Gambaran link & match sekolah perhotelan

Tanggal 14 Februari 2011 kami berkunjung ke IHS (International Hotel Management School) Solo, Jawa Tengah. Tujuannya untuk mengenal lembaga pendidikan yang menerapkan prinsip link & match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.

Para mahasiswa yang terlatih menyapa tamu dengan tata krama

Ibu Atik Wijayanti, SE, direktur IHS dan stafnya menceritakan pengalaman dalam mengembangkan kurikulum. Untuk menyesuaikan kurikulum masak-memasak di dapur hotel, food and beverage, bar tender, mereka membutuhkan waktu 9 bulan untuk mengembangkan kurikulum khusus itu. Kurikulum selalu disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja perhotelan yang cepat sekali berubah. Karena itu kepada users lulusannya selalu ditanyakan ciri[ciri apa yang mereka harapkan dari lulusan IHS.
Yang ditekankan bagi mahasiswa adalah pertama kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa Prancis. Kedua, pengembangan sikap (attitude) yang dituntut perhotelan. Dan, ketiga keterampilan teknis atau kompetensi kerja.

Dapur (kitchen) sebagai tempat praktik

Porsi praktik jauh lebih banyak daripada porsi teori sehingga mahasiswa yang tamat tidak canggung memasuki dunia kerja. Praktik magang di hotel-hotel adalah satu syarat mutlak.

Hampir semua lulusannya diterima oleh dunia perhotelan. Yang tidak bekerja adalah yang menunda kerja sampai mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih tinggi, yang cepat menikah setelah tamat, atau yang tak mau dilepas orang tua untuk merantau.

Terbanyak lulusan IHS bekerja dunia hospitality dan hotel-hotel berbintang di dalam negeri, bahkan di Bali dan di luar negeri. Banyak yang bekerja di kapal-kapal pesiar di luar negeri. Kepada mahasiswa ditekankan bahwa kita mampu meraih lowongan kerja di hotel-hotel di Bali. Jika Anda lolos diterima hotel di Bali, Anda pasti lolos pula bekerja di hotel di luar negeri.

Untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap, silahkan klik file powerpoint ini!

IHS International Hotel Management School Solo

Mahasiswa berbusana seperti para karyawan hotel dan kapal pesiar

Iklan

Orang gila

Sakit herpes

Kunjugilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

sano-sembuhkan-herpes

Kartu nama Yuni 2

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: