Mengapa Anda harus mematikan HP dalam pesawat terbang?

Dalam pesawat terbang tanda ini jauh lebih penting bagi kelangsungan hidup Anda daripada tanda dilarang merokok

Mengapa pembicaraan penting tak dilakukan sebelum masuk ke dalam pesawat terbang? Inilah sikap egois yang dapat membunuh orang lain dan dirinya.

Jika ada penumpang yang masih menggunakan HP waktu pesawat hendak tinggal landas, terbang, dan mendarat, langsung saja saya tegur dengan tegas. Sekali seorang pria mau ajak berkelahi setelah saya tegur tiga kali. Saya siap melayani dia demi keselamatan dirinya, saya, seluruh penumpang, dan awak pesawat.Ia baru mematikan HP setelah keluarganya berbicara dalam bahasa yang tak saya mengerti.


Tampang keren tak selalu menunjukkan tingkat pengetahuan dan daya nalar yang sepadan

Sekali seorang TKI yang masih berbicara waktu pesawat sudah standby melakukan running untuk take off. Ia kemudian mematikan sambil menunjukkan sikap tak bersahabat. Waktu pesawat mendekati ujung landasan untuk mendarat ia hidupkan HP dan berbicara dengan temannya yang menunggu di terminal. Saya kalah cepat menegurnya.

Kita semua menitipkan nyawa kita kepada pilot dan pesawat terbang. Menjaga keselamatan adalah tanggung jawab bersama. Tidak ada pengecualian karena toleransi kepada pengecualian membawa risiko musibah dan kematian.

Sekali seorang bapak yang tampak seperti seorang terpandang yang duduk di sampingku menelepon dengan HP waktu pesawat sedang terbang. Langsung saya tegur dan ia tampak seolah-olah mematikan HP-nya, tapi saya curiga ia hanya berpura-pura. Tiba-tiba ada nada dering telepon. Langsung saya tegur dengan keras. Pak, mengapa bapak tetap ngotot? Jika pesawat ini jatuh bukan hanya saya yang mati tapi bapak juga akan mati. Akhirnya, ia matikan dan selama penerbangan wajahnya tampak kesal terhadapku. Umumnya penumpang lain hanya menoleh untuk melihat sang pelanggar tetapi diam saja. Selama ini saya hanya pernah menyaksikan seorang ibu yang berani menegur penumpang di depannya yang masih menggunakan HP waktu pesawat hendak lepas landas.

Mengapa obrolan tak dituntaskan waktu masih di darat? Orang ini tolol tak mengerti hukum fisika yang bekerja pada HP.

Banyak orang Indonesia bersikap dan bertindak masa bodo dan ternyata bodoh benaran. Apakah mereka sangka pengumuman pramugari berkali-kali itu hanya mainan? Pengumuman pramugari yang sudah rutin dan klasik itu sama saja dengan pengumuman pesawat-pesawat asing yang terbang ke luar negeri. Hanya terjemahan lurus dari bahasa Inggris Apakah maskapai penerbangan kita tidak bisa lebih arif untuk membuat pengumuman yang cocok dengan bahasa dan sikap ngotot dan ‘bodoh’ orang Indonesia? Apakah tak bisa pengumuman itu disesuaikan dengan daya tangkap banyak orang Indonesia yang kalah jauh dengan masyarakat negara maju? Masyarakat lebih mengenal istilah HP daripada ponsel atau telepon genggam. Kebanyakan penumpang Indonesia yang naik pesawat terbang tidak mengerti penjelasan bahwa penggunaan telepon genggam dan alat elektronik lain akan mengganggu sistem komunikasi dan navigasi pesawat. Apa maksudnya sistem komunikasi? Apa maksudnya navigasi? Mengapa tidak bilang lagi bahwa jika Anda ngotot menghidupkan pesawat, pesawat dapat jatuh atau meledak di udara atau meledak walaupun dalam posisi tak terbang.

Banyak peralatan bekerja dengan gelombang elektromagentik

Sejak Anda menginjakkan kaki ke dalam sampai melangkah ke luar dari pesawat udara, HP Anda harus dimatikan. Mengapa ? Jelaskan saja bahwa komputer dan banyak peralatan pesawat ini banyak sekali bergantung kepada gelombang radio atau gelombang elektromagnetik untuk menjalankan berbagai tugas atau fungsi, termasuk berkomunikasi dengan menara kontrol, navigasi atau penerbangan, dan pengaturan udara di dalam kabin. Jika HP Anda tetap hidup, walaupun Anda tidak menerima atau mengirim SMS atau bertelepon, signal elektromagnetik HP tetap dipancarkan. Tujuannya adalah memberitahu komputer di jaringan selular bahwa HP dalam keadaan aktif dan dapat dihubungi. Karena itu, sebaiknya waktu check in petugas harus menanyakan apakah ada HP dan alat elektronik yang berada dalam bagasi dan jika ada apakah sudah dimatikan. Mengapa hal ini penting? Karena jika HP dan alat elektronik itu masih hidup tetap saja gelombang elektromagentik dipancarkan. Bahayanya sama dengan jika alat-alat itu dibawa penumpang ke kabin.

Seandainya HP dimatikan pesawat tak bakal meledak. Dalam dunia penerbangan tak ada toleransi, satu inci sekali pun, kepada sikap ‘seandainya’

Sebelum pesawat bergerak ke landasan untuk take off dan waktu pesawat berjalan menuju apron setelah mendarat, pilot tetap berkomunikasi dengan menara kontrol. Alasan yang lain yang perlu dikemukakan adalah dalam kabin yang tertutup dengan padat dan simpang siurnya gelombang elektromagetik yang digunakan oleh komputer dan peralatan pesawat, sekian banyak HP penumpang yang dihidupkan dan dipakai untuk mengirim dan menerima SMS serta untuk bertelepon mengkibatkan semakin banyak gelombang elektromagnetik dapat terjebak dalam tubuh pesawat yang tertutup. Karena, gelombang elektromagnetik dapat terjebak dalam ruang tertutup yang penuh dengan logam, baik logam dalam pesawat dan logam yang ada dalam koper dan tas penumpang dan kargo. Gelombang yang terjebak ini mudah menyebabkan HP atau pesawat meledak. Karena itu, para peneliti gelombang HP melarang penggunaan HP karena dapat mengakibatkan HP atau pesawat meledak walaupun pesawat dalam posisi berhenti dan berjalan menuju ke landasarn pacu atau dari landasan ke apron.


Bayangkan apa jadinya jika komputer pesawat ‘hang’ seperti terjadi pada laptop Anda gara-gara ulah menumpang tak mematikan HP!

Kalau Anda ngotot memakai HP di mobil pribadi, bus, kereta api, atau di ruang pertemuan, risikonya amat kecil. Tapi, jika tetap ngotot memakai HP dalam pesawat terbang, Anda benar-benar makhluk yang tidak hanya bodoh tetapi juga biadab. Anda tak berbeda dengan seorang penjahat yang membuat orang lain terbunuh dan Anda sendiri bunuh diri karena kebodohan dan sikap keras kepala Anda.

Iklan

900x900px-LL-220dee17_AD8pjIu

Sakit ambeien

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

sano-sembuhkan-ambeien

Kartu nama Yuni

Tag: , , , , , , , , , , , , ,

10 Tanggapan to “Mengapa Anda harus mematikan HP dalam pesawat terbang?”

  1. allen Says:

    iya saya memang selama ini bertanya-tanya dan selalu mencari jawabannya mengapa tidak boleh menghidupkan HP atau alat2 lain di pesawat. dan ternyata yg selama ini saya pikirkan sama dengan yg sy baca ya… hmmm, makasih ya, sekarang sudah tambah jelas deh. tapi kayaknya terlalu kasar cara ngasi tahunya, akan lebih baik bahasanya yang halus dikit…. kita pasti ngerti kok mskipun dengan cara halus, kan udah jelas kata2nya, mudah dipahami. thank u mbak pramugari..

  2. Tri Setyo Wijanarko Says:

    buat orang awam memang nggak tau kalo hp yang kecil itu bisa membuat pesawat yang gede dalam bahaya. tapi apa benar hp membahayakan atau nggak? ini masih diperdebatkan karena sampai saat ini sepertinya belum ada kecelakaan pesawat karena gangguan sinyal hp.

    yang dikhawatirkan dari hp yang dinyalakan adalah mengganggu perangkat navigasi dan komunikasi dalam pesawat.. misal saat take off ataupun landing, pilot akan terus berkomunikasi dengan ATC (Air Traffic Controller). Dengan adanya sinyal elektromagnetik dari hp, komunikasi keduanya akan terganggu karena akan terdengar suara treett.. treett.. dreett.. ya seperti itu lah, sehingga pilot tidak bisa mendengar dengan jelas apa yang diperintahkan ATC kepada si pilot ini.. akibatnya bisa dipikirin sendiri lahh..

    saya cukup jengkel, terkadang yang bikin ulah buat ngidupin hp itu malah orang yang punya intelektual, punya jabatan tinggi, tapi nggak tau otaknya dimana. bener2 orang yang sombong..

    pernah sekali saya menegur bapak2 yang duduk disamping saya (sepertinya pegawai pemerintahan yang habis dinas), waktu itu saya naik Lion Air dengan rute JOG-CGK. bapak itu masih aja smsan saat pesawat udah mulai pushback, saat pesawat udah taxi menuju landasan pacu juga masih betah smsan. akhirnya saya tegur untuk mematikan hp-nya, saya tau dia berpura2 mematikannya. lalu saya bilang ke mbak mugarinya yang kebetulan duduk tepat di depan saya dan berhadapan dengan saya. saya minta mbak pramugari bilang ke pilot untuk kembali ke apron jika bapak2 itu nggak mau mematikan hp-nya. akhirnya pramugari menegur dengan keras bapak itu dan akhirnya mematikan hp-nya.
    saya heran, apa nggak bisa matiin hp selama perjalanan yang cuma 50 menit saja…

    • S Belen Says:

      Saya bangga atas keberanian dan konsistensi Anda untuk menegur sang bapak penggede yang berotak tumpul dan berhati batu. Saya tak kunjung mengerti mengapa begitu banyak penumpang terburu-buru menghidupkan HP untuk menyampaikan berita kepada penjemput bahwa pesawat telah mendarat dengan selamat. Kan penjemput itu bisa mendengar pengumuman atau membaca tayangan di bandara. Banyak orang kita yang berlagak sok sibuk, sok penting dan yang menjengkelkan memang benar-benar bandel alias stubborn.

  3. Rexo Says:

    Agak terlalu berlebihan menurut saya dengan kata-kata bahwa menggunakan HP dapat berakibat meledak walaupun dalam posisi tak terbang. Kalo menurut saya sih HP tidak akan membuat pesawat meledak.. apalagi jika di darat.

    HP dilarang digunakan setau saya karena bisa mengganggu kerja instrumen di cockpit pesawat yang masih menggunakan jarum.

    Untuk pesawat yang sudah menggunakan glass cockpit (memakai LCD cockpitnya) seperti gambar di atas, HP boleh digunakan..
    Gosipnya saja di pesawat B773 garuda yang akan datang sudah bisa menggunakan HP hanya sebatas sms dan internet saja. Berita di http://ruangberita.com/kita-bisa-sms-dan-internetan-di-pesawat-garuda/

    Dan yang terakhir…
    “Bayangkan apa jadinya jika komputer pesawat ‘hang’ seperti terjadi pada laptop Anda gara-gara ulah menumpang tak mematikan HP!”

    Komputer pesawat tidak menggunakan buatan M*******t.. yang sering sekali Blue Screen Of Death (BOSD). Jadi software komputer pesawat sudah dirancang sedemikian rupa sehingga tidak akan Hang.. walaupun ada yang memakai HP.

    jadi tidak ada kaitannya komputer pesawat dengan HP.

    Mohon maaf jika ada kesalahan kata. Artikel yang bagus untuk seorang awam.

    • S Belen Says:

      Dear Rexo,

      Terima kasih atas tanggapannya yang berguna bagi para pengguna pesawat terbang yang kian melonjak jumlahnya di tanah air sekarang.

      Menggunakan HP dalam ruang tertutup pesawat terbang yang berisi berbagai jenis logam dalam tubuh pesawat dan perabotnya serta logam dalam koper dan tas penumpang dapat membuat terjebaknya gelombang elektromagnetik dari HP para penumpang. Gelombang yang terjebak atau terkonsentrasi ini dapat menghasilkan tekanan yang membuat pesawat dapat meledak.

      Penjelasan ini saya baca dari hasil penelitian para ahli tentang dampak HP di negara-negara Barat. Dan, menurut seorang ibu ahli peneliti dalam tim ini ia sama sekali tidak menggunakan HP dalam mobil karena aneka-logam dalam mobil membuat gelombang elektromagnetik dari HP terjebak dan terkonsentrasi dan dapat berakibat meledaknya mobil.

      Ini adalah pendapat para ahli dan kita perlu mencari data yang membuktikan kebenaran pendapat ini dari kasus-kasus yang terjadi di berbagai belahan dunia. Terkadang seruan para ahli tidak didengarkan dan kasus lumpur Lapindo adalah contoh kecerobohan teknisi yang tidak mau mengikuti saran para ahli.

      • Rexo Says:

        Ya mungkin memang ada benarnya hubungan ruangan tertutup, HP, dan benda logam bisa menyebabkan ledakan.

        Tapi sampai saat ini saya belum pernah membaca ada pesawat meledak gara-gara penumpang yang menggunakan HP..

        Tapi bukan berarti menggunakan HP diperbolehkan..

        Sebaiknya patuh pada segala aturan yang ada..

  4. edison syufi Says:

    Terima kasih atas penjelasannya mba pramugari sehingga saya dapat mengerti dan memahami dengan jelas mengapa ada larangan penggunaan hp di atas pesawat terbang……….dan saya pikir hal ini sangat berguna bagi masyarakat indonesia yang sok tau….tp klu bisa penjelasannya menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

  5. afif Says:

    menghidupkan alat Gps di pesawat apakah boleh? mohon informasinya.

  6. stanley Says:

    Smartphone sekarang jauh lebih berbahaya lagi karena selain sensor aktif, mereka juga menggunakan GPS terintegrasi dan selalu aktif memancarkan gelombang elektromagnetik untuk mencari dan mengubah band.

  7. it_abal-abal Says:

    Berikut contoh kasus gangguan HP & alat elektronik lainnya terhadap pesawat terbang :
    1. Pesawat CROSSAIR nomor penerbangan LX498 selepas landas dari Bandara
    Zurich Swiss, mengalami gangguan kemudi, menukik dan jatuh menewaskan
    10 penumpang.

    2. Pesawat SLOVENIA AIR menuju Sarajevo mendarat darurat, karena HP aktif di Bagasi mengganggu navigasi (alarm di kokpit).

    3. Pesawat 747 QANTAS saat akan mendarat (Final Approach) di Bandara
    Heathrow London, tiba-tiba miring dan mendaki lagi setinggi 700 kaki,
    karena 2 CD Player, Electrik Game pada posisi aktif.

    4. Seorang Tentara Arab berpangkat Kapten dihukum cambuk 70 kali karena kedapatan menyalakan HP di dalam pesawat.

    5. Seorang Teknisi Inggris dijebloskan dalam penjara karena menolak permintaan Pramugari British Airways untuk mematikan HP.

    Berikut gangguan HP dalam bentuk-bentuk lain :
    1. VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tidak terdengar.

    2. Arah terbang melenceng.

    3. Indikator HIS (Horizontal Situational Indicator) terganggu.

    4. Gangguan System Navigasi.

    5. Gangguan Frekuensi Komunikasi.

    6. Gangguan Indikator Bahan Bakar.

    7. Gangguan System Kemudi Otomatis.

    8. Gangguan arah Kompas (karena Komputer, CD, Game).

    9. Gangguan indicator CDI (Course Deviation Indicator) karena Gameboy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: