Apa gaya belajarku? Otak kiri, otak kanan, atau kombinasi?


Klik 2 x pada foto penari di atas agar tampak bergerak! Amatilah beberapa menit, lalu jawablah pertanyaan berikut ini!

Apa yang Anda lihat? Apakah Anda melihat penari ini berputar ke arah kanan (searah jarum jam) atau ke arah kiri (berlawanan dengan arah jarum jam)?

Jika Anda melihat ia berputar ke kanan, berarti Anda lebih banyak menggunakan belahan kanan otak Anda. Sedangkan, jika Anda melihat ia berputar ke kiri, berarti Anda lebih banyak menggunakan belahan kiri otak Anda.

Terbanyak dari kita akan melihat penari berputar ke kiri. Walaupun, Anda dapat mencoba melihat dengan serius, penuh konsentrasi, dan terfokus dan mengubah pendapat Anda. Apakah Anda dapat melakukannya? Klik 2 x pada gambar sekali lagi!

Inilah hanyalah tes awal untuk menggugah Anda berpikir. Untuk mencari tahu kira-kira Anda bergaya belajar otak kiri, otak kanan, atau kombinasi.

Fungsi-fungsi (tugas) dasar belahan otak kiri dan kanan


(Sumber gambar: www.ideachampions.com)

Amatilah gambar ini! Gambar ini memperlihatkan perbedaan antara otak belahan kiri dan otak belahan kanan.

Sekarang, amatilah perbedaan antara fungsi otak kiri dan otak kanan berikut ini!

Otak kiri ANALITIS : Terpecah jadi detail-detail & bagian-bagian komponen. Tidak peduli kepada keseluruhan.

Otak kanan PANDANGAN UMUM: Melihat seluruh gambar besar. Mengaitkan seluruh situasi. Tidak memandang detail. Memadukan.

Otak kiriFOKUS: Memusatkan perhatian kepada detail kecil. Membidik ke area aktivitas yang kecil.

Otak kanan MENYEBAR: Ke seluruh area yang luas. Tak terkonsentrasi di satu tempat.

Otak kiri SERIAL: Sepotong demi sepotong, berurutan. Auditif. Logika. Bahasa. Matematika.

Otak kanan SIMULTAN: Hubungan spasial. Visual. Manajerial. Mengerjakan banyak pekerjaan serentak.

Otak kiri COBA: Kontrol & berupaya secara sadar. Ego. Ekspresi. Perjuangan.

Otak kanan REFLEKS: Insting pertahanan diri. Impuls. Bawah sadar. Reseptif (menerima).

Otak kiri MEMERINCI: Memahami sesuatu langkah demi langkah & bagian demi bagian.

Otak kanan SINTESIS: Menyatukan segala sesuatu bersama-sama untuk membentuk keseluruhan.

Otak kiri TEMPORAL (WAKTU): Memperhatikan waktu, meruntut sesuatu satu demi satu.

Otak kanan NON-TEMPORAL: Tak mau tahu tentang waktu.

Otak kiri LOGIS: Menarik kesimpulan berdasarkan logika; urutan logis misalnya pada sebuah teori matematika atau karangan.

Otak kanan INTUITIF: Membuat lompatan wawasan & berpikir, sering berdasarkan pola tak lengkap, prasangka, perasan, atau citra visual.

Perbandingan orang bergaya belajar otak kiri dan orang yang bergaya belajar otak kanan

Amatilah perbandingan kecenderungan antara orang bertipe otak kiri dan orang bertipe otak kanan ini! Cobalah, terapkan kepada diri Anda! Apakah Anda tergolong orang bergaya belajar otak kiri atau bergaya belajar otak kanan? Gaya belajar ini sebenarnya cerminan dari gaya berpikir Anda dan semuanya akan terekspresi dalam gaya bekerja Anda.

Sebelumnya, perlu Anda camkan bahwa semua gaya belajar itu baik, tak ada yang buruk. Tiap gaya memiliki kekuatan dan kelemahan. Karena tiap orang itu makhluk spesial, justru perbedaan itulah yang memperkaya dan memperindah kehidupan ini.

Tipe otak kiri cenderung tidak suka berbicara banyak, sedangkan tipe otak kanan adalah orang yang komunikatif dan dapat dijuluki ”mesin bicara” atau ”kotak bicara.”

Tipe otak kiri cenderung mengepak berhari-hari sebelum berangkat, sedangkan tipe otak kanan mengepak pada menit-menit terakhir.

Tipe otak kiri suka membuat rencana dan persiapan, sedangkan tipe otak kanan tak suka perencanaan, malah cenderung tak ada yang direncanakan, dipersiapkan, atau dipikirkan.

Tipe otak kiri senang kepada kerangka / daftar / grafik, sedangkan tipe otak kanan suka pemetaan pikiran (mindmapping) / ringkasan / ikhtisar.

Tipe otak kiricenderung kompulsif (suka memaksa) / akurat, sedangkan tipe otak kanan cenderung puas dengan apa yang sudah dicapai dan kurang teliti.

Tipe otak kiri cenderung kompetitif (suka bersaing), sedangkan tipe otak kanan cenderung kooperatif dan fleksibel.

Tipe otak kiricenderung sangat teratur dan rapi, sedangkan tipe otak kanan cenderung tidak teratur dan tidak rapi.

Tipe otak kiri biasanya tepat menyelesaikan tugas / tepat waktu, sedangkan tipe otak kanan cenderung suka menunda, tampak ’kacau’, dan biasa datang terlambat.

Tipe otak kanan cenderung mengikuti pola yang sudah ada, sedangkan tipe otak kanan suka menjelajah atau melakukan eksplorasi.

Tipe otak kiriadalah orang yang perfeksionis (menuntut yang sempurna), sedangkan tipe otak kanan sering mengatakan, saya tak menuntut 100% dan kalau ada yang salah tak apalah.

Tipe otak kiri suka menyalahkan orang lain, sedangkan tipe otak kanan suka mengatakan, ”Tak apa-apalah, semuanya selalu bisa ditingkatkan.”

Tipe otak kiri biasanya bisa cepat membuat keputusan, sedangkan tipe otak kanan cenderung tidak bisa memutuskan / terombang-ambing.

Tipe otak kiri cenderung selektif dalam memilih kawan, sedangkan tipe otak kanan senang bersosialisasi / memiliki banyak teman.

Tipe otak kirisuka tidak percaya, butuh bukti, sedangkan tipe otak kanan suka cepat mempercayai dan tak perlu bukti.

Tipe otak kiricenderung mudah khawatir / stres, sedangkan tipe otak kanan suka tak merasa khawatir / tidak mudah stres.

Tipe otak kiri suka bekerja selangkah demi selangkah (mengikuti prosedur dan sistematis), sedangkan tipe otak kanan suka melakukan improvisasi dan loncatan kreatif.

Tipe otak kiri cenderung berpikiran tunggal kepada tugas, sedangkan tipe otak kanan berpikiran yang bercabang-cabang saat mengerjakan berbagai hal.

Tipe otak kiri suka melakukan satu tugas pada satu waktu, sedangkan tipe otak kanan suka melakukan beberapa tugas sekaligus pada waktu yang sama.

Tipe otak kiri suka memperhatikan detail , sedangkan tipe otak kanan suka ikhtisar, gambaran garis besar.

Tipe otak kirisuka / butuh instruksi terinci, sedangkan tipe otak kanan lebih suka pengarahan umum

Tipe otak kiri suka mengikuti resep saat masak, sedangkan tipe otak kanan adalah koki kreatif, suka mengubah-ubah resep.

Tipe otak kirisuka rapi dan teratur mengatur barang (kamar, lemari, dan meja kerjanya rapi), sedangkan tipe otak kanan adalah orang yang kurang rapi dan tak teratur (kamar, lemari, dan meja kerjanya berantakan).

Tipe otak kiri cenderung logis dan suka merenung, sedangkan tipe otak kanan biasanya intuitif dan suka bertindak spontan.

Tipe otak kiricenderung serius / bersungguh-sungguh, sedangkan tipe otak kanan suka bersenang-senang, cenderung pelupa.

Tipe otak kiricenderung menjadi spesialis, sedangkan tipe otak kanan cenderung menjadi generalis.

Termasuk tipe atau gaya belajar apakah Anda?

Jika lebih banyak ciri tipe otak kiri cocok dengan Anda, berarti Anda adalah orang yang bergaya belajar otak kiri. Jika sebaliknya, lebih banyak ciri otak kanan cocok dengan Anda, berarti Anda adalah orang yang bergaya belajar otak kanan. Namun, mungkin juga hampir seimbang ciri tipe otak kiri dan kanan cocok dengan Anda. Berarti Anda adalah orang yang bergaya belajar kombinasi. Kombinasi otak kiri dan otak kanan.

Analoginya kira-kira begini. Kalau ada makanan enak di sebelah kiri, Anda ke kiri. Tapi, lihat-lihat eh ada makanan enak di sebelah kanan, Anda beralih pindah ke kanan. Di proyek sebelah kiri dibagikan honor tinggi, Anda lari ke kiri. Eh, ternyata di proyek sebelah kanan dibagikan juga honor yang malah lebih tinggi. Anda langsung berlari ke kanan. Orang bergaya belajar kombinasi biasanya lebih memahami orang bertipe kiri dan bertipe kanan. Dan, banyak jenius justru adalah orang bertipe kombinasi.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber & literatur tentang otak. Banyak gagasan yang memperjelas dari Robert Zenhausen, dikutip Barbara Prashnig, The Power of Learning Styles, 1998, 2007.

Sumber foto ‘dancer’: www.news.com.au

Iklan


alison-brie-high-five

Parkinson

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

sano-sembuhkan-parkinson

Kartu nama Yuni

Tag: , , , , ,

13 Tanggapan to “Apa gaya belajarku? Otak kiri, otak kanan, atau kombinasi?”

  1. H. I Gede Mendera Says:

    INFORMASI YANG SANGAT BERGUNA BAGI PARA PENDIDIK AGAR TIDAK MUDAH MENGHAKIMI SISWA PEMALAS ATAU TIDAK PERHATIAN TERHADAP PELAJARAN

    • S Belen Says:

      Benar sekali. Guru sering persalahkan siswa malas belajar, padahal penyebabnya adalah guru. Kotbah yang baik kepada orang dewasa biasanya berlangsung 15 menit. Lebih dari itu umat akan terkantuk-kantuk atau ngelamun. Jika guru pada tiap pelajaran berceramah sampai 30 menit, ya keterlaluan, jelas anak tidak berkonsentrasi dan mulai berulah. Konsentrasi anak hanya sekitar 5 – 10 menit. Lebih dari itu, yang masuk dari telinga kiri langsung keluar dari telinga kanan. Di dunia ini sebenarnya tidak ada masalah belajar. Yang ada hanyalah masalah mengajar. Solusinya? Pendekatan belajar aktif!

  2. wayan Says:

    hm.. menurut saya gambar itu bergerak kearah kanan (searah jarum jam) kuncinya ada di tumit, bisa diperhatikan tumitnya si cewek geraknya ke arah kanan, memang sekilas jika mata kita terfokus ke arah badan ke atas akan keliatan ke arah kiri bahkan bisa ke dua arah bergantian, cobalah fokuskan ke arah tumit penopang,..
    salam kenal

  3. amien hanantio Says:

    sesudah berulang kalo di lihat, dari atas maupun bawah, buat gw terlihat berputar ke kanan, gw melihat dari arah kaki yg d angkat dan gerakan kepala. untuk tipe otak. gw cendereung ke kanan, walaupun ada beberapa yg cenderung kiri, contohnya bicara, gw tipe otak kanan, tapi gw jarang bicara banyak. untuk yg lain gw setuju.
    permasalahannya apakah benar orang bergaya belajar kanan cenderung menjadi generalis? sedangkan di jelaskan bahwa orang bergaya kanan kreatif dan suka menyimpang dari tuntunan ato lebih tepatnya berexplorasi. apakah cocok orang bertipe kreatif menjadi generalis bukan specialis?

  4. Ayanami Says:

    Aq liatnya bergerak ke kanan…

  5. yogi handoko Says:

    nah, artikelnya kan utk menyikapi kalau memakai otak kiri or otak kanan bukan?
    aku bisa melihat wanita itu berputar searah dan tdk searah sekaligus.. gmn dunk..?

  6. diah utari Says:

    mnrutq penari itu seimbang bergerak ke kanan dan ke kiri. lalu artinya apa ya??

    • S Belen Says:

      Kalau Anda melihat penari itu bergerak mengikuti arah jarum jam berarti Anda sedang menggunakan belahan kanan otak Anda. Kalau terbalik dari arah jarum jam berarti Anda sedang menggunakan belahan kiri otak. Kalau Anda melihat seimbang bergerak ke kiri dan ke kanan berarti Anda mungkin termasuk orang yang bergaya belajar kombinasi otak kiri dan otak kanan. Di dunia ini banyak orang yang bergaya belajar kombinasi otak kiri dan otak kanan menjadi genius.

      Bravo

  7. exobonk Says:

    waw, ijin copas buat catatan ane !!!!!
    Ane lebih cenderung kanan (dominan abis) !!!!

  8. Rara Says:

    Ga ngerti sama tu gambar ..
    3 detik ke kiri 3 detik ke kanan lagi

    Tapi aku pas lihat gambarnya lebih banyak ke kanan, walaupun ada kirinya..

    Saya ke otak tengah

  9. tommy Says:

    pertama saya melihat ke kanan dan kemudian setelah beberapa saat saya melihat ke kiri

  10. Gen Says:

    Cuih hoax. Itu gambar ada intervalnya, bisa muter ke kanan ama kiri

  11. Indriyana Igirisa Says:

    Coba kalian lihat ke arah bayangan kakinya, kalian bisa ngelihat dia berputar ke kanan dan ke kiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: