Perlukah operasi pasang ring atau bypass jantung?

 jantung-koroner 2

Belasan tahun saya memanggul penderitaan sakit jantung koroner. Dari dulu penyakit ini yang paling kutakuti. Merenungkan kembali gejala-gejala sakit dalam tubuhku, pernah terbersit suara batin, jangan-jangan saya terkena sakit jantung. Tapi, kulawan suara hati ini. Bolak-balik memeriksakan diri pada dokter di Jakarta, Kupang, dan Yogyakarta, dokter-dokter itu menyatakan saya sakit lever. Syukur! Asal bukan sakit jantung. Lalu, dokter ahli di Yogyakarta mengatakan, “Pak ini sakit lever tapi dari keluhan pak saya duga pak sakit jantung. Cobalah ke Rumah Sakit Cipto, ke sejawat saya yang ahli, periksalah di sana.”

Pulang ke Jakarta, saya cari dokter ahli jantung itu di Rumah Sakit Cipto. Tapi, karena alat echocardiography (mirip USG) itu masih sedikit, saya diminta kembali lagi setelah 1 bulan. Tiba tanggal perjanjian, saya ke sana diantar istri. Betul saja, saya dinyatakan sakit jantung. Lemas. Bolak-balik saya alami anfal. Lalu, gonta-ganti rumah sakit dan akhirnya terdampar di sebuah rumah sakit terkenal di Jakarta.

Akhirnya, diarahkan dokter untuk katerisasi dan dari hasil katerisasi terjadi tiga sumbatan di arteri koroner. Dokter menyarankan operasi pasang ring. Saya pasrah saja karena menurut dokter ini jalan terbaik. Namun, lepas tiga bulan setelah pemasangan ring, dokter bilang arteri koroner pak sudah tersumbat lagi. Setelah berobat jalan tak ada kemajuan, dokter menyarankan operasi pasang ring lagi. Saya manut saja. Lalu, setelah tiga bulan, kata dokter arteri koroner sudah tersumbat lagi. Rp 140 juta sudah melayang. Dokter menyarankan operasi bypass.

Dalam pemeriksaan terakhir sebelum operasi bypass dokumen medis saya nyasar di dokter lain di rumah sakit yang sama. Setelah memeriksa dada dan membolak-balik dokumen medis, dokter itu menanyakan apakah mau dioperasi bypass? Saya bilang iya. Dia langsung mengatakan, eh bung, kalau bypass, kemungkinan terbesar bung akan mati. Mau hidup atau mau mati? Saya bilang mau hidup-lah. Kalau mau tetap hidup, ikut saya, jangan operasi bypass, obat jalan saja. Ini, banyak pasien saya, orang Betawi, Minang, Batak tidak menjalani operasi bypass, hanya obat jalan dan sampai sekarang masih hidup. Ada yang sudah 15 tahun bersama saya.

Dalam perjalanan penyakit jantung ini, saya tambahkan garlic oil (minyak bawang putih) yang rutin tiap hari saya minum. Dokter jantung penyelamat nyawaku yang menganjurkan batal bypass setuju saya konsumsi minyak bawang putih. Jantung saya bertahan. Lalu, akhirnya, lebih setahun ini saya rutin konsumsi ramuan Sano (racikan bawang putih, cuka apel, madu, jahe, dan lemon) yang diracik istri saya. Setelah 4 bulan, jantung saya jadi OK, prima sampai dokter terheran-heran melihat perkembangan ini. Tapi, saya tidak bilang minum Sano. Tensi darah saya jadi normal 120/80 setelah 12 tahun. Data ini menjadi indikator membaiknya sel-sel otot jantung, berkurangnya plak pada pembuluh koroner sebagai dampak aliran darah yang kini lancar, dan membaiknya klep jantungku yang bocor,

Jatiasih-20130310-03164

Akhirnya menemukan ramuan yang diberi nama Sano, diambil dari kata “sano” dari slogan bahasa Latin “Mens sana in corpore sano” (Jiwa sehat dalam tubuh yang sehat).

Merefleksikan kembali apa yang saya amati di sekian rumah sakit, para dokter jantung cenderung menggiring pasien untuk diperiksa arteri koronernya melalui katerisasi. Kalau masih sumbatan sedikit, misalnya 5%, ya dokter bilang berobat jalan saja. Tapi kalau persentase sumbatan sudah tinggi, apalagi jumlah sumbatan ada dua atau tiga, dokter umumnya mengarahkan agar dilakukan operasi pasang ring atau bypass. Namun, tindakan medis ini tidak menjamin bahwa arteri koroner tidak tersumbat lagi. Kalau anda makan sembarangan, kurang olahraga, apalagi stres, ya arteri koroner yang telah dipasang ring atau arteri koroner buatan hasil bypass dapat tersumbat lagi. Lalu, ada pasien yang meninggal di meja operasi. Istri dosen saya meninggal di meja operasi. Saya menyesal seumur hidup karena tidak tegas menyarankan tidak usah operasi pasang ring lagi yang kedua kali.

Dua hari ini saya browse kutipan (quotes) di internet tentang penyakit jantung. Dari kutipan sekian banyak ini, saya terpana pada kesimpulan bahwa ternyata operasi pasang ring (angioplasty) dan operasi bypass tidak efektif berdasarkan hasil penelitian.

Pertama, kondisi pasien yang menjalani operasi pasang ring dan bypass malah lebih buruk daripada pasien yang berobat jalan tanpa operasi. (Laporan beberapa studi selama 20 tahun terhadap 6000 pasien penyakit jantung).

Kedua, operasi jantung tidak menjamin pasien bisa bertahan hidup 3 tahun lebih lama dari pasien yang tidak menjalani operasi. Tingkat bertahan hidup pasien yang menjalani operasi tidak lebih baik dari pasien yang tidak menjalaninya. (Studi Unversitas Harvard di Amerika Serikat terhadap 200 ribu pasien penyakit jantung).

Ketiga, dalam jangka waktu panjang dari kalangan pasien penyakit jantung dengan risiko rendah, pasien yang menjalani operasi bypass cenderung menunjukkan tingkat kematian kumulatif lebih tinggi daripada pasien yang tidak menjalaninya. (Studi VACS II terhadap 181 pasien).

Silahkan anda baca kutipan-kutipan berikut ini dengan teliti. Dan, bila anda sakit jantung, pikirkanlah 3 x atau sampai 7 x jika dokter menyarankan anda memilih satu dari dua tindakan medis ini, pasang ring atau bypass. Nyawa anda hanya satu, tak ada cadangannya. Semoga anda tidak bernasib seperti saya.

“Penyakit jantung kronis terbanyak disebabkan oleh kerakusan hati anda. Pergilah untuk melakukan check up secara teratur dan belajar bagaimana menelan pil-pil yang dianggap bermurah hati kepada orang. Bersikaplah ramah dan jadilah sehat.” (Israelmore Ayivor)

“Orang mengalami kesakitan dan penyakit dengan mengatakan hal-hal seperti tekanan darah tinggiKU, penyakti jantungKU, depresiKU, AKU! AKU! AKU! KU! Janganlah memilikinya karena itu bukan milik anda!” (Stella Payton)

“Kebanyakan penyakit tubuh manusia seperti obesitas, kanker, penyakit jantung berkaitan dengan makanan yang kita makan dalam kehidupan sehari-hari kita. Jika orang makan makanan sehat, maka bagaimana bisa lebih dari 50% kematian akibat penyakit jantung dan kanker saja di negara maju seperti Amerika Serikat?” (Subodh Gupta, 7 Food Habits for Weight Loss Forever)

 healthy-food-lower-cholesterol

 “Pertanyaan terpendam adalah apakah kesadaran penyakit jantung yang meningkat yang dimulai tahun 1920-an terjadi bersamaan dengan meledaknya epidemi atau semata-mata karena teknologi diagnosis yang lebih baik.” (Gary Taubes, Good Calories, Bad Calories)

“Jika kita hanya memperbaiki kebiasaan makan kita, maka kita akan memiliki berat tubuh yang sempurna tapi juga kita dapat terhindar dari terrbanyak penyakit.” (Subodh Gupta , pengarang buku “7 food habits for weight loss forever“)

sticker Sano 17

Kita dapat mengatur harapan yang lebih baik dan keadaan yang lebih baik dimulai dengan kenyataan bahwa kita tidak perlu menjadi siapa kita sekarang; kita dapat menjadi lebih baik.” (Charles C. Harpe, Naturvore Power)

“ Penting bagi orang Amerika untuk mengetahui bahwa, walaupun semua tipuan lihai dan kehebatan pengobatan modern yang dipersepsi, ledakan terbesar penyakit-penyakit yang dapat dicegah, penyakit kronis yang pernah terjadi dalam sejarah manusia adalah akibat pengobatan modern dan reduksionisme (pengurangan prinsip) ilmiah. Pengobatan modern bukanlah penangkal kerugian tak terperikan yang disebabkan oleh industri makanan modern, tapi ia telah menjadi sebuah pengganggu yang efektif.” (Charles C. Harpe, Naturvore Power)

Sumber:

http://www.goodreads.com/quotes/tag/heart-disease

Sayur buah atau serangan jantung

Saya lihat banyak orang yang menderita sakit jantung yang sudah gawat dan saya frustrasi karena saya tahu jika mereka hanya tahu bagaimana melakukan hal yang benar, gaya hidup sederhana, dan langkah-langkah diet, maka seluruh lintasan kehidupan dan jantung mereka akan berbeda. (Mehmet Oz)

Seiring dengan keceriaan liburan, mudah sekali orang mengabaikan bahan-bahan dalam makanan. Bahan seperti garam, gula, dan lemak – semuanya itu hanya menggiring orang ke penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, penyakit jantung, dan kanker. (Lee Haney)

 

Dapatkah anda percaya hampir 17 persen anak-anak Amerika usia 2 sampai 19 tahun menderita obesitas? Bagaimana tentang fakta ini: hampir 60 persen anak usia 5 sampai 10 tahun yang kelebihan berat badan paling berisiko terkena serangan jantung? Kita semua-lah yang harus dipersalahkan karena hal ini – orang tua, sekolah, anak-anak – kita semua. (Alison Sweeney)

Ukuran dan skala supermarket Wal-Mart sedemikian besar sehingga secara harafiah mereka berkemampuan mengubah wajah seluruh negeri. Jika besok Wal-Mart membuat keputusan menolak menjual satu saja produk tunggal yang dibuat dengan minyak yang sebagian diisi hidrogen (hidrogenisasi), misalnya, maka mungkin kita akan melihat laju penyakit jantung akan menurun beberapa tahun kemudian. Itulah betapa hebatnya Wal-Mart. (Simon Sinek)

walmart-435cs101512

Supermarket yang tak langsung menyumbang penyakit manusia modern

Kampanye Go Red untuk Perempuan meningkatkan kesadaran akan risiko penyakit jantung. Saya pikir banyak orang tidak sadar bahwa penyakit jantung adalah pembunuh perempuan nomor satu. Karena itu, apa yang kita lakukan akan mendorong perempuan untuk mengatakan kepada lima perempuan lain agar belajar lebih banyak tentang penyakit jantung dan bagaimana mereka dapat mencegahnya. (Cheryl Hines)

Serangan Jantung Wanita Berbeda Dari_Pria

Memilih terbebas dari daging akan membuat perbedaan besar. Berbagai studi menunjukkan bahwa vegetarian rata-rata 10 sampai 20 kali lebih ringan daripada para pemakan daging dan bahwa diet vegetarian mengurangi risiko serangan jantung sebesar 40 persen dan menambah tujuh tahun atau lebih pada usia atau jangka waktu hidup kita. (Ingrid Newkirk)

 

 Generasi junkfood.SBelen

 

Sebagai tambahan untuk membebaskan pasien dari penderitaan, diperlukan penelitian untuk membantu mengurangi beban ekonomi dan sosial yang amat besar yang disebabkan oleh penyakit kronis seperti osteoporosis, arthritis, diabetes, Parkinson, dan Alzheimer, kanker, penyakit jantung, dan stroke. (Ike Skelton)

Pikirkanlah tentang hal ini: Penyakit jantung dan diabetes, yang mengakibatkan lebih banyak kematian di Amerika Serikat dan seluruh dunia daripada semua gabungan penyakit, sepenuhnya dapat dicegah dengan membuat perubahan gaya hidup yang menyeluruh. Tanpa obat-obatan atau operasi. (Dean Ornish)

Tidak seperti mengobati kanker atau penyakit jantung, kita sudah tahu bagaimana membasmi kelaparan: makanan. Pembersihan dan detoksifikasi (pembersihan racun) benar-benar merupakan cara yang tepat setelah tiap liburan. Itu adalah kunci memerangi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker, dan penyakit lain yang berhubungan dengan kesehatan. (Lee Haney)

 

Makanan & minuman kaleng di supermarket

supermarket

Supermarket yang tak langsung menyumbang penyakit manusia modern. Lebih sehat berbelanja di pasar tradisional yang terbebas dari makanan dan minuman kemasan.

Jutaan orang Amerika sekarang mengkonsumsi suplemen diet, mempraktikkan yoga, dan memadukan terapi alamiah lain ke dalam kehidupan mereka. Ini adalah semua tindakan pencegahan yang membuat mereka tidak perlu ke ruang praktik dokter dan mengurangi biaya menangani masalah serius semisal penyakit jantung dan diabetes. (Andrew Weil)

Saya yakin bahwa akhirnya saya akan mati karena penyakit jantung, bahwa kita telah kehabisan waktu dan tindakan penanganan, teknologi tidak akan mendahului penyakitku. Dan, sekarang tiba-tiba, bila anda mendapatkan jantung baru, hidupmu akan terbuka di hadapan anda lagi. (Dick Cheney)

Orang-orang yang berada pada posisi menemukan bahwa mereka menghadapi risiko suatu penyakit, apakah kanker payudara, atau penyakit jantung, merasa takut mendapatkan informasi – bahkan walaupun informasi itu berguna bagi mereka – karena takut bahwa mereka akan kehilangan asuransi kesehatan atau pekerjaan mereka. (Francis Collins)

Pentingnya kesehatan jantung menjadi amat nyata bagi saya ketika ayah saya meninggal karena penyakit jantung tujuh tahun lalu. Setelah langsung mengalami kehilangan itu, saya diilhami untuk melakukan apa pun yang saya bisa guna memutuskan siklus dan mencegah keluarga-keluarga dari kehilangan orang yang dicintai karena penyakit yang sebenarnya dapat dicegah ini. (Monica Potter)

Sumber: http://www.brainyquote.com/quotes/keywords/heart_disease.html

Sebuah penyakit akibat gula dan keracunan roti putih membawa konsekuensi kekurangan vitamin dengan beberapa masukan dari akar tumbuhan dan klorin. Dapat disembuhkan dengan obat alternatif tapi tetap dikendalikan kartel. Semua media tahu tentang pengobatan Vitamin Linus Pauling, tetapi, mengherankan, mengherankan, mereka menyembunyikannya. Bypass tidak pernah menunjukkan meningkatnya tingkat bertahan hidup.

Takut darah tinggi minum air

Takut tekanan darah tinggi atau hipertensi? Banyak-banyaklah minum air.

Pemasangan ring, bypass, dan prosedur invasif jantung yang lain tidak dan tidak dapat mencegah serangan jantung atau memperpanjang hidup mayoritas terbesar pasien yang menjalaninya. [Agustus 2010] Modern medicine’s biggest lie claims lives by JULIAN WHITAKER, MD 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi ditemukan sebagian besar merupakan fungsi pikiran, disebabkan oleh pikiran anda. Akan tetapi, bertahun-tahun pengobatan kedokteran konvensional mengabaikan hal ini, dan memiliki segudang volume penelitian yang membingungkan dan menyesatkan yang menandaskan yang sebaliknya. Daripada mengakui pikiran sebagai faktor penyebab, dunia kedokteran melabeli persentase terbesar kasus hipertensi sebagai “esensial” (sudah dari sananya) atau “tidak diketahui”. Label itu sebenarnya hanya untuk menutup-nutupi bahwa mereka tidak tahu (atau menolak mengetahui) penyebab tekanan darah tinggi. (The Illuminati Formula: Chapter 8 The Science of Body Manipulation and Programming)

 

woman-performing-cpr-on-diver-on-beach

Di kalangan pasien yang mengkonsumsi eritromisin bersama dengan obat-obatan lain yang meningkatkan konsentasi dalam darah, risiko kematian serangan jantung dan pembuluh darah lima kali lebih besar, seperti yang ditemukan Ray dan kawan-kawan. Ini berarti enam kematian untuk tiap 10 000 orang yang mengkonsumsi eritromisin selama dua minggu bersama dengan obat-obatan lain. [Media September 9, 2004] Study links antibiotic use, heart attack

Belum genap setahun yang lalu, kami menemukan bahwa suami saya memiliki tekanan darah tinggi. Tanggapan awal untuknya adalah mengkonsumsi Hyzaar. Setelah menemukan informasi yang anda muat di web anda tentang air dan hipertensi sebagai akibat terus-menerus mengalami dehidrasi, ibarat lampu menyala di rumah bagiku dan Mike. Mike memang tidak minum air, atau cairan lain sama sekali. Setelah saya sering mengomel dan akhirnya sampai ke penyuapan (sogokan) (ia diizinkan menggunakan uang yang biasa ia gunakan – untuk membeli Hyzaar untuk memperbaiki mobil Chevy Appache-nya tahun 1958). Saya berhasl meyakinkannya agar mulai minum air – banyak air! Saya gembira melaporkan bahwa ia tidak lagi minum obat-obatan dan tekanan darahnya sekarang NORMAL.

Sebelumnya tekanan darahnya sering di atas 140/90 dan sekarang tetap di angka 120/80. Kami masih menemukan bahwa jika suatu hari ia tidak minum cukup air, tekanan darahnya melebihi 120/80 – seperti 135/87 – minum air – tensi darah turun lagi. Source. Dehydration and high blood pressure (see: Water cure)

 05

Banyak tulisanku tentang misinformasi yang berhubungan dengan operasi bypass dan jenis operasi lainnya. Saya masuk ke dunia medis dengan gagasan bahwa saya akan menyelamatkan semua kehidupan ini dengan segala kiat dan alat yang dipelajari para dokter. Dan, apa yang saya temukan adalah bahwa amat sedikit pasien saya yang sembuh. Saya sering merugikan mereka. Ini amat membingungkan saya sebagai seorang dokter muda. Namun, apa yang bahkan lebih mengganggu saya adalah menemukan bahwa kegagalan ini didokumentasi dengan cukup baik dalam literatur ilmiah. Sekarang literatur itu tetap berada di rak perpustakaan tanpa disentuh, karena literatur itu tidak cocok dengan kampanye iklan siapa pun. (Interview dengan John McDougall, M.D.)

Tahun 1970-an dan 1980-an, tiga studi utama diterbitkan tentang efek operasi bypass jantung koroner, dan itulah hanya studi yang diterbitkan selama ini. Dari studi itu tidak ada yang menunjukkan secara signifikan tingkat bertahan hidup yang lebih tinggi pada kelompok yang telah menjalani operasi bypass versus kelompok yang tidak menjalaninya. Bahkan angiogram yang diharapkan mendiagnosis orang yang “memerlukan” operasi bypass sebenarnya tidak berguna seperti yang ditandaskan semua studi yang telah diterbitkan. Bahkan, walaupun diagnosis dan penanganan itu tidak berguna, bisnis operasi bypass adalah bisnis di bumi ini yang paling menguntungkan, menggaruk biaya lebih dari 50 juta dollar per tahun di Amerika. Ketika Dr. Henry McIntosh di Baylor College of Medicine tempat operasi bypass pertama kali dilakukan, menerbitkaan penilaian tentang hasil 10 tahun pertama operasi bypass, ia menandaskan bahwa sebenarnya tidak ada manfaat operasi bypass yang dapat diukur. Segera setelah menerbitkan paper-nya, ia dipaksa meninggalkan Baylor. Ia dipecat. Nasibnya bukanlah sesuatu yang tidak biasa.

Orang yang memiliki asuransi swasta, 80% kemungkinan lebih besar akan menjalani angiogram daripada pasien ksejahteraan kesehatan (Medicaid welfare), dan 40% kemungkinan lebih besar akan menjalani operasi bypass. Dalam bukunya, Heart Frauds, setelah Charles T. McGee, M.D. mengungkapkan ringkasan bahwa pengobatan Amerika yang berhubungan dengan penyakit arteri dan jantung, ia kemudian merekomendasikan apa yang orang harus lakukan untuk mencegah penyakit-penyakit itu. Nasihatnya hampir semua tentang makan makanan segar, persis seperti yang dikemukakan pada Stale Food vs. Fresh Food.  Untunglah, bukunya tidak dilarang. (Wade Frazier)

 

DSC04272

Operasi jantung

sticker Sano 16

Sebagian besar musibah medis yang kini dialami Amerika Serikat disebabkan oleh cara komunitas medis diorganisasi. Pada dasarnya komunitas ini tidak diorganisasi untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit; komunitas media, terutama pada tingkatan lebih tinggi, adalah usaha komersial yang diorganisasi untuk meraup keuntungan uang bagi para praktisinya. Dokter jantung misalnya tidak melakukan apa pun untuk menyembuhkan penyakit jantung dan pembuluh darah. Tiga sampai lima persen pasien yang menjalani operasi jantung meninggal di meja operasi. Operasi jantung tidak menjamin tingkat bertahan hidup tiga tahun lebih lama daripada pasien yang tidak mendapatkan tindakan operasi sama sekali. Studi ketahanan hidup Universitas Harvard terhadap 200 ribu pasien mengungkapkan bahwa tingkat bertahap hidup jangka panjang pasien yang menjalani operasi tidak lebih baik dari tingkat bertahap hidup pasien yang tidak menjalaninya. (GANGSTERS IN MEDICINE By Thomas Smith)

“Menengok ke belakang, saya seperti dilempar ke saluran menuju tempat penggergajian kayu. Sekali anda terlempar ke sana, ada orang-orang yang memaksa anda untuk tetap berada di saluran itu sampai gergaji memotong-motong anda dan melempar anda ke luar penggergajian itu. Tempat penggergajian itu disebut operasi bypass.” (Don Williams)

Sebuah studi pertama yang lengkap tentang efektivitas bypass adalah Studi Kooperatif Administrasi Veteran I (Veterans Administration Cooperative Study I, VACS. Di antara 286 pasien yang menjalani operasi bypass dan 310 yang tidak menjalaninya, tingkat bertahan hidup pada akhir 3 tahun adalah 88% pada kelompok bypass dan 87% pada kelompok kontrol. Pada studi VACS yang kedua sebagai tindak lanjut setelah 8 tahun, dari antara 181 pasien dengan risiko rendah, kelompok yang menjalani bypass menunjukkan tingkat kematian kumulatif jauh lebih tinggi (31,2%) dibandingkan dengan kelompok yang tidak menjalani bypass (16,8%). Ini adalah penelitian dengan kelompok pasien berisiko rendah yang baru saja dimulai.

“Operasi bypass, pemasangan ring, dan bahkan angiogram diagnostik telah terlalu banyak digunakan, menurut pendapat saya, hal itu hanya menentukan perilaku kriminal yang dilakukan dokter dan kardiolog (dokter jantung) yang terlibat. Studi ilmiah yang dikontrol secara baik telah menunjukkan bahwa operasi bypass benar-benar tidak berdampak, kecuali hanya untuk menghilangkan nyeri dada yang hebat. Orang yang menjalani operasi bypass bahkan tidak menunjukkan manfaat kecenderungan umur lebih panjang dibandingkan dengan orang yang ditangani tanpa operasi itu. Belum lagi, tiap tahun ratusan ribu orang terperangkap ke dalam gua melalui taktik menakuti-nakuti pasien yang secara terang-terangan digunakan para dokter jantung yang agresif untuk menggiring pasien ke meja operasi bypass.” (Julian Whitaker, M.D.)

Pepeng pasang ring jantung

“Bahkan JAMA mengatakan bahwa 44% operasi bypass patut dipertanyakan kebutuhannya. Dalam kenyataan jumlah operasi jantung yang tidak perlu bahkan jauh lebih tinggi …. Bukti ilmiah mempersalahkan kebanyakan (walaupun bukan semua) operasi jantung yang luar biasa …. Sampai 4% meninggal (di meja operasi) … sampai 5% mungkin mempertahankan kerusakan cerebral otak yang berlangsung lama atau permanen.” (Julian Whitaker, M.D.)

sticker Sano 11

 

Tidak ada pembenaran ilmiah untuk penggunaan angiografi, operasi pasang ring, dan operasi bypass untuk menangani kebanyakan penyakit jantung dan pembuluh darah. Beberapa studi selama dua dasawarsa, yang melibatkan 6000 pasien penyakit jantung, telah menunjukkan bahwa kondisi pasien yang disalurkan ke prosedur operasi malah lebih buruk daripada pasien yang ditangani dengan teknik noninvasif (tidak dibedah). “Non-invasif” merujuk ke penggunaan pengobatan, tapi bukan diet, olahraga, dan suplemen multi-vitamin, yang dapat amat bermanfaat.”

 exercise-lower-cholesterol

Pasien sakit jantung yang berobat jalan perlu melakukan jogging atau olahraga ringan minimal 30 menit dua kali tiap minggu. Pokoknya sampai badan berkeringat. Ini untuk melatih jantung anda agar berdenyut lebih kencang waktu berolahraga sehingga menjadi kuat. Tanpa olahraga ringan, tanpa sadar anda memanjakan jantung anda. Dosis olahraga ringan disesuaikan dengan kondisi jantung anda. Janganlah berlebihan.

“Selain biaya, satu hal yang jelas diketahui tentang prosedur ini adalah bahwa mereka membunuh manusia. Secara kasar satu dari 25 pasien yang menjalani bypass dan sekitar satu dari 65 pasien yang menjalani pemasangan ring meninggal dalam mengikuti prosedur ini. Terus terang, jika kita sandra semua dokter bypass dan dokter yang memasang ring, mengikat jari jempol mereka bersama-sama dan menguncinya di lubang closet toilet, kita akan menyelamatkan hampir 30 ribu kehidupan dan lebih dari 50 milyar dolar tiap tahun.” (Julian Whitaker, M.D., Health & Healing, Sep 98, Vol 8, No. 9)

 

Say No to operasi ring dan bypass

Sumber:

http://www.searchquotes.com/search/Heart_Disease/

http://www.whale.to/m/quotes20.html

www.geocities.com/harpub/biskclin.htm

100 Years of Medical Robbery by Dale Steinreich

 

sudarso-kerokan-big

&

green-tea-lower-cholesterol

 

Pengobatan tradisional:

 Hippokrates makanan

Dari pengalaman kami mengkonsumsi ramuah Sano yang terdiri dari racikan 5 bahan (bawang putih, cuka apel, madu, jahe, dan lemon) dalam komposisi khas dan proses membuat khusus yang teruji melalui sampel diri kami, keluarga inti, dan keluarga besar serta sejumlah tetangga dan sahabat, sejak Maret 2013, selama 14 bulan sudah ribuan penderita macam-macam penyakit yang tertolong. Ramuan ini mampu meningkatkan kesehatan, kekebalan, dan stamina tubuh; menambah kesuburan wanita/pria; serta mencegah/menyembuhkan sakit jantung, kolesterol tinggi, darah tinggi, stroke, asam urat, flu, infeksi luka, asam lambung, maag, sinusitis, asma, keputihan, obesitas, diabetes, kista, miom, tumor, dan kanker. Beragam jenis kanker dapat disembuhkan, terutama kanker payudara, usus besar, kerongkongan, kulit, perut, dan prostat. Selain itu, Sano dapat menyembuhkan sakit ginjal, ambeien (wasir), bronkitis, amandel, herpes, migren & vertigo, darah rendah (hipotensi), pneumonia (infeksi paru-paru), prostat, parkinson, Alzheimer, osteoporosis (tulang keropos), osteoartritis (pengapuran tulang), saraf terjepit, hepatitis, tifus (typhus), disentri, batu empedu, kencing berdarah (hematuria), jari tangan yang mengelupas dan kaku, tiroid (gondok), gangguan menstruasi / haid, pencernaan, dan libido, penyakit yang disebabkan kuman, bakteri, dan virus tertentu, dll.

sticker Sano 2

Khusus bagi penderita sakit jantung dan pembuluh darah, dari semua pelanggan setia ramuan ini, tak ada yang perlu menjalani operasi pasang ring atau bypass arteri koroner, baik melalui pemeriksaan dan persetujuan dokter maupun yang tidak berobat ke rumah sakit lagi. Dari jangka waktu 1 bulan s.d. 5 bulan mengkonsumsi ramuan ini, mereka terbebas dari operasi pemasangan ring atau bypass. Pada umumnya para dokter di Indonesia belum menganjurkan pasien sakit jantung menempuh pengobatan tradisional. Namun, beberapa dokter di beberapa rumah sakit di Jakarta dan Bekasi dan juga beberapa dokter di rumah sakit jantung di Penang dan Malaka, Malaysia menganjurkan pasien sakit jantung mengkonsumsi racikan ramuan 5 bahan ini.

Seorang teman sejak kecil di Kupang terkena serangan jantung.  Ia dilarikan ke Jakarta, ke sebuah rumah sakit terkenal, tempat saya juga menjalani operasi pasang ring 2 x. Hasil katerisasi menunjukkan bahwa arteri koroner jantungnya telah tersumbat 100%. Dokter angkat tangan. Ia tak bisa ditolong. Ia dibebaskan dari semua biaya pemeriksaan, katerisasi, dan perawatan. Tak perlu bayar. Ia pulang ke rumah dengan perasaan frustrasi yang mendalam.

Melalui kakaknya yang lebih dulu mengenal Sano, akhirnya temanku ini diberi ramuan ini. Ia tak bisa tidur terlentang, harus tidur sambil duduk agar tidak sesak napas. Setelah mengkonsumsi 2 botol ia sudah bisa tidur sambil terlentang, sesak napas berkurang, dan sudah berani berjalan sendiri.

Suatu waktu saya dan istri ke luar kota dan menyempatkan diri bertemu dengan temanku ini bersama dengan istrinya di rumahnya. Saya yakinkan dia bahwa walaupun arteri koroner sudah tersumbat 100%, mengapa anda masih hidup? Karena, jantung anda masih bekerja. Karena, serabut-serabut darah masih mengantar darah ke jantung anda. Lalu, plak di dinding arteri koroner yang membuat sumbatan itu menurut dokter tak bisa dikikis, kecuali melalui pemasangan ring atau pembuatan saluran baru melalui operasi bypass menurut pengalaman saya adalah mitos. Tubuh manusia itu adalah misteri. Baru berapa persen misteri ini dikuak oleh dunia kedokteran ilmiah? Masih banyak yang tidak diketahui manusia tentang tubuh manusia.

Saya yakin, bertahun-tahun konsumsi minyak bawang putih dan terakhir ini diganti dengan Sano membantu mengikis plak-plak itu karena aliran darah diperlancar. Katup yang bocor di dalam jantung membaik. Sel-sel otot jantungku telah membaik. Indikator sederhana adalah tensi darahku yang selalu rendah selama 12 tahun ternyata sekarang sudah normal, berkisar 120/80. Obat-obat yang diresepkan dokter selama itu tidak berhasil menaikkan tensi darahku. Sang Mahapencipta telah menciptakan aneka-tumbuhan di alam ini sebagai apotek hidup. Jika kita memanfaatkannya secara cerdas, alam organ tubuh manusia dapat menyembuhkan dirinya sendiri. (S Belen)

 

Hippokrates

nature is the real healer - Compressed

Posting terkait:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

https://sbelen.wordpress.com/2013/04/15/sano-ramuan-herbal-berkhasiat-mulai-bisnis-di-usia-62-tahun/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/11/apa-saja-rahasia-khasiat-ramuan-herbal-sano-bawang-putih-lemon-jahe-cuka-apel-madu/

https://sbelen.wordpress.com/2014/10/07/tanya-jawab-tentang-ramuan-herbal-sano-bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon/

 

Posting tentang sakit jantung dan serangan jantung

Robin Behar mengatakan, bagi orang awam yang sulit mengingat jenis-jenis penyakit kardiovaskuler, lebih gampang jika aneka-penyakit kardiovaskuler itu disebut saja penyakit jantung dan risiko utamanya adalah serangan jantung.

sticker Sano 9

Agar lebih mendalami penyakit jantung dan serangan jantung, perkenankan membaca paparan Robin Behar dalam bentuk yang sederhana berupa slide powerpoint dengan uraian sedikit kata dan gambar yang kami terjemahkan dan alihkan berupa gambar dan dimuat dalam 9 posting berikut ini.

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/18/informasi-apa-yang-paling-penting-tentang-serangan-jantung/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/17/serangan-jantung-kolesterol-waktu-bertahan-hidup-tutorial-2/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/19/dapatkah-anda-prediksi-serangan-jantung/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/19/gejala-serangan-jantung-yang-harus-anda-hafal/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/25/bagaimana-menyikapi-serangan-jantung-diam-diam-tanpa-gejala/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/21/tahukah-anda-17-faktor-risiko-sakit-jantung-serangan-jantung/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/25/apa-saja-gejala-unik-sakit-jantung-dan-serangan-jantung-perempuan/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/26/inilah-11-cara-praktis-mencegah-sakit-jantung-dan-serangan-jantung/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/28/serangan-jantung-pertanyaan-yang-sering-diajukan-seks-merokok/

 

Advertorial

Sano mencegah dan menyembuhkan sakit jantung

sticker Sano 7.

Izin Depkes

.

Kartu nama Yuni 3

Untuk mengettahui di mana saja sudah ada agen Sano, silahkan klik posting:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

70 Tanggapan to “Perlukah operasi pasang ring atau bypass jantung?”

  1. Ucupstar Says:

    Garlic oil (minyak bawang putih) dan ramuan Sano (racikan bawang putih, cuka apel, madu, jahe, dan lemon) beli di mana?

  2. verent Says:

    Maaf, saya penderita jantung dengan kerusakan di bilik kiri, maksudnya ada pengerasan di pintu jantung. Saya sudah berobat ke Malaka, dan sudah beberapa kali diberi apotenol dan warfarin, dan saya disarankan untuk tidak mengkonsumsi sayuran hijau dan garlic karena bisa mengganggu kerja warfarin. Bagaimana pendapat anda tentang hal tsb?

    • S Belen Says:

      Dear Verent, Sudah coba saya baca-baca tentang warfarin yang berciri antiagulan atau mengencerkan darah sehingga tidak terjadi pembekuan darah yang dapat berakibat stroke. Penggunaan warfarin harus hati-hati dengan kewaspadaan tinggi dan sebaiknya mengikuti saran dokter mengenai makanan yang harus dihindari. Karena, hasil riset menunjukkan risiko pendarahan pada pasien yang menggunakan obat ini. Walaupun obat ini berisiko tapi sejauh ini warfarin adalah obat yang terbaik untuk mengatasi fibrilasi atrium atau gangguan irama jantung (aritmia).

      Ketidakteraturan denyut jantung (aritmia) yang berbahaya ini menyebabkan ruang atas jantung (atrium), bergetar dan tidak berdenyut sebagaimana mestinya, sehingga darah tidak terpompa sepenuhnya, yang pada gilirannya dapat menyebabkan pengumpulan dan penggumpalan darah. Gumpalan ini dapat terbawa sampai ke otak, menyumbat pembuluh arteri, dan mengganggu pasokan darah ke otak. Situasi ini seringkali menjadi awal dari serangan stroke yang gawat dan mematikan.

      Pendapat kami adalah anda ikuti saja instruksi dokter. Andaikan anda merasa yakin menggunakan ramuan tradisional seperti Sano ya bisa saja tapi sebaiknya menghentikan konsumsi warfarin. Karena, Sano juga berfungsi mengencerkan darah. Kalau sudah dicoba ya bisa dibandingkan kondisi jantung anda waktu menggunakan warfarin dan waktu menggunakan ramuan tradisional. Lebih meyakinkan kalau anda berkonsultasi dengan dokter agar terhindar risiko yang tidak diinginkan. Tetap optimis, jantung anda akan membaik dan membaik.

  3. puspita sari Says:

    Ibu saya penderita jantung koroner selama 1.5 tahun ini dan disuruh dokter untuk operasi ring jantung. Apakah boleh mengkonsumsi obat ini?

    • S Belen Says:

      Dear Puspita Sari,

      Tentu saja ibunya Puspita boleh mengkonsumsi ramuan Sano ini. Sudah banyak kesaksian pelanggan yang sakit jantung koroner yang sembuh berkat ramuan ini. Dari laporan yang masuk dari para pelanggan yang sakit jantung melalui sms dan telepon kepada kami dan melalui informasi dari reseller dan agen, banyak sekali yang batal operasi pasang ring atau bypass arteri koroner jantung setelah konsumsi Sano.

      Hari ini melalui agen di Pamulang kami mendapatkan informasi tentang Pak Anto. Dua bulan yang lalu Pak Anto membeli 4 botol Sano dan mengkonsumsinya 2 x sehari, sebelum makan pagi dan menjelang tidur malam. Sebulan yang lalu ia dirujuk dari Rumah Sakit Mitra Keluarga ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita agar dilakukan katerisasi untuk mengetahui seberapa penyumbatan pada arteri koroner jantungnya. Ternyata ada 2 sumbatan sebesar 70% dan 80%. Dokter menyarankan tindakan medis operasi pasang ring. Dua hari yang lalu, ia ke Rumah Sakit Harapan Jantung Harapan Kita untuk operasi pasang ring. Sebelumnya dokter memeriksa dan merasa heran karena satu sumbatan telah hilang dan sumbatan yang lain telah turun menjadi 40%. Dokter memutuskan batal operasi pasang ring. Pak Anto sendiri terheran-heran dan seolah tak percaya, masa’ dalam satu bulan perkembangan begitu hebat sampai batal operasi. Dokter bertanya kepada Pak Anto ada minum apa selama 1 bulan ini. Ia jawab, saya minum obat dokter dan ramuan Sano, berupa racikan bawang putih, cuka apel, madu, jahe, dan lemon. Tanggapan dokter, oh bisa juga ya ramuan itu.

      Kemarin ia langsung datang ke agen di Pamulang dan mengucapkan terima kasih sambil membeli 2 botol Sano lagi. Ia katakan, saya mau sebarkan pengalaman saya ini kepada teman-teman, saudara, dan kenalan siapa saja yang sakit jantung untuk mengkonsumsi Sano. Silahkan mbak masukkan kesaksian saya ini di internet agar banyak orang tahu. Nanti saya fotokopi dokumen medis hasil katerisasi dan hasil pemeriksaan terakhir dan memberinya kepada mbak.

      Begitulah ceritanya. Silahkan Puspita berbicara dengan ibu dan saran saya adalah kalau ibu masih kuat, minum Sano saja dulu, lalu melihat perkembangan dan bisa jadi terhindar dari operasi pasang ring. Semoga berhasil. Sambil mengamati perkembangan penyakit dan melalui pemeriksaan dan advis dokter dapatlah dipertimbangkan kemudian perlu tidaknya operasi pasang ring setelah pengecekan persentase penyumbatan pada pembuluh koroner. Pada tiap tahap perkembangan penyakit, solusi yang ditempuh bergantung kepada pertimbangan dan keputusan yang bersangkutan, berdasarkan masukan juga dari keluarga.

  4. effi Says:

    Di mana alamat agen di Pamulang? Tks

    • S Belen Says:

      Agen di Reni Jaya lama, dekat PAMULANG:

      Vindy: HP 0812 8950 0585

      Perumahan Reni Jaya Barat 3B Blok G 19 No. 12, Rt 07 Rw 06, Kel Pondok Petir, Bojongsari, Depok 16517

  5. novi Says:

    Cara belinya bagaimana??
    1 botol berapa harganya ?

    • S Belen Says:

      Dear Novi,

      Cara membeli Sano dapat mengirim sms ke HP 0813 8090 2316 yang berisi informasi nama, berapa botol yang dipesan, dan alamat lengkap serta No. HP penerima. Kami akan membalas sms dengan informasi biaya total serta nomor rekening. Setelah transfer, kirim lagi sms konfirmasi. Kami akan cek melalui E-banking dan membalas sms dengan mengatakan kapan Sano akan dikirim. Dapat juga Sano dibeli dari agen yang terdekat dari tempat Novi. Harga dari kami Rp 50 ribu per botol sedangkan harga dari agen telah dinaikkan untuk mengganti ongkos kirim ditambah sedikit keuntungan atas jasa menyediakan ramuan ini bagi konsumen yang lebih dekat.

  6. mutiara sinta Says:

    Maaf saya mau tanya sebelumnya. Bapak saya penderita jantung, apakah sama hasil racikan minuman tsb ( madu, lemon, cuka apel, bawang putih, jahe) dengan membeli langsung yang sudah dikemas (Sano)?

    • S Belen Says:

      Dear Mutiara Sinta,

      Yang kami tahu telah ada 5 produk yang meniru ramuan Sano yang kami buat. Di internet ada peniru ramuan Sano yang mengambil sejumlah gambar dan penjelasan pada beberapa posting di blog kami lalu memasukkannya ke dalam posting yang mereka siarkan. Ada yang mencampur aduk nama produknya dengan nama Sano, seolah-olah produknya itu sama dengan Sano. Bahkan, ada yang menyampaikan komposisi dan cara membuat ramuannya, yang dikatakan ramuan Sano. Banyak pembaca posting itu yang mungkin percaya informasi yang bias itu. Itu benar-benar keliru dan membohongi publik. Beragam komposisi dan cara membuat juga beredar melalui sms, bbm, dan milis. Komposisi bahan dan cara membuat kami berbeda dengan yang disiarkan di internet itu. Tampaknya semua racikan itu tetap berkhasiat tapi masih kurang berkhasiat dibandingkan dengan ramuan Sano. Karena itu, sejumlah konsumen yang membuat sendiri akhirnya pindah mengkonsumsi Sano. Demikian pula konsumen lain yang telah mengkonsumsi produk tiruan, setelah mengenal Sano akhirnya pindah mengkonsumsi Sano.

  7. Arief Setiawan Says:

    Saya tinggal di Surabaya. Apakah SANO sudah ada di Surabaya?

    • S Belen Says:

      Dear Pak Arief Setiawan, Untuk mendapatkan Sano di Surabaya, Pak dapat membeli dari Ibu Juni Rochim: HP 0813 3214 4242 pada alamat: Kedung Mangu Selatan, Gang 5 No. 21, Kenjeran, Surabaya atau dari Ibu Shita: HP 0822 3352 2530 pada alamat: Jl Kaliwaron No 22 A, Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya. Terima kasih

      • Santo Says:

        Saya adalah penderita maag akut. Apakah tidak apa-apa jika mengkonsumsi Sano?

      • S Belen Says:

        Dear Pak Santo,

        Sano berkhasiat menyembuhkan sakit maag. Penderita maag terkadang keliru dalam menilai makanan atau minuman yang terasa asam. Tidak semua buah yang terasa asam itu berciri asam (acid). Lemon, jeruk misalnya terasa asam tapi bersifat acid / asam. Sedangkan, daging sapi tidak terasa asam tapi justru berciri asam (acid). Penyebab salah kaprah ini adalah istilah rasa asam dan ciri atau kadar asam secara kimiawi sama, yaitu asam. Dalam bahasa Inggris dibedakan antara sour (rasa asam; This lemon is very sour = Lemon ini amat asam) dan acid (ciri asam dalam kimia). Mungkin untuk membedakan dapatlah digunakan dua istilah, misalnya masam untuk rasa asam sedangkan asam untuk ciri asam / acid dalam kimia.

        Ramuan Sano terasa asam tapi setelah masuk ke dalam tubuh langsung berubah menjadi basa / alkalis. Ramuan ini berfungsi antibiotik (membunuh bakteri penyebab sakit maag) dan antiradang (menyembuhkan peradangan yang ditimbulkan sakit maag) sehingga berkhasiat menyembuhkan sakit maag. Banyak penderita sakit maag yang mengkonsumi ramuan ini telah sembuh. Bacalah posting kami:
        https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/
        https://sbelen.wordpress.com/2014/10/07/tanya-jawab-tentang-ramuan-herbal-sano-bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon/

      • Santo Says:

        Kemudian pak ibu saya divonis oleh dokter untuk operasi pasang ring karena penyakit jantung koroner akibat penyempitan pembuluh darah. Apakah benar pak ramuan Sano ini bisa dan ampuh menyembuhkan penyakit jantung koroner tsb?
        terimakasih. Mohon dibalas.

  8. Muhammad Takdir Ramli Says:

    Maaf, kalau di Makassar di mana kita bisa memperoleh ramuan SANO?

    • S Belen Says:

      Dear Pak Ramli, sudah ada sejumlah pelanggan di Makassar yang suka pesan Sano. Hanya sayang belum ada yang mau menjadi agen di Makassar. Kami harapkan ada yang mau menjadi agen dalam waktu dekat ini.

  9. Ika Says:

    Selamat malam …
    Kalau di Medan dan Jakarta di mana saya bisa membeli atau memperoleh ramuan SANO??

    Apakah ramuan SANO bisa dikomsumsi bagi orang yang sudah melakukan operasi bypass???

    • S Belen Says:

      Dear Ika,

      Untuk Medan dapat dibeli dari agen di MEDAN, yaitu Ibu Netty Naibaho HP 0813 6168 3434 dengan alamat: Jl Kutilang No. 27A, Sunggal, Medan, Sumatera Utara.

      Untuk Jakarta dapat menghubungi Ibu Yuni pada HP No. 0813 8090 2316 dan dapat diarahkan membeli ke tempat terdekat di Jakarta atau membeli langsung ke kami di Jatibening, Pondok Gede, Bekasi.

      Ramuan Sano ini bagus sekali bila dikonsumsi orang yang telah melakukan operasi bypass jantung. Banyak konsumen yang telah menjalani operasi ini mengkonsumsi Sano guna meningkatkan kinerja jantung dan mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran bypass, serta membantu agar tidak terjadi serangan jantung lagi atau operasi bypass yang kedua.

  10. Agus Says:

    Maaf kalau di Bali sudah ada agennya? Jika belum ada, bisakah dikirim ke Bali?

    • S Belen Says:

      Dear Pak Agus,

      Di Bali belum ada agen. Bisa dikirim ke Bali. Untuk itu hubungi Ibu Yuni pada HP 0813 8090 2316. Sudah sering kami kirim Sano ke Bali.

      Sekarang sudah ada agen di Bali. Agen di DENPASAR: Nico, HP 0821 1478 3053

      Alamat: Graha Soputan, Jl Gunung Soputan No. 15A, Gang Ulun Suwi, Denpasar, Bali

  11. imam fz Says:

    Apa SANO ada di daerah Malang, Jatim???

    • S Belen Says:

      Dear Pak Imam Fz,

      Sano ada di daerah Malang. Agen di MALANG: Bapak Yohan Wungubelen: HP 0812 5241 6286

      Alamat: Jl Kalimosodo X/24, Kelurahan Polehan, Malang, Jawa Timur 65131

  12. ibenz Says:

    Di daerah Pekalongan, Jawa Tengah ada yang jual Sano gak, pak?

    • S Belen Says:

      Dear Ibenz,

      Sayang di Pekalongan belum ada yang ingin menjadi agen. Terkadang ada yang dari Pekallongan dan Batang yang pesan Sano ke kami tapi belum ada yang bersedia menjadi agen. Kami terus menunggu ada yang ambil inisiatif.

  13. Laurens Imanuel Says:

    Kalau di daerah Solo, Jawa Tengah ada yang jual Sano nggak??

    • S Belen Says:

      Dear Laurens Imanuel, untuk daerah Solo, baru saja ada yang mau menjadi agen, yaitu Ibu Yenny Kristiyani, Jl Sunan Kali Jaga No. 26, RT 003 RW 03, Penumping, Surakarta 57141. No. HP 0812 2611 776. Terima kasih

  14. freddi Says:

    Kalau di Medan, alamat agennya di mana ya, bu?

  15. deka Says:

    Kalau untuk di daerah Malang atau Surabaya ada yang jual Sano bu, di mana alamatnya?

    • S Belen Says:

      Dear Deka,

      Agen CV SANO yang menjual Sano (dan Fides) di Malang:
      Bapak Yohan Wungubelen: HP 0812 5241 6286
      Alamat: Jl Kalimosodo X/24, Kelurahan Polehan, Malang, Jawa Timur 65131

      Agen di Surabaya:
      1. Kenjeran: Ibu Juni Rochim: HP 0813 3214 4242
      Alamat: Kedung Mangu Selatan, Gang 5 No. 21, Kenjeran, Surabaya 60128, Jawa Timur
      2. Mojo, Gubeng:Ibu Shita: HP 0822 3352 2530
      Alamat: Jl Kaliwaron No 22 A, Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60285
      3. Rungkut:
      Bapak Lucky: HP 0812 5270 5705
      Alamat: Jl Rungkut Asri Barat 3 No. 16, Surabaya, Jawa Timur

      Terima kasih atas kepercayaan kepada Sano.

  16. Rika Says:

    Pak S Belen,

    Mohon info. Papa saya terkena jantung koroner, kena serangan jantung dan disarankan pasang ring. Setelah baca beli Sano, hari ini menurut hasil echo jantung papa saya ada satu sisi yang mati. Mohon info apa Sano bisa perbaiki jantung juga pak?
    Terima kasih pak.

    • S Belen Says:

      Dear Rika,

      Terima kasih atas pertanyaan Rika. Menurut hasil echo jantung papa ada satu sisi yang mati mungkin dimaksudkan ada klep pada serambi atau bilik jantung yang tidak bekerja buka tutup dengan baik dan rapat, sehingga darah yang sudah mengalir ke satu serambi atau bilik mengalir kembali. Ada satu sisi yang mati mungkin saja dimaksudkan dokter adalah matinya sekian persen sel-sel otot jantung yang membuat kinerja pompa jantung kurang baik. Kalau pompa jantung bekerja kurang maksimal ya jantung kita lemah. Aliran darah ke dan dari jantung menjadi kurang lancar.

      Sirup herbal Sano mampu menyembuhkan 51 jenis penyakit. Dari jumlah penyakit yang banyak itu, yang membuat Sano jadi populer adalah kemampuannya memperbaiki jantung dan kinerjanya sehingga hampir semua penderita sakit jantung macam-macam terbebas dari operasi pasang ring atau operasi bypass jantung. Para penderita sakit jantung itu terhindar dari serangan jantung yang kedua atau terhindar pula dari stroke.

      Masalah jantung yang mungkin papa dari Rika alami juga saya alami. Setelah mengalami serangan jantung 2 x, sekitar 40% sel otot jantung saya mati sehingga kinerja jantung jadi sulit, terhambat. Ini akibat dokter pada klinik 24 jam mengatakan bahwa maag saya kambuh, bukan serangan jantung. Dan, sialnya pada serangan jantung kedua, dokter pada klinik 24 jam yang lain mengatakan hal yang sama, maag kambuh. Karena tidak langsung ditangani oleh dokter spesialis jantung di rumah sakit, akibatnya adalah 40% sel otot jantungku mati. Selain itu, dari hasil pemeriksaan echocardiografi di RSCM dan di Rumah Sakit Harapan Kita, ternyata klep jantung saya ada yang rusak, tidak bisa buka tutup dengan baik. Akibatnya darah mengalir kembali ke bilik / serambi jantung.

      Tindakan medis yang dijalani adalah operasi pasang ring sampai 2 x dan setelah tiap kali pasang ring, 3 bulan kemudian dokter jantungku mengatakan pembuluh koroner jantung saya sudah tersumbat lagi. Akhirnya direkomendasikan operasi bypass jantung. Untung tanpa disengaja, tanpa direncanakan, seorang dokter spesialis jantung di rumah sakit yang sama menyarankan agar jangan operasi bypass. Karena, kalau operasi bypass kemungkinan besar saya akan mati. Solusinya adalah ikut dokter itu, obat jalan saja. Nah, nyawaku ditolong oleh seorang dokter yang benar-benar ahli. Selain dengan obat dokter, 8 tahun saya bertahan dengan minyak bawang putih, yang kemudian didukung oleh dokter penyelamat nyawaku itu. Teruskan konsumsi minyak bawang putih. Setelah kami meracik Sano, yang satu bahannya bawang putih, minyak bawang putih itu saya tinggalkan. Setelah minum Sano 4 bulan kinerja jantung saya jadi bagus. Tensi darah saya menjadi normal. Itu berarti kinerja pompa jantung, masalah klep jantung yang membuat jantung ‘bocor’ relatif telah teratasi.

      Saran dari hati tulus kami, bukan dengan motif agar Sano laku adalah papa Rike konsumsi saja Sano secara rutin. Ada harapan yang bisa dipegang, ada solusi yang bisa didambakan. Dan, buktinya sudah ribuan orang tertolong oleh Sano. Bahkan sejumlah dokter menyarankan pasien jantungnya mengkonsumsi Sano. Bahkan, sejumlah dokter membeli dan mengonsumsi Sano. Mungkin Tuhan masih mengizinkan saya hidup agar bisa membuat ramuan untuk menolong sesama yang menderita sakit jantung dan berbagai penyakit lainnya. Itu, saya lihat sebagai tugas hidup saya, setelah sempat hampir putus asa menanggung beban derita sakit jantung.

      Agar mendapatkan informasi dan uraian yang lebih jelas, saya sarankan Rika membaca minimal 2 posing kami berikut ini:

      https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

      https://sbelen.wordpress.com/2014/10/07/tanya-jawab-tentang-ramuan-herbal-sano-bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon/

      Terima kasih. Optimis berharap, papa Rika pasti pulih, pasti sembuh.

  17. Asrar Says:

    Kalau di Balikpapan ada yang jual ya pak? Terus kalau pesan bisa COD gak?

    • S Belen Says:

      Dear Asrar, Di Balikapapan ada yang menjual Sano. Agen di BALIKPAPAN:

      Ibu Heni Irawati, HP 0813 5083 9931

      Alamat: Perum Pondok Asri Blok ZB No. 15, RT 60, Manggar, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur

      Tentang COD (cash on delivery) atau bayar tunai waktu terima barang dapatlah ditanyakan kepada Ibu Heni Irawati, agen kami di Balikpapan. Terima kasih.

  18. Basyaruddin Says:

    Kalau di Bengkulu ada agennya nggak pak…?

    • S Belen Says:

      Dear Pak Basyaruddin, Sayang di Bengkulu belum ada agen kami. Terima kasih. Kalau ada yang ingin menjadi agen di Bengkulu tentu kami senang.

  19. heru julianto Says:

    Saya operasi kateter 11 Juni 2015. Hasilnya: satu cabang arteri jantung saya tersumbat 100% dan yang lainnya ada penyempitan. Rekomendasinya, saya harus bypass, tapi saya tunda. Lalu saya minum Sano. Tanggal 5 agustus 2015 nanti saya mau dioperasi kateter lagi…. Kita tunggu hasilnya…apa Sano ampuh?

    • S Belen Says:

      Dear Pak Heru Julianto,

      Dari sekian banyak testimoni penderita sakit jantung koroner yang disampaikan kepada kami dan yang disampaikan kepada agen-agen kami di berbagai daerah, Sano amat ampuh menurunkan dan menghilangkan penyempitan pembuluh arteri koroner jantung. Bahkan, sejumlah dokter spesialis jantung di tanah air dan di Malaysia menyarankan pasiennya mengkonsumsi Sano. Tidak usah menjalani operasi pasang ring atau bypass.

      Ada pula dokter yang sakit jantung membeli Sano. Ada penderita yang konsumsi Sano 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan, 3 bulan atau 5 bulan dinyatakan dokter tidak perlu operasi pasang ring atau bypass.

      Ada penderita sakit jantung di Garut dan di Timor yang sudah hampir meninggal dan sudah mengumpulkan keluarga untuk mengucapkan kata-kata pamit hanya dalam 2 dan 5 hari tidak jadi meninggal. Mereka kembali sehat setelah rutin minum Sano, tanpa perlu memeriksakan diri ke dokter karena takut dioperasi. Mereka masih hidup sampai sekarang.

      Daya penyembuhan Sano bergantung kepada tanggapan tubuh sesuai dengan kondisi keterparahan penyakit tiap individu. Ada orang yang cepat pulih tapi ada yang lebih lama. Keputusan bergantung kepada pertimbangan bapak. Setelah mengkonsumsi Sano 1, 2 atau 3 bulan sebaiknya Pak memeriksakan diri ke dokter dan mungkin dikaterisasi untuk melihat apakah penyumbatan 100% itu telah turun. Setelah mendapatkan kejelasan hasil katerisasi barulah Pak memperimbangkan dan mengambil keputusan perlu tidaknya operasi pasang ring.

      • Ronny Andreas Says:

        Dear Admin, boleh saya diinfokan nomor kontak atau email Pak Heru? Kebetulan case saya sama dengan beliau. Saya ingin diskusi langsung dengan beliau. Jika boleh segera, saya sangat berterima kasih. Terima kasih sebelumnya.

      • S Belen Says:

        Pak Ronny Andreas, Saya japri saja.

  20. heru julianto Says:

    Operasi pasang ring saya berjalan lancar dan sukses. Dokter bilang koroner yang tersumbat 100% mudah ditembus oleh kawat padahal operasi yang pertama (dilakukan dokter lain) gagal walau memakan waktu 2 jam…. Saya yakin ini hasil minum Sano selama 2 bulan terakhir, pola hidup sehat, dan rutin olah raga. Saya pasti akam rutin minum Sano tiap pagi sebelum sarapan guna menjaga kinerja jantung saya. Saya percaya Sano yang diproduksi dengan menjaga aspek higienis dalam proses produksi.

  21. Mahendra Mustika Wijaya Says:

    Mas, saya mau nanya, ada alamat toko lengkap yang terdekat gak?? Posisi saya di Jakarta Timur (Lubang Buaya).

    • S Belen Says:

      Dear Mahendra,

      Alamat terdekat adalah agen di JATIBENING, Bekasi: Bapak Agus Rifai / Ibu Atun HP 0857 8129 9560; Flory: WA 0878 8401 0639; Pin BB 2973 2E54

      Alamat: Toko Herbal CV SANO, GIGA Laundry, Jl Raya Panggung No. 65 A (Jalan masuk Komplex AL Jatibening Indah), sebelah Indomart, Jatibening, Pondok Gede, Bekasi.

  22. Ribkah Says:

    Ayah saya ada masalah di jantungnya yang menurut dokter harus dikaterisasi untuk mengetahui penyumbatannya. Di sisi lain, ginjal ayah saya sudah tidak normal dan apabila dikateter akan menyebabkan cuci darah. Apa bisa minum Sano? Tq

  23. jenna Says:

    Mama saya didiagnosis jantung koroner, klep bocor dan ada kelainan penyakit jantung bawaan pada rongga yang memisahkan antara bilik kanan dan bilik kiri (dokter bilang itu sudah kompleks dan harus dioperasi oleh dokter yang sangat ahli dan tidak bisa main-main. Dokter menyarankan salah satu dokter di Singapora).

    Beliau menyarankan operasi bypass di Singapura yang mana biayanya sekitar minimal $70.000 karena kompleks. Dan saat ini mama mengkonsumsi 4 jenis obat jantung seperti plavix, lasix, dan 2 lainnya saya lupa namanya.

    jika mengkonsumsi Sano, apa obat-obatan tersebut tetap dikonsumsi atau dihentikan? Saya benar-benar takut terjadi hal yang buruk sama mama saya.

    Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Jenna,

      Yang dialami mama Jenna itu saya sendiri alami. Orang awam menyebutnya jantung bocor. Selain jantungku bocor sebagai penyakit bawaan sejak lahir, pembuluh koroner saya juga tersumbat dan sudah menjalani operasi pasang ring 2 x. Tapi, ternyata tiap kali setelah dioperasi, 3 bulan kemudian pembuluh koroner saya tersumbat lagi. Begitu terjadi sampai 2 x. Kemudian, dokter menyarankan operasi bypass. Syukur dokter lain menyarankan dibatalkan karena risikonya nyawa melayang. Operasi bypass hanya menolong aliran darah dari dan ke jantung. Sedangkan, penyakit jantung bocor saya tidak bisa tuntas disembuhkan. Operasi jantung bocor amat berisiko karena jantung kita dibedah, lalu dibereskan klep yang buka-tutup tidak normal, tidak maksimal itu. Risikonya jauh lebih berbahaya daripada operasi pasang ring atau bypass. Karena, nyawa hanya satu, saya setuju dengan second opinion dokter kedua itu, tidak usah operasi-operasian. Berobat jalan saja. Dan, sekarang saya baik-baik saja.

      Ini hanya berbagi cerita yang mungkin bermanfaat bagi mama Jenna dalam pengambilan keputusan operasi di Singapura. Bila mama mengkonsumsi Sano, obat dokter tetap bisa dikonsumsi, diberi jarak waktu 2 – 3 jam. Obat yang disebutkan, yaitu Plavix dan Lasix itu adalah obat yang dulu saya konsumsi waktu sakit jantung saya lagi parah-parahnya. Karena, Sano berfungsi juga untuk melancarkan aliran darah, mungkin perlu dipilih satu jenis sobat untuk mengeluarkan cairan, misalnya Lasix saja. Atau, ada merk lain seperti Furosemide yang sebenarnya sama dengan Lasix. Sebaiknya, mama Jenna perlu konsultasi dengan dokter obat mana saja yang bisa dikonsumsi karena mama konsumsi juga Sano. Pilih dokter yang pro ramuan herbal. Karena, dokter yang tidak pro ramuan herbal menganggap remeh khasiat ramuan herbal. Dokter yang tidak pro tidak perlu dipersalahkan karena waktu belajar di fakultas kedokteran tidak pernah diajarkan tentang ramuan herbal. Kurikulumnya melulu tentang pengobagan medis modern dengan obat-obat dokter yang diproduksi perusahaan farmasi. Sudah ada banyak dokter yang mengakui khasiat Sano dan menyarankan pasiennya mengkonsumsi Sano.

      Doa kami bagi mama Jenna agar kembali pulih. Tidak ada penyakit yang tidak ada solusinya.

  24. Sisca Says:

    Kalau di Bandung agennya di mana?
    Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Siska,

      Agen di Bandung:

      Agen di BANDUNG, Dago Pakar (1):

      Ibu Shierly: HP 0878 2272 7157 / Kantor: HP 0818 0953 0395

      Alamat: Sahabat Lingkungan Hidup (Eco Camp), Jl Pakar Barat No. 3 (Dago), Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198.

      Agen di BANDUNG, Kebon Kelapa (2):

      Bapak Muhamad Hirawan HP 0819 1053 31 00 / Ibu Yeni HP 0818 0204 0264

      Alamat rumah: Jl Moch. Toha No. 155 / 19A (Belakang No. 31), Dekat ITC Kebon Kelapa, Bandung, Jawa Barat

      Alamat kantor: Jl Sederhana No. 89 (Samping Pasar Sederhana)

  25. Friska Arsha Says:

    Selamat malam pak, saya tertarik dengan perjuangan bapak untuk berusaha tetap sehat🙂 semoga Tuhan selalu menyertai Bapak.

    Bapak saya baru saja dinyatakan mengidap jantung koroner, setelah terkena infark miokard akut. Baru selesai katerisasi, hasilnya terdapat 2 penyumbatan, 95% dan 65%. Dokter di Harapan Kita Jakarta menyarankan untuk dipasang ring.

    Karena saya masih merasa ragu, beberapa keluarga saya setelah menggunakan ring tidak sampai 1 tahun sudah terjadi penyumbatan lagi dan akhirnya di-bypass dan 3 bulan kemudian meninggal.

    Bagaimana menurut pendapat bapak?

    • S Belen Says:

      Dear Friska Arsha,

      Tampaknya pengalamanan bapak dari Friska mirip dengan yang saya alami. Dua kali saya menjalani operasi pasang ring. Dan, tiap kali setelah 3 bulan dokter mengatakan terjadi penyumbatan lagi di pembuluh koroner. Kemudian, berkat intervensi yang tak terduga seorang dokter ahli di rumah sakit yang sama, operasi bypass yang disarankan dokter saya batal. Saya menjelani obat jalan saja sambil mengkonsumsi garlic oil atau minyak bawang putih selama 8 tahun. Setelah minum Sano, garlic oil ini saya tinggalkan karena Sano mengandung pula bawang putih. Setelah 4 bulan kinerja jantung saya jadi bagus sampai sekarang ini. Karena, saya rutin minum Sano, dan kemudian produk-produk lain kami selama 3 tahun ini.

      Karena itu, saran saya, kalau percaya ramuan herbal cobalah produk kami, Sano. Karena, hampir semua pengguna yang sakit jantung dengan penyumbatan cukup banyak batal operasi pasang ring atau bypass, baik melalui keputusan dokter ataupun melalui keputusan sendiri karena khawatir dengan rekomendasi operasi oleh dokter.

      Bahkan, teman saya hanya konsumsi Sano 1 minggu, batal operasi pasang ring, padaha dua dokter, masing-masing di Bandar Lampung dan Kendari menyarankan ke rumah sakit jantung nasional di Jakarta untuk operasi pasang ring. Dokter yang memeriksa menyatakan perkembangan proses penyembuhan sumbatan koronernya sudah bagus. Tidak usah pasang ring. Obat jalan saja.

      Meskipun demikian, keputusan tetap ada pada bapak dan keluarga. Kami hanya menyarankan. Terima kasih.

  26. febriani Says:

    Saya tinggal di Pekanbaru. Apa sudah ada produk SANO, di mana saya bisa beli??
    Terima kasih. Tolong dibalas.

    • S Belen Says:

      Dear Febriani,

      Agen di PEKANBARU:

      Bapak Syahril HP 0813 7101 5670 / Ibu Sri Muryani HP 0813 7147 4047

      Alamat: a.n. Sri Muryani, Kanwil BPN Provinsi Riau, Jl Pepaya No. 55, Pekanbaru, Riau

  27. Andy Says:

    Saya baru saja menjalani operasi pemasangan ring. Ada 3 penyempitan 100% dan 90%…dan yang tersumbat 100% sudah terpasang ring…. Satu bulan ke depan nanti akan dipasang ring lagi. Dan, sekarang banyak sekali obat yang saya minum, belum lagi ditambah obat diabetes dan kolesterol. Yang mau saya tanyakan, bolehkah saya mengkonsumsi SANO?

    • S Belen Says:

      Dear Andy,

      Boleh konsumsi Sano. Jantung saya sendiri pun telah dipasang ring 2 x. Tapi tiap kali setelah 3 bulan, pembuluh koroner tersumbat lagi menurut pemeriksaan dokter. Setelah saya konsumsi Sano 4 bulan, kinerja jantung saya jadi bagus. Sampai sekarang saya rutin minum sirup herbal yang kami buat. Dengan Sano, sakit diabetes dan kolesterol sekaligus akan disembuhkan. Bila diabetes sudah berat, sudah berkomplikasi, boleh beralih ke mengkonsumsi Fides.

  28. Butarbutar Says:

    Apakah setelah minum Sano bapak masih mengkonsumsi obat dokter seperti pengencer darah? Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Butarbutar,

      Pada awal minum Sano, kami masih mengkonsumsi obat dokter. Namun, lama-kelamaan kami mulai kurangi frekuensinya secara bertahap. Setelah kinerja jantung jadi bagus sesuai dengan hasil pemeriksaan lab dan pemeriksaan dokter barulah kami hentikan konsumsi obat dokter, termasuk obat pengencer darah. Meskipun demikian, kami tidak melepaskan diri sama sekali dari dokter. Secara berkala, kami melakukan check up jantung dan pemeriksaan lab dan sekali setahun general medical check up. Kalau suatu saat saya rasa ada perubahan yang mengkhawatirkan dari gejala yang dialami, misalnya napas mudah sesak, sulit buang air besar, dan diperkirakan kadar kolesterol dan asam urat meningkat, kami langsung memeriksakan diri ke dokter. Berdasarkan diagnosis dokter ahli yang benar, kami mengkonsumsi obat dokter yang diberi jarak sekitar 2 – 3 jam setelah minum Sano. Setelah habis obat dokter, bila merasa fit, kami hentikan konsumsi obat dokter dan hanya minum Sano.

  29. grenuta Says:

    Pak, saya mau tanya, ini bapak saya penyumbatan di kedua kakinya sebanyak 100 persen. Di rumah sakit diberikan terapi obat-obatan heparin tapi malah pendarahan di lambung dan sekarang masih dirawat di rumah sakit, karena ada gangren di jempolnya. Bapak saya penderita hipertensi dan perokok tapi bukan penderita diabetes. Sekarang masih dirawat di rumah sakit nasional di jakarta dan mohon pencerahannya karena kondisi semakin lemas.

    • S Belen Says:

      Dear Grenuta,

      Dari informasi yang disampaikan, tampaknya penyumbatan 100% pada kaki itu disebabkan oleh hipertensi. Biasanya penyumbatan itu terjadi di pembuluh koroner jantung atau pada pembuluh darah di otak, namun yang dialami bapak itu penyumbatan di kaki. Terapi heparin itu untuk memperlancar aliran darah. Gangren yang muncul itu juga akibat dari kurang lancarnya aliran darah atau terjadi pembekuan darah.

      Tentu saja, dokter yang merawat itu yang lebih tahu kondisi bapak dan bisa mendiagnosis sakit yang diderita. Lalu, dokter dapat menentukan terapi yang tepat.

      Kalau sudah pulang ke rumah dan ingin menempuh pengobatan herbal dapatlah dilakukan. Luka lambung itu mungkin sudah lama dan ini aan mengganggu sistem pencernaan. Luka lambung dapat diobati dengan kunyit. Kunyit sebaiknya tidak digunakan yang masih segar karena getahnya dapat lengket pada usus. Cara terbaik adalah kunyit diiris tipis-tipis lalu dijemur. Setelah kering barulah digunakan.

      Untuk mengobati gangren dapat digunakan jahe merah, sambiloto, brotowali atau cabe jawa.

      Jika berminat menggunakan sirup herbal kami dapat dipilih Xanthi yang dapat menyembuhkan hipertensi, luka lambung, penyumbatan pembuluh darah di kaki, dan sekaligus juga dengan luka yang sudah mencapai tahap gangren. Sebagaimana umum diketahui, pengobatan herbal itu tidak bisa cepat tapi bertahap dalam jangka waktu lama tapi ada kepastian penyembuhan seluruh tubuh secara holistik Perkenankan mengunjungi posting: https://sbelen.wordpress.com/2015/12/27/ekstrak-kulit-manggis-habbatussauda-jintan-hitam-bawang-putih-jahe-lemon-madu-sembuhkan-90-penyakit-sirup-herbal-xanthi/

      • ahmad Says:

        Tangerang di mana yah agennya?

      • S Belen Says:

        Dear Pak Ahmad, agen di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang cukup tersebar. Tinggal pilih agen yang terdekat. Berikut nama dan alamatnya: Agen di TANGERANG & BANDARA SOEKARNO-HATTA:

        Rifky Taufik Rakhman: HP 0857 1535 9113

        Email: sijalou@gmail.com dan rifky.rakhman@marein-re.com

        Alamat: Perumnas Kelapa Dua, Jl Layar 2 No. 55, Tangerang 15810. (Keluar Tol Karawaci, dekat Bandara Soekarno-Hatta).

        Melayani juga pesanan yang diantar kurir ke alamat, termasuk ke Bandara Soekarno-Hatta. Melayani juga pesanan dari Sumatera, Jawa, dan Bali.

        .

        Agen di KOTA TANGERANG:

        Bapak Anton M, HP 0816 1923 018

        Alamat: Kompleks Angkasa Pura 2, Batujaya 2, Blok B 10 No. 1, Jl Cilik Riwut, Neglasari, Kota Tangerang

        .

        Agen di Pasar Anyar, TANGERANG:

        Bapak Soeharto HP HP 0812 1317 6410

        Alamat: Toko Raden Jaya Blok D No. 153, 154 di dalam Pasar Anyar, Kota Tangerang

        .

        Agen di LEGOK, TANGERANG:

        Ibu Maria Belen Saik HP 0813 3941 7407

        Alamat: Perumahan Legok Permai Bok B 2 / B 16, Legok, Kabupaten Tangerang, Banten

        .

        Agen di BSD (Bumi Serpong Damai), Tangerang Selatan:

        Ibu Agustina Winarni HP 0812 9636 361

        Alamat: Griya Asri Blok A1/29, Jelupang, BSD, Tangerang Selatan (Belakang Vila Serpong)

        .

        Agen di CISAUK, SERPONG, Tangerang:

        Ibu Martini, HP 0812 8848 5578 / Bapak Impun, HP 0812 8848 5579

        Alamat: Perumahan Metro Serpong 2 Blok D3 No. 1, RT 07 RW 06, Kp. Pabuan, Kel. / Kec. Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten

        .

        Agen di CIBODAS, Tangerang

        Bapak Hendra Susanto, HP 0816 1112 303

        Alamat: Jl Delta 2 No. 90, RT 02 RW 06, Perumahan Cimone Permai, Cibodas, Tangerang

        .

        Agen di PASAR KEMIS, CIKUPA, Tangerang:

        Bapak Sugeng T / Ibu Aries, Hp 0878 2113 8565; 0817 6328 306; 0838 1361 2764

        Alamat: Perumahan Griya Berkah Insani Blog D No. 8, Jl Raya Pasar Kemis, Cikupa, Tangerang, Banten

  30. Wishnu Says:

    Di Jogja beli di mana?

    • S Belen Says:

      Agen di YOGYAKARTA (1):

      Ibu Eta Tri Aprianto HP 0813 2877 8277 dan 0895 3355 18832

      Alamat: Gedongkiwo 1 No. 885 (Depan Gereja Pugeran), Kecamatan Matrijeron, Yogyakarta 55142

      .

      Agen di YOGYAKARTA (2):

      Ibu Agnes Aryati, HP 0812 5280 496 dan 0878 8131 0088

      Alamat: Panggungsari Gang VII/155 L, RT 08 RW 23, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: