Ingin mengubah perilaku? Jangan mulai dari “kepala”! Mulailah dari “kaki”!

Banyak pendidik dan ulama berpikir bahwa untuk mengubah perilaku seseorang kita mulai dari “kepala”, dalam arti pengaruhilah pikirannya dan jika ia telah tahu sesuatu itu baik dan benar, ia akan melakukannya. Cara yang dianggap manjur adalah berceramah, berkotbah, dan memberi nasihat.

Ada yang berpendapat, lebih baik mulai dari “dada”, dalam arti mulailah dengan mempengaruhi hatinya dan ia akan termotivasi itu melakukan apa yang disarankan.Dengan akal sehat tampaknya jalan ini yang terbaik.

Namun, dari pengalaman ternyata,bahwa  jalan yang terbaik adalah mulailah dari “kaki”, dalam arti mulai mengajak dan membimbing seseorang untuk bertindak, melakukan apa yang kita pandang baik dan benar baginya walaupun ia belum tertarik dan belum tahu manfaatnya.

Sebuah contoh, anak kecil belum tahu dan sering tak senang dimandikan. Yang dikerjakan orang tua, terutama ibu adalah membiarkannya mandi dulu sambil bermain dengan air. Lama-lama baru ia senang mandi dan setelah cukup mengerti, mungkin ketika di kelas atas SD atau bahkan di SMP atau SMA barulah seorang anak tahu konsep pentingnya mandi bagi kesehatan sehingga ia rajin mandi tanpa disuruh.

Mengapa kita senang makan makanan yang telah terbiasa kita makan waktu kita kecil? Seorang anak senang makan tempe dimulai dari pembiasaan makan tempe. Lama-lama anak “jatuh cinta” kepada tempe dan waktu ia berkelana ke luar negeri dan makan di restoran mahal, yang ia pingin justru makan tempe yang tak tersedia di meja makan. Manfaat tempe ia cerna di “kepala” justru datang belakangan, mungkin setelah diajari guru atau membaca buku tentang khasiat tempe.

Setujukah Anda dengan pendapat bahwa untuk mengubah perilaku seseorang, mulailah dari “kaki”?

Tag: , , , , ,

Satu Tanggapan to “Ingin mengubah perilaku? Jangan mulai dari “kepala”! Mulailah dari “kaki”!”

  1. sulan Says:

    Sangat setuju Pak Belen, jika perubahan perilaku dilakukan dari kaki. Artinya, memang harus berbuat dan berbuat. Contoh … Master Cang Yen itu luar biasa….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: