Aturan hukum yang aneh, lucu, memalukan di dunia

Dog

HUKUMAN MAKSIMAL

Di Colorado, Amerika Serikat hukuman maksimal untuk kejahatan membakar rumah adalah 20 tahun penjara, tetapi meledakkan rumah cuma 10 tahun. Hukuman maksimal mencuri anjing 10 tahun, tetapi membunuh anjing hanya 6 bulan atau denda 500 dolar.

Aturan hukum baik berupa undang-undang maupun peraturan daerah (Perda) seharusnya mengikuti perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Namun, sering terjadi aturan hukum yang ditetapkan tidak sesuai dengan tuntutan keadilan hati nurani rakyat.

Perkenankan membaca aturan hukum yang aneh, tidak masuk akal, lucu, bahkan memalukan pada berbagai negara di dunia berikut ini. Mungkin berguna bagi kita untuk mengeritik undang-undang dan berbagai turunannya sampai Perda di daerah-daerah yang terkadang aneh, tidak masuk akal, lucu, dan bahkan memalukan kita.

SABUN

Di Mohave County, Arizona, Amerika Serikat, hukum menyatakan bahwa seseorang yang mencuri sabun harus mencuci dirinya sendiri dengan sabun itu sampai habis terpakai semua.

Lain lagi di Aimere, Flores, NTT. Menurut aturan adat setempat, seorang pria yang kedapatan selingkuh dengan seorang gadis didenda harus membayar dengan 2 potong sabun mandi dan uang Rp 50. (Hukuman super-ringan ini merupakan penghinaan luar biasa terhadap pelanggar).

BURUNG KERKICAU

burung berkicau

 

Di dusun Lakefield Ontario, Kanada, berlaku suatu peraturan tentang kebisingan suara yang hanya mengizinkan burung-burung untuk berkicau 30 menit selama siang hari dan 15 menit di malam hari. Earl Cuddie, penyusun peraturan itu, dibanjiri telepon dari seluruh penjuru Kanada yang menanyakan bagaimana ia dapat menghentikan kicauan atau siulan burung. Cuddie menjawab, “Saya kira saya membuat konsep peraturan itu dengan buru-buru, sampai saya tidak pernah mempunyai kesempatan berpikir tentang hal itu.”

MEMARAHI AYAM

Pernah 2 minggu kami menatar guru SD Jawa Barat tentang belajar aktif di Sawangan, Bogor. Peserta dan tutor menginap di tempat itu. Tiap pagi seorang ibu konsultan dari Australia selalu protes karena semalaman terganggu oleh tindakan satpam membunyikan tiang listrik tiap jam. Subuh baru ia tertidur, tapi terbangun lagi karena mendengar kokok ayam. Ia marah tidak hanya karena tindakan satpam tapi juga ulah sang ayam. Karena tak tahan, ia pindah menginap ke sebuah hotel dengan biaya sendiri.

(Untung, bukan di Kanada! Jika tidak, semua ayam jantan Indonesia bisa terkena Perda dilarang berkokok).

ATURAN HUKUM YANG LANGKA

  • Peraturan di Arkansas, AS menyatakan bahwa air sungai Arkansas hanya boleh naik setinggi jembatan jalan utama di Little Rock.
  • Pengadilan Tinggi New Jersey, AS mengatur bahwa penjaga malam diperkenankan memperoleh uang lembur sementara ia tertidur dalam tugasnya.
  • Menurut hukum yang berlaku di Danville, Pennsylvania, AS hidran air harus diteliti satu jam sebelum terjadi kebakaran.
  • Mengairi ladang Anda sementara hujan turun merupakan pelanggaran hukum yang berlaku di Holyoke, Massachusetts, AS.
  • Di San Fransisco, AS berlaku hukum bagi orang yang memungut untuk kemudian membuang lagi guntingan kertas warna-warni yang dihamburkan waktu pesta.
  • Di batas Kota Qitman, Georgia, AS ayam menyeberang jalan merupakan pelanggaran hukum.
Chicken Crossing the Road --- Image by © Corbis

Chicken Crossing the Road — Image by © Corbis

POLISI, OH POLISI

Di Saginav, Michigan, AS seorang pria dikejar polisi karena melakukan pelanggaran lalu lintas. Setelah polisi berhasil mengejar mobil tersebut mereka menemukan sebuah revolver, sehingga mereka menangkap pria itu. Tapi tak lama kemudian, ia dilepaskan kembali dengan permintaan maaf. Revolver tersebut ternyata milik si polisi, yang terjatuh ke dalam mobil pria itu ketika polisi menangkap mobilnya.

Saya tidak melawan polisi; saya hanya takut kepada mereka. (Alfred Hitchock)

KARENA PENJARA TERLALU KECIL

Tahun 1980 penjara Cuyaltoga di Ohio, AS yang baru berusia 3 tahun telah penuh. Penjara itu dirancang untuk menampung 1200 narapidana, tetapi ketika bangunan ini selesai hanya mampu menampung 800 orang. Karena biaya pengadilan – termasuk fasilitas bagi polisi dan ruang sidang –  melonjak hebat dari 61 juta dolar menjadi 135 juta, terpaksa  bangunan penjara disusutkan.

Para petugas hukum disarankan untuk tidak memburu 4982 buronan karena penjara tidak mungkin menampung mereka.

LP Salemba

Lembaga Pemasayarakatan Salemba, Jakarta

Tindak kejahatan akan tetap dilaksanakan sepanjang para kriminal tidak ditindak. (Bill Dana)

HAKIM MERANGKAP

Seorang tertuduh di Pontiac, Michigan, AS diadili tanpa didampingi pengacara. Sebagai pembela dia mengatakan bahwa kliennya tidak bersalah, tetapi sebagai hakim ia memutuskan bahwa tertuduh terbukti bersalah.

Karena orang terus melanggar hukum, tiap kali dibuat lagi sebuah aturan hukum yang baru!

Sumber: Laurence J Peter, 1985

ATURAN HUKUM PALING ANEH DI DUNIA

Di negara bagian nomor dua terpadat di Australia, yaitu Victoria ada aturan hukum bahwa adalah ilegal mengganti sebuah bolham lampu kecuali Anda seorang teknisi listrik yang memiliki lisensi. Pelanggar dapat dikenakan denda 10 dollar Australia atau sekitar Rp100 ribu.

ganti bolham lampu

Di Milan, Italia warga negara harus tersenyum sepanjang waktu atau terancam didenda. Aturan hukum berbunyi: Orang harus selalu tersenyum, kecuali selama penguburan atau waktu bezuk di rumah sakit. Pelanggar terancam didenda.

Komedian di jalan

Orang ini membantu anda tak terkena denda karena tidak tersenyum di tempat umum

Di Florida, AS, adalah ilegal kentut di tempat umum setelah Pukul 6.00 sore pada tiap hari Kamis. Bila Anda kentut pada Pukul 6.59 Kamis sore ya tidak apa-apa. Bila kentut setelah Pukul 6.00 sore, Anda dapat dituduh mengganggu ketertiban umum. Karena itu yang terbaik adalah berlari ke rumah dulu untuk mengeluarkan kentut baru balik ke tempat umum.

Di Inggris, adalah ilegal mati di gedung parlemen. Tahun 2007 diadakan jajak pendapat dan aturan hukum ini dinilai merupakan aturan hukum yang paling memalukan di Inggris Raya.

Gedung parlemen Inggris

Gedung Parlemen Ingris di London

Di Oklahoma, AS, adalah melawan hukum bila keledai Anda tertidur di tub kamar mandi setelah Pukul 7.00 malam.

Di Kanada, menurut hukum, satu dari tiap lima lagu yang disiarkan radio harus dinyanyikan oleh seorang warga Kanada.

Di Jepang, negeri asal olahraga Sumo, aturan hukum melarang Anda jadi kegemukan. Adalah ilegal menjadi kegemukan. Tahun 2009, pembuat undang-undang menetapkan ukuran maksimum lingkar pinggang. Tiap pria berusia di atas 40 tahun tidak boleh memiliki lingkar pinggang lebih dari 31 inci dan tiap wanita tidak boleh melebihi 35 inci.

Sumo di Jepang

 

Di Swiss, mengalirkan air di toilet setelah Pukul 10.00 malam adalah ilegal karena dinilai menimbulkan polusi suara.

Ci Chicago, AS, adalah melawan hukum bila Anda makan di tempat saat terjadi kebakaran di tempat itu.

Di Jerman, adalah ilegal bila mobil Anda kehabisan bensin di jalan tol. Pelanggar diberi sanksi membayar 80 Euro atau sekitar Rp 1 200 000.

Di Vietnam, ngobrol atau menerbitkan posting di blog tentang pemeritah Vietnam adalah ilegal. Tegas dilarang.

Lupa ultah istri

Di Venesia adalah ilegal memberi makan kepada merpati.

Di New York adalah ilegal melompat dari gedung tingkat lima atau lebih.

Di Denmark percobaan meloloskan diri dari penjara bukan ilegal.mLain kata, mencoba meloloskan diri dari penjara adalah legal, tidak melawan hukum.

Di Mesir anda bisa dipenjara bila memakai keker dekat bandar udara.

Di Samoa adalah sebuah kejahatan bila anda lupa hari ulang tahun istri anda.

Sumber: http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-2856346/It-illegal-not-smile-Milan-no-donkeys-sleep-bath-Oklahoma-strangest-laws-word.html

 

 

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: