun yg bakal menghalangi keluarnya darah haid. Endapan racun tersebut bakal ke luar bersamaan dgn darah kumuh diwaktu haid. Tidak cuma itu saja, daun sirsak ini pun sanggup menyembuhkan infeksi bakteri, jamur & virus yg yaitu aspek pemicu tak lancarnya darah haid. Daun sirsak pula sanggup bersifat juga sebagai anti-kanker/tumor bersama daya kerja 10.000 kali lipat yg sanggup mematikan jaringan & sel-sel kanker tidak dengan mesti membahayakan sel sehat didalam badan.
  • Antioksidan yg terkandung dalam daun sirsak ini sanggup mengatasi keluarnya darah kumuh pasca haid dgn bersama alami, serentak & tak memunculkan resiko negatif bagi badan kamu. Tak sedikit orang yg daun sirsak sebagai kiat alternatif untuk melancarkan siklus haid.

Untuk penyembuhan kanker:

  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni menunjukkan bahwa sirsak dapat menyembuhkan kanker getah bening, kanker ginjal, kanker leukemia, kanker liver, kanker mulut, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tenggorokan, kanker tulang, kanker usus, kanker usus.
  • Dari sekian jenis kanker tersebut, sirsak terutama dapat menyembuhkan kanker tenggorokan, usus, rahim, paru-paru, payudara, dan liver.
  • Sebuah studi berbagai sel daun sirsak yang dilakukan di India menunjukkan 80% kemampuan menghambat sel kanker. Kandungan acetogenin sirsak menghambat perkembangan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat. Ekstrak sirsak juga menghambat daya tahan hidup dan metabolisme sel-sel kanker pankreas.
  • Menurut sebuah studi di India, acetogenin pada sirsak dapat membunuh sel-sel kanker ganas pada 12 jenis kanker, termasuk kanker liver.
  • Di Amerika Selatan dan di Afrika, termasuk Nigeria, daun sirsak digunakan sebagai obat etnis guna mennyembuhkan kanker dan tumor.
  • Menekan awal pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tumor dan kanker, bahkan dengan dosis yang lebih rendah (hasil percobaan di laboratorium).
  • Sebuah studi yang diterbitkan U.S. National Library of Medicine, ekstrak daun sirsak dapat membantu mencegah kutil pada kulit, suatu penyakit yang menyebabkan tumor kulit.

10. Lemon (Citrus limon)

Pohon lemon

Buah lemon

Kandungan zat

Lemon mengandung banyak zat, khususnya asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonin yang berefek kekebalan tubuh dan anti-infeksi.

Lemon adalah salah satu buah yang paling bergizi di dunia dan kaya vitamin C, sitrat, malat, kadar potasium tinggi dan kadar sodium rendah.

Ciri farmakologis

  • Antikanker dan tumor
  • Alkaline, alkalis, basa
  • Antibakteri, virus, kuman, parasit
  • Antioksidan
  • Antidepresi
  • Antikejang
  • Antikoagulan, antibeku darah
  • Antiobesitas
  • Antiradang
  • Peningkat imunitas
  • Penangkal infeksi
  • Penyembuh ginjal
  • Pelindung liver
  • Pelancar aliran darah
  • Antihipertensi atau pengatur tekanan darah
  • Pemulus kulit

Khasiat

  • Lemon digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Lemon digunakan untuk mengobati penyakit lupus. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Lemon digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Lemon digunakan untuk mengobati penyakit meningitis. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Lemon digunakan untuk mengobati penyakit rematik. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Lemon digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Lemon digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Lemon digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik.
  • Lemon digunakan untuk mengobati penyakit diabetes, termasuk diabetes tipe 1. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Karena lemon adalah salah satu buah yang paling bergizi di dunia dan kaya vitamin C, sitrat, malat, kadar potasium tinggi dan kadar sodium rendah, lemon amat bermanfaat bagi tubuh manusia. Terutama, vitamin C pada lemon berperan penting menjaga terciptanya beragam tisu dan sel tubuh serta menjaga fungsi fisiologisnya agar tetap normal.
  • Penyakit jantung dan pembuluh darah sering menyebabkan komplikasi besar dan faktor penting yang mempengaruhi prognosis dan harapan hidup pasien sakit ginjal. Karena lemon kaya vitamin C dan vitamin P, lemon membantu menguarkan elastisitas dan kekuaan pembuluh darah sehingga dapat mencegah dan mengatasi hipertensi (darah tinggi) dan infark miokardial jantung secara efektif. Juga, lemon dapat meningkatkan fungsi pembersihan racun (detoksifikasi) ginjal.
  • Lemon adalah juga suatu antibiotik alami. Bagus untuk mencegah dan mengatasi menurunnya fungsi ginjal, peradangan, infeksi saluran kemih serta infeksi dan virus yang lain yang mudah menyebabkan penyakit ginjal.
  • Rentang normal kreatin serum adalah 44 – 133. Bila kadar kreatin lebih tinggi dari 133, itu berarti fungsi ginjal bermasalah dan bila lebih tinggi dari 451 itu berarti kondisi penyakit telah meningkat ke gagal ginjal. Cara paling efektif menurunkan kadar kreatin adalah meningkatkan fungsi ginjal melalui kemampuan mengeluarkan lebih banyak kreatin dari dalam darah.
  • Lemon adalah pemurni darah terbaik yang membantu menyingkirkan kotoran dan toksin (racun) dari aliran darah. Vitamin C pada lemon berperan melakukan detoksifikasi atau pembersihan racun dalam tubuh dan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.
  • Makan sayuran dan buah segar atau minum jus sayur dan lemon dapat memasok beragam vitamin kepada pasien sakit ginjal dan membantu melindungi dan memperbaiki fungsi ginjal.
  • Berbagai studi terbaru menunjukkan bahwa lemon hijau mengandung satu komponen yang mirip dengan fungsi sebagai insulin dan dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan dengan demikian juga membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal.
  • Lemon meluruhkan batu ginjal.
  • Orang-orang zaman Mesir kuno percaya bahwa makan lemon dan minum jus lemon melindungi tubuh dari beragam jenis racun. Penelitian terbaru membenarkan kepercayaan ini. Lemon mengandung banyak zat mineral dan vitamin yang menyehatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menyerang bakteri, virus, dan infeksi serta mengurangi berat badan berlebihan. Lemon memperlancar metabolisme dan aliran darah pengantar zat bergizi dan membantu mengurangi kadar kolesterol.
  • Lemon mampu menjaga agar sistem vaskular darah tetap aktif dan menjaga agar tekanan darah terkendali, normal.
  • Lemon memperkuat pembuluh darah.
  • Lemon berciri antioksidan dan mengandung nutrisi yang membantu kinerja fungsi liver.
  • Lemon adalah tonik liver dan membantu pencernaan makanan dengan membantu liver memproduksi lebih banyak empedu.
  • Menyembuhkan penyakit hepatitis B.
  • Lemon adalah herbal alami yang efektif mengurangi berat badan bagi penyandang obesitas.
  • Asam sitrik lemon meningkatkan pencernaan sehingga membantu pengeluaran toksin (racun) dan sampah sisa pada usus.
  • Lemon membuat tubuh bersifat alkalis (basa) yang membantu meningkatkan imunitas tubuh dan digunakan untuk beragam penyakit, termasuk alergi.
  • Potassium pada lemon membantu mengatur tekanan darah dan ini baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah serta dapat mencegah hipertensi (darah tinggi).
  • Kadar pH yang rendah pada lemon membuat buah ini berciri antibakteri, virus, fungus, dll.
  • Lemon mengandung banyak zat, khususnya asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonin yang berefek kekebalan tubuh dan anti-infeksi.
  • Meredakan demam.
  • Mengobati sariawan.
  • Menghilangkan jerawat.
  • Memberi efek menenangkan.
  • Mengobati kulit kapalan.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif, berpikir.
  • Meningkatkan konsentrasi, kecepatan memproses, dan ingatan.
  • Menyehatkan hippocampus pada otak.
  • Karena berciri antidepresan, lemon menenangkan pikiran.
  • Lemon menyehatkan sistem saraf, termasuk saraf otak.
  • Lemon meningkatkan fungsi pencernaan, meningkatkan pasokan oksigen ke dalam butuh, membuat tubuh bersifat basa atau alkalis, dan semuanya ini meningkatkan fungsi atau kinerja otak.
  • Lebih dari buah-buahan lain, lemon mengandung konsentrasi ion negatif yang lebih murni. Ion negatif meningkatkan aliran oksigen ke otak, dan dampaknya meningkatnya kesigapan (alertness), mengurangi rasa mengantuk, menambah energi mental, dan melindungi tubuh dari serangan virus.
  • Potassium pada lemon membantu otak dan sel saraf, meningkatkan konsentrasi, memproses kecepatan, meningkatkan ingatan, dan menenangkan pikiran. Lemon membuat otak bekerja cepat.
  • Karena berciri antioksidan, lemon melindungi otak dari degenerasi (penurunan fungsi) sel-sel otak.

Untuk penyembuhan kanker:

  • Lemon membuat tubuh bersifat alkalis (basa) yang membantu meningkatkan imunitas tubuh dan digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit, termasuk sakit kanker. Sel-sel kanker akan berkembang biak dalam tubuh yang bersifat asam (acid) dan sebaliknya sel-sel kanker itu akan tidak dapat bertahan hidup dalam tubuh yang bersifat basa atau alkalis. Berdasarkan pandangan ini, dapatlah dimengerti mengapa banyak pasien kanker mengkonsumsi lemon dalam perjuangan menyembuhkan sakit kankernya. Lihat LEMON KILLS CANCER CELLS… pada https://www.cancercompass.com/message-board/message/all,55424,3.htm
  • Berbagai studi, laporan, dan testimoni dari berbagai negara menunjukkan bahwa lemon digunakan dalam kombinasi dengan bahan-behan herbal lain dalam penyembuhan kanker gastrik lambung, kanker getah bening, kanker ginjal, kanker kulit, kanker leukemia, kanker liver, kanker mata, kanker mulut, kanker otak, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker serviks atau rahim, kanker tulang, dan kanker usus.

11. CIPLUKAN (Physalis angulata Lynn; Physalis angulate L)

.

Tumbuhan Ciplukan (Physalis angulata L.)

Kandungan zat

Ciplukan mengandung:

  • Vitamin C
  • Gula
  • Karatenoid
  • Kuertin
  • Asam oleat dan linoleat
  • Fisalin
  • Tanin
  • Kriptoxantin
  • Polifenol
  • Steroid pada asam palmitat
  • Stearik pada biji
  • Flavonoid dan saponin pada daun dan tunas
  • Senyawa withanolides
  • Asam klorogenik alkaloid pada akar
  • Physalin B dan F; physalindicanol
  • Nitrat potassium
  • Withasteroid, withaminimin dan withaphysalin, 3-O-glukosida kaempferol
  • Beta-sitosterol dan glukosida

 

Ciri farmakologis

Antioksidan: kandungan antioksidannya amat tinggi.

Antiradang dan analgesik: mampu menenangkan sekaligus mempercepat penyembuhan.

Antiobesitas

Antidiabetes; antihiperglikemi atau mampu menurunkan kadar gula darah

Antimikroba, antimikobakteri, antibakteri, antivirus

Antiasma

Antitumor dan antikanker

Diuretik: Daun ciplukan berciri diuretik karena mengandung nitrat potassium yang tinggi (8-10%).

diuretik dan ekstraknya

Antiseptik

Antinyeri

Khasiat

Ciplukan digunakan di banyak negara sejak zaman pra-Columbus untuk mengobati beragam penyakit, seperti malaria, asma, hepatitis, masalah liver, bisul, dermatitis, dan rematik. Beberapa studi in vitro menunjukkan bahwa kandungan murni ciplukan, seperti physalin (A, B, D, dan F) dan glikosida (misalnya, Myricetin-3-O-neohesperidoside) menunjukkan aktivitas antitumor liver (hati), serviks uteri, leukemia, serviks uteri, leukemia, paru-paru (lung denocarcinoma), dan  nasofaring (di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut). Jumlah bukti atau evidensi tentang dampak ekstrak tumbuhan ini secara konstan meningkat.

Ciplukan digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis.

Syamsi Dhuha Foundation (SDF) sebagai lembaga swadaya masyarakat nirlaba peduli lupus, bersinergi dengan tim relawan peneliti dari Fakultas Kedokteran UNPAD dan Sekolah Farmasi ITB, menginisiasi riset dengan tikus dan uji klinis herbal ciplukan (physalis angulata Linn). Hasil riset ini menunjukkan, bahwa ekstrak ciplukan dapat meredakan radang, menurunkan kreatinin, dan memperbaiki profil darah yang sering berhubungan dengan gejala lupus. Komponen fisik kualitas hidup dan skala nyeri secara statistik menunjukkan perbaikan. Ekstrak ciplukan dapat mengatasi kelelahan dan peradangan yang sering diderita penyandang lupus.

Zat antioksidan, seperti karotenoid dan polifenol, dalam buah ciplukan mampu menetralisasi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hasil penelitian menunjukkan, kombinasi karotenoid dan polifenol dalam buah ciplukan mampu menghentikan penyebaran berbagai jenis kanker. Karena potensi ini, di beberapa negara, buah ciplukan direkomendasikan sebagai sumber makanan alami antikanker dan sumber makanan yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Karena ciri antiradang dan analgesiknya, ciplukan mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti radang sendi, asam urat dan wasir dapat diatasi dengan memanfaatkan daun ciplukan. Lebih dari itu, daun ciplukan juga memiliki khasiat yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah atau pun memperlambat perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Senyawa withanolides pada buah ciplukan mampu merangsang terjadinya apoptosis atau kematian sel terprogram sehingga dapat menghilangkan sel yang tidak diinginkan dan meminimalisasi jumlah sel yang terlalu banyak, termasuk sel yang berbahaya bagi tubuh seperti sel kanker. Sel-sel yang mati akan diganti dengan sel-sel baru. Karena, itu ciplukan berkhasiat meremajakan sel.

Menyembuhkan berbagai sakit kulit akut dan kronis.

Mengobati bisul

Ciplukan digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis.

Ciplukan digunakan untuk mengobati penyakit rematik.

Menyembuhkan diabetes mellitus: Daun ciplukan berciri antihiperglikemi atau mampu menurunkan kadar gula darah. Beberapa senyawa pada daun ciplukan dapat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat sehingga dapat meringankan fungsi insulin dalam mengatur glukosa darah agar selalu dalam batas fisiologis.

Ciplukan digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia.

Ciplukan digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s.

Beberapa hasil uji aktivitas yang telah dilakukan menunjukkan, bahwa ternyata ekstrak murni daun ciplukan dapat menghambat pertumbuhan mycobacterium tuberculosis sehingga bermanfaat bagi penderita tuberculosis (TBC).

Satu senyawa antibakteri pada buah ciplukan dapat meningkatkan degradasi dan penyerapan fibrosis hati serta mampu menyingkirkan kelebihan lemak, garam, dan racun dari sistem limfatik. Karena itu, buah ciplukan bermanfaat bagi kesehatan liver dan ginjal.

Kandungan karatenoid yang tinggi pada buah ciplukan berguna untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid dapat mengurangi stres oksidatif dalam sistem okular, mencegah timbulnya katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Vitamin C pada ciplukan bersifat antioksidan dan mampu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh.

Selain itu, vitamin C juga memainkan peran penting dalam proses pembentukan kolagen, yakni suatu protein yang membantu mendukung tendon, ligamen, pembuluh darah hingga membantu menjaga kesehatan kulit dan organ tubuh lain secara keseluruhan.

Menangani epilepsi, mengurangi fekuensi epilepsi

Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengobati penyakit paru-paru

Mengobati kanker; ekstrak daun dan buah ciplukan memiliki efek sitotoksik yang mampu menginduksi kematian pada sel kanker payudara.

Physalin B dan F pada ciplukan menghambat pertumbuhan sistem sel leukemia (kanker darah).

Ciplukan digunakan untuk mengobati kanker nasofaring dan kanker leukimia

Dimanfaatkan untuk mengobati penyakit asam urat dan masalah dengan kencing, termasuk membersihkan urin yang kotor.

Mengobati sakit kelenjar getah bening

Mengobati influenza

Mengobati batuk

Daun dan buah ciplukan mengurangi berat badan.

Buah ciplukan digunakan untuk mengobati kurap.

Buah ciplukan digunakan untuk mengobati demam

Buah ciplukan dimanfaatkan untuk menghilangkan gejala sakit kuning pada bayi

Buah ciplukan digunakan untuk menyadarkan orang yang pingsan

Buah ciplukan digunakan untuk mengobati stroke

Buah ciplukan yang mengandung asam oleat dan linoleat terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

Catatan: Buah ciplukan jangan dicampur dengan kopi karena menimbulkan toksin, racun.

12. Madu (Apis mellifera L; bahasa Inggris: honey)

manfaat-madu-ditinjau-dari-sisi-medis-alodokter

Kandungan zat

Madu mengandung:

  • Madu merupakan campuran dextrose dan levulose.
  • Madu mengandung sukrosa, glukosa, dan fruktosa
  • Madu mengandung sekurang-kurangnya 31 zat gizi, 13 jenis mineral, dan 9 jenis vitamin, 6 jenis zat asam (acids), dan 4 enzim kunci.
  • Madu mengandung banyak enzim potensial yang menguntungkan seperti asam amino. Madu mengandung bee pollen, propolis, lilin lebah, dan nutrisi yang berasal dari tanaman dan tubuh lebah sendiri, di samping mengandung gula-gulaan.
  • Madu mengandung 35% protein dan protein itu terdiri dari separuh asam amino esensial.
  • Madu a.l. mengandung vitamin B Kompleks, vitamin C, D, E.
  • Madu mengandung energi yang berfungsi meningkatkan konsentrasi karbohidrat dan gula yang 2 x lebih manis dari gula pasir.

Ciri farmakologis

  • Antitumor dan antikanker
  • Antibakteri, virus, jamur
  • Penangkal infeksi
  • Antiradang
  • Anioksidan
  • Antidepresi
  • Antikejang
  • Peningkat imunitas
  • Pelancar pencernaan dan metabolisme
  • Pencahar
  • Pemulus kulit
  • Pelancar aliran darah
  • Antihipertensi atau pengatur tekanan darah
  • Penambah energi / stamina
  • Antikoagulan atau antibeku darah
  • Analgesik, pengurang rasa sakit
  • Antiobesitas
  • Alkaline, alkalis, basa
  • Hentikan pendarahan, styptic

Khasiat

  • Madu digunakan untuk mengobati penyakit psoriasis. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Madu digunakan untuk mengobati penyakit lupus. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Madu digunakan untuk mengobati penyakit sklerosis. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Madu digunakan untuk mengobati penyakit meningitis. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Membantu mengatasi radang sendi atau artritis, rematik, dan osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  • Madu digunakan untuk mengobati penyakit fibromyalgia. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Madu digunakan untuk mengobati penyakit Crohn’s. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Madu digunakan untuk mengobati penyakit anemia, termasuk anemia aplastik. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Madu digunakan untuk mengobati penyakit diabetes, termasuk diabetes tipe 1. Biasanya dikombinasi dengan bahan-bahan herbal lain.
  • Madu pada kadar yang sesuai membantu proses penyembuhan sakit ginjal.
  • Madu digunakan untuk menyembuhkan ratusan penyakit, termasuk sebagai “obat” kumur dan penyembuh luka.
  • Sebagai penangkal infeksi, madu digunakan untuk mengobati kulit terbakar, gatal-gatal, eksim, ruam-ruam pada tangan, kaki, puting susu, dan kulit.·
  • Madu terbukti berasil mengatasi helicobacter pylori, luka bakar, luka pada pasien bedah caesar, katarak, dan kekeruhan kornea.
  • Membantu agar cepat tidur, menyembuhkan diare dan asma.
  • Mengobati tukak lambung.
  • Mencegah kecapaian waktu berolahraga. Glukosa pada madu diserap tubuh dan segera berubah menjadi energi.
  • Menjaga kadar gula darah.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif, berpikir.
  • Madu membantu tubuh menyerap kalsium, yang membantu kesehatan otak. Madu membutuhkan kalsium untuk proses berpikir dan mengambil keputusan. Ini amat berguna untuk kesehatan otak anak dan menghmabat proses kepikunan penyandang Alzheimer.
  • Madu membantu daya ingat wanita setelah memasuki periode menopause.
  • Madu berciri antikejang dan membantu menyehatkan otot.
  • Madu mengurangi tensi darah, membantu penderita hipertensi (darah tinggi) dan sakit jantung koroner serta stroke.
  • Madu meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang influenza dan batuk.
  • Menyembuhkan gatal pada kulit, sembuhkan infeksi dan luka, serta memuluskan kulit wajah.
  • Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.
  • Karena berciri antioksidan, melindungi otak dari degenerasi (penurunan fungsi) sel-sel otak.
  • Hasil percobaan pada orang yang mengkonsumsi larutan madu menunjukkan tingkat kolesterol, LDL, dan triglise rida secara total menurun.
  • Madu adalah bahan alami peningkat libido dan memiliki kemampuan meningkatkan kadar oksida nitrik dalam darah. Madu juga kaya vitamin B, E, dan zinc yang dibutuhkan untuk mencapai kesehatan dan kinerja seksual.
  • Berfungsi pencahar / pembuangan sisa limbah dan peluruh batu ginjal dan batu empedu.
  • Madu mengatur sekresi (pengeluaran) kelenjar dan meningkatkan metabolisme kalcium, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi anak-anak. Mempengaruhi gerakan usus dan mengurangi rasa sakit. Madu melancarkan saluran gastro-intestinal, merangsang sekresi pencernaan alami, mengontrol sekresi pencernaan alami, mengontrol HCI, dan meningkatkan proses pencernaan. Membawa efek perubahan generatif pada pembuluh darah dan jaringan penghubung, serta mempertahankan fungsinya. Madu memiliki nilai gizi tinggi yang memberi energi kepada otot-otot, terutama otot jantung dan organ vital. Membangun antibodi dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Sebagai zat anti-bakteri, madu menghalangi pertumbuhan bakteri karena kandungan antibodi dan imunitasnya. Sebagai zat anti-obesitas, madu mengendalikan kolesterol dan mengurangi berat badan.
  • Menyembuhkan gangguan gastro-intestinal seperti gangguan pencernaan, bisul perut, sembelit, ambeien, dan hilangnya nafsu makan.
  • Madu secara intensif digunakan untuk mengobati infeksi paru-paru, seperti bronkitis, pneumonia, influenza, kerongkongan gatal, dan pengobatan batuk kering.
  • Madu digunakan untuk mengobati gizi buruk, mengobati penyakit tulang, osteoporosis (pengeroposan), kelelahan, dan depresi.
  • Mengobati penyakit kardiovaskular, seperti darah tinggi, varises, dan penyempitan pembuluh darah.

Apa saja ciri-ciri farmakologis (pengobatan) sirup herbal Radix?

Berdasarkan paparan dan uraian tentang ciri-ciri farmakologis bahan-bahan herbal yang digunakan dalam meramu sirup herbal Radix, berikut ini dikemukakan rekapitulasi ciri-ciri farmakologis Radix.

Berdasarkann ciri-ciri farmakologis sirup herbal Radix serta paparan dan uraian tentang khasiat mencegah dan mengobati beragam jenis penyakit, sesuai dengan tujuan awal pengembangan sirup herbal ini, daftar penyakit autoimun yang dapat disembuhkan sirup herbal Radix dikemukakan berikut ini.

Penyakit-penyakit lain apa saja yang dapat disembuhkan Radix?

Berdasarkan paparan dan uraian tentang beragam kandungan, ciri farmakologis, dan khasiat tiap bahan herbal yang digunakan dalam meramu sirup herbal Radix, disusunlah daftar penyakit lain yang dapat disembuhkan Liber.

Berikut ini dikemukakan daftar penyakit dan jumlah bahan yang cocok atau relevan untuk jenis penyakit tertentu.

Jenis penyakit kanker apa saja yang dapat dibantu penyembuhannya dengan sirup herbal Radix?

Ciri-ciri farmakologis ini sirup herbal ini membuat sirup herbal dapat membantu menyembuhkan anekajenis kanker (dan tumor).

Data relevansi jenis kanker dengan jenis bahan ini berdasarkan hasil penelusuran testimoni banyak penderita kanker yang menggunakan bahan-bahan herbal untuk mengobati beragam jenis kanker oleh berbagai bangsa di berbagai negara di dunia. Data ini akan meningkat sesuai dengan perkembangan bacaan kami dan testimoni yang masuk.

Ulasan ahli dan hasil riset lab seperti percobaan in vitro dan in vivo dengan tikus dan manusia menunjang tradisi pengobatan dan kesaksian penderita kanker yang sembuh.

TESTIMONI

Testimoni kesembuhan dengan sirup herbal Radix akan ditambahkan terus untuk menambah informasi bagi konsumen dan calon konsumen.

Sementara ini kami tampilkan testimoni yang masuk.

Ibu 42 tahun cepat sembuh dari batuk rejan dengan sirup herbal Radix

Kunti & ponakannya Lulu

Ibu Kunti (Sebelah kiri pada foto di atas), 42 tahun, di Jatibening, Kota Bekasi hampir 1 bulan menderita batuk rejan (kronis) tak kunjung sembuh.

Ia sudah minum beberapa obat batuk tapi batuk hebat tak kunjung sirna, tak sembuh-sembuh.

Akhirnya ia pun mencoba sirup herbal Radix yang baru saja terbit. Siang hari ia minum 1 sendok makan Radix. Dan, surprise, waktu tidur malam batuknya berhenti.

Pada pagi hari kedua, ia minum Radix lagi. Dan, malam hari waktu tidur, batuk tak datang-datang lagi.

Pada pagi hari ketiga ia minum Radix lagi. Yang sama terjadi. Tidak batuk-batuk lagi pada waktu tidur malam.

Ia pun terus minum Radix dan kini terjadi pemulihan cepat dari batuk rejan, batuk kronis yang kejam, entah disebabkan oleh bakteri atau virus apa.

Ini tidak mengherankan. Karena, 14 dari 15 bahan Radix relevan menyembuhkan batuk. Dan, 12 dari 15 bahan Radix relevan menyembuhkan radang tenggorokan.

Jika Anda batuk-batuk, pegal linu, kepala pening, masuk angin, perut sakit, minum saja sirup herbal Radix. Mengapa Radix ampuh menyembuhkan penyakit atau keluhan-keluhan itu? Karena, Radix terbuat dari bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, kencur, jintan hitam, kulit manggis yang amat kaya zat antibakteri,kuman, virus, parasit, jamur.

Dua ibu di Jatibening sembuh dari batuk rejan dengan hanya minum Radix 3 hari

Ibu E, 60 tahun, di Jatibening, Kota Bekasi, lama menderita sakit batuk rejan. Ia minum macam-macam obat batuk, namun tak kunjung sembuh.

Akhirnya ia mencoba minum sirup herbal Radix. Hanya setelah 3 hari minum, per hari 1 sendok makan di pagi hari setelah bangun tidur, ia sembuh dari batuk rejan yang menyengsarakan.

Karena mengalami kesembuhan yang menakjubkan ini, Ibu E bercerita kepada tetangganya, Ibu D, 48 tahun. Ibu D pun menderita sakit batuk rejan. Ia pun segera mencoba. Dan, benar, hanya minum Radix 3 hari, ia pun sembuh dari batuk rejan.

Ibu 59 tahun di Cibinong, Jawa Barat sembuh dari sakit pinggang dengan sirup herbal Radix

Ibu Sri Hartatik

Ibu Sri Hartatik, 59 tahun, di Cibinong, Jawa Barat menderita sakit jantung koroner. Ia tekun mengkonsumsi herbal Sano, kemudian Credo dan Liber.

Akhirnya, ia menjalani katerisasi untuk mengetahui kondisi sumbatan pada pembuluh koroner jantung. Hasilnya ada sumbatan 5% – 10% pada cabang utama pembuluh koroner dan sumbatan 90% pada cabang samping pembuluh koroner.

Dokter memutuskan tidak perlu dilakukan operasi pemasangan ring karena sumbatan cukup rendah.

Persentase sumbatan ini berkurang sebagai dampak kerja sirup herbal Sano, dan kemudian Credo dan Liber yang semuanya berkhasiat menyembuhkan sakit jantung.

Yang masih dikeluhkan Ibu Sri Hartatik adalah sakit pinggang sebelah kanannya yang tak kunjung sembuh.

Sakit pinggang kanan mungkin disebabkan suatu organ tubuh yang terletak di daerah pinggang.

Bisa saja terjadi penyempitan tulang belakang yang merupakan pemicu umum sakit ini. Penyebab paling umum adalah radang sendi yang berhubungan dengan kian bertambahnya usia seseorang. Masalah bantalan saraf tulang belakang atau pun saraf terjepit bisa menimbulkan nyeri pinggang sebelah kanan.

Sakit pinggang kanan bisa juga disebabkan oleh gangguan ginjal. Bila ginjal kanan yang sakit karena adanya batu ginjal atau infeksi ginjal, bagian pinggang kanan akan terasa sakit.

Penyebab yang lain adalah cedera yang menimpa persendian pada tulang belakang, yaitu pada bagian bantalan tulang. Cedera ini akan menekan saraf di sekitarnya yang menimbulkan rasa sakit.

Penyebabya bisa juga gangguan otot pada punggung yang mengalami cedera atau kekakuan otot. Gejala yang bisa muncul adalah kram otot atau kedutan otot yang terjadi mendadak tanpa bisa dikendalikan.

Organ empedu yang terletak pada perut atas bagian kanan bermasalah karena batu empedu misalnya, rasa sakit dapat menjalar sampai ke pinggang sebelah kanan.

Sumber: Sakit Pinggang Sebelah Kanan Muncul Karena Ini, pada https://www.alodokter.com/sakit-pinggang-sebelah-kanan-munc…

Karena sakit pinggang Bu Sri semakin parah sebulan terakhir ini, sedangkan kepastian penyebab dari pemeriksaan dokter belum ada, kami sarankan agar ia mencoba sirup herbal Radix yang baru terbit tanggal 5 April 2018.

Karena, sirup herbal bekerja secara autopilot, apa saja organ atau sistem tubuh tertentu yang bermasalah mampu dibereskan sirup herbal Radix. Karena, seluruh unsur ke-15 bahan, baik beragam mineral, vitamin, hormon maupun enzim masuk ke dalam sirup herbal ini, sehingga daya menyembuhkannya dapat meliput anekapenyakit dan gangguan.

Saran kami ini berdasarkan khasiat Radix yang bisa menyembuhkan radang, termasuk radang sendi karena seluruh 15 bahannya relevan atau cocok menyembuhkan jenis radang ini. Andaikan penyebabnya adalah infeksi akibat batu ginjal, 11 dari 15 bahan Radix relevan.

Andaikan terjadi saraf terjepit di bagian pinggang sebelah kanan, 12 bahan Radix relevan dan bila terjadi masalah pada sistem saraf, 13 bahan Radix relevan.

Andaikan penyebabnya kekakuan otot atau kejang otot atau pun nyeri otot, seluruh 15 bahan Radix relevan.

Bila masalahnya adalah gangguan batu empedu, 11 bahan Radix relevan.

Mengingat usia Bu Sri yang telah mencapai 49 tahun bisa juga ia menderita sakit osteoarthritis dan seluruh15 bahan Radix cocok menyembuhkan penyakit ini.

Bisa juga penyebabnya rematik sebagai penyakit autoimun dan seluruh 15 bahan Radix dapat membereskan masalah nyeri pinggang sebelah kanan ini.

Ibu Sri setuju dan mencoba minum Radix, 2 x per hari yaitu, langsung setelah bangun tidur di pagi hari dan pada malam sebelum pergi tidur.

Hanya dua minggu berlalu dan Ibu Sri menyampaikan kabar gembira, sakit pinggang sebelah kanannya kini telah sirna. Ia telah sembuh.

Syukurlah.

Dan, Ibu Sri tetap melanjutkan minum Radix karena siapa tahu bisa juga penyebabnya adalah osteoarthritis atau rematik yang merupakan penyakit degeneratif sebagai dampak mengausnya organ dan sistem tubuh tertentu seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Bapak 64 tahun di Jakarta berhasil mengatasi penyakit kulit autoimun psoriasis dengan Radix

Bapak O, 64 tahun, di Jakarta Timur adalah seorang pimpinan perusahaan nasional yang terkenal. Puluhan tahun ia menderita penyakit kulit autoimun psoriasis. Tiap kali ia mengalami stres, gatal-gatal di kulitnya semakin menjadi-jadi.

Ia sudah mencoba segala macam obat dan salep yang diresepkan banyak dokter kulit, namun hasilnya nihil. Ia juga sudah mencoba obat kulit dari mancanegara yang berharga mahal, namun hasilnya tetap nihil.

Menurut ceritanya, belum ada obat dokter di dunia ini yang manjur menyembuhkan penyakit psoriasis. Ada seorang dokter kulit ahli di Filipina yang pernah berhasil menyembuhkan psoriasis, namun dokter ahli itu telah meninggal. Sayangnya, tidak ada dokter yang tahu terapi dan obat yang digunakan dokter ahli itu.

Akhirnya ia menemukan dan mencoba sirup herbal Radix karena salah satu khasiatnya adalah menyembuhkan penyakit kulit psoriasis.

Setelah minum Radix botol yang kedua ia mengamati perkembangan bagus. Sebagian besar kulit di tangannya mengering dan rasa gatal menghilang. Kulit di kakinya yang terkena juga mulai mengering, namun rasa gatal masih mengganggu. Menurut taksirannya, sudah 50% sakit psoriasisnya sembuh.

Masuk ke botol yang ketiga, ketika isi botol hampir habis, tinggal sedikit dari bagian tangannya yang belum kering, yaitu di sikut dan sebagian di lengan. Sebagian besar kulit di kakinya telah mengering, dan rasa gatal berangsur berkurang, walau belum hilang seluruhnya.

Menurut pendapatnya, sudah 70% sakit psoriasisnya sembuh setelah konsumsi Radix selama satu setengah bulan. Kini ia mulai mengkonsumsi isi botol yang keempat. Ia optimis bahwa akhirnya ia akan sembuh 100% dari sakit yang menyiksanya puluhan tahun. Kita menunggu kabar gembira berikutnya.

Radix bisa jadi penyedap masakan

Konsumen sirup herbal kami bikin eksperimen sendiri. Sano dijadikan bumbu masak, makanan yang dimasak jadi enak.

Ada yang obati kucing angora dengan Fides, eh sembuh.

Ada yang beri ayam jantan yang sakit minum Vigor, eh sembuh.

Kami campurkan satu sendok makan ke tumis kailan, ternyata enaaak.

 

Inang 63 tahun mengatasi masalah osteoporosis & komplikasi sakit asam urat, asam lambung, dan sembelit dengan Radix

Image may contain: 3 people, people smiling, people standing

Ibu Rendina Girsang, 64 tahun di Lubang Buaya, Jakarta Timur, yang biasanya dipanggil Inang bermasalah dengan osteoporosis (tulang keropos).

Ia tidak kuat berjalan. Pinggang terasa sakit dan sering mengeluh nyeri tulang.

Dua bulan ia mengkonsumsi sirup herbal Radix, tiap pagi minum 1 sendok makan setelah bangun tidur.

Sekarang ia telah mampu berjalan kaki 5 km dan bisa ikut berjoget. Kesembuhan ini masuk akal karena 14 dari 16 bahan Radix relevan atau cocok untuk mengatasi asam urat.

Selain itu, keluhan sakit asam urat, asam lambung, dan sembelit juga ikut teratasi. Kemajuan ini tidak mengherankan, karena seluruh 16 bahan Radix relevan untuk mengatasi sakit asam urat, 13 dari 16 bahan Radix relevan mengatasi masalah asam lambung dan juga sembelit.

Syukurlah, kini ia sudah bisa momong dua cucu tanpa khawatir sakit pinggang dan keluhan-keluhan yang disebabkan oleh sakit asam urat, asam lambung, dan sembelit.

Ibu 33 tahun mendapatkan haid setelah minum Radix setelah 8 bulan haid tak kunjung datang

Ibu Intan Sofiana bersama kedua putranya, Leon dan Kevin

Ibu Intan Sofiana, 33 tahun, di Lubang Buaya, Jakarta Timur tak kunjung mendapatkan haid setelah 8 bulan melahirkan putra yang kedua.

Dua minggu ia mengkonsumsi sirup herbal Radix. Tiap hari minum 1 sendok makan. Setelah 2 minggu berlalu, syukurlah ia mendapatkan haid. Keluar gumpalan hitam dan haid yang keluar juga lancar.

Sekarang secara berkala ia mendapatkan haid. Tidak ada masalah lagi dengan haid. Solusi ini masuk akal karena 14 dari 16 bahan Radix relevan atau cocok menanggulangi berbagai masalah haid.

REFERENSI

26 Proven Health Benefits of Galangal (No.5 Very Impressive), https://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-plant/benefits-of-galangal

5 Amazing Health Benefits of Ciplukan Plant (Physalis Angulata), 2016, http://healthyfruitsandvegs.blogspot.com/2016/04/5-amazing-health-benefits-of-ciplukan-plant.html

7 benefits of ciplukan leaves for health, http://benefitsofplant.blogspot.com/2015/07/benefits-of-ciplukan-leaves-for-health.html

Adi Wijaya, Kandungan, Manfaat, dan Khasiat Kencur untuk Kesehatan, http://permathic.blogspot.com/2014/11/kandungan-manfaat-dan-khasiat-kencur.html

Aprilita Rina Yanti EFF*, Sei Teguh Rahayu, The antibacterial effects of essential oil from Galangal Rhizome Alpinia Galanga (Linn.) pierreon rats (Rattus Norvegicus L.) were infected by Salmonella Typhi, pada Asian Journal of Pharmaceutical  and Clinical Research, Vol 9, Suppl. 1, 2016, Department of Public Health, Faculty of Health Sciences Esa Unggul University, Jakarta, Indonesia.

Deepthy R and Remashree AB, Ethano Botanical Studies on Medicinal Plants Used for Skin Diseases in Malabar Region of Kerala, International Journal of Herbal Medicine, 2014.

Dhirender Kaushik dkk., Current pharmacological and phytochemical studies of the plant Alpinia galangal, Journal of Cinese Integrative Medicine, October 2011, Vol. 9, No. 10, http://www.medicinacomplementar.com.br/biblioteca/pdfs/Biomolecular/mb-0273.pdf

Dr Axe, Galangal: The Best Cancer-Fighting Herb Around?, https://draxe.com/galangal/

http://ijpbs.net/cms/php/upload/2990_pdf.pdf

http://kandungandankhasiat.blogspot.com/2014/06/kandungan-dan-khasiat-lengkuas-atau-laos.html

http://permathic.blogspot.com/2014/11/kandungan-manfaat-dan-khasiat-kencur.html

http://www.afro.who.int/health-topics/traditional-medicine

https://draxe.com/herbal-medicine/

https://en.wikipedia.org/wiki/Alpinia_galanga

https://en.wikipedia.org/wiki/Kaempferia_galanga

https://resepkoki.id/2016/09/23/5-tips-tentang-bumbu-lengkuas-atau-laos/

https://www.alodokter.com/kenali-bahaya-bakteri-staphylococcus-aureus

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3509392/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15047038

https://www.scidev.net/…/traditional-medicine-modern-times-…

I Ketut Adnyana a,  Elin Yulinaha, Novita Maeistuti a, Finna Setiawana * a Evaluation of Ethanolic Extracts of Mullaca (Physalis angulata L.) Herbs for Treatment of Lupus Disease in Mice Induced Pristane, ScienceDirect, International Seminar on Natural Product Medicines, ISNPM 2012, Pharmacology and Clinical Pharmacy Research Group, School of Pharmacy, Bandung Institute of Technology, Indonesia.

Khasiat Alam bagi Orang dengan Lupus, Khasiat Ekstrak Ciplukan, Kompas, 7 Mei 2018, hlm 14.

Kiranmayee Rao, Bhuvaneswari Ch, Lakshmi M. Narasu, Archana Giri, Antibacterial Activity of Alpinia galanga (L) Willd Crude Extracts, Applied Biochemistry and Biotechnology, October 2010, Volume 162, Issue 3

Lifelive, PHYSALIS ANGULATA, http://www.healthylifelive.org/physalis-angulata/

Manfaat Daun dan Buah Ciplukan Beserta Efek Samping, Mediskus, https://mediskus.com/herbal/manfaat-daun-dan-buah-ciplukan

Naturheilzentrum Doris Jäger, Autoimmunerkrankungen – wie die alternative Medizin hilft, 2017, https://naturalsmedizin.com/2017/02/10/autoimmunerkrankungen-wie-die-alternative-medizin-hilft/

N.B.Pinto, T.C.Morais, K.M.B.Carvalho, C.R.Silva, G.M.Andrade, G.A.C.Brito, M.L.Veras, O.D.L.Pessoa, V.S.Rao, F.A.Santos, Topical anti-inflammatory potential of Physalin E from Physalis angulata on experimental dermatitis in mice, Phytomedicine Volume 17, Issue 10, August 2010, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S094471131000022X

P.N. Ravindran, … M. Divakaran, pada Handbook of Herbs and Spices (Second Edition), Volume 2, 2012, Alpinia galangal, Science Direct, Volume 2

Paolo Roberti di Sarsina, Mauro Alivia, Paola Guadagni, Traditional, complementary and alternative medical systems and their contribution to personalisation, prediction and prevention in medicine—person-centred medicine, 2012, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3509392/

Ramanpreet Brar dan Raghbir Chand Gupta, Phytochemical Analysis of Two Cytotypes (2x and 4x) of Physalis angulate an Important Medicinal Plant, Collected from Rajasthan, Biochemistry & Molecular Biology Journal, Vol.3 No.3:15, 2017, Department of Botany Punjabi University, Patiala, Punjab, India,

Rasadah Mat Ali, Zainon Abu Samah, Nik Musaadah Mustapha, Norhara Hussein Kompilator, Asean Herbal and Medicinal Plants, 2010, Association of Southeast Asian Nations, http://www.asean.org/uploads/archive/publications/aseanherbal2010.pdf

RetnoWindya Kusumaningtyas a *, Noer Lailya, Putri Limandha a, Potential of Ciplukan (Physalis angulata L.) as Source of Functional Ingredient, ScienceDirect, 2nd Humboldt Kolleg in conjunction with International Conference on Natural Sciences, HK-ICONS 2014, a Laboratory for Development of Agroindustry and Biomedical Technology, The Agency of the Assessment and Application Technology, LAPTIAB – BPPT; Kawasan PUSPIPTEK , Serpong, Tangerang Selatan, Indonesia

Rino Iswanto, Benefits of ciplukan fruit for health, 27 Oktober 2017, http://healthy-careplus.blogspot.com/2017/10/benefits-of-ciplukan-fruit-for-health.html

S Belen, CREDO: Kumis kucing + seledri + daun sukun + kunyit + daun kelor + jahe + jintan hitam (habbatussauda) + wortel + lemon + madu dll. = penderita gagal ginjal terbebas dari cuci darah, sembuh + gagal liver dan anekapenyakit lain sembuh, http://sanoherbal.id/web17/sbelen/2017/10/20/credo-kumis-kucing-seledri-daun-sukun-kunyit-daun-kelor-jahe-jintan-hitam-habbatussauda-wortel-lemon-madu-dll-penderita-gagal-ginjal-terbebas-dari-cuci-darah-sembuh-gagal-li/

S Belen, LIBER, sirup herbal 18 bahan membebaskan Anda dari ancaman kanker dan tumor serta penyakit berat lainnya, http://sanoherbal.id/web17/sbelen/2017/12/05/liber-sirup-herbal-18-bahan-membebaskan-anda-dari-ancaman-kanker-dan-tumor-serta-penyakit-berat-lainnya/

SDF Luncurkan Hasil Penelitian Bahan Alam untuk Lupus, Jumat 04 Mei 2018, https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/05/04/p87hm8396-sdf-luncurkan-hasil-penelitian-bahan-alam-untuk-lupus

Thankappan Suvarna Preetha, Achuthan Sudarsanan Hemanthakumar , dan Peringatulli Narayanan Krishnan, A comprehensive review of Kaempferia galanga L. (Zingiberaceae): A high sought medicinal plant in Tropical Asia.

 

 

Iklan

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: