Pembunuhan sadis di Menteng & tips menjaga keamanan rumah Anda

Menjaga rumah Anda dengan senjata: Apakah aman? (Sumber foto: img.radio.cz)

Pelaku perampokan disertai pembunuhan mantan Kepala Bapeksta Ditjen Bea Cukai Departemen Keuangan Hamonangan Hutabarat (70) dan istrinya Marinta H Simatupang (67) serta Santi (17) pembantunya telah diamankan di Mapolres Metro Jakarta Pusat. (www.elshinta.com). H Hutabarat ditemukan dalam kondisi tertelungkup, sedang sang istri dalam kondisi telentang, keduanya terbujur kaku di ruang tamu. Dan, pembantu rumah ditemukan ditemukan di tempat terpisah, di dekat pintu keluar. Diduga pelaku hendak menyeret Santi. (Sumber: Hermawan.Net). Pelaku adalah Petugas Linmas Kelurahan Menteng, Jakpus yang kantornya berjarak sekitar 50 meter lokasi kejadian kejadian di Jalan Tegal No. 15 Menteng.

Berawal dari barang bukti pisau yang identik dimiliki oleh Petugas Linmas, polisi mengamankan semua Petugas Linmas yang piket pada saat kejadian. (der: www.elshinta.com). Dugaan sementara motif tersangka adalah untuk menguasai harta korban akibat terdesak kebutuhan ekonomi. Beberapa saksi menuturkan sekitar pukul 04.00 WIB, Sabtu 2/8/2008, terdengar suara ribut seperti orang berkelahi. Sedangkan, menurut tersangka, ia hanya ingin menguasai harta korban. Namun, aksinya tertangkap basah oleh para koban sehingga ia gelap mata dan membunuh ketiganya dengan sebilah sangkur.

Dari tangan tersangka petugas menyita perhiasan korban serta satu unit alat elektronik dan telepon genggam. Sedangkan dalam loker Nendi, polisi menemukan emas yang diduga milik korban. Polisi juga menyita sangkur yang diduga digunakan membunuh. (www.liputan6.com).

Kita turut bersedih menyaksikan peristiwa sadis tak berperikemanusiaan ini. Peristiwa seperti ini terus saja terulang dengan modus operandi yang hampir sama.

Berikut kami sajikan beberapa tips untuk melindungi rumah, keluarga, dan harta Anda, terutama bagi yang tinggal di kota besar.

  1. Bangun ‘tembok’ lingkaran keamanan pertama. Perlakukan pembantu Anda seperti anggota keluarga. Perlakukan secara adil tukang rumput, tukang batu, tukang kayu, atau siapa saja yang sering Anda panggil untuk menggunakan jasanya. Ini adalah lingkaran keamanan yang pertama.
  2. Bangunlah ‘tembok’ lingkaran keamanan kedua. Janganlah bangun pagar tembok tinggi. Jika terjadi perampokan, tak ada tetangga yang mendengar teriakan Anda.

Pagar besi baja tak akan mempan terhadap perampok.Membangun ‘pagar’ manusia, ‘pagar’ hubungan baik dengan orang-orang di lingkungan Anda jauh lebih ampuh.

  1. Tak perlulah Anda memelihara anjing herder atau membayar Satpam guna menjaga rumah Anda, jika Anda berbaik-baik dengan tetangga.
  2. Bangunlah ‘tembok’ lingkaran keamanan ketiga. Berbaik-baiklah dengan penjaja sayur, bakso, roti, eskrim, rujak, dan skoteng. Jangan pernah sakiti hati mereka. Jika lebaran atau Natal tiba, berilah hadiah seperti THR berupa barang atau uang bagi sesama yang bertahun-tahun berjasa bagi Anda.
  3. Berbaik-baiklah dengan Satpam kompleks. Kadang-kadang berilah tips uang rokok atau uang kopi ketika Anda bersua dengannya waktu berkeliling menjaga keamanan.
  4. Berbaik-baiklah dengan tukang ojek di wilayah perumahan Anda.

Inilah strategi dan pengalaman keluarga kami selama lebih dari 20 tahun. Jika Anda menerapkan strategi keamanan dengan tiga ‘tembok’ lingkaran siaga ini, tak perlu khawatir jika rumah Anda tak dilindungi pagar. Tak perlu khawatir, jika Anda lupa mengunci pintu waktu tidur malam. Tak perlu menutup pintu depan di siang hari. Tak perlu khawatir menaruh barang berharga di halaman rumah Anda.


Strategi ini membuat rumah dan keluarga Anda aman, sekaligus Anda sekeluarga menjadi orang yang disayangi orang-orang kecil-sederhana yang sama-sama berjuang mencari nafkah di kota besar.

Tag: , , , , ,

Satu Tanggapan to “Pembunuhan sadis di Menteng & tips menjaga keamanan rumah Anda”

  1. Marwan Says:

    Yang penting menjaga pagar diri dengan iman. He….he….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: