Kiat menghapus kekhawatiran

bottles1

12

“Kalau tetangga kehilangan pekerjaan, itu namanya resesi. Kalau Anda kehilangan pekerjaan, itu depresi.”

punch1awwwcsedmuacuk

Kehilangan pekerjaan: Serasa dagu Anda ditinju seseorang!

Menurut Harvey Brenner, setiap 10% kenaikan penganggur, kematian naik 1,2%, serangan jantung 1,7%, bunuh diri 1,7%, dan harapan hidup berkurang 7 tahun.

ist2_6493772-adolescent-in-problems

Penurunan ekonomi 1%, lapangan pekerjaan menyusut 150 000.


517807166_d4d34a5257_s

Di tanah air gambaran pesimistis pengangguran akan menyentuh 2 juta orang. Yang moderat menyebut 1 juta orang.

(Rhenald Kasali, Resesi, Depresi, dan PHK, Kompas 1/12/2008).

Di stasiun TV dalam talk show, perkiraan PHK pada bulan-bulan mendatang disebut tsunami PHK.

Yang sekarang dibutuhkan adalah rasa percaya diri agar Anda terhindar dari malapetaka krisis keuangan dunia. Yang mungkin lebih dibutuhkan adalah kesiapan mental dan psikis untuk menghadapi kekhawatiran atau kecemasan siapa saja yang dilanda stres berat sekarang ini. Apalagi, bagi sesama yang sudah mengalami PHK.

iraqi_woman

Ada beragam kiat yang ditawarkan psikolog, konselor, dan penulis buku populer tentang bagaimana menangani masalah kekhawatiran Anda.

Perkenankan kami berbagi satu kiat yang telah dan sedang kami praktikkan. Kiat ini berdasarkan hasil riset otak, yang menyatakan bahwa otak manusia tidak dapat membedakan antara kenyataan dan bayangan (imajinasi). Pernah dilakukan penelitian, atlit pelari yang berlomba dalam lintasan dipasang alat perekam kinerja otaknya di kepalanya. Rekaman kinerja otak itu kemudian dicetak. Pada waktu yang lain, atlit yang sama diminta duduk dalam sebuah ruangan kosong dan diminta membayangkan atau berimajinasi sedang berlomba lari. Di kepalanya dipasang alat perekam kinerja otak yang sama. Ternyata grafik naik-turun kinerja otaknya pada garis besarnya sama dengan grafik kinerja otaknya tatkala berlari benaran dalam lintasan lomba. Otak itu memang amat pintar tetapi sekaligus amat bodoh. Otak tak dapat membedakan yang mana kenyataan dan yang mana yang hanya sekadar bayangan atau imajinasi.

1

Sediakanlah sebuah “kotak kekhawatiran”!

Mungkin saja Anda lebih suka menyiapkan kotak sampah khusus untuk membuang carikan-carikan kertas yang bertuliskan tiap kekhawatiran pada satu carikan kertas.

ani2

Mungkin Anda lebih nyaman sekadar menyelipkan kertas-kertas bertuliskan kekhawatiran Anda di laci meja, dalam lemari pakaian, atau mungkin diselipkan pada sebuah buku. Atau, mungkin Anda ingin menyimpannya pada amplop?

024v0210dcwwwfotosearchcomphotos-imagesillustration-education-school

Atau mungkin, agar lebih mudah mencari dan terjaga privasi, Anda ingin menulis dan menyimpannya di komputer atau laptop. Tergantung kesukaan Anda!

Ada orang yang setiap kali merasa khawatir, menulis kekhawatirannya, lalu memasukkan ke kotak khusus itu. Setiap hari Rabu Pukul 18.00 misalnya, ia membuka dan membaca carikan-carikan kertas itu. Untuk carikan kertas kekhawatiran yang tak terjadi atau sudah teratasi, ia sobek lalu memasukkannya ke kotak sampah atau membakarnya.

Ada yang menyimpannya secara khusus, misalnya di sebuah kotak khusus dan setiap akhir tahun di penghujung bulan Desember ia baca kembali dan melakukan introspeksi dan menghitung berapa persen jumlah kekhawatirannya yang benar-benar terjadi atau berapa persen yang sebenarnya hanya masalah yang terpikirkan dan dikhawatirkan tetapi nyatanya tak pernah terjadi. Mungkin sudah bisa dipastikan, bahwa 95% jumlah kekhawatiran Anda itu dalam setahun ternyata tak pernah terjadi.

peter20griffen

Jika Anda gunakan komputer, berilah tanda silang atau sekalian siapkan bom animasi untuk mengebom tulisan tiap kekhawatiran.

121

Gambarannya dikemukakan berikut ini.

s-belen-kotak-kekhatiran-3Atau begini:

s-belen-kotak-kekhawatiran-2

Jika Anda tertarik, selamat mencoba! Sukses selalu buat Anda!

Iklan

ibpI5li7kjnRD9

Sakit kanker

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

sano-serang-sel-kanker

Kartu nama Yuni

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: