Selamat jalan Pak Ali Alatas, a man of character

19271httpwwwinilahcomdataberitafoto19271

Pak Ali Alatas membangun kariernya dari bawah, terus menanjak ke atas menjadi menteri luar negeri 3 periode di era pemerintahan Presiden Soeharto. Pendidikan tingginya tak seberapa, hanya menyandang gelar sarjana hukum (SH) dan BA di bidang politik. Beliau tahu membawa diri, tahu diri di mana posisinya sebagai bawahan, sebagai staf, dan terus belajar dari pengalaman menjadi duta besar di pos-pos strategis di mancanegara.

AUSTRALIA-NUCLEAR-PROLIFERATION-WEAPONS

Meskipun regim Orde Baru dijuluki otoriter, sepak terjang beliau sebagai menlu menunjukkan kepribadian seorang tokoh yang mendahului zaman. Inilah tokoh model reformasi yang bersikap dan bertindak reformatif, bahkan transformatif. Beliau adalah a person of character, a man of character.

Kini kita sedang mendambakan seorang presiden baru yang mencerminkan kepribadian seorang tokoh reformasi, a man of character. Beliau meninggalkan kita contoh, model seorang tokoh presiden yang kita dambakan, terlepas dari usia. Tua atau muda, the point is we are searching a person of character.

report1_1httpwwwyementimescomphotos857report1_1

Diwawancara wartawati Yemen Times di Sana’a, Yaman, September 2005, sebagai wakil Sekjen PBB.

Sebagai manusia yang berkarakter, beliau menunjukkan ciri-ciri antara lain sbb:

Fokus kepada sasaran perjuangan yang hendak digapai, berpikir linier tentang tujuan yang hendak dicapai tetapi berpikir non-linier atau bahkan radial untuk memilih strategi dan taktik guna mencapai tujuan.

Fokus kepada tugas yang diemban, menguasai substansi permasalahan, dan tidak mencampuri urusan menteri-menteri lain, bahkan bekerja sama dengan menteri-menteri lain untuk mensukseskan misi luar negerinya.

Berusaha sekuat tenaga mencapai kesepakatan win-win solution dalam memecahkan masalah pelik dalam hubungan antar-negara, terutama dalam sengketa antar-dua negara dan sengketa antara kelompok separatis dan pemerintah resmi suatu negara yang meminta jasa baiknya.

Satunya hati, kata, dan perbuatan.

Sama sekali tak pernah berpikir apalagi berniat mencuri uang negara.

Tidak ambisius, tidak menjilat untuk mendapatkan promosi karier; konsisten mengembangkan kompetensi dan akhirnya layak menerima jabatan menteri luar negeri yang diidam-idamkan setiap diplomat.

Menguasai substansi permasalahan sepelik apa pun dan kreatif dan tak terduga menawarkan alternatif solusi yang melegakan semua pihak.

Selalu berpihak kepada kepentingan nasional dan berikhtiar sekuat tenaga untuk tidak menjual aset dan kekayaan NKRI.

Memperjuangkan kepentingan bersama, tidak diskriminatif, dan tampil sebagai putra bangsa yang tak pernah dicandra dengan citra agamanya, dan menjadikan diri diterima semua kelompok agama dan suku di tanah air.

image0httpfotookezonecom

Mission accomplished: Pemakaman di TMP Kalibata, 12 Desember 2008

Inilah ciri-ciri a person of character, a man of character yang kini amat didambakan rakyat Indonesia dimiliki seorang calon presiden 2009. Menurut pendapat kami, inilah permata termahal yang ditinggalkan Pak Ali Alatas bagi kita semua. Selamat jalan, Pak Ali!

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: