Logika buku pelajaran, guru, dan prestasi siswa

discohttpwwwugotblingcomimgwidgetsanimate-your-picturethemesdisco

Premis 1: Sumber belajar utama atau dominan dalam tradisi proses belajar-mengajar di Indonesia adalah guru dan buku pelajaran. Karena itu, mutu hasil belajar siswa terutama bergantung kepada mutu guru dan mutu buku pelajaran.

Premis 2a: Secara umum guru kita kurang bermutu karena berbagai faktor penyebab seperti tingkat kesejahteraan yang rendah, pendidikan calon guru yang kurang bermutu, dan kurangnya pembinaan profesional guru.

Premis 2b: Mutu buku pelajaran penerbit swasta lebih baik daripada buku pelajaran versi Buku Sekolah Elektronik (BSE). Melalui kebijakan pemerintah, cq. Depdiknas yang melarang penerbit menjual buku ke sekolah dan penetapan dana BOS buku untuk membeli BSE, banyak penerbit swasta yang bangkrut dan yang bertahan pun akan mengurangi mutu buku agar terbeli siswa. Jelaslah buku pelajaran sedang dan akan dimonopoli BSE.

056x0701ecwwwfotosearchcomphotos-imagesillustration-education-school

Kesimpulan: Secara umum yang akan terjadi sbb:

Guru tak bermutu + buku pelajaran tak bermutu = Merosotnya prestasi atau mutu hasil belajar siswa. Gejala ini akan mulai terlihat pada data menurunnya nilai evaluasi murni (NEM) ujian nasional (UN) 2009 karena banyak siswa di daerah belum memiliki buku pelajaran. Dengan kata lain, jumlah siswa yang tak lulus UN akan meningkat. Hal ini akan lebih jelas terlihat 3 tahun mendatang, yakni di tahun 2011, terutama untuk SMP dan SMA. Sedangkan, SD lebih kemudian karena masa belajar SD 6 tahun.

Padahal, jika guru tak bermutu + buku pelajaran bermutu = prestasi belajar siswa akan tertolong.

Dan harapan ideal kita adalah guru bermutu + buku pelajaran bermutu = prestasi belajar siswa yang ideal.

019x0599ecwwwfotosearchcomphotos-imagesillustration-education-school

Gagasan solusi:

Larangan penerbit menjual buku ke sekolah hendaknya dikoreksi karena jaringan toko buku yang belum tersebar ke seluruh Indonesia.

Pemerintah mengoreksi harga eceran tertinggi (HET) Rp 20 000 yang belum memasukkan variabel ongkos distribusi.

Nasib penerbit swasta harus ditolong dari kebangkrutan karena keuntungan dari penjualan buku pelajaran akan digunakan penerbit untuk meningkatkan kualitas buku, menerbitkan buku-buku referensi seperti atlas, kamus, ensiklopedi, buku bacaan, dan buku penunjang lain, pengadaan alat bantu pelajaran dan alat peraga, buku panduan guru, dan membantu pemerintah mengadakan pelatihan bagi guru agar mampu menggunakan buku yang diterbitkan dan sebagai wahana promosi.

eds005wwwfotosearchcomphotos-imagesillustration1

Penerbit akan menggunakan keuntungan penjualan buku pelajaran untuk mengembangkan dan menerbitkan perangkat lunak sumber dan sarana belajar audiovisual atau digital.

Jika monopoli BSE dihentikan dan kebijakan perbukuan dibenahi untuk jangka panjang dalam 5 tahun ke depan kualitas buku pelajaran dan buku sumber lain dan program audiovisuaol di sekolah kita akan menyamai negara-negara lain di wilayah ASEAN, yang memberikan peluang yang sama kepada buku penerbit swasta yang lolos pengesahan pemerintah dan yang tak lolos pengesahan untuk bersaing di pasar serta buku penerbit asing bersaing secara sehat dalam bisnis buku pelajaran.

dsc00089httpsekolahalamjogjawordpresscomprogram-pembelajaran

Sekolah Alam Jogja mempersiapkan siswa memasuki dunia teknologi informasi.

Iklan

alison-brie-yes-2

Sakit herpes

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

sano-sembuhkan-herpes

Kartu nama Yuni

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: