Belajar aktif dalam Pelatihan Pendidikan di Masa Darurat: Oleh-oleh dari Makassar

Tanggal 16 – 21 Juni 2008 kami mengikuti Pelatihan Pendidikan di Masa Darurat di Makassar, bersama teman-teman aktivis LSM Save the Children UK, aktivis LSM lokal, dan pejabat dinas pendidikan dari Maluku Utara, Maluku, Jogjakarta, dan NTT, dan pengembang kurikulum dari Pusat Kurikulum Balitbang, Jakarta. Fokus pelatihan adalah mengenal dan mendalami ciri-ciri keadaan darurat akibat bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, banjir dan tanah longsor serta bencana sosial akibat kerusuhan dan perang. Bantuan apa dan bagaimana bantuan pendidikan harus segera diberikan kepada anak-anak. Sasaran yang diprioritaskan adalah anak balita dan anak SD, yang paling rentan terhadap risiko kekurangan gizi, terserang penyakit menular, dan terutama terkena trauma psikis serta pelecehan seksual, bahkan perkosaan.

Pelatihnya adalah trainers dari Save the Children UK yang sudah berpengalaman terjun ke daerah bencana, seperti Kabupaten Belu, NTT (pengungsi Timor Timur), Ambon, Aceh, Maluku Utara, dan Jogjakarta. Mereka pun berpengalaman membantu penanganan bantuan pendidikan, berupa dimulainya Safe Place Area (SPA) atau tempat khusus yang aman, sekolah darurat atau sekolah tenda, dan proses pemulihan kembali ke kondisi pendidikan formal yang normal.

Penyajian foto-foto pada lampiran dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa pendekatan belajar aktif seyogianya diterapkan dalam pelatihan orang dewasa. Hal ini sesuai dengan prinsip andragogi (pendidikan orang dewasa). Belajar aktif tidak hanya tepat diterapkan dalam proses belajar-mengajar di sekolah dalam kondisi normal dan pada pendidikan di masa darurat tetapi juga dalam pelatihan orang dewasa untuk beragam tema. Tanpa itu, pelatihan yang didominasi ceramah bakal tak berdampak karena suara yang masuk lewat telinga kiri akan langsung keluar melalui telinga kanan. Boros, percuma, sia-sia. Ingin melihat foto-foto? Silahkan klik di sini! kenangan-foto-dari-makassar

Bernyanyi sambil bergerak sebagai selingan laporan kegiatan. Sikap jaga jarak pejabat dinas pendidikan tertanggalkan dengan sendirinya

Advertorial

296

Migren & vertigo

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

sano-sembuhkan-migren-vertigo

Kartu nama Yuni

Tag: , , , , , , , , , , , ,

2 Tanggapan to “Belajar aktif dalam Pelatihan Pendidikan di Masa Darurat: Oleh-oleh dari Makassar”

  1. San Says:

    salam kenal…. http://gurumuda.wordpress.com

  2. S Belen Says:

    OK, you are welcome. Barusan saya browse blog Anda. Wah, hebat, tentang Fisika. Dalam pelatihan guru akan kudorong para guru Fisika untuk mengunjungi blog Anda. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas dalam waktu dekat akan segera menambah bahan-bahan yang bermanfaat bagi para guru pada website: http://www.puskur.net. Tanggapan Anda soal Fisika tentu ditunggu Puskur. Sukses bagi Anda!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: