Bingung membedakan cinta dan seks?

www.todaysseniornetwork.com)

Pasangan senior di pantai (Sumber foto: http://www.todaysseniornetwork.com)

Woody Allen mengatakan, “Seks tanpa cinta adalah pengalaman kosong, tetapi sejalan dengan perjalanan pengalaman kosong itu, ia akan menjadi yang terbaik.”

Ya, banyak yang mungkin masih bingung. Apa ini cinta? Atau, apa ini hanya sekadar seks? Inilah pertanyaan yang sudah sekian lama ditanyakan kaum wanita kepada terapis. Dan mereka hanya menginginkan satu jawaban. Dapatkah laki-laki benar-benar mendapatkan seks tanpa perasaan-perasaan yang lain? Dan, mengapa laki-laki dan wanita begitu sering tak mampu melihat hal ini dengan jelas?

“Karena banyak wanita bingung tentang seks”, kata ahli seks Alice Haemmerle dalam bukunya A Perfect Mind. “Semua wanita menginginkan keintiman, dan mereka menyamakan keintiman dengan mendapatkan seks. Wanita mencari seorang pasangan dan hubungan, sedangkan bagi lelaki, seks hanyalah sekadar sebuah kebutuhan.”

Selama sebuah episode The Queen Latifah Show , psikolog Dr Grace Cornish mengakui bahwa cinta dan seks membuat kombinasi yang bisa membuat orang bingung.

Ada sebuah adagium bahwa wanita memberi seks hanya untuk merasakan cinta dan laki-laki akan berkata, ‘Aku mencintaimu’ hanya untuk mendapatkan seks”

Para ahli mengatakan, tampaklah bahwa selama momen hebat “O” (orgasme), wanita melepaskan hormon yang disebut oxytocin, hormon ”rangkulan”. Alasannya? Hormon itulah yang menyebabkan wanita menginginkan menjalin hubungan lebih kuat dengan lelaki, dan mendadak merasakan perasaan afeksi, dan bahkan cinta. (Lihat Samantha Brett, Sam and the City: Modern Love: How the Blog Generation Do It, (Harlequin)

(Sumber : blogs.smh.com.au)

Emosi dan otak: cinta

Apakah akhirnya kita telah cukup tahu tentang biochemistry untuk memahami misteri dan magic romantisme?

Stephen Johnson mempublikasikan secara online pada 1 Mei 2003:

Yocelyn Selim, mengatakan, bahwa oxytocin, yang diproduksi sistem limbik otak, dilepaskan pada laki-laki dan wanita pada waktu mengalami klimaks seksual seperti waktu kelahiran dan menyusu. Reseptor yang terletak pada system reward dopamine di otak memperkuat perasaan-perasaan enak yang dibawa oleh aktivitas-aktivitas tersebut. Tetapi oxytoxin, seperti cinta, bekerja dengan cara-cara misterius. Pada wanita, estrogen rupanya memperlancar efek rasa enak oxytocin dengan memoderasi pelepasan adrenaline dan hormon stres yang lain. Testosterone membuat laki-laki lebih menerima responsi melawan-atau-melarikan diri dan menyiagakan efek oxytocin melepaskan stres. ”Walaupun sebab dan akibat sulit dibedakan, oxytocin jelas memudahkan jaringan hubungan sosial, “ kata neuroscientist Jaak Panksepp. “Dan jaringan sosial yang lebih baik berkaitan dengan seluruh kesehatan yang lebih baik dan meningkatnya umur panjang.”

www.bp3blogger.com)

(Sumber:bp3.blogger.com)

Mengapa tikus padang kutub (praire voles) jatuh cinta?

Kapasitas biologis cinta adalah cara otak menyiapkan turunan yang lahir mungil dan tak berdaya dan memiliki harapan teramat kecil untuk bertahan hidup. Hal ini muncul dalam hubungan sosial – antara orang tua dan anak, antar-orang tua, antara anggota-anggota keluarga yang menolong memelihara anak. Perekat yang mempertahankan hubungan itu agar tetap kuat adalah perasaan senang dan berharga serta kepuasan bahwa otak kita membimibng kita waktu kita masuk ke dalam hubungan cinta.

Cinta adalah bahan inti yang merekatkan terdapat pada manusia dan tikus padang kutub. Karena, cinta adalah sumber sekian banyak prestasi kreatif tertinggi, kita suka berpikir bahwa perasaan itu sendiri benar-benar unik. Namun, kesamaan kimia otak dan kesamaan perilaku – menunjuukan bahwa sekurang-kurangnya suatu bagian intoksikasi cinta dialami oleh mamalia yang lain. (Lihat abstrak tentang riset oxytocin pada www.oxytocin.org/oxytoc/index.html.

Nina Munteanu, penulis film seri dan ekolog pada 27 September 2007 menulis:

Dalam bukunya “Why We Love: the Nature and Chemistry of Romantic Love”, anthropolog Helen Fisher mengatakan bahwa bahan biologis / kimiawi dopamine berperan dalam cinta.

Menurut Fisher dan ahli-ahli lain, proses cinta mirip dengan ketagihan kimiawi. “Dopamine berhubungan dengan semua ketagihan (addictions),” kata Fisher. “Dopamine berhubungan dengan kecanduan, energi yang meninggi, dan memotivasi kita untuk memenangkan suatu reward.” Ia lanjutkan “Kita semua memiliki dorongan seks, dan inilah apa yang membuat kita berusaha mencari seseorang. Namun, pada tahap kedua, cinta romantis, yang membuat kita gembira, merasakan euphoria, dan mulai memfokuskan diri kepada kencan. Pada sirkuit ketiga, pertautan (attachment), muncul sehingga kita dapat belajar memberi toleransi kepada seseorang dari tahap 2 sekurang-kurangnya cukup lama untuk memelihara seorang anak melalui masa bayi.

Oxytocin diproduksi secara alamiah dalam otak, pada hypothalamus, dan dilepaskan ketika sebuah pasangan intim secara fisik. Oxytocin distimulasi oleh sentuhan, pijatan, ciuman, dan saling melayani.Oxytocin meningkat pesat ketika wanita dan laki-laki mencapai orgasme, menghasilkan hubungan yang kuat. Pada wanita hal ini meningkatkan kepercayaan dan serentak memproduksi perasaan bertaut., Oxytocin juga meningkat jumlah sperma laki-laki, memperlancar aliran sperma, dan memperkuat ejakulasi sebagai tambahan untuk memberikan perasaan melindungi. Jalinan keintiman pasangan yang terulang akan memperkuat ikatan mereka.

(Sumber: http://www.cosmos-liturgy-sex.com)

******************

Topik posting yang berhubungan:

Sign of love

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/30/pernak-pernik-cinta-dari-pengalaman-2/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/30/kata-mutiara-tentang-cinta-apakah-cinta-itu-sebuah-misteri/

https://sbelen.wordpress.com/2014/04/29/makna-cinta-di-hari-ulang-tahun-perkawinan-untuk-suami-dan-istri/

https://sbelen.wordpress.com/2014/02/06/kotak-perkawinan/

https://sbelen.wordpress.com/2009/12/29/apa-yang-dapat-dibeli-dengan-uang-seks-tapi-bukan-cinta/

https://sbelen.wordpress.com/2009/05/12/the-secret-of-love-rahasia-cinta/

https://sbelen.wordpress.com/2008/09/07/kahlil-gibran-gaya-bahasa-petualangan-cinta-dan-surat-surat-cinta-dengan-mary-haskell/

https://sbelen.wordpress.com/2008/09/02/kata-mutiara-hari-ulang-tahun-perkawinan/

https://sbelen.wordpress.com/2008/08/13/peribahasa-latin-tentang-cinta/

https://sbelen.wordpress.com/2008/08/06/mutiara-kata-dan-pepatah-tentang-cinta-dan-perkawinan/

https://sbelen.wordpress.com/2008/08/06/mutiara-kata-dan-pepatah-tentang-cinta-dan-perkawinan/

https://sbelen.wordpress.com/2008/08/04/kata-mutiara-cinta-dan-perkawinan/

https://sbelen.wordpress.com/2008/07/21/hidup-tanpa-cinta-ibarat-sebuah-bintang-tanpa-cahaya/

https://sbelen.wordpress.com/2008/07/16/kata-mutiara-perkawinan/

 

Iklan

Frozen-pool-cannonball-dive

Awet muda

Kunjungilah posting ini:

https://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

Sano bikin anda awet muda

Kartu nama Yuni 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: