Daun sirsak + daun nangka = kanker sembuh

Buah dan daun sirsak

Daun sirsak

Catatan: Karena banyak pertanyaan pembaca diajukan kepada kami, kami berusaha menambah informasi pada posting ini. Terutama, menyangkut efek samping dan herbal pendamping lain selain daun sirsak. Seluruh tambahan itu dimasukkan pula dalam file ppt yang bisa di-download. Kami harapkan juga agar pertanyaan pembaca dapat pula dijawab oleh dokter dan herbalis yang kompeten serta oleh pasien yang telah mempraktikkan terapi sirsak atau anggota keluarga atau teman yang memiliki informasi tentang apa yang dialami pasien kanker. Terima kasih. SB

Temanku terserang kanker ginjal. Ia telah menjalani berbagai jenis kemoterapi, mulai dari kemoterapi dalam negeri sampai ke rumah sakit di Guangzou, China dan Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura selama 2 tahun ini. Pernah di-scan di Guangzou, sel-sel kanker dalam tubuhnya telah sirna. Ia dinyatakan telah kembali sehat.

Karena girangnya, ia mengurangi kadar herbal kemoterapi dengan cara terbaik menurut pengobatan China. Akibatnya sel-sel kanker kambuh dan bangkit lagi, dan semakin ganas. Akhirnya, tim dokter memesan obat dari China seharga Rp 67 juta. Inilah obat terakhir. Namun, obat ini akan membunuh sel-sel kanker dan sel-sel sehat. Setelah dikonsumsi obat manjur terakhir ini sekitar seperempat dari seluruh dosis yang disarankan, ternyata kondisinya malah memburuk.

Bersamaan dengan keputusasaan itu, terbit artikel pada Majalah Trubus, 10 – 17 Januari 2011 yang menandaskan bahwa terapi sirsak berkhasiat 10 ribu kali keampuhan kemoterapi.

Akhirnya, temanku ini memilih mengikuti terapi daun dan buah sirsak. Pada waktu ia mulai mengikuti terapi ini, temanku dari Paraguay mengirim email menceritakan bahwa Presiden Paraguay Fernando Lugo terserang kanker tapi kini telah sembuh total karena mengikuti terapi sirsak dan terapi nangka.

Mengapa? Karena air daun sirsak membunuh sel-sel kanker sedangkan air daun nangka menumbuhkan sel-sel baru, meremajakan sel-sel tubuh yang telah rusak.

Karena itu, kombinasi yang manjur adalah mengikuti terapi air daun sirsak dan terapi air daun nangka. Buah sirsak dan buah nangka juga dimakan. Bahkan air rebusan akar dan kulit batang sirsak juga dikonsumsi.

Inilah resep air daun sirsak yang diikuti temanku:

1. Ambil 10 lembar daun sirsak yang matang, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Pada satu tangkai daun sirsak, ambillah daun urutan ke- 4, 5 atau 6.

2. Rebuslah dengan air 3 gelas sampai tersisa 1 gelas. Minumlah 3 x 1 gelas per hari. Kalau ingin masak sekaligus untuk sehari, ya ambil 30 lembar daun sirsak, rebus dengan air 9 gelas sampai tersisa 3 gelas. Simpanlah dalam kulkas.

3. Makan juga buah sirsak. Bisa juga buah sirsak ini dibuat jus. Pak Bambang Ismawan, pendiri dan Pemimpin Umum Majalah Trubus, yang telah mendalami khasiat sirsak ini selama puluhan tahun, bercerita berikut ini. Ketika ikhwal khasiat daun Sirsak itu saya kemukakan kepada seorang penyembuh Akupresure, dia menyatakan  pengetahuan tentang khasiat Sirsak sudah kita ketahui lama, sebenarnya yang  ampuh itu buah sirsak muda, dengan diparut dan diperas. Airnya diminum bagi penderita diabetes karena airnya berkkasiat mengendalikan diabetes.

Khasiat sirsak dari penelusuran kami tidak hanya untuk membunuh sel-sel kanker tapi juga untuk menyembuhkan berbagai penyakit lain. Inilah daftar khasiat sirsak.

1. Membunuh sel-sel kanker pankreas, paru-paru, ginjal, payudara, prostat, dan usus besar, leukemia.
2. Mengeliminasi radikal bebas, mengeringkan sel kanker, menyembuhkan peradangan dalam tubuh, dan terutama meningkatkan stamina pasien agar tubuh tidak lemah.
3. Menyembuhkan peradangan, misalnya radang tenggorokan, usus, pencernaan, ambeien, dan diabetes.
4. Mencegah dan menyembuhkan asam urat
5. Menyembuhkan penyakit kadar kolesterol jahat yang tinggi.
6. Bagi pria, daun sirsak menambah jumlah dan memperkuat sperma.
7. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Karena sirsak berguna juga untuk menjaga ketahanan tubuh, orang yang sehat disarankan minum air daun sirsak dan makan buah sirsak.

Walaupun saya sehat tapi saya minum juga air daun sirsak yang direbus dan teh daun sirsak dari daun yang sudah dikeringkan. Reaksi awal yang saya alami adalah cepat dan berkali-kali kencing. Baik pasien kanker maupun orang sehat cenderung mengalami reaksi awal yang berbeda-beda secara individual setelah mengikuti terapi air daun sirsak. Ada yang merasa tidak nyaman, panas-dingin, perut nyeri, diare, punggung panas, perut terasa mual, nafsu makan tiba-tiba hilang.

Ini adalah reaksi awal. Jangan panik dan jangan menyerah, lalu mempersalahkan air daun sirsak yang menjadi gara-gara. Jika air daun sirsak mulai menyerang sel-sel kanker, sel-sel yang mati ibarat racun yang harus dikeluarkan dari tubuh. Jelaslah keseimbangan tubuh diganggu, sehingga tubuh otomatis mencari keseimbangan baru. Puing-puing sisa sel-sel kanker yang mati pastilah berpengaruh kepada organ tubuh yang lain. Tubuh bereaksi, misalnya suhu tubuh meningkat tajam, badan berkeringat banyak, otot-otot terasa nyeri, metabolisme tubuh seolah “terganggu”, pencernaan mulai menyesuaikan diri. Kalau kita sering kencing atau diare sehingga sering ke toilet, pikirkan saja bahwa sel-sel mati dan racun dalam tubuh kita dikeluarkan melalui air kencing dan faeces (tahi).

Teruskan terapi air daun sirsak. Secara bertahap tubuh akan menyesuaikan diri sehingga konsumsi air daun sirsak menjadi kebiasaan. Cepat atau lambat gejala-gejala awal itu akan berkurang dan menghilang.

Dosis daun sirsak bagi pasien kanker tidak bisa berlaku umum untuk semua orang. Dosis seorang pasien berbeda dengan pasien lainnya sesuai dengan kondisi individual tiap pasien. Sebagai pegangan dapatlah digunakan gambaran umum yang dikemukakan para herbalis. Herbalis Valentina Indrajati, Lina Mardiana, dan dr Paulus Wahyudi Halim menyatakan bahwa dosis daun sirsak bergantung kepada stadium kanker pasien. Lihat ilustrasi di bawah ini yang menggambarkan jumlah daun sirsak basah yang direbus sesuai dengan stadium kanker pasien Daun sirsak yang dikeringkan juga bisa dipakai. Perbedaan dengan daun sirsak segar hanyalah pada daun segar ada air sedangkan pada daun kering air sudah tidak ada. Dosis untuk daun sirsak kering adalh 1,5 kali daun basah. Misalnya jumlah daun basah 10, berarti untuk daun kering berjumlah 15.

.

Dosis menurut stadium kanker

.

Untuk stadium pemula: Mulailah dengan 10 lembar daun sirsak. Lalu, naikkan jumlah daun sirsak 3 – 5 lembar tiap bulan. Pada bulan ke-3 maksimal 21 lembar. Rebus air 3 gelas hingga mendidih dan tersisa 1 atau 1,5 gelas.

Untuk stadium 1 – 3: Mulailah dengan 15 lembar daun sirsak. Lalu, tambahkan 3 – 5 daun sirsak tiap 1 bulan. Pada bulan ke-3 maksimal 31 lembar. Rebus air 4 gelas hingga mendidih dan tersisa 3 gelas.

Untuk stadium di atas 3: Mulailah dengan 21 lembar daun sirsak. Lalu, pada bulan ke-3 digunakan 41 – 50 daun sirsak. Rebus air 5 gelas hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Penggunaan daun sirsak maksimal 70 lembar jika tidak dicampur herbal lain. (Sumber: Sardi Duryatmo / Peliput Desi S Rahimah, “Khasiat dan Aman Sejalan” dalam Majalah TRUBUS 498, Mei 2011 / XLII, halaman 14).

Pohon nangka

Daun nangka

Untuk menyembuhkan pasien sakit kanker, resep daun sirsak saja tidaklah cukup. Perlu juga diikuti resep air daun nangka karena air ini menumbuhkan sel-sel baru dan meremajakan sel-sel yang telah rusak.

Berdasarkan informasi dari Martin Bhisu yang mendapatkan informasi dari Presiden Fernando Lugo, temanku itu kini mengikuti resep air daun nangka sbb: 1. Ambil 10 lembar daun nangka yang matang (tidak terlalu muda).

2. Rebuslah dengan air satu setengah liter (setara 1 botol aqua besar).

3. Didihkan sampai sekitar 70 derajat Celsius, jangan terlalu lama, tak perlu sampai daun itu masak benar.

4. Ambil air yang tersisa, tuang ke sebuah mangkok besar, lalu tutuplah mangkok itu agar uap air daun nangka itu tidak menguap dan terbuang ke luar. Simpanlah sampai air itu dingin.

5. Minumlah 3 x sehari tiap setengah jam sebelum makan.

Daftar khasiat nangka disajikan berikut ini.

1. Daun untuk menyembuhkan kanker.
2. Daun digunakan sebagai terapi anti-diabetes (pengobatan ayurveda India).
3. Daun pohon nangka juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI, borok (obat luar), dan luka (obat luar).
4. Biji nangka digunakan sebagai obat batuk dan tonik.
5. Buah nangka yang mengandung kalium cukup besar berguna mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi.
6. Getah kulit kayu juga telah digunakan sebagai obat demam, obat cacing dan sebagai anti-inflamasi.
7. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, fosfor, dan mineral lainnya seperti zat besi sangat baik sebagai anti-oksidan, anti-kanker, untuk memperkuat tulang dan gigi, dan melancarkan pencernaan.
8. Nangka juga dikenal dapat membantu menyembuhkan bisul dan gangguan pencernaan.
9. Bioaktivitas nangka terbukti secara empirik sebagai anti-kanker, anti-virus, anti-inflamasi, diuretil, dan anti-hipertensi.
Karena nangka berkhasiat untuk mempertahankan ketahanan dan kesehatan tubuh melalui peremajaan sel, orang yang sehat pun disarankan mengkonsumsi air daun nangka dan buah nangka.
Agar Anda mendapatkan gambaran lengkap mengenai khasiat sirsak dan nangka, terutama untuk menyembuhkan pasien kanker (termasuk kista dan tumor), klik dan save file powerpoint berikut ini!
Khasiat sirsak & nangka dan herbal lain (2)
.
.
Untuk menjamin kesehatan Anda dan membuang jauh kekhawatiran terserang penyakit kanker, biasakanlah minum teh daun sirsak dan teh daun nangka. Simaklah cerita temanku berikut ini.

Cerita temanku Martin Bhisu asal Flores yang kini berkarya di Paraguay:

Hari ini saya berada di kebun sambil menyaksikan pohon kelor (marungge), kacang panjang, dan dua hektar nenas serta beberapa hektar wijen yang tumbuh subur.
Untuk mengobati kanker, kuncinya adalah sirsak, yang tidak hanya lebih dahyat dari kemoterapi kanker, tapi juga mencegah banyak penyakit, termasuk diabetes. Kalau perlu ketimbang minum teh atau kopi lebih baik minum teh daun sirsak. Nggak usah rumit-rumit buat resep segala. Jadikan kebiasaan minum minuman ini. Minum tiap hari dan kapan saja. Bukan hanya daun sirsak tapi juga akar dan kulit batang berkhasiat membunuh sel-sel kanker. Presiden Paraguay Fernando Lugo bilang dia minum tidak kenal waktu dan ukuran. Untuk meremajakan sel, konsumsi juga air daun nangka.
Perlu kami tambahkan saran temanku, Noor Indrastuti, seorang biolog sebagai berikut: “Pak Belen, thanks info-infonya tentang khasiat daun sirsak dan daun nangka. Saran saya… bila minum obat herbal apa pun sebaiknya terus diikuti dengan minum air putih yang agak banyak. Ini untuk mengurangi dampaknya terhadap ginjal. Obat herbal cenderung agak lambat diproses tubuh dibandingkan dengan obat-obatan kimia.”
.
&
.
Jenis kanker daun sirsak
&
Efek samping daun sirsak 1
&
.
Efek samping daun sirsak 2
&
.
Herbal pendamping 1
&
.
Herbal pendamping 2
&
.
Herbal pendamping 3
&
.
Makanan pantangan pasien kanker
&
.
Buah anti kanker
&
.
Buah anti kanker 2
&
.
.
Ramuan herbal Sano yang kami buat
.
Dari pengalaman saya dan istri membuat ramuan herbal daun sirsak dan daun nangka untuk mencegah dan menyembuhkan kanker, daun kelor (marungge) untuk mencegah dan mengobati beragam penyakit, dan juga untuk menambah stamina, air daun mayana untuk menyembuhkan batuk, akhirnya kami sampai ke membuat ramuan herbal Sano. Bahan ramuan ini adalah cairan sari bawang putih, jahe, dan lemon ditambah cuka apel dan madu. Istri membuat ramuan ini untuk saya konsumsi sebagai penderita sakit jantung koroner, namun ternyata berkhasiat mencegah dan menyembuhkan juga kolesterol tinggi, darah tinggi, asam urat, flu, infeksi, maag, asma, obesitas, diabetes, sakit ginjal, ambeien, bronkitis, amandel, herpes, migren dan vertigo, pneumonia (infeksi paru-paru), prostat, Parkinson, Alzheimer, osteoporosis, pengapuran tulang, hepatitis, dan kanker. Beragam jenis kanker dapat disembuhkan, terutama kanker payudara, usus besar, kerongkongan, kulit, perut, dan prostat. Ibu A (34) di Cimanggis, Depok menderita kanker payudara. Baru 2 minggu konsumsi Sano terasa payudaranya seperti disayat-sayat pada minggu pertama dan di akhir minggu kedua payudaranya yang semula keras kini telah lembek.
.
.
Untuk “adik kanker” yaitu tumor, beberapa penderita tumor telah sembuh. Ada tumor berupa benjolan-benjolan di tangan dapat sembuh, kulit jadi mulus setelah minum 2 botol. Ada ibu berusia 40-an tahun yang menderita tumor pada kedua matanya. Dokter sudah angkat tangan. Dan, ternyata setelah rutin minum Sano, tumor mata kiri dan kanan dapat sembuh.
.
bahan SANO
&
.
nature is the real healer - Compressed.
Inilah ramuan herbal yang kami beri nama SANO, diambil dari peribahasa Latin “Mens sana in corpore sano” (Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat)
Silahkan kunjungi 2 posting kami berikut ini.

http://sbelen.wordpress.com/2013/04/15/sano-ramuan-herbal-berkhasiat-mulai-bisnis-di-usia-62-tahun/

.

Bacalah juga posting kami berjudul: https://sbelen.wordpress.com/2014/10/05/soda-kue-madu-kanker-sembuh/

Pembaca yang budiman. Pertanyaan yang diajukan kepada kami amat banyak dengan aneka-persoalan yang kebanyakan di luar pengetahuan dan pengalaman kami. Karena menyangkut penyakit kanker, tentu saja kami tak boleh menjawab tanpa dasar yang kuat. Karena itu, perkenankan kami mengimbau pembaca yang memiliki pengetahuan dan pengalaman serta dokter dan ahli herbal berkenan memberi jawaban dan komentar untuk mencerahkan pembaca yang amat membutuhkan informasi yang relevan dan berguna.

Secara khusus patut kami mengucapkan terima kasih berlimpah kepada Pak Suwondo yang sering memberikan jawaban kepada pembaca yang bertanya. Kebaikan Pak Suwondo ini luar biasa. Beliau memberi jawaban berdasarkan keahlian dan pengalamannya yang luas.
Terima kasih untuk semua rekan yang berperan serta menolong sesama kita yang berseru dalam rintihan kepedihan diri atau keluarganya hanya untuk mendapatkan informasi yang tepat pada waktu yang tepat.
Janganlah lupa: daun sirsak + daun nangka + doa = kanker sembuh.
Salam kami. (S Belen)
.
weird-science-magic-2-o
&
.
madonna-like-a-prayer-o
About these ads

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

454 Tanggapan to “Daun sirsak + daun nangka = kanker sembuh”

  1. lucy rampengan Says:

    yuppzzz bener banget. Kemarin teman dari temanku penderita kanker juga. Rambutnya rontok habis. Trus dia nyoba terapi sirsak eh gak taunya perlahan2 rambutnya mulai tumbuh dan dokter batalin buat kemo. Gak nyangka ya sirsak terbukti bisa nyembuhin penderita kanker.

    • S Belen Says:

      Dear Lucy, sarankan teman dari temanmu itu agar nyoba juga terapi daun nangka tuk remajakan sel-sel baru. Tuhan itu memang mahabaik.

    • yandri Says:

      Pacar saya sudah hampir tiga tahun mengidap kanker darah. Setelah saya baca artikel tentang daun sirsak, saya suruh dia minum rebusan air daun sirsak. Syukur alhamdulillah setelah tiga bulan, kondisinya sudah semakin membaik setelah minum air rebusan daun sirsak ini, rambutnya sudah tumbuh kembali, dan tidak pernah lagi pening. Biasanya seminggu hampir tiga kali kepalanya pening, serasa mau pecah katanya..dan kalau begitu dia harus di-kemo. Sekarang tidak pernah di-kemo lagi…. Mudah-mudahan semakin membaik keadaannya….

  2. Etty Says:

    Makasih Pak Belen; Indonesia dikaruniai buanyak pohon-pohonan, termasuk pohon sirsak dan nangka sebagai obat kanker…. Allah mahakaya.. tinggal kita mencari tahu khasiat dari berbagai tanaman…..

  3. Sr Marsela, SSpS Says:

    Terima kasih banyak Pak Sil telah mempublikasikan tentang manfaat dari daun nangka, daun sirsak dan marungge. Dulu waktu masih postulan di Hokeng, hampir tiap hari kami makan daun marungge, tapi untuk daun nangka dan sirsak baru sekarang saya tahu manfaatnya setelah bapak paparkan di sini. Yang kita biasa makan ya.. buahnya.
    Untung ya… jadi orang Indonesia yang punya banyak buah, sementara kami di Siberia- Russia buah-buahan semua diimpor dari luar negeri yang tidak fresh lagi dan bau obat pengawet sangat menyengat hidung. Mungkin karena makanan yang kurang bagus tiap kali liburan pasti ada bagian tubuh harus dipotong alias operasi.
    Ok, terima kasih sekali lagi pak Sil.
    Salam buat bu Yuni dan anak2.

  4. Eduardus Reba,SVD Says:

    Pak Sil dan Ibu serta semua keluarga…ganda terimah kasih untuk berita yang sangat bermanfaat ini. Memang terkadang kita kurang informasi tentang obat-obat alam yang sebenarnya kita di Flores banyak sekali.

    Berita ini sangat membantu kami yang berada di tanah rantau…, khususnya kami yang di Argentina yang kebanyakan orang konsumsi daging setiap hari. Namun, sayang kami tidak ada nangka dan sirsak di sini….pasti satu saat akan menemukannya. salam untuk semua.
    Eduardo SVD – Argentina.

  5. Risma Says:

    bagaimana untuk penyakit gagal ginjal kronis, apakah daun sirsak dan dan daun nangka ini dapat dikonsumsi dan seberapa besar efek sampingnya. karena nangka mengandung kalium yang tinggi padahal GGK tidak bisa mengkonsumsi kalium yang tinggi?? mohon infonya.

    thx

    • S Belen Says:

      Dear Risma, bagi pasien gagal ginjal sebaiknya ditanyakan kepada dokter. Kalau digunakan logika, tampaknya konsumsi air daun nangka mungkin tak bermasalah karena kandungan kalium yang tinggi itu pada buah nangka. Sedangkan, kandungan kalium pada daun nangka kami belum temukan datanya.

      Temanku yang menderita kanker stadium 4 mengkonsumsi air daun sirsak dan ternyata panas badan tinggi setiap 2 jam dapat diperpanjang menjadi 5 jam sebagai dampak konsumsi air daun sirsak.

      Air daun sirsak meningkatkan stamina tubuh pasien sehingga jika Anda ragu, tetaplah konsumsi air daun sirsak. Sedangkan, untuk air daun nangka perlu dikonsultasikan dengan dokter.

      Bagi pasien yang fungsi ginjalnya lambat, dokter sekaligus herbalis Paulus Wahyudi Halim biasanya menambahkan kumis kucing, alang-alang atau kejibeling waktu meresepkan daun sirsak. Ketiga herbal pendamping itu berkhasiat diuretik atau melancarkan urine.

  6. Dewi Says:

    * JUST INFO *

    BAGI PENDERITA SIROSIS HATI, LEBIH BAIK JANGAN MENCOBANYA. KARENA AIR REBUSAN TERSEBUT TIDAK COCOK SAMA SEKALI.

    MAMA SAYA LANGSUNG TIDAK BISA B.A.B (buang air besar) dan B.A.K (buang air kecil) SETELAH MINUM 3 GELAS. DAN SETELAH DICEK DARAHNYA, ALBUMINNYA TURUN DRASTIS.

    TOLONG DISEBARKAN KEPADA YANG LAINNYA. TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

    • S Belen Says:

      Dear Dewi, terima kasih atas infonya. Dalam mengkonsumsi ramuan herbal diperlukan juga kehati-hatian. Kalau ragu-ragu, perlu bertanya kepada orang yang tahu, terutama kepada dokter.

      Misalnya air daun nimba (nimb tree) yang pahit itu, jika diminum berlebihan, overdosis bisa membuat kadar gula darah merosot drastis. Pernah sekali saya minum tiga kali dalam frukuensi yang terlalu dekat, ternyata pingsan sehingga harus dilarikan ke UGD. Setelah diperiksa, ternyata kadar gula darah saya nol.

      Mungkin lebih tepat kita terapkan kaidah jalan tengah. Apa-apa itu jangan terlalu kurang dan jangan berlebihan. Vitamin itu berguna tapi kalau dikonsumsi berlebihan yang overvitaminosis, berdampak buruk. Buah apel itu sehat tapi kalau makan terlalu banyak sekali santap ya tentu tidak elok dan tidak baik.

  7. frans Says:

    nice info …terus di-update…

  8. rose Says:

    Saudara saya terkena kista endrometosis. Sudah dioperasi ternyata kambuh lagi. Dia coba minum rebusan daun sirsak. Efeknya, badannya terasa panas gerah mual, pusing, gak mau makan … Kenapa yaahh …. Tapi dia terus minum. Setelah 2 bulan, dicek besarnya tidak berubah baik mengecil ataupun membesar…..

    Jadi harus berapa lama minumnya? Apakah rebusan daun ini tidak berbahaya terhadap ginjal? Kalau terus-menerus, karena di panci pirex dan sendok buat mengaduk tertinggal seperti kerak yang ada di teh …. Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Rose,

      Gejala yang dialami saudara Anda itu adalah reaksi awal terapi air daun sirsak yang berbeda-beda pada setiap individu. Jadi reaksi awal itu bersifat individual, tidak sama untuk semua orang.

      Mengenai berapa lama minumnya, menurut pendapat saya kita ikut saja kebiasaan Presiden Fernando Lugo dari Paraguay. Terus saja minum, jadikan sebagai kebiasaan. Presiden Lugo malah menjadikan kebiasaan minum teh air daun sirsak yang telah dikeringkan.

      Mengenai bahaya terhadap ginjal tentu saja perlu dikonsultasikan dengan dokter. Saya sendiri yang telah mencoba minum air daun sirsak dan teh daun sirsak, gejala awalnya adalah cepat dan berkali-kali kencing. Jelaslah ini ada hubungannya dengan ginjal. Yang saya yakini adalah racun dalam tubuhku dikeluarkan melalui air kencing. Waktu kencing sering saya bayangkan racun-racun penyakit dalam tubuh diusir dari tubuh melalui air kencing. Good bye, sel-sel yang mati. Good bye, racun dalam tubuh!

      • Theresia Says:

        Pak s. belen, keponakan saya kata dokter terkena getah bening umurnya hampir 5 tahun dan sudah menkonsumsi daun sirsak.
        Tapi… ada dokter herbal mengatakan tidak boleh mengkonsumsi daun sirsak dan satu lagi dari kelompok MLM mengatakan demikian.
        Bolehkah saya minta no hp bapak, karena saya pengen mengetahui info lebih lanjut. Terima kasih

      • S Belen Says:

        Dear Theresia, terima kasih atas info. No HP langsung saya kirim ke alamat email Theresia.

      • S Belen Says:

        Dear Theresia,

        Memang soal ramuan herbal ini para dokter bisa berbeda pendapat. Soal pengobatan medis modern dalam penyembuhan penyakit pun dokter-dokter yang menangani pasien yang sama bisa berpendapat berbeda. Mengenai pertanyaan tentang keponakan berusia 5 tahun yang terkena getah bening dan kini sudah mengkonsumsi daun sirsak tapi dokter herbal dan yang dari kelompok MLM mengatakan tidak boleh belum bisa kami jawab karena belum menemukan banyak bacaan tentang hal ini. Hanya ada satu bacaan yang menunjukkan bahwa penanganan kanker getah bening (limfosa) adalah radioterapi dan kemoterapi. Karena khasiat sirsak jauh melebihi khasiat kemoterapi dan hasil penelitian in vitro menyarankan bahwa kemoterapi dapat diganti dengan terapi sirsak, dapatlah dinyatakan bahwa terapi sirsak bagi pasien kanker getah bening adalah sebuah langkah yang layak pula dlakukan.

        Perkenankan kami melengkapi jawaban dengan menceritakan pengalaman seorang teman yang menurut pemeriksaaan dokter menderita sakit jantung koroner.

        Dokter A merekomendasikan operasi bypass jantung. Dokter B mengatakan obat jalan saja karena risiko bypass amat tinggi, bisa langsung go, pass away. Dokter C mengatakan satu-satunya jalan adalah transplantasi jantung. Akhirnya, ia pilih pendapat dokter B yang kebetulan juga suatu hari ia registrasi pada dokter A di poliklinik rumah sakit jantung Harapan Kita, tahu-tahu ia dipanggil ke kamar periksa dokter B karena dokumen medis nyelonong ke sana. Kalau tak terjadi kekeliruan peredaran dokumen medis ini, dan ia tetap diperiksa dokter A, mungkin saja ia kini sudah sampai ke akhirat jika operasi bypass gagal. Ini rumah sakit yang sama yang bernama rumah sakit jantung Harapan Kita.

        Nah, tanpa persetujuan dokter B ia diam-diam mengkonsumsi ALSA, ekstrak oil bawang putih 3 butir per hari di pagi hari. Setelah dikonsumsi 6 bulan, ia memeriksakan darah, ternyata kolesterol tinggi dan asam urat sudah pergi, sembuh. Lalu, ia sampaikan bahwa ia konsumsi bawang putih, dan dokter B amat setuju dan mendukung. Sampai hari ini ia masih konsumsi ALSA, sekarang merk yang ia pakai ALASKA. dan jantungnya oke-oke saja sejak tahun 2005, padahal ia telah jalani 2 x pasang ring (dibalon) sebelumnya dan dokter A mengatakan pemasangan ring 2 x itu gagal sehingga ia sarankan operasi bypass.

        Kapsul oil bawang putih itu ia sarankan kepada teman-teman dan keluarganya yang terkena sakit jantung. Ada yang percaya dan jalan terus pakai terapi ini tapi ada yang coba satu-dua kali lalu berhenti. Ya, ada yang cocok dengan mahkota dewa, ada yang cocok dengan herbal lain.

        Mengenai khasiat sirsak, bolehlah Theresia beli majalah Trubus Januari s.d. April, banyak bahasan tentang sirsak. Majalah ini laris manis sehingga edisi Januari misalnya sulit dicari sekarang. Bisa kita cari di internet. Menurut Pak Bambang Ismawan, pendiri Trubus, buah sirsak muda berkhasiat menyembuhkan diabetes.

        Begitu dulu sharing saya.

  9. lily Says:

    Jadi gimana dengan penderita hepatitis B? Apa cocok rebusan daun sirsak ini? Soalnya melihat salah satu komen di atas(sirosis) malah jadi takut konsumsinya….:) Makasih atas infonya….. Salam

    • S Belen Says:

      Dear Lily,

      Mengenai sirosis di internet ada yang selalu menimpali informasi tentang khasiat daun sirsak sebagai penyembuh kanker dengan imbauan agar jangan pernah gunakan terapi air daun sirsak bagi penderita kanker. Ya, ini juga asumsi yang tak berdasarkan riset. Mungkin saja pengganggu yang melakukan intervensi pada berbagai posting ini berasal dari perusahaan farmasi yang khawatir obatnya tak laku.

      Soal apakah terapi air daun sirsak berisiko terhadap penderita hepatitis B tentu saja jalan yang bijak adalah konsultasi ke dokter. Ada dokter sekaligus herbalis yang mengkombinasikan terapi daun sirsak dengan daun sukun Artocarpus communis atau rimpang temulawak bagi pasien kanker yang menderita hepatitis.

      Menurut perkembangan dunia kedokteran medis kini di dunia, para ahli dan dokter dan perusahaan farmasi sedang mengembangkan dan menerapkan konsep personalized medicine bagi tiap individu pasien. Maksudnya, kini ada arus perubahan sikap para dokter di dunia untuk menyesuaikan dan memilih jenis atau merk obat tertentu agar sesuai dengan kondisi dan konteks tiap pasien.

      Ini berarti di pasar kini tersedia beragam jenis obat dan merk obat dan dokter akan membantu memilih yang paling cocok dengan kondisi tiap pasien. Ibarat jika kepala sakit / pening, ada orang yang cocok minum Decolgen, ada yang cocok dengan Bodrex, dan ada yang dengan Oskadon. Di dunia kedokteran modern tampaknya berlaku prinsip cocok-cocokan antara obat dan pasien. Kecenderungan yang sama berlaku pula untuk obat herbal. Untuk pengobatan kanker banyak jenis tumbuhan yang dikenal masyarakat dapat menyembuhkan kanker, seperti mahkota dewa, daun pepaya, daun sirsak. Ada yang sembuh berkat mahkota dewa, ada yang karena daun pepaya, dan ada yang karena daun sirsak. Seperti pada kodekteran modern dan pengobatan alternatif, betapa pun ada unsur ekperimentasi yang dilakukan dokter dan tabib dan juga pasien untuk mencoba beragam jenis obat dan akhirnya menentukan jenis obat yang cocok dengan seorang individu pasien.

    • Suwondo Says:

      Saya lihat di komentar yang menyangkut sirosis hati, adalah efek sulit buang air. Nha untuk amannya ada beberapa tips buat anda :

      * Penggunaan Daun Sirsak mulai dari dosis yang rendah, kemudian ditingkatkan.
      * Pergunakan herbal pendamping, yang fungsinya :
      – Memperkuat Hati
      – Meningkatkan daya tahan tubuh
      – Melindungi organ sekresi (pencernaan, kemih).
      * Salah satu bahan herbal pendamping yang paling cocok sementara ini menurut pengamatan saya adalah :
      – Temulawak
      * Temulawak saya sarankan karena sifat temulawak yang :
      – Pelindung hati (hepatoprotector)
      – Meningkatkan daya tahan / kekebalan tubuh (imunno modulator)
      – Memperbaiki pencernaan
      – Diuretik sedang (tidak terlalu kuat sehingga tidak perlu khawatir bisa terjadi luka atau infeksi organ atau saluran kemih).

      Semoga saran ini bisa cukup membantu.

      • adeh Says:

        salam kenal pak suwondo,

        nama saya adeh, Delapan tahun yang lalu saya positif hepatitis B (belum sirosis). Selama delapan tahun saya mencoba berbagai macam obat seperti Hppro, termasuk juga obat herbal temulawak tetapi HbsAg-nya belum negatif juga (-). Setahun yang lalu sampai sekarang saya juga coba terapi minum air kristal alga, tetapi belum Negatif juga HbsAg-nya. setelah saya dengar informasi daun sirsak diforum ini, saya mau mencobanya. Berapa takarannya atau berapa lembar daun setiap hari untuk menyembuhkan Hepatitis B saya (HbsAg sampai negatif)? Apakah perlu juga digabung dengan terapi temulawak (di-blender, saring dan diambil airnya)?
        Kalau perlu berapa takaran temulawak setiap harinya?

        terima kasih

        adeh

      • maswondo Says:

        Terima kasih Mas Adeh. Setahu saya, kalau daun sirsak itu bukan untuk Hepatitis maupun memperbaiki serum SGOT maupun SGPT. Daun sirsak, akan cukup ampuh untuk : 1. Melawan kanker 2. MEngurangi asam urat 3. Menurunkan kolesterol (walaupun tidak terlalu kuat).

        Kalau untuk hati, lebih tepat ke arah herbal :

        1. Temulawak. Jangan gunakan blender, karena sisa endapannya malah bisa memperberat kerja hati dan ginjal. Lebih beik pergunakan : a. Rebusan b. Hasil ekstraksi, yang biasanya di toko herbal sudah tersedia dalam bentuk kapsul.

        2. Meniran. Herbal ini bagi laki-laki sebaiknya tidak digunakan secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Karena akan bisa sangat berpengaruh terhadap kseuburan pria.

        3. Sambiloto.

        Sedangkan untuk asam urat, rebusan daun sirsak sebaiknya tidak dikonsumsi. Dikhawatirkan bisa berpengaruh terhadap janin.

      • ade Says:

        Terima kasih atas saran dan informasi yang diberikan oleh Pak Suwondo. Boleh tidak tetap pakai cara blender, kalau temulawaknya habis blender terus dimasak bersama air dan ampasnya, setelah dingin baru disaring airnya, karena kalau disaring dulu airnya biasanya tepungnya nggak ikut tersaring? Yang tersaring ampasnya saja baru setelah itu dimasak. Setelah dingin tepungnya mengeras dan baru bisa ikut disaring tepung dan ampasnya.

      • 503w0nd0 Says:

        Kalau setahu saya, yang paling mantap memang air rebusan temulawak. Kalau direbus setahu saya gak usah diblender dahulu juga kagak apa-apa, tetapi kalau menghendaki diblender dahulu, rasanya akan lebih baik, tetapi harus bersih yang menyaringnya. Karena pada dasarnya endapannya itu tidak dibutuuhkan.

  10. gigih lazim Says:

    terimakasih atas segala infonya pak ..

  11. frans Says:

    Baru minum 1 minggu ini, ganglion/benjolan kista di tangan kiri dekat nadi mengempis….. Praise The Lord….

  12. sari Says:

    Saya dinyatakan dokter mempunyai antibodi/imun(pli) yang tinggi sehingga mengakibatkan susah untuk mempunyai keturunan, sedangkan sperma suami kurang. Apakah rebusan daun sirsak dapat membantu menurunkan antibodi/imun(pli) sehingga kami bisa mempunyai keturunan? tx

    • S Belen Says:

      Dear Sari,

      Untuk menjawab pertanyaan Sari saya tidak kompeten karena bukan dokter. Kami berusaha membaca literatur berbahasa Inggris di internet tentang khasiat sirsak dan tidak menemukan pembahasan tentang khasiat sirsak menurunkan zat antibodi atau imunitas. Yang ditemukan justru khasiatnya meningkatkan zat tersebut. Akhirnya, kami kembali membaca file powerpoint yang kami sertakan sebagai attach pada posting ini dan menemukan jawaban yang agak jelas.

      Perkenankan kami hanya memberi gambaran memakai logika saja. Dokter menyatakan bahwa Sari mempunyai antibodi/imun yang tinggi sehingga susah mempunyai keturunan. Di lain pihak daun sirsak justru menambah kekebalan tubuh, seperti yang dikemukakan Prof Dr Ervizal AM Zuhud MS, Kepala Bagian Konservasi dan Keanekaragaman Tanaman, Fakultas Kehutanan IPB dalam Trubus-Online dan Majalah Trubus edisi Januari 2011. Dengan demikian, jika Sari mengkonsumsi rebusan daun sirsak, dugaan kita adalah malah terapi itu menambah antibodi/imun atau menambah kekebalan tubuh. Karena itu, saran kami adalah sebaiknya Sari tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak.

      Sebaliknya bagi suami Sari yang mengalami kekurangan sperma, justru disarankan mengkonsumsi rebusan daun sirsak karena bagi pria daun sirsak berkhasiat menambah jumlah dan memperkuat sperma, seperti yang dikemukakan juga oleh Ervizal AM Zuhud.

      Semoga Sari menemukan solusi alternatif sehingga akhirnya impian mendapatkan momongan terkabulkan. Bayangkan berkali-kali, bahkan tiap hari, visualisasikan mendapatkan momongan sampai detail ciri-ciri anak yang akan dilahirkan! Yakinlah, pasti Sari akan diberkahi momongan! Tiada yang tidak mungkin dalam hidup ini.

  13. Perbandingan Harga Hotel Says:

    Mengenai cara mendapatkan teh daun sirsaknya bagaimana pak S Belen? Apakah sudah banyak dijual di toko herbal? Atau, kita sendiri yang mencari ke daerah? Terima kasih

    • S Belen Says:

      Sejauh yang saya tahu, belum pernah saya menemukan teh daun sirsak di pasaran. Kalau di negara-negara Amerika Latin, teh daun sirsak telah dijual, telah komersial dan diekspor ke Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

      Yang saya lakukan adalah membuat teh daun sirsak sendiri. Caranya, ambil daun-daun sirsak yang telah matang, dijemur dalam ruangan, bukan langsung terkena sinar matahari, sampai kering. Lalu, daun-daun sirsak yang telah kering itu dicacah atau ditumbuk sehingga jadi seperti serbuk teh yang kita kenal. Nah, jika hendak minum, campurkan serbuk daun sirsak itu dalam air panas, diaduk, lalu dibiarkan sampai serbuk itu tergenang. Jika sudah tergenang, minumlah teh daun sirsak itu. Untuk membuat teh daun sirsak itu terasa manis, bisa dicampur dengan gula pasir.

      Di dekat rumah saya ada sebuah pohon sirsak yang tumbuh di tepi kali. Sekarang daunnya sudah gundul karena banyak orang datang memetik daunnya karena mereka sudah tahu khasiat daun sirsak untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk masa depan, kini di halaman rumah telah saya tanam anakan sirsak.

      Cobalah, buat sendiri teh daun sirsak. Tak perlu kita keluarkan uang untuk membeli teh daun sirsak andaikan nanti tersedia di pasaran. Selamat mencoba. Jadikan minum teh daun sirsak sebagai kebiasaan seperti kita biasa minum teh tiap hari.

  14. frans Says:

    Pak S.Belen apa boleh daun sirsak dimasukkan ke dalam kulkas supaya awet? Thanks a lot…

    • S Belen Says:

      Dear Frans,

      Daun sirsak bisa dimasukkan ke dalam kulkas agar awet. Lebih bagus jika dibungkus di plastik agar lebih tahan lama. Selain itu, teh daun sirsak yang kering tentu saja lebih awet walaupun khasiatnya kalah dengan rebusan daun sirsak segar. Karena itu, minum teh daun sirsak hendaknya dijadikan kebiasaan sehingga berkurangnya khasiat daun ditebus dengan minum lebih sering. Have a newly nice experience!

  15. purwanti Says:

    Salam bapak… Bulan Januari kemarin saya divonis mengidap kanker serviks stadium 3b,dan untuk dioperasi dokter bilang sudah tidak bisa. Maka, saya disarankan untuk menjalani kemoterapi dan terapi sinar. Tapi, karena saya takut akibat yang ditimbulkan dan juga keterbatasan biaya, maka saya tidak menjalaninya.

    Sejak itu saya hanya minum rebusan daun sirsak sehari 3x saja. Tapi, 10 hari terakir ini saya campur dengan kunir putih dan keladi tikus serta saya minta disuntik obat yang membuat saya tidak dapat haid lagi….

    Dan, belakangan ini saya merasakan nyeri pinggang yang sangat sakit, padahal selama 3 bulan itu saya tidak pernah merasakan apa-apa, cuma sakit sedikit di waktu haid aja…. Kenapa bisa begini ya, pak? Mohon penjelasan.

    Mohon maaf, bapak, jadi nggak karu-karuan menulisnya karena sambil menahan rasa sakit.

    Hormat saya : Purwanti

    • S Belen Says:

      Dear Purwanti,

      Pertama-tama saya ikut berbela rasa dengan Purwanti dalam menanggung sakit ini. Untuk menjawab pertanyaan Purwanti, saya kembali membaca Majalah Trubus No. 494 Januari 2011. Dalam edisi Trubus ini dikemukakan pengalaman Yanti Sumiati dari Jakarta Selatan kelahiran 1978 berusia 32 tahun. Pada 6 Mei 2010 memeriksakan diri ke dokter ahli yang menyarankan operasi tapi ia tidak setuju karena pada April 2008 ia telah menjalani operasi untuk mengatasi kista.

      Gejala munculnya kanker serviks sama dengan munculnya kista. Ia memilih pengobatan herbal. Setelah mendatangi herbalis ia diberi 3 jenis herba dalam kapsul untuk sebulan. Ia disiplin mengkonsumsi tapi tanda-tanda kesembuhan tak kunjung muncul. Malahan perut kian membesar dan nafsu makan hilang. Ia juga mengalami insomnia dan merasa serbasalah dalam mengambil posisi tidur.

      Akhirnya ia memutuskan menjalani operasi pada 10 Agustur 2010. Tapi, sehari sebelumnya ia menemui kedua orang tuanya di Ciampea, Kabupaten Bogor dan berjumpa dengan Prof Dr Ervizal AM Zuhud MS, pendiri Pusat Studi Biofarmaka IPB yang bertetangga dengan orang tuanya. Zuhud yang telah mengetahui khasiat sirsak menyarankan agar Yanti mengkonsumsi daun sirsak.

      Keesokan harinya, Yanti membatalkan operasi dan merebus 10 lembar daun sirsak segar dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah rebusan dingin, ia meminumnya 3 x sehari masing-masing segelas. Ia pun menyantap daging buah sirsak sekali sehari. Ia memotong satu buah sirsak menjadi 4 bagian dan memakan tiap bagian sekali dalam sehari. Pada 21 Agustus 2010 ( setelah 2 minggu) ia kaget bukan kepalang karena perutnya telah mengempis.

      Setelah sebulan berselang ia memeriksakan diri ke dokter spesialis dan kandungan. Hasil pemindaian menunjukkan tak ada lagi benjolan di serviks. Karena pikirannya lepas dan hatinya amat senang, ia lahap makan sehingga tubuhnya semakin segar. Insomnia sirna dan ia bisa tidur nyenyak. Meskipun demikian, kini ia tetap mengkonsumsi segelas rebusan daun sirsak sekali sehari. Semula Zuhud memperkirakan 90 hari baru terjadi pengempisan pada perut Yanti berdasarkan informasi dari internet. Ternyata, Yanti berhasil hanya dalam 2 minggu.

      Pada Majalah Trubus edisi yang sama dikemukakan juga bahwa di Indonesia kini para dokter dan herbalis meresepkan daun sirsak kepada pasien. Ada yang meresepkan secara tunggal – hanya daun sirsak, tetapi ada pula yang meracik kombinasi dengan herbal lain, seperti rimpang temuputih dan sambiloto. Resep daun sirsak tidak hanya untuk pasien beragam jenis kanker tapi juga pasien yang menderita bronkhitis dan kejang, peradangan, misalnya radang tenggorokan, usus, pencernaan, dan ambeien.

      Dari bacaan kami di internet kami temukan ramuan herbal China bernama Ping Xiao Capsules yang terutama berisi ramuan dari radix curcume (kunyit), herba agrimonia, dan buah Aurantii. Obat ramuan ini cocok untuk kanker tulang, kanker esophagus, kanker paru-paru, dan kanker gastric.

      Berdasarkan bacaan ini, kombinasi atau campuran rebusan daun sirsak dengan kunir putih dan keladi tikus yang dijalani Purwanti tampaknya kurang tepat karena kunir putih dan keladi tikus mungkin cocok untuk menyerang kanker jenis lain seperti diindikasikan oleh obat ramuan herbal China Ping Xiao Capsules.

      Karena itu, saran saya adalah kembali mengkonsumsi rebusan air daun sirsak saja tanpa dicampur dengan kunir putih dan keladi tikus. Tampaknya, apa yang dilakukan Yanti dalam cerita di atas diikuti saja dengan menolak herbal lain yang ternyata tidak mempan mengobati sakit kanker serviksnya.

      Untuk meningkatkan pertumbuhan sel baru dan meperkuat kondisi tubuh, yang saya sarankan adalah mengkonsumsi rebusan daun nangka dan / atau minum teh daun nangka yang sudah dikeringkan. Namun, ini tidak dicampur dengan rebusan daun sirsak atau teh daun sirsak. Sebaiknya, rebusan daun nangka atau teh daun nangka diminum terpisah.

      Selain itu, perlu pula dikemukakan bahwa penyembuhan penyakit kanker (dan penyakit apa saja yang lain) lebih efektif jika dilakukan secara holistik. Jenis-jenis treatment alternatif terhadap pasien kanker serviks terdiri dari:
      ● Akupunktur
      ● Terapi pijat
      ● Produk herbal
      ● Vitamin atau diet khusus
      ● Visualisasi (terus membayangkan diri sehat)
      ● Meditasi
      ● Penyembuhan spiritual

      Banyak pasien menyatakan bahwa treatment alternatif ini membantu mereka merasa diri lebih baik.Penting diperhatikan bahwa beberapa jenis treatment alternatif dapat menganggu treatment standar pengobatan medis modern. Pada beberapa kasus, kombinasi treatment alternatif dan treatment standar bahkan dapat merugikan.

      Karena itu, disarankan agar pasien mendiskusikan dampak manfaat dan kerugian treatment alternatif dengan dokternya sebelum mencoba suatu jenis treatment alternatif kanker serviks.

      http://cervical-cancer.emedtv.com/cervical-cancer/alternative-cervical-cancer-treatment.html

      Studi Gansler dkk. dari Amerika Serikat menemukan bahwa treatment pelengkap yang dijalani pasien kanker yang sembuh dan bertahan hidup adalah sbb:

      Doa / praktik spiritual 61,4%
      Relaksasi 44,3%
      Penyembuhan iman / spiritual 42,4%
      Suplemen bergizi / vitamin 40,1%
      Meditasi 15%
      Konseling religius / agama 11,3%
      Pijat 11,2%
      Kelompok pendukung 9,7%

      Sebuah survei internasional menemukan bahwa 35,9% pasien kanker dulu dan sekarang menggunakan pengobatan pelengkap dan alternatif.

      http://www.cancer.gov/cam/attachments/olaku_white_herbal_therapy_use_by_cancer_patients.pdf

      Cobalah Purwanti mengusahakan pula menjalani treatment pelengkap tertentu sesuai dengan keyakinan pribadi.

      Di atas segala-galanya, tetaplah yakin dan optimis didukung doa bahwa Purwanti pasti sembuh dan sehat kembali.

  16. anonim Says:

    Terima kasih atas infonya, Pak. Semoga bermaslahat. Amin :))

  17. yati ardiansyah Says:

    Salam pak…
    Saya sudah membaca semua cerita di atas. Saat ini saya juga menderita miom sepanjang 5 cm di rahim kanan saya. Saya sudah mengkonsumsi daun sirsak selama sebulan…dengan dosis 10 lembar 3 gelas air 1/2 gelas pagi dan malam…efeknya sebulan ini mulai terasa ganjelan di perut kira-kira sudah mulai hilang tetapi masih nyeri di pinggul…saya belum USG lagi. Rencana saya setelah dua bulan baru USG lagi…. Saya selalu merebus sore hari dan meninggalkan sisa daun dengan air rebusan untuk pagi hari. Pertanyaan: Apakah menyisakan rebusan dengan daun itu benar? Apakah setelah direbus daun langsung diangkat? Terus pentanyaannya kenapa pinggul saya terasa sakit sekarang? Makasih atas perhatian. Semoga Allah membalaskan kebaikan bapak

  18. yati ardiansyah Says:

    Satu lagi Pak pertanyaan saya.. Amankah untuk proses pembuahan dan bayi mengingat saya pengen hamil lagi? Makasih

    • Suwondo Says:

      Untuk penggunaan daun sirsak, tidak disarankan untuk ibu hamil. Apalagi pada masa hamil muda. Karena daun sirsak ditengarai membuyarkan terbentuknya massa, hal ini dikhawatirkan bisa juga mengakibatkan keguguran atau ketidaksempurnaan bayi nantinya.

  19. S Belen Says:

    Dear Yati,

    Merebus daun sirsak dengan api kecil sekitar 50 menit. Lihat saja kalau airnya dari 3 gelas telah berkurang menjadi 1 gelas, ya diangkat lalu didiamkan sampai hangat-hangat kuku, nah, baru dituang ke dalam gelas lalu diminum. Ada yang merebus sekaligus 30 lembar daun sirsak dengan 9 gelas air pada pagi hari, tinggal 3 gelas, lalu diminum 1 gelas pada pagi hari dan disimpan 2 gelas untuk diminum pada siang dan malam hari.

    Jika pinggul terasa sakit itu adalah gejala air rebusan yang kita minum telah bereaksi. Reaksi pada tiap orang itu berbeda-beda, ada yang mual-mual dan selera makan merosot, ada yang merasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Yang penting, adalah kita jangan putus asa dan menyerah, tapi terus percaya dan yakin.

    Mengenai kemungkinan mendapatkan anak lagi dapat Yati simak cerita Shanaz Haque yang menderita kanker ovarium dan pernah menjalani operasi diangkat salah satu indung telurnya pada tahun 1998. Dokter sempat mengatakan bahwa istri Gilang Ramadhan ini tidak bisa memiliki keturunan. Namun, kenyataan berkata lain. Setelah mengkonsumsi air daun sirsak dan herbal lain untuk mengatasi juga gangguan sinus dan asma, Allah masih mengizinkan ia memiliki 3 putri. (Trubus, No, 497 April 2011 halaman 29).

    Dear Yati, tetap percaya, tetap yakin, teruskan terapi ini dan pastilah Anda tambah sehat dan bisa punya keturunan lagi.

  20. Jody Kusmajadi Says:

    terima kasih atas infonya pak Belen, mudah2an ini dapat membantu penderitaan saudara2 kita yang membutuhkannya, amien.

  21. uyi Says:

    Assalamualaikum pak. Saya punya benjolan di tangan kanan sebesar kelereng. Semula hanya sebesar kedele. Saya merasa benjolan tsb cepat sekali membesar.Hanya dalam waktu 5 bulan dari sebesar kedele menjadi sebesar kelereng.

    Saya pernah menanyakan ke dokter. Dokter tsb mengatakan bahwa itu hanya tumor jinak, tidak berbahaya, dan menyarankan untuk diangkat dengan operasi kecil. Tapi teta saja yang namanya operasi itu menakutkan.

    Sekarang saya sedang minum daun sirsak tiap hari tapi tidak pasti kadang sekali kadang 3 kali. Saya merebus 25 lembar dengan air 6 gelas kecil dan memakai tungku kayu bakar. Waktu untuk merabus 30 menit. Yang jadi pertanyaan saya adalah api tungku tidak bisa diatur besar kecilnya, jadi air 6 gelas kadang jadi 3, kadang 4 gelas, bahkan pernah jadi 1 gelas. Apakah tidak apa-apa karena saat merebus airnya tidak bisa dilihat karena asap dalam kuali menutup penglihatan walau sudah pakai senter.

    Oh ya.., selain itu saya jugag batuk yang tak kunjung sembuh memang batuknya jarang dan tak terlalu mengganggu tapi saya sering muntah gara-gara batuk. Saya tak tahu jenis batuk saya apa tapi saya berharap dengan terapi daun sirsak saya bisa sembuh.

    Sudah hampir 1 bulan saya minum daun sirsak tapi belum merasakan perubahan. Apakah dosisnya perlu ditambah, dan berapa dosis maksimalnya? Apa bisa diminum setiap waktu sebagai pengganti air putih?

    • S Belen Says:

      Dear Uyi,
      Soal benjolan itu ya bisa disembuhkan dengan minum rebusan daun sirsak, makan buah sirsak. Yang penting kita tetap yakin dan percaya karena itu akan mendukung proses penyembuhan. Saya setuju kalau tidak dioperasi karena operasi itu bisa juga merusak jaringan yang lain.

      Soal merebus daun sirsak, ya prinsipnya 10 daun sirsak pada urutan ke-4 dan ke-5 pada satu tangkai direbus dengan air 3 gelas, mendidih sampai tertinggal 1 gelas. Kalau ingin merebus sekaligus 30 daun berarti airnya 9 gelas sampai tersisa 3 gelas. Kalau air tersisa lebih atau kurang tak masalah.

      Selain rebusan daun sirsak bisa juga dibuat teh daun kering sirsak. Kalau tak ada penyakit diabetes ya bisa teh daun kering sirsak ini dicampur dengan gula dan diminum seperti minum teh harian.

      Mengenai batuk-batuk tak sembuh-sembuh, cobalah konsumsi daun miana yang diracik atau diulek-ulek dan dicampurkan air hangat, disaring, lalu diminum. Untuk info lebih lengkap kunjungilah posting pada blog ini: http://sbelen.wordpress.com/2011/02/12/batuk-tak-sembuh-sembuh-minumlah-air-daun-mayana-miana/

      Tetaplah berpikir positif dan optimis. Bayangkan diri Anda sembuh berkali-kali dalam sehari ditambah doa, pastilah tubuh kita sehat walafiat.

      Tetap semangat,

  22. heri Says:

    klo untuk ibu hamil berbahaya gak ya pak…???

    • S Belen Says:

      Dear Heri,

      Profesor Andreanus Soemardji dari Fakultas Farmasi ITB mewanti-wanti agar perempuan hamil muda menghindari konsumsi rebusan daun sirsak karena dapat memicu abortus. Dokter Willie Japaries MARS menyatakan pula bahwa daun sirsak bersifat membuyarkan massa karena itu secara tradisional daun sirsak digunakan untuk mengobati bisul. Dari penjelasan ini daun sirsak dapat mengakibatkan keguguran.

      Dr Paulus Wahyudi Halim menjelaskan bahwa ginjal pada perempuan hamil bekerja berat karena banyak hasil ekskresi yang harus dibuang. Karena itu jangan menambah beban ginjal dengan asupan herbal, apalagi yang belum familiar dengan tubuh. Kalau dibutuhkan asupan herbal, disarankan dikonsumsi dalam bentuk air rebusannya saja, jangan menyertakan ampas. (Buku Daun Sirsak vs. Kanker oleh Redaksi Trubus, halaman 62).

      Berdasarkan pendapat-pendapat ini, saran kami adalah sebaiknya wanita hamil tidak mengkonsumsi air daun sirsak.

  23. yati ardiansyah Says:

    Terima kasih pak atas tanggapan sebelumnya….Dan, yang mau saya tanyakan lagi sekarang saya sudah minum daun sirsak secara rutin sekitar 1,5 bulan tanpa jeda…tetapi akhir-akhir ini terasa di perut kiri saya ada benjolan. Perut saya membesar dan gak nyaman ..Insyallah nanti malam saya mau USG lagi… tapi boleh tahu apa yang terjadi pak?

    • S Belen Says:

      Dear Yati, pertanyaannya tentang apa yang terjadi terus terang saya tak bisa menduga. Mungkin yang lebih kompeten memberi penjelasan adalah dokter yang melakukan USG yang bisa mendiagnosis penyebabnya dan memperkirakan apa yang terjadi. Menurut pendapatku, konsumsi rebusan daun sirsak diteruskan saja. Karena, kesembuhan berkat efek daun sirsak bergantung pada sejauh mana intensitas penyakit tiap individu. Ada yang cepat sembuh, ada yang lebih lambat.

      Kalau boleh coba juga rebusan daun nangka atau minum teh daun nangka kering karena khasiatnya adalah menumbuhkan dan meremajakan sel-sel yang baru.

      Barusan saya baca buku tentang Proyek Genom tentang kerja gen-gen positif dan negatif dalam kromosom kita. Ada kakek yang menderita sakit parah dan diperkirakan akan meninggal. Ia mengkonsumsi obat dengan niat serius bahwa usianya dapat diperpanjang sampai bisa menikahkan anaknya. Dan, ternyata ia mampu dan berhasil. Namun, setelah anaknya dinikahkan, penyakitnya bertambah parah dan akhirnya meninggal. Ini menunjukkan bahwa obat apa pun yang kita konsumsi amat dipengaruh oleh pikiran kita. Yang membuat ia bertahan hidup terutama bukan obat itu tapi pikirannya. Otaknya memberi perintah kepada gen-gen positif untuk menyerang gen-gen negatif yang berkaitan dengan penyakitnya sehingga ia dapat bertahan hidup. Namun, setelah niatnya tercapai, tekad itu menghilang dan otak berhenti memberi perintah kepada gen-gen positif. Nabi-nabi besar, seperti Sang Buddha, Yesus, Mohammad mengajarkan bahwa pikiranlah yang mengendalikan hidup kita.

      Pikiranlah yang menentukan kita mau sakit apa, betapa intensif atau parah sakit itu, dan berapa lama sakit itu. Perintah dari pikiran didukung doa kepada Yang Mahakuasa pasti membuat kita mencapai apa yang kita harapkan. You are your brain. Anda adalah otak Anda. Anda ditentukan oleh otak Anda. Tetap yakin dan optimis. Pasti ada sinar mentari di ujung terowongan gelap. Saya turut berempati atas perjuangan Yati.

    • yuni Says:

      Yanti, saya yuni. mau tanya bagaimana hasilnya ada mengempis ggak? Soalnya saya ada mioma juga nih…tapi mau konsumsi daun sirsak rada ngeri

  24. noviansyah Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Pak, Bapak saya abis operasi pengangkatan satu ginjal, dikarenakan satu ginjal beliau ditumbuhi tumor, kata dokter kemungkinan sel-sel tumor tersebut masih ada dan kemungkinan menyebar, Saya mau tanya bahayakah kalo bapak saya mengkonsumsi air rebusan sirsak dengan satu ginjal saja, Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Noviansyah, sejauh informasi yang saya peroleh, tampaknya tak bermasalah orang yang hanya punya satu ginjal mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Yang saya alami, jika minum rebusan daun sirsak atau teh daun sirsak kering, kencing tambah lancar. Itu berarti memperlancar kerja ginjal. Guna memperlancar kerja ginjal, terapi sirsak dapat dikombinasi dengan konsumsi kumis kucing, alang-alang atau kejibeling karena tiga herbal ini memperlancar urine. Dengan demikian, kerja ginjal yang hanya tinggal satu itu dapat diperingan. Hope for the best.

    • Suwondo Says:

      Tidak masalah Mas, insya Allah dengan satu ginjalpun asal sesuai takaran yang dianjurkan tidak menjadi masalah, apalagi jika pada ginjal tunggal tersebut kondisinya sehat dan kuat (tidak ada penyakit ginjal, batu ginjal, dll). Tetapi untuk amannya mungkin bisa didampingi dengan herbal pelindung ginjal, terutama yang bersifat diuretika sedang. Misalnya : rimpang temulawak atau tanaman kumis kucing.

      Tapi bila ingin menggunakan keji beling, harus hati-hati untuk dosis dan masa penggunaannya. Karena keji beling bersifat diuretik kuat, dosis terlalu besar atau penggunaan jangka panjang dikhawatirkan bisa membuat iritasi saluran kemih atau bahkan mungkin dalam kasus yang ekstrim bisa menjadikan infeksi.

  25. azria Says:

    Pak, terima kasih infonya. Bapak, saya terkena kanker darah / leukimia. Di sepanjang artikel yang saya baca daun sirsak bisa menyembuhkan kanker tapi jarang disebutkan secara spesifik mampu mengobati kanker darah. Yang saya tanyakan kira-kira kanker darah bisa disembuhkan juga dengan daun sirsak? Kemudian bapak, saya sudah mengkonsumsi daun sirsak selama 4 hari tapi belum menunjukkan hasil malah darah putihnya masih meningkat. Kira-kira di mana ya kesalahannya? Apa di pembuatan air rebusannya atau memang tidak bisa disembuhkan dengan daun sirsak untuk kanker darah? Terima kasih banyak, pak :))

    • S Belen Says:

      Dear Azria, Minta maaf karena berkali-kali saya browse di internet dan membaca buku yang berhubungan dengan daun sirsak apakah dapat menyembuhkan kanker darah tidak ditemukan informasi yang meyakinkan. Para ahli mengemukakan bahwa sampai sekarang telah diidentifikasi sekitar 200 jenis kanker bergantung kepada anggota / organ tubuh yang diserang dan faktor penyebabnya.

      Di tanah air orang menggunakan tapak dara untuk menyembuhkan kanker payudara dan juga kanker darah. Ya, di mana-mana orang mencoba berbagai tumbuhan.

      Di negara lain, digunakan juga jenis tanaman lain, a.l. Cat’s claw. Pada http://health.centreforce.com/health/graviola_brochure.html
      yang berupa iklan saya temukan penjelasan tentang khasiat Cat’s Claw. Bisa Azria brose di image / gambar pada Google untuk melihat gambar tumbuhan ini. Kalau diterjemahkan ya cakar kucing. Nama Indonesianya saya tak ketemu.

      Dikatakan bahwa Cat’s claw telah digunakan di Peru dan Eropa sejak tahun awal 1990-an untuk terapi kanker dan Aids dan juga untuk penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Peneliti Italia melaporkan tahun 2001 bahwa dalam studi in vitro (bukan pada manusia) bahwa cat’s claw ini langsung mencegah pertumbuhan kanker payudara sekitar 90% keberhasilan. Sedangkan, kelompok peneliti yang lain melaporkan bahwa tumbuhan ini menghambat keterkaitan estrogen pada sel kanker payudara. Peneliti Swedia membuat laporan dokumenter berdasarkan penelitian in vitro tahun 1998, bahwa tumbuhan ini menghambat pertumbuhan sel lymphoma dan leukemia.

      Ya, orang lain yang menderita kanker darah (leukimia) berupaya mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Tak ada salahnya, orang yang sakit, apalagi yang sakit kanker mencoba pula rebusan daun sirsak. Paling tidak, terapi ini menyembuhkan gejala lain pasien kanker, misalnya memperkuat daya tahan tubuh. Untuk kesembuhan pasien kanker, mungkin ramuan herbal ganya berfungsi 40%. Yang 60% ditentukan oleh sikap hidup optimis, pantang menyerah, tak kenal putus asa, dan semangat hidup. Sukses buat Azria.

      • Suwondo Says:

        Dari informasi yang saya terima, daun sirsak bisa berefek positif terhadap kanker darah. Tapak Dara cukup baik terutama karena efeknya yang mengurangi pertumbuhan sel darah putih. Untuk penggunaan yang lain, tapak dara perlu hati-hati karena dengan berkurangnya sel darah putih, berarti juga mengurangi kekebalan tubuh.

  26. yati ardiansyah Says:

    Pak S Belen, makasih jawabanya.. Saya sudah USG pak. Hasilnya tidak ada penambahan perkembangan miom tetap 5 cm selama 2 bulan ini tetapi memang ada perbedaan 2 bulan yang lalu miom saya kondisinya 5 cm tapi masih lunak, gak berasa di perut ada miom tapi kalau sekarang diameternya tetap tapi miomnya mengeras. Kalau tengkurap terasa sekali ganjelanya… Saya sempat hentikan kemarin minum daun sirsak tapi sekarang saya lanjutkan lagi. Bisa jadi yang saya minum kemarin sudah bereaksi, cuma saya sekarang mau menambahkan minum antiseptik sejenis rebusan daun sirih, boleh gak, pak? Terus mana efektifnya daun sirih dan propolis karena menurut saya kalau daun sirsak ada efek kemo tetapi pencetus dan penyubur miom juga karena adanya bakteri yang tidak sehat dalam rahim…Gimana, Pak?

    • S Belen Says:

      Dear Yati, Agar tidak menimbulkan masalah baru lebih baik konsultasikan penggunaan daun sirih kepada dokter atau herbalis yang kompeten. Dalam buku Daun Sirsak vs, Kanker, Redaksi Trubus, Depok, 2011 dinyatakan bahwa pada beberapa kasus kanker biasanya diikuti dengan perlukaan. Untuk menyembuhkan radang atau luka menurut herbalis Lina daun sirsak dikombinasikan dengan rumput mutiara (10 lembar) untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan daun sirih (5 lembar) yang bersifat antiseptik.Semoga cepat pulih dan kembali sehat.

  27. amanda Says:

    Salam pak…. Saya pernah operasi benjolan di payudara sebelah kiri…. Kata dokter tidak berbahaya. Namun, kira-kira setahun kemudian tumbuh kembali benjolan di tulang di bawah payudara. Selain itu, payudara saya yang sebelah kanan sering nyeri. Saya tidak mau operasi lagi karena takut. Bagaimana dosis daun sirsak yang tepat…? Terima kasih sebelumnya, pak.

    • S Belen Says:

      Dear Amanda, Karena Amanda pernah menjalani operasi benjolan di payudara, saran saya dosis yang tepat adalah merebus 15 lembar daun sirsak dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas, lalu diminum 3 x 1 gelas sehari. Silahkan baca lagi posting kami yang telah diperbarui dan file powerpoint yang dapat di-download pada posting ini. Sukses!

  28. tiara Says:

    Pak… Ibu saya divonis kanker serviks stadium IIB. Beliau menolak untuk dioperasi dan memilih untuk meminum rebusan daun sirsak 10 lembar dengan 3 gelas air menjadi 1 gelas air. Sudah 2 bulan. Dahulu ibu saya mengalami pendarahan hebat, wajahnya pucat, kulitnya kering. Setelah minum rebusan sirsak 2 bulan pendarahannya hanya sedikit-sedikit saja. Rambutnya sudah agak lebat, begitu pun kulitnya jadi bagus, tapi anehnya 2 minggu belakangan ini dia tidak bisa buang air besar dan nyeri bagian perut bawah yang hebat sehingga tubuhnya lemas.. Kenapa Yªªªªª pak??

    Oh Yªªªªª ibu saya menghindari sayur-sayuran yang dilarang selama minum rebusan air sirsak, seperti bayam,kubis,brokoli,sawi-sawian. Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Tiara, Tampaknya terapi rebusan air daun sirsak yang dijalani ibu bagus dan cocok. Jika ibu mengalami sulit buang air besar dan rasa nyeri pada perut bagian bawah itu adalah efek samping yang mudah-mudahan akan hilang. Memang, daun sirsak itu mengandung tanin yang dapat berdampak sulit buang air besar. Saran saya, cobalah berkonsultasi dengan dokter agar kesulitan buang air besar ini dapat diatasi. Tampaknya ibu cukup disiplin menjaga makanan sehingga menghindari sayuran yang dilarang. Tetaplah optimis!

  29. lydia Says:

    Terima kasih pak buat infonya. Mama sekarang divonis dokter kanker ginjal stadium 4, tapi kondisi kanker tidak menyebar tetapi membesar sehingga mendesak organ tubuh yang lain. Sekarang ini saya berikan daun sirsak pertama 2 kali sehari tapi badan menggigil dan suhu badan meningkat sehingga dosisnya saya turunkan menjadi 1 hari sekali. Setelah minum sehari sekali kondisi badan mulai stabil. Apakah daun sirsak dapat diminum dengan madu karena mama tidak telalu menyukainya?

    • S Belen Says:

      Dear Lydia, Pertama, gejala badan menggigil dan suhu badan mama meningkat tampaknya merupakan efek samping konsumsi air daun sirsak. Biasanya efek samping ini akan menghilang dengan berjalannya waktu.

      Kedua, jika gejala efek samping telah menghilang, mungkin perlu dipertimbangkan untuk menambah dosis karena kanker ginjal mama sudah mencapai stadium 4. Seperti yang kami sajikan dalam posting yang diperbarui ini dan file ppt di dalamnya untuk pasien stadium lebih dari 3 banyak herbalis menyarankan merebus 21 daun sirsak dengan air 5 gelas sampai tersisa 3 gelas untuk diminum. Bisa juga pada bulan ke-3 dosis ditingkatkan sampai 41 – 50 lembar daun sirsak. Ini gambaran umum tapi tentu saja disesuaikan dengan kondisi mama.

      Ketiga, tampaknya mencampurkan madu pada air rebusan sirsak tak jadi masalah asalkan tak ada gejala penyakit diabetes pada pasien. Dalam buku My Healthy Life: Daun Sirsak vs. Kanker oleh Redaksi Trubus, Depok: 2011 halaman 32 dikemukakan komposisi untuk penderita keputihan: Campur 15 lembar daun sirsak dengan 5 ruas jari kunyit yang telah dipotong-potong, lalu masukkan ke dalam 5 gelas air. Tambahkan garam dan madu atau gula merah. Setelah itu rebus sampai jadi 3 gelas air. Minum rebusannya 3 kali sehari masing-masing segelas.

      Selain itu, Dr Mangestuti, Apt., MS dari Departemen Farmakognosi dan Fitokimia, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga mengemukakan cara sederhana untuk mengkonsumsi buah sirsak untuk pengobatan adalah dengan menghaluskan buah yang sudah dikupas, buang bijinya dan saring dengan penambahan air sedikit demi sedikit. Hasil penyaringan selanjutnya dapat langsung dikonsumsi dengan sedikit penambahan madu untuk mengatasi rasa asam. Ditandaskan pula bahwa bagi pasien diabetes, gula atau madu tidak diperbolehkan.

      Berdasarkan dua paparan ini tampaknya tak ada masalah mencampurkan madu pada air rebusan daun sirsak. Sukses.

      • Suwondo Says:

        Untuk mencampurkan dengan madu, Insya Allah tidak masalah. Hanya saja, lebih baik dengan madu yang benar-benar murni. Karena madu yang benar-benar murni : tidak terlalu berbahaya bagi penderita diabetes, tanpa terdapat unsur perlakuan kimia, khasiatnya lebih kuat untuk meningkatkan stamina. Hati-hati, banyak madu yang sudah dicampur, misalnya dengan air gula. Padahal gula itu khan sudah melalui proses kimiawi yang panjang.

  30. herlina Says:

    Siang, pak. Saya punya seorang teman yang mengidap leukimia stadium 2. Baru dua bulan ini minum air rebusan daun sirsak. Hanya 11 lembar saja dengan air 4 gelas air yang kemudian menjadi 3 gelas untuk diminum sehari. Apakah takaran ini kurang, pak? Karena, sampai hari ini belum ada perubahan, pak. Mohon dibantu, pak. Makasih. GBU

    • S Belen Says:

      Dear Herlina, jika diamati saran para herbalis tampaknya takaran ini kurang. Bagi pasien stadium 1 – 3 disarankan dimulai dari 15 lembar daun sirsak dimasak dengan air 4 gelas sampai tersiswa air 3 gelas. Dapat ditambah 3 – 5 daun per bulan dan pada bulan ketiga sudah bisa mencapai maksimal 31 lembar. Baca lagi posting ini yang telah diperbarui dan file ppt di dalamnya. Sukses

  31. vic Says:

    Pak, saya mau tany. Di leher, ketiak, dan selangkangan ada semacam entah kelenjar atau apa, kecil di dalam kulit..tidak terlihat tapi kalau diraba-raba ada, terasa kecil. Ini sudah ada sejak dulu sih, pak, dan tidak mengganggu. Saya sudah periksakan ke dokter. Kata dokter, yang di selangkangan itu hanya otot. Tapi, saya ketakutan. Apakah itu sel kanker atau apa pak?

    Sudah 3 minggu saya mengkonsumsi daun sirsak, tapi masih tetap ada. Apakah itu berbahaya pak? Sampai-sampai saya paranoid sendiri, pak. Mohon tanggapannya. Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Vic, Gejala yang diceritakan Vic itu ya seperti benjolan yang bisa diketahui jika kita meraba. Kebetulan saya pun punya benjolan seperti itu di perut tapi sudah lebih dari 20 tahun ini ya tetap saja tidak membesar. Karena itu, saya tidak takut. Ya, itu seperti bagian otot yang mengeras. Kalau benjolan itu bertambah besar ya baru saya periksakan ke dokter. Sampai sekarang aman-aman saja.

      Saya juga mengkonsumsi rebusan daun sirsak tapi benjolan di perut itu tetap aman berada di sana. Rupanya ia betah tinggal di situ. Jadi tidak ada hubungan antara minum air daun sirsak dan benjolan itu. Don’t worry, be happy!

  32. tri Says:

    Pak,saya selama ini memblender daun sirsaknya, dengan dosis yang sama lalu saya saring, mana lebih baik, diblender atau direbus?Thanks

    • S Belen Says:

      Dear Tri, selama ini yang saya baca dan dengar orang merebus. Perkiraan saya mungkin saja diblender lebih afdol karena proses merebus mungkin menghilangkan khasiat daun sirsak. Yang saya praktikkan adalah daun sirsak dikeringkan dan dijadikan teh. JIka diblender itu kan daun segar sedangkan jika dijadikan teh dipakai daun kering. Menurut logika, ya sama saja daun segar atau daun kering tetap berkhasiat. Bedanya, daun segar masih berisi air sedangkan di daun kering air sudah tak ada. Tetap sehat luar biasa.

  33. fanny Says:

    Dear pak belen. Istri saya (34 tahun) sudah 2x operasi tumor Giant Fam di payudaranya. Terakhir operasi bulan Januari 2011. Tapi sekarang tumbuh lagi. Apakah istri saya bisa minum rebusan air daun sirsak? Jika memang bisa, mohon anjuran dan dosis penggunannya. Dan apakah tumor yang ada di payudaranya bisa hilang atau kempes dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah minum rebusan tersebut? Mohon infonya. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Fanny, Saran saya pastilah bisa istri Pak minum rebusan daun sirsak karena penelitian yang dilakukan in vitro justru terhadap sel kanker payudara dan usus besar. Cobalah Pak membaca kembali posting kami yang telah diperbaharui dan file ppt yang bisa di-download. Dijelaskan tentang dosis daun sirsak sesuai dengan stadium kanker. Perkiraanku, istri Pak mungkin termasuk pada stadium 1 – 3. Untuk itu dosisnya adalah mulai dengan merebus 15 daun sirsak dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas, lalu diminum 3 x 1 gelas sehari. Tergantung dari perkembangan kondisi kesehatan, bisa ditambah 3 – 5 lembar per bulan tapi maksimal hanya sampai 31 lembar. Naik turunkan dosis sesuai dengan perkembangan kesehatan tubuh.

      Tumor di payudara bisa kempes dan menghilang dalam waktu yang berbeda-beda untuk tiap orang. Namun, untuk mengharapkan hilang 100 persen menurut pendapat para ahli, sel kanker tidak bisa hilang seluruhnya. Sel-sel yang tampaknya sudah hilang atau sembuh dapat muncul atau kambuh kembali kalau sel-sel kanker itu mendapatkan kesempatan bangkit dan berbiak lagi. Karena itu, konsumsi air daun sirsak tetaplah diteruskan dan dosis diubah sesuai dengan perkembangan. Sukses dan pasti sukses.

  34. Irma Mohammad Says:

    TERSEBUTLAH, ADA NASEHAT DARI TEMAN YANG PUNYA ILMU, BILA KITA TIDAK PUNYA KETURUNAN (SDAH LAMA), MAKANLAH BIJI DURIAN MENTAH, JADI BILA MAKAN DURIAN MAKAN DAGING BUAH DAN LANGSUNG SAMA BIJI DIKUNYAH, MAKNLAH SEHARI DUA BIJI SEHARI, DAN PANTANGANNYA JANGAN MAKAN DAUN KEMANGI, KARENA DAPAT MEMBUNUH SPERMA ATAU SPERMA KITA LEMAH, SAYA SEBAGAI KELINCINYA DAN BERHASIL ALAHAMDU LILLAH, SELAMAT MENCOBA SAMBIL MINTA KEPADA ALLAH AMIIN

  35. chandra Says:

    Selamat siang. pak. Saya Chandra. Bertepatan beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan April saya melakukan operasi tumor di testis kiri. Setelah operasi dokter menyarankan kemo, karena tumor itu bersifat ganas tapi karena kemo memiliki efek samping, jadi saya menjalani terapi sirsak dan kurang lebih sampai sekarang. Dan, baru hari ini ada benjolan di leher kiri. Setelah saya cek ke dokter, menurut hasil dari dokter kemungkinan penyebaran dari tumor sebelumnya. Yang saya tanyakan menurut pak apakah saya harus kemo atau tetap minum daun sirsak? Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Chandra, Maaf telat membalas pertanyaan Chandra. Untuk menjawab pertanyaan Pak tampaknya saya tidak memiliki informasi yang signifikan tentang kanker testis. Saran kami seperti yang sering kami lakukan adalah mencari second opinion. Tapi, pendapat 2 dokter pun dewasa ini tampaknya kurang meyakinkan. Karena itu, kami cenderung mencari the third opinion dan bila perlu the fourth opinion. Berdasarkan pendapat 4 dokter yang menurut pendapat saya ahli atau kompeten barulah saya ambil keputusan mengikuti nasihat dokter yang mana.

      Dari buku yang ditulis Redaksi Trubus, My Healthy Life: Daun Sirsak vs. Kanker, terbit 2011, ada sedikit informasi tentang kanker testis (halaman 22). Di buku ini ditulis tentang penanganan kanker testis: Pembedahan, radiasi, dan radioterapi. Dari insting saya tampaknya saya cenderung menyarankan agar Pak teruskan saja dengan terapi daun sirsak sambil melihat perkembangan kondisi kesehatan tubuh. Karena, menurut pernyataan para ahli, khasiat daun sirsak (dan biji sirsak dan bagian lain dari pohon sirsak) 10 ribu kali khasiat kemoterapi. Walaupun eksperimen ini masih bersifat in vitro, belum pada manusia tapi pengalaman empiris penderita berbagai jenis kanker menunjukkan tingkat survival (bertahan hidup) yang tinggi dan ada yang sudah hidup seperti orang normal lainnya.

      Tetaplah percaya kepada potensi tubuh untuk menyembuhkan diri dan pastilah dengan bantuan tangan Tuhan, Pak pasti bisa kembali sehat.

  36. Fd Febri Says:

    terimakasih atas segala infonya pak ..

  37. Alive Says:

    Terima kasih infonya.

  38. Lena Says:

    Selamat siang pak, Saya ibu RT, usia 46 tahun. Pada Mei 2009 saya divonis menderita kanker serviks stadium III. Waktu itu saya benar-benar down mendengar berita ini. Kemudian selama 4 bulan saya sudah melakukan operasi untuk membuang benjolan yang ada di alat vital 3 x, 2 x di kota saya tinggal, dan 1 x di luar negeri. Kemudian ipar saya menyarankan agar saya mengkonsumsi obat herbal. Setelah obat yang diberikan dokter habis, saya lanjutkan minum herbal tersebut. Saya mengkonsumsi dari Agustus 2009 – Februari 2010 dan setelah saya melakukan Papsmear lagi, hasilnya kanker saya turun ke stadium normal. Sejak itu saya hanya mengkonsumsi herbal yang tersisa saja dan kemudian stop. Tapi 3 minggu kemarin saya sudah merasakan kembali gejala awalnya: tulang pinggul saya nyeri dan setelah berhubungan mengeluarkan darah. Walau saya belum melakukan papsmear tapi saya yakin itu gejala dari kanker serviks. Kebetulan saya juga mengalami kadar kolesterol tinggi dan saya coba mencari info tentang obat tradisionil di internet dan menemukan kalau daun sirsak dapat menyembuhkan kanker serviks. Sudah seminggu saya meminumnya tapi saya merasa hoyong seperti kekurangan darah dan kaki sebelah kiri saya dari, maaf, pantat sampai betis terasa nyeri. Kaki tidak bisa dilipat ke dalam. Apakah ini efek dari konsumsi daun tersebut?? Kemudian, apakah merebus di panci aluminium tidak berbahaya atau direbus harus menggunakan kuali tanah??? Terima kasih atas infonya…

    • S Belen Says:

      Dear Bu Lena,
      Komentar saya terhadap paparan ibu sbb:

      1. Salut atas ketabahan ibu mengobati penyakit kanker serviks yang diderita dengan pengorbanan sampai 5 kali melakukan operasi. Tampaknya ibu bersikap rasional dalam mengambil keputusan untuk menempuh pengobatan, termasuk mempertimbangkan saran-saran orang lain. Teruskanlah sikap rasional ibu ini.

      2. Mungkin kekeliruan ibu adalah menghentikan konsumsi herbal tersebut sehingga muncul lagi gejala kanker serviks. Menurut pandangan para ahli dan herbalis kanker, sel kanker itu tampaknya tidak bisa hilang seluruhnya atau sel-sel itu mati suri dan akan kambuh lagi jika kondisi tubuh melemah. Karena itu, mereka menyarankan agar orang yang pernah menderita kanker sebaiknya jangan berhenti mengkonsumsi obat atau herbal.

      3. Gejala hoyong, nyeri pada kaki dari betis sampai ke pantat dan kaki sulit dilipat tampaknya merupakan efek samping konsumsi rebusan daun sirsak. Silahkan ibu baca-baca lagi posting kami yang telah diperbaharui dan file powerpoint yang bisa didownload pada posting itu, terutama tentang efek samping konsumsi air daun sirsak. Ibu baru mengkonsumsi selama 1 minggu. Diharapkan gejala ini akan menghilang pada waktu yang tak terlalu lama lagi.

      4. Karena gejala yang muncul adalah kambuhnya sel kanker serviks, kira-kira ibu berada pada stadium 1 atau stadium awal tapi karena ibu pernah mengalami penyakit ini, saran kami ibu merebus air daun sirsak sebanyak 15 lembar dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas dan diminum 3 x 1 gelas dalam sehari. Tiap bulan bisa ibu tambah 3 – 5 lembar dan sampai bulan ketiga ya bisa sekitar 31 lembar. Dosis ini dapat ibu sesuaikan dengan perkembangan kondisi ibu, bisa ditambah atau dikurangi.

      5. Merebus daun sirsak sebaiknya dipakai panci stainless steel. Jangan pakai panci aluminium karena air rebusan dapat bersenyawa dengan zat aluminium. Bisa juga memakai kuali dari tanah. Kalau kuali tanah itu baru sebaiknya dipakai untuk memasak air berkali-kali dulu baru dipakai untuk merebus daun sirsak.

      6. Jika ibu merasa kurang darah, minum rebusan daun sirsak bisa dikombinasikan dengan makan sayuran yang dapat meningkatkan sel darah merah, seperti bayam merah dan bit.

      Tambah sukses buat ibu dan tetap bersemangat!

  39. anna Says:

    Selamat siang pak. Saya mempunyai fam di payudara sebelah kiri. Selama 1 bulan lebih saya mengkonsumsi keladi tikus, kunyit putih, dan sambiloto.. Tetapi, baru-baru ini saya dapat info bahwa daun sirsak dapat menyembuhkan tumor payudara.. Apakah bisa saya mengkomsumsi daun sirsak dan obat yang sebelumnya saya minum? Karena, saya pernah membaca bahwa sirsak tidak dapat diminum dengan zat antioksidan, termasuk kunyit karena akan mengurangi kerja dari sirsak…

    • S Belen Says:

      Dear Anna,
      Jawaban terhadap pertanyaan Anna sebenarnya dapat berdasarkan informasi pada posting ini dan file powerpoint yang dapat di-download pada posting ini.

      Seperti yang dilakukan oleh banyak dokter dan herbalis yang memberikan resep rebusan air daun sirsak dapat ditambahkan atau dikombinasi dengan herbal lain. Karena, tampaknya kombinasi herbal lebih efektif daripada resep tunggal daun sirsak.

      Daun sirsak berfungsi mengeliminasi radikal bebas karena juga bersifat antioksidan. Karena kunyit putih juga bersifat antioksidan yang kombinasi daun sirsak dengan kunyit putih akan memperkuat efek antioksidan. Sambiloto berfungsi juga untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dengan demikian, menurut pendapat saya, Anna bisa tetap mengkonsumsi keladi tikus, kunyit putih, dan sambiloto di samping mengkonsumsi rebusan air daun sirsak. Hanya konsumsi keladi tikus, kunyit, dan sambiloto itu mungkin lebih baik jika diberi jarak waktu, misalnya 1 atau 2 jam, seperti jika kita minum obat kimiawi yang diresepkan dokter. Semoga cepat pulih dan kembali sehat.

    • Suwondo Says:

      Untuk kombinasikan dengan kunyit putih, perlu hati-hati. Karena yang biasa dianggap sebagai kunyit putih, ternyata ada 3 spesies yang dimaksud. Ini cuplikan artikelnya :

      ” … bahkan akhir-akhir ini terhadap tanaman kunir putih, di mana 3 jenis tanaman yang berbeda (Curcuma mangga, Curcuma zedoaria dan Kaempferia rotunda) seringkali sama-sama disebut sebagai ‘kunir putih’ yang sempat mencuat ke permukaan karena dinyatakan bisa digunakan untuk pengobatan penyakit kanker. … ”

      Sedangkan, dari informasi dari buku Herbal Indonesia Berkhasiat, InfoKit Trubus


      – Kunir putih yang dimaksud adalah :
      + Temu Putih, Kunir Putih, kunyit putih
      + Nama Latin : Curcuma Zedoaria
      – Bukti Ilmiah (Anti Kanker)
      Esktrak etanol rimpang Curcuma zedoaria menunjukkan aktivitas menghambat sel-sel OVCAR-3. Bersifat sitotoksik pada sel limfoma (kanker kelenjar getah bening). Senyawa aktif dalam temu putih sanggup menghambat fase metosis dengan cara menghambat pembentukan kromosom.”

  40. Chandra Says:

    Pak, mau tanya bagaimana memilih daun sirsak yang benar.
    Ada yang bilang harus yang berwarna tua. Ada lagi yang bilang harus daun ke-4 dan 5 dari tangkai yang sama. Yang benar yang mana pak ?
    Terus kalau harus daun ke-4 dan 5 bagaimana cara menentukannya ?
    Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Chandra,
      Cara memilih daun sirsak yang benar adalah urutan ke-4, 5 atau 6 dihitung dari awal s.d. ujung tangkai daun. Berarti di tengah-tengah. Ada dokter dan herbalis yang menyarankan agar lebih baik kita mengambil daun sirsak dari pohon sirsak yang sudah menghasilkan buah karena menurut pendapat mereka, khasiat daun sirsak dari pohon sirsak yang sudah berbuah lebih bagus karena zat-zat pada daun telah utuh terbentuk.

      Ada juga yang menyarankan untuk memilih daun sirsak dari pohon yang tidak terkena polusi kotor udara karena daun yang sudah tercemar polutan mungkin berpengaruh buruk terhadap proses penyembuhan penyakit. Semoga penjelasan ini dapat membantu. Sukses.

  41. Betra Sarianti Says:

    Terima kasih atas info yang sangat berharga ini pak. Saya Betra 38 tahun. Tanggal 8 Agustus kemarin saya tes papsmear karena seminggu sebelumnya saya mengalami keputihan bercampur darah, dan perut bahagian bawah terasa ngilu. Hasil papsmier bagus, akan tetapi ditemukan kista ukuran 6,5 cm x 4,5 cm pada ovarium sebelah kiri, dan dokter pada waktu itu menyuruh saya untuk melakukan operasi pengangkatan kista. Saya keberatan untuk melakukan operasi pak, karena sebelum ini sudah dua kali menjalaninya untuk penyakit yang berbeda. Sore harinya saya langsung minum rebusan daun sirsak 10 lembar, diminim 1x sehari, karena saya sedang mejalani ibadah puasa dan ada info saya dengar kalau sirsak ini dapat menurunkan tekanan darah (apa benar pak?). Dalam 4 hari saya minum air rebusan tersebut yang saya rasakan rasa ngilu pada perut bahagian bawah hilang. Pada hari Jumat tanggal 12 Agustus saya menstruasi, pemakaian sirsak saya tingkatkan 2x sehari sampai sekarang. Yang menjadi pertanyaan saya:

    1. Apakah rebusan daun sirsak ini bisa untuk penyakit saya, apakah dosis yang saya minum sudah sesuai? Dan, sampai berapa lama meminumnya?

    2. Apakah bisa minum rebusan daun sirsak ini saya kombinasikan dengan minum jelly gamat yang katanya juga bisa mengatasi kista?

    3. Pernah sekali saya kelamaan merebusnya sehingga airnya sampai kering, lalu saya tambahkan lagi air 1,5 gelas dan direbus lagi sampai tersisa 1 gelas, hasilnya malah airnya tambah merah. Bolehkah hal tersebut saya lakukan? Maaf ya, pak, pertanyaan terlampau banyak, atas tanggapannya saya ucapakan terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear, Ibu Betra Sarianti,
      Perkenankan kami menjawab 3 pertanyaan ibu.
      1. Apakah rebusan daun sirsak ini bisa untuk penyakit saya, apakah dosis yang saya minum sudah sesuai? Dan, sampai berapa lama meminumnya?

      Jawaban: Banyak wanita, terutama ibu penderita kista yang telah menjalani terapi daun sirsak dan sembuh atau terbebas dari kista.

      Dosisnya mungkin belum sesuai karena dosis yang ibu jalani tampaknya untuk orang sehat yang mencegah sakit kanker atau pembentukan kista. Dosis yang mungkin lebih baik adalah mulailah dengan 15 lembar daun sirsak. Tambahkan 3 – 5 lembar per bulan sampai maksimal 31 lembar. Naik turunkan dosis sesuai dengan perkembangan kista tersebut. Jika sulit mendaptkan daun segar, keringkan daun sirsak dan dosisnya dikalikan dua untuk daun yang kering.

      2. Apakah bisa minum rebusan daun sirsak ini saya kombinasikan dengan minum jelly gamat yang katanya juga bisa mengatasi kista?

      Jawaban: Kombinasi ini mungkin saja karena sebaiknya jangan menggunakan satu peluru untuk “menyerang musuh” kista.

      3. Pernah sekali saya kelamaan merebusnya sehingga airnya sampai kering, lalu saya tambahkan lagi air 1,5 gelas dan direbus lagi sampai tersisa 1 gelas, hasilnya malah airnya tambah merah. Bolehkah hal tersebut saya lakukan?

      Jawaban: Menurut pendapat saya jika air telah kering berarti khasiatnya sudah menguap bersama air yang mengering. Lebih bagus jika mulai merebus daun sirsak yang baru.

      Tetaplah yakin bahwa daun sirsak dapat menghilangkan kista ibu. Tetap optimis dan tetap bersemangat menjalani terapi. Selamat berpuasa bagi ibu.

  42. okky sibarani Says:

    Pak, kawan saya sudah pasang sten/ring pada pembuluh darahnya 2 ring karena jantung koroner. Sudah berjalan 2 tahun. Sekarang dia minum air rebusan daun sirsak, 30 lembar daun sirsak direbus dengan air 3 gelas jadi 1 gelas, diminum setiap pagi. Kondisinya sekarang merasakan tubuhnya fit. Yang mau saya tanyakan, apakah air rebusan daun sirsak ada manfaat untuk jantung koroner? Thanks

    • S Belen Says:

      Dear Okky Sibarani,

      Rebusan daun sirsak amat cocok bagi pasien jantung koroner karena daunnya mengandung zat yang bisa mengeliminasi radikal bebas (antioksidan), menurunkan kadar kolesterol jahat yang menjadi biang kerok penyumbatan pembuluh darah koroner. Selain itu, daun sirsak meningkatkan stamina tubuh dan menunjukkan efek menenangkan pikiran sehingga bisa tidur dengan pulas. Semoga kawan Anda tetap bugar dan sehat.

    • Suwondo Says:

      Untuk jantung koroner, biasanya masalah terbesarnya adalah penumpukan kolesterol. Maka bahan herbal yang anti kolesterol akan baik untuk perkembangannya. Sirsak termasuk anti kolesterol. Bahan yang termasuk anti kolesterol yang lain, misalnya : bawang putih, temulawak,

  43. Chandra Says:

    Terima kasih atas infonya pak.

    Ada lagi yang mau saya tanyakan pak. Rencana saya mau berikan ke ayah saya yang sedang kanker ginjal stadium 3. Dengan dosis 3 x 1 gelas/hari. Bagaimanakah cara yang benar untuk merebus daun sirsak agar bisa mendapatkan 3 gelas?

    Soalnya banyak sekali kesimpangsiuran di dunia maya ini mengenai perebusan daun sirsak. Yang saya baca di My Healthy Life edisi daun sirsak vs kanker begini pak:
    Daun sirsak 10 lembar tambahkan air 3 gelas lalu rebus sampai menjadi 1 gelas. 10 lembar yang bekas direbus tadi ditambahkan 2 gelas air, lalu rebus lagi sampai menjadi 1 gelas. 1 gelas yang pertama digabung dengan 1 gelas yang terakhir. Baru kemudian diminumkan.
    Tolong penjelasannya pak.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

  44. S Belen Says:

    Dear Chandra,

    Untuk menjawab pertanyaan Chandra saya bolak-balik membaca buku My Healthy Life, yang ditulis Redaksi Majalah Trubus. Rupanya resep yang dikemukakan Chandra itu adalah resep yang mungkin dipraktikkan dr.Willie Japaries, MARS, dokter dan herbalis di Jakarta Pusat. Ya, begitulah kenyataannya. Tiap dokter atau herbalis punya resep khusus sesuai dengan pengalamannya.

    Mungkin untuk ayah yang menderita kanker ginjal stadium 3 dapat diikuti resep yang umum diikuti untuk penderita kanker stadium 3, yaitu: rebus 15 daun sirsak segar dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Minumlah dalam sehari. Sambil melihat perkembangan penyakit, bisa ditambahkan 3 – 5 lembar per bulan sampai maksimal 31 lembar.

    Untuk meringankan kerja ginjal, disarankan pula kombinasi rebusan daun sirsak dengan ramuan kumis kucing, alang-alang, kejibeling, adas, jintan atau daun sembung.

    Semoga ayah cepat pulih. Tetaplah optimis.

  45. Chandra Says:

    Terima kasih banyak untuk cara perebusannya pak.
    Mengenai saran bapak dalam hal kombinasi, bagaimana ya pak?
    15 daun sirsak tadi dicampur dengan alang2/kumis kucing baru direbus ? atau bikin ramualn alang2/kumis kucing tersendiri, nanti diminumkan selang seling dengan air daun sirsak.

    Terima kasih

  46. Naning Says:

    Saya menderita penyakit kanker paru-paru dan adenocarcinoma, dan telah menjalani 3 jenis kemo. Akan tetapi, pengobatan tidak berhasil dan tumor tetap tumbuh. Dokter pun sudah menghetikan pengobatan selanjutnya. Kini saya mulai dengan terapi daun sirsak. Karena saya tinggal di Holland, saya mendapat kiriman daun sirsak ini dari teman yg tinggal di Jakarta dan berbentuk sudah kering dan dirajang-rajang halus. Apakah saya harus merebusnya lagi seperti daun yang segar atau cukup diseduh dengan air panas seperti teh? Dan, dosisnya seberapa? Apakah bisa dikombinasi dengan juga menggunakan keladi tikus?
    Terima kasih sebelumnya.

    • S Belen Says:

      Dear Naning in Holland,

      Syukurlah di zaman internet ini informasi dalam bahasa Indonesia dari Indonesia bisa diakses di seluruh penjuru bumi, termasuk di Holland.

      Yang biasa saya lakukan dengan daun sirsak kering adalah diseduh saja dengan air panas seperti menyeduh teh. Direbus juga tidak apa-apa, asalkan tidak terlalu lama.

      Dosis bergantung kepada kondisi tiap pasien. Berbeda-beda untuk tiap orang. Namun, banyak herbalis cenderung menggunakan dosis untuk kondisi ibu yang telah menderita kanker sbb:
      Mulai dengan merebus 15 daun sirsak segar lalu bisa dibambah 3 – 5 lembar per bulan sampai maksimal 31 daun segar. Jika dipakai daun sirsak yang telah dikeringkan dan dirajang dosisnya 1, 5 kali dosis daun segar tersebut. Dengan demikian, gambarannya adalah mulai dengan 23 daun kering, lalu tiap bulan dapat ditambah 5 – 8 daun kering (bergantung kondisi kesehatan yang berkaitan dengan kanker) sampai maksimal 46 lembar.

      Membayangkan ibu berada di Holland tentu dosis sebanyak ini tampaknya menjadi beban. Ya, begitulah nasib kita yang berada di negeri dingin tempat pohon sirsak tak bisa tumbuh. Kalau tak bisa mengikuti dosis sebanyak itu, ya ibu perkirakan saja dosis yang cocok untuk ibu dengan melakukan evaluasi sendiri terhadap dampak terapi daun sirsak.

      Digabungkan dengan ramuan keladi tikus juga tak masalah. Mungkin sebaiknya tidak dicampur tapi dikonsumsi selang-seling minimal setelah 1 s.d. 2 jam.
      Tetap optimis dan bersemangat. Pasti berhasil.

  47. LENA Says:

    Terima kasih pak atas tanggapannya…. Kemarin saya lupa memberitahukan selain hoyong dan nyeri di pantat – kaki saya juga mengalami seperti bengkak di tenggorokan sehingga untuk menelan air saja sulit dan sakit sekali. Jadi karena ini bulan puasa agar tidak mengganggu ibadah puasa saya, untuk sementara konsumsi daun sirsak saya hentikan dulu. Insya Allah habis lebaran saya minum lagi. Yang ingin saya tanyakan, apakah bengkak di tenggorokan itu juga reaksi dari konsumsi daun sirsak????? Terima kasih atas saran dan tanggapannya…

    • S Belen Says:

      Dear Ibu Lena,

      Salut atas sikap ibu tetap menjalani ibadah puasa walaupun sedang sakit. Bulan puasa ini memberi kesempatan kepada ibu sehingga terjadi detoksifikasi zat-zat beracun dalam tubuh yang berasal dari konsumsi kita sebelum berpuasa. Kadang-kadang disarankan juga bagi pasien kanker yang menjalani terapi air daun sirsak untuk menghentikan sementara terapi ini guna memberi kesempatan kepada tubuh untuk membersihkan endapan air rebusan daun sirsak yang mungkin berpengaruh kurang baik terhadap kerja ginjal.

      Bengkak di tenggorokan ibu bisa merupakan dampak terapi daun sirsak atau disebabkan oleh hal lain yang membuat tenggorokan ibu bengkak. Kalau bengkak ini tak hilang-hilang cobalah berkonsultasi ke dokter atau mengkonsumsi herbal khusus untuk mengobati bengkak tenggorokan.

      Tetap optimis. Allah tidak meninggalkan insan ciptaannya berjuang sendirian. Melalui ibadan dan doa, ibu pasti bisa pulih, menjadi sehat kembali seperti sediakala. Selamat beribadah puasa.

  48. yuyun Says:

    Bila masih mengkonsumsi obat dokter, apakah diperbolehkan untuk minum air rebusan daun sirsak? Ibu saya menderita tumor ganas di payudara kanan dan sudah dilakukan operasi pengangkatan payudara. Beliau sudah dijadwalkan untuk kemoterapi, akan tetapi sementara ini masih minum obat karena kemo belum dilakukan. Terima kasih banyak sebelumnya

    • S Belen Says:

      Dear Yuyun,
      Banyak pasien kanker tetap mengkonsumsi obat dokter sambil juga mengikuti terapi rebusan air daun sirsak. Karena itu, bisa saja ibu mulai sekarang mengikuti terapi air daun sirsak. Walaupun telah mengikuti kemoterapi, terapi air daun sirsak bisa saja tetap dilakukan. Yang perlu diperhatikan adalah diberi waktu 1 – 2 jam setelah konsumsi obat dokter barulah meminum air daun sirsak. Semoga ibu cepat pulih.

  49. Naning Says:

    Terima kasih atas jawaban Bapak yang berharga ini.
    Kalau begitu, berhubung terbatasnya jumlah kiriman rajangan daun sirsak kering dari teman, saya bisa menggunakannya seperti minum teh saja, ya pak? Setiap kali mau minum, minum teh daun sirsak ini saja dan tidak tergantung dosis minum 3x sehari, betul pak?

    Terima kasih dan salam hangat dari Holland.

    • S Belen Says:

      Iya, Bu Naning, saya bisa mengerti keadaan ibu di rantau, di negeri orang. Baguslah kalau ibu ganti kebiasaan minum teh dengan minum “teh” daun sirsak. Tiada hari tanpa “teh” daun sirsak.

  50. Keysha Says:

    Saya menderita penyakit kista ovarium di kiri dan kanan, masing-masing berukuran 4 cm dan kata-kata dokter memvonis saya tidak bisa mempunyai keturunan. Sudah sebulan terakhir saya mengkonsumsi rebusan daun sirsak sebanyak 10 lembar, diminum 3x sehari. Tapi, sampai saat ini saya belum merasakan khasiatnya karena sekarang saya lagi haid tapi masih sakit banget perut bagian bawah, dan itu berarti kista saya masih ada.Yang saya tanyakan apakah dosisnya masih kurang atau bagaimana yang bapak sarankan agar saya cepat sembuh, dan masih bisakah saya mempunyai keturunan?

  51. S Belen Says:

    Dear Keysha,

    Memang sekarang ini ada dokter yang ngawur, suka memvonis orang tanpa pertimbangan matang. Saya sendiri sudah dua kali divonis dokter akan meninggal setelah beberapa bulan. Dokter yang kedua mengatakan jika pak tidak dioperasi, ya risikonya adalah umur pendek. Buktinya saya menolak dioperasi dan hanya berobat jalan dan masih hidup sampai sekarang. Vonis dokter bahwa ibu tak bakal punya keturunan itu dilupakan saja. Banyak penderita kista yang berhasil melahirkan anak setelah kistanya hilang.

    Banyak penderita kista di ovarium yang menjalani terapi air daun sirsak yang berhasil menghilangkan kista dan kemudian punya anak. Kesaksian itu banyak dimuat pada Majalah Trubus, koran, dan internet.

    Ada satu hal yang perlu diperhatikan, yakni hindarilah makanan yang memberi asupan bagi perkembangan kista. Melalui diet yang ketat, lama-kelamaan kista itu akan mengecil dan kemudian menghilang.

    Mengenai dosis, perkiraan saya masih kurang. Mulailah dengan 15 lembar daun sirsak, direbus dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Ini diminum 3 x sehari. Bisa tambahkan 3 – 5 daun setiap bulan sampai maksimal 31 lembar. Semoga sukses luar biasa.

    • AGUS,Dr Says:

      Ass wr wb.
      Tetap semangat bu, insya allah bila kista sudah mengecil atau hilang, ovarium akan berfungsi normal kembali. Sehingga besar kemungkinan ibu bisa mendapatkan kehamilan.

      • Suwondo Says:

        Apalagi jika kistanya nanti sudah menghilang, dicoba untuk merehabilitasi fungsi ovarium dengan herbal yang mendukung untuk hal tersebut. Tapi untuk saat sekarang, yang paling penting bagaimana kista tersebut dapat disembuhkan terlebih dahulu.

  52. Chandra Says:

    Sebelum terapi air daun sirsak CA19-9 nilainya 12.000. Setelah mengetahui terapi air mulailah dilakukan Hari 1-2 minum 2×1 gelas (1 gelasnya hasil dari 10 daun sirsak, 1 hari = daun), hari 3-6 minum 3×1 gelas (Sehari totalnya 30 daun) karena berhubung mau berangkat check up di luar negeri dan faktor kepraktisan maka dihentikan minum air, diganti dengan minum ekstrak daun sirsak berupa kapsul. Saya kasi ke ayahku 3x4kapsul pada hari 7-9. Hari ke-10 dicheck darahnya lagi hasilnya CA19-9 menjadi 20.000.
    Yang mau saya tanyakan apakah terapi selama 9 hari tersebut belum cukup untuk menekan angka CA19-9 menjadi lebih kecil ya, pak? Setidaknya turun dikitlah.. Mengapa menjadi naik ya, pak ? Apa sekarang naik dan nantinya bisa turun setelah melakukan terapi air lebih lama lagi?? Menurut pengalaman bapak biasanya ada perubahan penurunan antibodi antikankernya setelah menjani terapi air berapa hari? Terima kasih, pak.

    • S Belen Says:

      Dear Chandra,

      Menurut pengamatan saya, tiap pasien kanker itu punya ritme atau irama penyakit yang cenderung khas pada tiap individu. Karena, kondisi dan sistem kekebalan serta latar belakang tiap orang itu berbeda-beda. Tentu saja, yang tampak lebih arif adalah mengikuti advis dokter dan mempertimbangkannya berdasarkan dialog kontinu dengan dokter.

      Ada pasien yang gejala kankernya telah menyebar sampai ke tulang dan sumsum tulang belakang sehingga terapi daun sirsak tampak tak mempan lagi. Pasien mengalami turunnya kadar albumin dan hb sehingga dokter berkonsentrasi menaikkan kadar albumin dan hb dan untuk sementara terapi sirsak dihentikan.

      Mungkin, ya mungkin saja terapi daun sirsak dan ekstrak daun selama 9 hari membuat endapan zat tersebut bertambah sehingga tampak tidak menurunkan kadar sel kanker ayah. Mungkin coba ditempuh dengan menghentikan sementara agar endapan yang ada berkurang atau hilang dulu. Maaf, Chandra, ini pun hanya perkiraan. Yang tahu lebih pasti adalah dokter yang ahli dan kompeten soal kanker.

  53. eva Says:

    Pak, Saya 29 tahun, ada benjolan lunak tapi nyeri seperti bengkak kalau menyusui dan puting susu masuk ke dalam yang merupakan tanda-tanda tumor/kanker payudara. Hal ini sudah berlangsung 4 hari. Saya takut ke dokter, takut divonis macam-macam.

    Apa bisa saya mengkonsumsi daun sirsak dan apa bisa dikombinasi dengan sarang semut dan keladi tikus. Menurut bapak mana yang paling berkhasiat sarang semut atau keladi tikus untuk penyakit saya ini… Makasih… Oh ya, perlu bapak ketahui sebelumnya saya sehat-sehat saja, tapi tubuh saya gemuk …. Namun, saya memiliki anak dan dia meninggal karena limfoma… Apa ini penyakit karena keturunan (kanker)? Mohon jawabannya.. Terima kasih…

    • S Belen Says:

      Dear Eva,

      Ada pasien yang mengkombinasikan terapi daun sirsak dan sarang semut dan / atau keladi tikus.

      Pendukung sarang semut dan keladi tikus sama-sama mengklaim khasiatnya menyembuhkan kanker. Khasiat sarang semut tampaknya belum banyak diteliti para ahli. Sedangkanm, khasiat keladi tikus telah diteliti para ahli di Malaysia, China, dan Amerika Serikat.

      Saya tertarik mengikuti pendapat seorang ahli asal NTT, Indonesia, yang kalau tak salah ayahnya Pak Riwu Kaho waktu masih hidup dikenal luas sebagai ahli terapi herbal NTT. Ahli tersebut adalah Angela Riwu Kaho PhD. Ia adalah ahli kimia natural peneliti zat anti tumor dari Ohio State University. Ia mengatakan bahwa, ekstrak Typhonium flagelliforme keladi tikus memang mengandung zat anti kanker namun konsentrasinya lemah. Hasil penelitiannya ini pernah dipublikasikan di jurnal kesehatan Phytotheraphy Research pada Mei 2001.

      Walaupun demikian, pasien dapat mencoba herbal alternatif mana pun dan tampaknya ini cenderung cocok-cocokan. Ada yang cocok dengan keladi tikus, ada yang cocok dengan sarang semut, ada yang cocok dengan sambiloto, dst.

      Pertanyaan tentang apakah limfoma (kanker getah bening) adalah penyakit keturunan, dari literatur yang saya baca dinyatakan bahwa penyebab limfoma adalah multifaktor. Ada empat kemungkinan penyebabnya, yaitu faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan, infeksi virus atau bakteri, dan toksin lingkungan (herbisida, pengawet, pewarna kimia). (Sumber: http://dilihat.com/news/naturally-kenali-gejala-awal-limfoma-waspadai-benjolan-di-leher-ketiak-atau-pangkal-paha/; dan http://www.cancerhelps.com/limfoma.htm).

    • Suwondo Says:

      Ketiganya punya cara masing-masing untuk menghancurkan sel-sel kanker Pak. Setahu saya, yang paling kuat (bila cocok dengan kondisi tubuh pasien) adalah daun sirsak. Cara kerjanya, zat aktif dalam daun sirsak akan merusak ATP yang dipompakan masuk ke dalam sel kanker. Sehingga sel kanker akan kehilangan asupan ATP nya.
      Sementara yang kedua (bila cocok dengan tubuh pasien) adalah sarang semut papua. Tapi ini katanya juga harus berhati-hati, karena ada banyak jenis sarang semut yang tidak semua ampuh untuk mengatasi kanker. Sedangkan cara kerja sarang semut ini, setahu saya adalah dengan mensetting jadwal kematian (program bunuh diri) bagi sel kanker (apoptosis).
      Kalau saya boleh memberikan label, daun sirsak dan sarang semut ini yang merusak sel kanker secara langsung pada sel nya.

      Sedangkan pada keladi tikus, kalau tidak salah, akan memotong dan mempengaruhi kromosom sel kanker sehingga terjadi siklus semu (nick cyclic). Itu yang penelitian dosen UMS.

      Jadi kalau untuk : keladi tikus, jus buah noni, kunyit (saya melabelinya sebagai memerangi sel kanker secara tidak langsung).

      Tapi bagaimanapun, pengobatan herbal itu juga tergantung pada kecocokan juga. Terkadang kurang cocok dengan yang satu, tetapi terasa sangat efektif dengan bahan herbal yang lain (padahal secara teori seharusnya cara kerjanya lebih lemah).

  54. Dzakwan Says:

    Salam sehat Pak, Saya mau tanya, di bagian atas payudara saya ada benjolan dan kadang terasa nyeri. Saya nggak berani periksa ke dokter. Sekarang saya sudah minum rebusan daun sirsak selama 1 minggu, 10 lembar + 3 gelas air rebus sampai sisa 1 gelas, diminum siang dan malam. Air rebusan warna kuning. Setelah minum tubuh jadi panas dan sedikit berkeringat. Tapi, belum ada perubahan apa-apa. Kadang-kadang masih terasa nyeri lagi.

    Yang mau saya tanya: 1. Apakah dosisnya perlu ditambah? 2. Pantangannya apa? 3. Makanan yang bagus dikonsumsi apa? 4. Apakah rebusan daun sirsak bisa membuat saya ngak bisa hamil, rencana tahun depan dah mau married. Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Dzakwan,

      Tampaknya dosisnya perlu ditambah. Mulai dengan 15 lembar daun sirsak yang direbus dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Sambil melihat perkembangan kondisi, bisa ditambahkan 3 – 5 lembar per bulan sampai maksimum 31 lembar.

      Pantangannya bisa dilihat pada gambar terakhir pada posting, yang menunjukkan jenis makanan pantangan, yaitu makanan yang dibakar seperti sate, jenis makanan jamur dan kapang seperti tempe dan tape yang memperbesar pembuluh darah yang disenangi sel kanker untuk memperbesar massanya, seafood seperti Seafood (kerang & cumi), ikan darat (lele, belut), jeroan (hati, usus, ampela), jenis makanan berpengawet, penyedap rasa, merica, pemanis buatan, minuman
      alkohol, dan buah-buahan tertentu (nangka & durian), sayuran (kol, kubis, kecambah, cabai).

      Makanan yang sebaiknya dikonsumisi adalah makanan mengadung anti-oksidan tinggi (buah-buahan & sayuran). Layukan buah /
      sayuran dengan merendam di air mendidih 5 menit, tiriskan, dan buat jadi jus.

      Rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan kanker payudara dan dapat membuat wanita hamil. Ada pasien payudara yang ternyata bisa hamil setelah mengikuti terapi ini.

      Tetap optimis. Pasti berhasil.

  55. Lestari Says:

    Saya mulanya didiagnosa kista di payudara kiri, lalu saya minum daun sirsak, namun karena tidak bereaksi saya minum macam-macam herbal sambil tetap minum rebusan daun sirsak,tapi sekarang bahkan tambah besar dan sakit, seperti disayat-sayat. Saya takut ke dokter karena pasti sudah jadi kanker. Apa yang harus saya lakukan? Mohon jawaban dan terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Lestari,

      Pernah juga saya menduga ada penyakit dalam tubuh tapi karena takut vonis dokter, konsultasi dan pemeriksaan ke dokter ditunda-tunda. Kalau sakit, dokter yang periksa juga saya arahkan ke penyakit lain. Ternyata penyakit yang saya takuti itu benar tapi sayang terlalu terlambat. Penyakit itu semakin parah dan akibatnya penyembuhannya memerlukan waktu yang lama. Nah, berdasarkan pengalaman pahit ini, sekarang prinsip saya adalah lebih baik mengetahui penyakit kita daripada berusaha menjadi “dokter” sendiri dengan mengupayakan pengobatan sesuai dengan pendapat kita.

      Teman mahasiswa satu asrama saya waktu studi di London yang berasal dari Ghana berpendapat bahwa jika ada gejala HIV/Aids pada tubuh sebaiknya tidak usah memeriksakan diri ke dokter karena tahu atau tidak tahu penyakit ini tokh kita pasti mati. Ternyata kemudian ia terserang HIV/Aids dan berusaha menggunakan magic Afrika dengan membawa patung-patung kecil dan asesori lain. Ketika penyakitnya sudah terlalu parah terpaksa ia ke rumah sakit dan divonis dokter terkena HIV/Aids stadium lanjut. Akhirnya, ia pulang ke Ghana dan saya tak pernah dengar kabar beritanya. Kemungkinan besar ia telah meninggal.

      Tetaplah mengkonsumsi rebusan daun sirsak dan herbal pendukung lainnya. Mudah-mudahan kista itu segera terbang dan tak kembali lagi. Tetaplah optimis.

  56. Variozz Blue Says:

    Apakah daun sirsak dapat menyembuhkan kanker otak stadium akhir? Bagaimana caranya membuat daun sirsak untuk yang sudah stadium akhir ??? Terima kasih, pak.

    • S Belen Says:

      Dear Variozz Blue,

      Sejauh yang kami tahu, daun sirsak tidak ditujukan untuk enyembuhan kanker otak. Tapi, ada pasien kanker yang mencobanya. Untuk stadium akhir disarankan dimulai dengan dosis 21 daun sirsak yang direbus dengan air 5 gelas sampai tersisa 3 gelas. Dosis ini dapat ditambah bergantung kepada perkembangan kondisi pasien, misalnya pada bulan ke-3 jumlahnya ditingkatkan sampai 41 s.d. 50 lembar. Dosis maksimum adalah sampai 70 daun sirsak.

  57. Erna Sastratika Says:

    Sekitar Januari 2010 tepat 2 minggu setelah menikah, saya divonis mengidap mioma di rahim dan cukup besar -/+ 7 cm. Saya sudah berobat herbal dan terapi ke mana-mana tapi hasilnya miom yang ada di rahim saya belum hilang. Saya juga sudah mencoba terapi daun sirsak namun karena daun sirsak di sini terbatas (hanya menunggu kiriman dari orang tua saja), bagaimana kalau terapi buah sirsak saja bagaimana?? Apakah efeknya sama dengan air rebusan daun sirsak mengingat daun sirsak susah dijumpai. Saya juga sudah berusaha diet namun masih saja ada yang dilanggar misalnya pedes, tahu dan tempe, kacang tanah, es krim kadang-kadang masih saya konsumsi… Mohon saran dan bantuannya. Thanks

    • S Belen Says:

      Dear Erna,

      Jika hendak mengkonsumsi buah sirsak mungkin dapat dipertimbangkan pendapat Dr Mangestuti, Apt., MS dari Departemen Farmakognosi dan Fitokimia, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Beliau mengemukakan cara sederhana untuk mengkonsumsi buah sirsak untuk pengobatan adalah dengan menghaluskan buah yang sudah dikupas, buang bijinya dan saring dengan penambahan air sedikit demi sedikit. Hasil penyaringan selanjutnya dapat langsung dikonsumsi dengan sedikit penambahan madu untuk mengatasi rasa asam. Ditandaskan pula bahwa bagi pasien diabetes, gula atau madu tidak diperbolehkan.

      Kalau sulit mendapatkan daun sirsak segar, ya mintalah kepada orang tua untuk mengirim banyak-banyak, lalu dijemur dalam suhu ruangan. Kalau di luar ya sebaiknya di bawah naungan agar khasiatnya tidak berkurang. Nah, bikin teh daun kering sirsak dan minumlah sebagai pendamping konsumsi buah sirsak.

      Mengenai diet itu memang sulit. Yang dianjurkan adalah menghindari makanan yang memberi asupan bagi perkembangan mioma di rahim itu. Namun, terkadang ada orang yang berpandangan, tidak apa-apa sekali-sekali makan makanan yang kita suka walaupun dilarang. Karena, makan makanan kesukaan akan menjadi gizi untuk kesehatan kita sedangkan makan makanan yang tidak kita senangi malah tidak menjadi gizi bagi tubuh, malah memperburuk kondisi tubuh.

  58. keysha Says:

    Terima kasih atas jawabannya, pak! Mudah-mudahan apa yang bapak katakan bahwa pendapat dokter salah menjadi kenyataan karena tadinya saya sudah tidak ada harapan lagi untuk punya anak. Setelah saya membaca balasan dari bapak saya menjadi bersemangat hidup kembali. Sekarang saya sudah tambah dosis minum daun sirsak jadi 15 lembar dan diminum 3x sehari tapi saya belum cek lagi kistanya. Menurut bapak kapan saya harus diperiksa, karena saya takut kalau hasilnya kista masih ada di tubuh saya. Terima kasih sebelumnya!

    • S Belen Says:

      Dear Keysha,

      Mengenai kapan memeriksakan diri ke dokter lagi bergantung pada sejauh mana besarnya kista dan di mana letaknya. Ada orang yang cukup setelah satu bulan mengikuti terapi daun sirsak lalu kembali memeriksakan diri ke dokter. Ada yang 3 bulan, dan ada yang 6 bulan.

      Keysha yang lebih tahu perkembangan kista dan kondisi tubuh. Pelajarilah dan tentukan waktu yang dianggap pas yang diperkirakan kista itu telah berkurang atau menghilang untuk pemeriksaaan ke dokter.

  59. alexander Says:

    Maaf, pak, apakah rebusan daun sirsak bisa untuk menyembuhkan penyakit HIV/Aids….? Mohon informasinya guna menyembuhkan kerabat yang sakit.

    • S Belen Says:

      Dear Alexander,

      Tentang khasiat daun sirsak untuk menyembuhkan HIV/Aids terus terang belum saya baca. Mungkin terapi daun sirsak berguna untuk mengobati sakit lain pada penderita HIV/Aids karena biasanya pasien penyakit ini meninggal karena penyakit yang lain yang tak bisa diatasi oleh sistem imunitas tubuh.

  60. mening Says:

    Pak S Belen yth.
    Saya sudah membaca artikel bapak, kebetulan suami saya kena diabet dan saya sendiri kena asam urat. Di rumah saya punya tanaman pohon nangka sehingga tidak mengalami kesulitan mengikuti terapi pak Belen. Yang ingin saya tanyakan minum rebusan daun nangka apakah boleh kami lakukan sebagaimana minum air putih yang setiap saat bisa kami minum? Terima kasih atas tanggapan bapak.

    • S Belen Says:

      Dear Mening,

      Sebaiknya minum rebusan daun nangka tidak perlu seperti minum air putih karena jika terlalu berlebihan dapat mengakibatkan endapan zat daun nangka itu pada ginjal. Ini sama juga dengan jika kita minum vitamin terlalu banyak dan terlalu sering dapat berakibat sebaliknya. Bukannya badan tambah sehat tapi malah bisa bikin penyakit. Minumlah seperlunya, tidak terlalu sering. Minumlah terutama ketika kondisi badan agak lemah, kurang stamina. Pasti sukses luar biasa.

  61. wisnu j Says:

    Istri saya pada payudara sebelah kanan setelah dideteksi dini di RS hasilnya dicurigai kanker ganas dengan besar kurang lebih 2 cm. Kemudian, istri saya mengkonsumsi daun sirsak dan buah sirsak setiap hari, baru berlangsung baru 5 hari dan juga ditambah herbal-herbal lain seperti kapsul keladi tikus, kapsul minyak habatusauda, vco, dll yang ada hubungannya untuk penyakit kanker. Selama mengkonsumsi kesehatan istri saya sepertinya bertambah fit, tidak pegal-pegal dan enak tidur.

    Pertanyaan saya :

    1. Menurut RS penyakit itu harus diangkat, tetapi istri saya takut dioperasi. Apakah apabila kanker ganas diusik /dioperasi maka ia akan bertamabah ganas dan karena itu ia memilih mengkonsumsi bahan-bahan herbal tersebut. bagaimana pendapat? Mohon advisnya.

    2. Saya merebus daun sirsak memakai wadah dari gelas apakah baik hasilnya?

    3. Apakah penyakit kanker ganas yang diderita istri dapat sembuh dengan tuntas?

    • S Belen Says:

      Dear Wishnu,

      Pertama, kami cenderung sependapat dengan istri Pak karena operasi itu menyayat organ tubuh dan dampaknya bisa ke mana-mana. Dan, untuk penyakit kanker, sel-sel kanker bisa menyebar ke bagian payudara dan organ tubuh yang lain. Banyak pasien kanker memilih mengobati dengan pengobatan herbal atau kemoterapi tanpa operasi pengangkatan payudara. Banyak pula pasien kanker payudara yang memilih terapi rebusan daun sirsak, tidak mengikuti saran dokter untuk dioperasi dan ternyata mereka sembuh.

      Kedua, merebus daun sirsak pada wadah gelas tentu bagus sekali karena zat dari gelas tidak bercampur dengan zat daun sirsak. Bisa juga pakai wadah stainless steel.

      Ketiga, menurut pendapat banyak dokter dan herbalis penyakit kanker, penyakit kanker tidak bisa sembuh 100% secara tuntas. Tapi, kenyataan hidup orang lain juga mengungkapkan bahwa ada pasien kanker yang dapat sembuh tuntas 100%. Tiap pasien memiliki kemampuan menyembuhkan diri yang berbeda-beda. Ada yang seperti mengalami mujizat, penyakit kanker dapat sembuh tuntas. Untuk hal ini, tampaknya generalisasi sebaiknya dihindari.

  62. S Belen Says:

    Dear Alexander.

    Maaf, telat balas. Sejauh informasi yang kami tahu, rebusan daun sirsak tidak ditujukan untuk menyembuhkan pasien HIV/Aids. Pasien HIV/Aids bisa saja mengkonsumsi rebusan daun sirsak untuk menjaga kondisi dan kebugaran tubuh serta untuk mencegah penyakit lain yang dapat menyerang pasien HIV/Aids. Karena, umumnya pasien HIV/Aids meninggal karena dampak penyakit lain karena sistem imunitas tubuhnya tak bisa menanggulangi penyakit lain itu karena sistem imunitas telah dirusak oleh virus HIV/Aids.

    Semoga kerabat Alexander tetap optimis dan pantang menyerah karena kepercayaan akan sembuh dan bertahan amat menentukan nasib seorang pasien. Tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan ini.

  63. mening Says:

    terima kasih atas jawaban bapak, kami berharap suatu saat bisa berkonsultasi lagi, semoga Tuhan selalu memberkati kegiatan bapak dalam membantu sesama

  64. Vega Says:

    Pak ponakan saya umurnya 4 tahun diduga limfoma. Saya mau terapi daun sirsak, bagamana dosis yg tepat bagi anak umur 4 tahun?

    • S Belen Says:

      Dear Vega,

      Dosis untuk kanak-kanak tertentu berbeda dengan orang dewasa karena daya tahan tubuh mereka masih lemah. Karena itu, dosisnya tidak setinggi orang dewasa. Untuk meningkatkan stamina anak dapat ditambah gula aren (gula Jawa) dan teh bubuk serta bisa juga kayu manis penambah citarasa.

      Berikut ini dikemukakan terapi daun sirsak untuk anak usia 6 tahun.

      Bahan: Daun sirsak 3 – 5 lembar, teh bubuk, kayu manis, gula aren (gula Jawa), garam.

      Cara membuat:
      Rebus 3 – 5 lembar daun sirsak. Tambahkan air 2 gelas, sejumput teh bubuk, setengah ruas jari kayu manis, gula aren, dan garam sepucuk sendok teh. Sisakan 1 gelas dan minumkan sedikit demi sedikit selama 1 hari.
      (Sumber: My Healthy Life: Daun Sirsak vs. Kanker, Depok: PT Trubus Swadaya, halaman 30).

  65. hasan Says:

    Saudara saya ada yg menderita kanker nasofaring sdh stadium 4, kalau tidak salah bisa jg disembuhkan dengan air rebusan daun sirsak ya pak? bagaimana dosisnya? Apakah bisa digantikan dengan teh daun sirsak?
    Terima kasih..

    • S Belen Says:

      Dear Pak Hasan,

      Pedoman dosis untuk stadium 4 adalah mulai dengan 21 lembar daun sirsak dimasak dengan air 5 gelas sampai tersisa 3 gelas. Pada bulan ke-3 dapat ditingkatkan menjadi 40 – 50 daun. Maksimum hanya boleh 70 daun.

      Tentu saja dosis ini dapat disesuaikan dengan tingkat responsi dan kondisi pasien.

      Kalau ingin diganti dengan teh daun sirsak ya dosisnya 2 x dosis daun sirsak basah sebagai acuan umum. Tapi, tentu saja dapat disesuaikan.

  66. suwondo Says:

    Mohon ma’af, seminggu yang lalu istri saya didiagnosis terkena kanker limfoma. Sudah 4 hari ini istri saya menjalani terapi daun sirsak dengan takaran untuk pemula (mbar dicampur 3 gelas direbus hingga tinggal 1 gelas). Tapi karena tidak punya tanaman sendiri, terpaksa cari daun 4,5,6,7 secara besar-besaran langsung. Tapi gak mungkin untuk dimasak semua. Akhirnya saya putuskan untu saya keringkan untuk dibuat teh herbal (sesuai petunjuk buku). Mohon keterangan nya : 1. Cara membuat teh herbal daun sirsak secara detail. 2. Takaran / dosis dari teh kering yang sudah jadi untuk sekali konsumsinya (untuk diseduh air 1 gelas 200 cc, dibutuhkan teh nya sejumlah berapa ???). Terima kasih.

  67. sylvie Says:

    pak, papa saya divonis kanker hati. Aapakah bisa diterapi dengan rebusan daun sirsak? karena menurut posting diatas yidak bisa. Terus terang saya bingung pak karena tidak banyak dokter yang bs menerangkan pengobatan dengan herbal. Makasih sebelumnya. Saya yunggu infonya segera pak.

    • S Belen Says:

      Dear Sylvie,

      Dalam postingku hanya disebut jenis kanker menurut hasil penelitian para ahli perintis tentang khasiat daun sirsak. Namun, dalam perkembangan di Indonesia, pasien kanker jenis lain berupaya mengikuti terapi daun sirsak dan ternyata sembuh atau setidak-tidaknya kondisinya membaik dan bisa hidup lebih lama, misalnya kanker otak, kanker kelenjar getah bening, kanker laring (pita suara), kanker testis. Jenis kanker umumnya dinamai menurut organ yang diserang. Herbal daun sirsak tidak mengenal jenis-jenis kanker itu. Kalau ada sel kanker di mana pun pada tubuh kita tampaknya zat-zat bagus pada daun sirsak pergi dan menyerang sel-sel kanker itu di mana pun dalam tubuh manusia. Begitulah kira-kira logika pengobatan alopati atau herbal.

  68. afa Says:

    pak S Belen yth:
    saya sdh baca artikel bapak. Kebetulan istri saya divonis ada tumor di syaraf sumsum tulang belakang atas dasar MRI. Kemudian yang saya mau tanyakan apakah khasiat daun sirsak ini juga bisa menghilangkan tumor yang diderita istri saya. Mohon pencerahannya dari bapak. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Pak Afa,

      Maaf telat balas. Dari bacaanku, terutama dari Majalah Trubus dan browsing di internet, ternyata ada pasien penderita tumor syaraf sumsum tulang belakang yang telah mencoba juga terapi daun sirsak dan ada yang berhasil.

      Terapi daun sirsak seperti umumnya pengobatan alopati menggunakan herbal alami pada prinsipnya tidak menjurus ke organ tubuh tertentu saja seperti yang berlaku dalam pengobatan obat kimiawi dokter. Ada lebih kurang 100 jenis kanker yang diberi nama terutama sesuai dengan organ tubuh yang diserang. Organ tubuh yang diserang umumnya adalah organ yang memiliki jaringan dan kelenjar yang lunak. Air rebusan daun sirsak yang masuk ke dalam tubuh pasien akan mengalir ke organ-organ mana saja yang “rusak”, bukan saja yang terkena kanker tapi juga penyakit yang lain. Ia datang dan menyerang di mana saja musuh-musuhnya berada.

      Sekitar 2 tahun lebih saya ikuti terapi air seni. Dan, penjelasan dokter dan ahli yang mempopulerkan terapi ini menyatakan bahwa zat-zat penyembuh yang ada dalam air kencing akan menyerang penyakit apa saja yang dapat dibasmi dengan bantuan air seni. Dia atur sendiri.

      Berdasarkan pandangan ini, tampaknya adalah wajar dan pantas jika terapi daun sirsak dijalani istri bapak.

  69. Suwondo Says:

    Ini dari Bapak Suwondo, ingin berbagi informasi sekaligus menanyakan informasi.

    Pak Alexander,

    Salah satu ramuan tradisional yang dikatakan bisa berefek positif untuk penderita HIV adalah sebagai berikut :
    * Ramuan Kulit Manggis (Xanthoma)
    * Buah Merah Papua
    * Sarang Semut Papua

    Untuk Pak S Belen, mohon tanya soal teh daun sirsak. Apakah untuk mengkonsumsi teh herbal daun sirsak itu juga dengan takaran tertentu ??? Terutama untuk proses penyembuhan. Karena ini istri menderita kanker limfoma. Soalnya untuk rebusan kan ada takarannya, misal 10 lembar direbus dengan 3 gelas direbus hingga tinggal 1 gelas.
    Nha kalau penggunaannya dalam bentuk teh bagaimana aturannya, misal :
    * Berapa sendok makan, diseduh dalam air panas 1 gelas (200 cc).
    * Atau berapa sendok teh, diseduh dalam air panas 1 gelas (200 cc).
    * Atau berapa gram, diseduh dalam air panas 1 gelas (200 cc)

    Terima kasih atas informasinya, matur nuwun

    • S Belen Says:

      Dear Pak Suwondo,

      Maaf telat balas. Menurut para herbalis, dosis teh daun sirsak prinsipnya dikalikan 2 dengan dosis daun sirsak basah. Jadi misalnya untuk pemula dimulai dengan 10 lembar daun sirsak, kalau dipakai teh daun sirsak ya jumlahnya dikalikan 2 = 20 daun sirsak kering. Dosis dilipat 2 karena khasiat pada daun kering telah berkurang. Semoga membantu ibu agar sembuh dari sakit yang mendera selama ini. Turut berempati dengan ibu dan Pak Suwondo.

  70. nia Says:

    Pak, aku divonis dokter terkena kista yang berbeda di kanan dan di kiri. Aku memang pernah baca soal khasiat rebusan daun sirsak. Ada yang bilang dijemur dulu biar kering baru direbus, tapi aku tadi baca langsung direbus bisa yah…..???

    • S Belen Says:

      Dear Nia,

      Yang benar lebih berkhasiat adalah langsung merebus daun sirsak basah yang dipetik di bagian tengah tangkai daun. Urutan ke-4, 5, dan 6 begitu. Kalau dikeringkan, khasiat daun sirsak berkurang. Kalau ingin pakai daun kering, dosisnya sebaiknya 2 x dosis daun basah.

      Untuk melindungi diri dari sakit kanker sekaligus untuk kesehatan tubuh, dapatlah dicoba teh daun sirsak. Bagus dicoba.

  71. nia Says:

    makasih pak

  72. orchid Says:

    selamat sore pak..saya mau tanya untuk infeksi rahim apakah bisa mengkonsumsi daun sirsak, takaran2nya berapa yaa pak..terima kasih..

    • S Belen Says:

      Dear Orchid,

      Karena salah satu khasiat daun sirsak adalah anti-peradangan, anti-infeksi, bolehlah diikuti terapi rebusan daun sirsak. Untuk memulai dapatlah dicoba 10 daun direbus dengan air 3 gelas sampai tersisa 1 atau 1,5 gelas. Minumlah porsi itu untuk sehari, bisa sekaligus atau dua kali begitu.

      Sambil melihat refeknya, jika kurang berdampak dosisnya bisa ditingkatkan menjadi 15 daun direbus dengan air 5 gelas sampai tersisa 3 gelas.

  73. aiherbal Says:

    mantap, pak artikelnya! Terima kasih sudah mau berbagi info mengenai daun sirsak lewat artikel ini.

  74. R Eko Says:

    Pak Belen yg baik…..

    Trims sebelumnya untuk artikel tentang daun sirsak ini, apakah bisa juga trapi daun sirsak ini untuk Tumor Nasofaring? Saat ini saya menderita Tumor Nasofaring Stadium 3 ke 4, sebenarnya saya sudah 4 bulan ini mengkonsumsi rebusan daun sirsak ini 11 lembar saya rebus dgn 3 gelas saya minum 2 x sehari, tapi sepertinya belum ada tanda-tanda perubahan. Saat ini hidung saya sering tersumbat dan sulit untuk bernafas sehingga saya harus menggunakan mulut untuk bernapas. Mungkin cara atau dozisnya yg kurang ya…atau juga perlu tambahan herbal lain ?. Mohon pencerahannya pak….Trims.

    • S Belen Says:

      Dear Eko,

      Menurut pendapat saya mempertimbangkan khasiat daun sirsak untuk menyerang dan membasmi sel kanker bisalah dikonsumsi untuk tumor Nasofaring. Tumor itu kan diberi nama sesuai dengan organ yang terkena. Dosisnya saya kira masih kurang. Cobalah 15 lembar direbus dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Minumlah 3 x 1 gelas per hari. Tambahkan 3 – 5 lembar per bulan jika tumor itu masih berkembang. Tambahan herbal lain juga bagus. Tidak ada satu peluru yang ampuh. Gunakan beberapa peluru untuk menembak.

  75. R Eko Says:

    Melanjutan……Komen R Eko
    Pak Belen yg baik…….saya menambahkan…akibat tumor yg saya derita itu..di leher sebelah kanan saya tumbuh benjolan….cenut-cenut rasanya hingga ke pelipis…dan sekarang kepala bagian sebelah terasa menebal seperti habis di bius lokal. ..trims

  76. dzakwan Says:

    Terima kasih Pak atas jawabannya. Saya mau nanya lagi. Yang 10 lembar itu sudah saya minum 1 bulan, tapi kayaknya nggak ada perubahan apa-apa begitu. Di bulan ke-2 saya sudah ikuti anjuran 15 lembar. Terus sisa 3 gelas air itu diminum sekaligus atau diminum pagi, sidang, dan malam? Satu hari saya harus minum berapa kali?

  77. Suwondo Says:

    Istri saya divonis kanker limfoma pada bagian pangkal leher kanan, dan diminta untuk operasi. Tetapi istri takut operasi dan malah menjadi depresi. Saya coba cari informasi tentang kanker, akhirnya dapat beberapa literatur. Yang mana sebagian menunjukkan keampuhan ekstrak rebusan daun sirsak.

    Kami sudah mencoba menggunakan resep ini, tapi baru 5 hari ini. Saya mencoba mencari lebih lanjut soal informasi pengobatan kanker secara herbal ini. Sementara ini terdapat beberapa kesimpulan dari proses pencarian dan pembelajaran tersebut.

    Pada saat proses pengobatan kanker, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

    * Pengobatan yang langsung menyerang sel kanker, saya rasa pengobatan ini sangat cocok untuk diterapkan di saat awal pengobatan atau ketika kanker masih menjadi ganas, belum masuk ke proses penyembuhan. Herbal yang termasuk dalam kategori ini dalam kesimpulan saya adalah:
    – Daun Sirsak
    – Sarang Semut Papua

    * Pengobatan yang menyerang sel kanker secara tidak langsung dan meningkatkan kemampuan sel sehat dan tubuh. Pengobatan jenis ini saya anggap pantas dipertimbangkan sebagai alternatif pendamping. Herbal yang termasuk dalam katerori ini menurut kesimpulan saya adalah:
    – Keladi Tikus
    – Juice Buah Noni
    – Temu Putih
    – Sari Kulit Manggis (Xanthoma)
    – Sambiloto

    * Pengobatan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh beserta sel-sel sehat di sekitar sel kanker. Serta untuk meningkatkan kemampuan kerja organ tubuh agar efek samping negatif dari obat herbal bisa terhindar. Herbal yang termasuk dalam ketegori ini menurut kesimpulan saya:
    – Keji Beling, berguna untuk diuretik. Sehingga memperlancar pembuangan, sehingga kekhawatiran terjadinya endapan akibat pengobatan herbal bisa berkurang. Di samping itu juga akan memperkuat fungsi ginjal.

    – Temu Lawak, berguna untuk memperkuat pencernaan dan hati. Sehingga hati sebagai penapis racun dan benda asing yang masuk tubuh, dapat ditingkatkan kemampuannya.

    – Lidah Buaya, berguna untuk memperkuat fungsi pencernaan. Sehingga pembuangan sisa obat herbal dapat lancar keluar tubuh.

    Maka dari itu, pengobatan yang kami rencanakan adalah sebagai berikut:

    * 2 bulan ini,
    – sebagai terapi penghancur kanker yang utama mencoba terapi dengan
    + Rebusan daun sirsak
    + Dikombinasikan dengan sarang semut papua.
    – Sedangkan untuk menjaga stamina dan memperlemah kanker secara tidak langsung, mencoba terapi pendamping dengan :
    + Juice Sirsak, sebagai sumber vitamin C dan energi
    + Sari Kulit Manggis (Xanthoma)

    * Setelah 2 bulan, atau bila sudah terlihat mulai memasuki masa penyembuhan

    – Sebagai terapi utama
    + Rebusan daun sirsak tetap dipertahankan
    + Sarang Semut tidak baik untuk jangka panjang dan terus-menerus untuk fungsi hati dan ginjal. Maka dari itu, setelah masa kritis awal terlalui, sarang semut kemungkinan akan kami gantikan menggunakan: Keladi Tikus atau Juice Buah Noni.

    Demikian rencana kami mendepan dalam terapi herbal ini nantinya. Bila ada yang dirasa kurang tepat dengan keputusan kami ini, bisa kita diskusikan agar meningkatkan wawasan dan ilmu kita dalam masalah pengobatan herbal ini.

    • S Belen Says:

      Terima kasih, Pak Suwondo. Sebenarnya komentar seperti yang pak kemukakan ini adalah harapan kami. Karena pengetahuan kami terbatas dan jika terjadi sharing pengetahuan dan pengalaman kita semakin diperkaya dan bisa melakukan menyarankan tindakan pengobatan kanker lebih arif dan efektif. Para pembaca yang lain mohon beranikan diri menyampaikan pendapat, pengetahuan, pengalaman dan analisis Anda agar kita semakin lebih tepat memberi saran kepada sesama kita.

  78. FITRIANA LBS Says:

    Saya terkena kista sebesar 3 cm, keluhan saya nyeri pada perut bawah, nyeri pinggul dan saya mengalami keputihan, Setelah saya mengkonsumsi rebusan daun sirsak, dua minggu pertama nyeri tsb berkurang tapi dua minggu berikutnya nyeri tsb datang lagi. Saya mengkonsumsi daun sirsak dgn takaran 10 daun sirsak direbus dengan air 3 gelas menjadi 1 gelas, saya minum satu kali saja, namun karena saya pernah membaca di internet pemakaian untuk penderita kista sebanyak 2 kali sehari maka saya merebusnya menjadi 20 lembar dengan air 5 gelas menjadi 2 gelas (untuk diminum pagi dan malam), setelah beberapa hari setelah minum air rebusan 20 lembar tsb menimbulkan efek ngantuk berat sehingga saya susah untuk beraktivitas.

    Yang ingin saya tanyakan kepada Bapak, berapa spesinya yang sesuai untuk penyakit yang saya sebutkan di atas?
    Satu lagi saya juga ingin bertanya, apakah daun sirsak boleh dikonsumsi untuk balita dan anak – anak?
    Sebelumnya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.
    Salam

    • S Belen Says:

      Dear Fitriana, Cobalah dosis 15 daun sirsak direbus dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Minumlah 3 x 1 gelas per hari. Tambahkan 3 – 5 lembar tiap bulan sesuai dengan perkembangan kista.

      Kepada cucu ponakanku yang masih berusia 3 tahun menjelang 4 tahun, istriku memberi minuman teh daun sirsak karena khasiat daun sirsak itu untuk mecam-maca penyakit.

  79. Ardiyasa Says:

    Pak…apakah terapi daun sirsak dapat dilakukan untuk penyakit maag ?? kalo bisa bagaimana komposisi dan cara pengolahannya ?

    • S Belen Says:

      Menurut pendapat kami, penyakit maag itu menurut penelitian dan pendapat dua ahli peraih nobel dari Australia, gampang sekali disembuhkan. Penyebab maag itu adalah bakteri dan pembasmi bakteri adalah obat antibiotik. Cobalah minta ke dokter resep obat antibiotik. Minumlah sekitar 10 tablet dalam 3 hari tanpa berhenti di tengah. Harus sampai habis. Pasti sakit maag akan sirna, terbang jauh dan tak akan mengganggu Anda lagi. Di keluarga saya, dulu anak sering mengeluh sakit maag, saya sendiri juga begitu. Tapi, setelah ketemu kiat jitu hasil penelitian yang membawa dua ahli tsb meraih hadiah nobel, maag sudah pergi dari rumahku, dari keluargaku. Bravo.

    • Suwondo Says:

      Mohon ma’af ikutan nimbrung,
      setahu saya kalau daun sirsak atau bahkan jus buahnya, malah kurang disarankan untuk maag.
      Sedangkan tanaman herbal terkait maag, setahu saya :
      * Untuk pelindung pencernaannya bisa pergunakan
      – temulawak
      – Lidah Buaya
      * Untuk antibiotika nya, bisa pergunakan
      – Sirih merah

  80. felyawan Says:

    Saya didiagnosis dokter getah bening… Kemudian saya melakukan operasi…
    Setelah 2 bulan pasca operasi, sakit saya kambuh…
    Malah tumbuh benjolan lain di dada saya….
    Saya telah minum air sirsak selama 1 minggu…
    Reaksi yang saya dapat tubuh terasa terbakar..
    Apakah boleh jika selain air rebusan sirsak ini, saya juga mengkonsumsi obat penghilang nyeri dari dokter seperti asam mefanamat dll ???

    • S Belen Says:

      Dear Felyawan,

      Untuk mengobati penyakit sering tidak ada satu peluru ampuh untuk penyembuhan. Sering dibutuhkan peluru-peluru lain untuk mengobati efek samping atau menghindari efek samping. Jangan lupa, konsultasikan kepada dokter agar obat penghilang rasa neyeri itu tidak memperparah penyakit getah bening.

  81. Buana Sakti Says:

    Bapak yth,,
    Saya Buana, 40 tahun menurut dokter mengidap kanker testis seminoma dan disarankan untuk segera operasi. Tapi saya ingin berikhtiar dulu melalui pengobatan herbal.. Apakah daun sirsak bisa saya amalkan untuk mengatasi kanker testis ini?
    Saya sangat mengharapkan jawabannya
    Terima kasih,
    Buana

    • S Belen Says:

      Dear Buana Sakti,

      DAri literatur memang tidak disebutkan secara khusus terapi daun sirsak untuk pengobatan kanker testis. Sejauh yang saya tahu, kira-kira ada lebih dari 100 jenis kanker. Ini dibedakan dan diberi nama sesuai dengan lokasi bersarangnya sel kanker. Kalau di otak disebut kanker otak, kalau di ginjal disebut kanker ginjal, kalau di paru-paru disebut kanker paru-paru. Faktor utama kanker adalah perkembangbiakan sel yang tak terkendali pada organ tubuh tertentu. Padahal, perkembangbiakan sel itu diperlukan tubuh, tapi jika tak terkendali sehingga tak ada sel yang diatur untuk mati, jumlah sel kanker bertambah tanpa kendali. Lalu, inilah yang disebut kanker.

      Berdasarkan pendapat ini, tidak ada salahnya jika Buana mencoba terapi daun sirsak karena kanker testis itu tampaknya hanya berupa nama organ yang terserang. Penting, Buana yakin akan khasiat daun sirsak. Pasti berhasil.

  82. faizal Says:

    Adik saya mempunyai penyakit infeksi vagina dan keputihan akut yang disertai gatal. Sebenarnya sebelum menikah sudah keputihan tapi tidak parah, karena adikku malas dan malu untuk berobat dan dibiarkan, dampaknya sekarang,sesudah menikah keputihannya parah, apakah bisa disembuhkan dengan daun sirsak, mohon bantuan resep dan dosis yg tepat dan aman, apakah ada efek sampingnya, apakah daun sirsak dapat mengeringkan peranakan karena adik saya sering mengalami keguguran, dan belum mempunyai keturunan, khawatir malah memberikan efek yang kurang baik. Semoga mendapat pencerahan yang baik, karena saya sangat menyayangi adik saya dan ingin adikku cepat sembuh serta mempunyai keturunan. Mohon doanya ya, pak. Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Faizal,

      Menurut pandangan kami, sebaiknya dicarikan juga resep herbal lain untuk menyembuhkan infeksi vagina dan keputihan akut. Sejauh ini kami belum mendapatkan informasi akurat tentang hal ini. Apakah ada pembaca yang bisa menolong memberi informasi tentang pengobagtan infeksi vagina dan keputihan akut. Mohon pertolongan Anda.

  83. romeo ramzan Says:

    Apakah daun sirsak bisa menyembuhkan penyakit infeksi vagina dan keputihan akut? Apakah ada efek sampingnya, berhubung adik saya keputihan dan sering mengalami keguguran khawatir efeknya dapat mengeringkan peranakan. Mohon bantuan resep dan dosis yang baik dan aman untuk mengkonsumsi daun sirsak ini. Terima kasih, pak.

    • S Belen Says:

      Dear Romeo,

      Banyak penderita infeksi vagina dan keputihan mencoba resep ramuan sirsak. Tentang resep dan dosis dapat dibaca pada informasi pada posting ini dan juga pada file powerpoint yang dapat di-download.

  84. AGUS,Dr Says:

    Ass wr wb
    Allahu akbar …..Info yang luar biasa. Kagum saya mengikuti perkembangan herbal. Dalam forum ini kita bisa saling sharing dan berbagi informasi serta pengalaman. Sejak 1 tahun terakhir ini saya berkonsentrasi dengan pengobatan herbal.
    Melalui media ini saya mohon izin untuk ikutan bergabung + mungkin bapak ada informasi pelatihan terapi herbal khusus untuk dokter guna meningkatkan pengetahuan & kemampuan saya di bidang terapi herbal.
    Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dokter Agus yang baik,

      Sebenarnya kami ini bukanlah dokter dan juga bukan ahli pengobatan herbal. Tapi, karena sahabat, guru, dan adik kami sendiri telah meninggal karena kanker. Pada waktu menjenguk, kami sering melihat betapa banyak biaya telah dikeluarkan untuk operasi, untuk mencari pengobatan ke Guangzou, China dan rumah sakit terkenal di Singapura, tapi ujung-ujungnya, sel kanker berkembang kian ganas, peralihan stadium meningkat cepat dan akhirnya tidak tertolong. Karena itu, ini menjadi motivasi bagi kami untuk memburu dan berefleksi tentang khasiat herbal seperti daun sirsak, daun nangka, daun kelor untuk membantu tetangga, teman, dan sanak keluarga agar terhindar dari kanker. Seiring dengan itu, saya sendiri berusaha mencoba resep ramuan herbal, seperti daun sirsak, daun nangka, daun kelor, daun miana (mayana), jahe, kunyit, bawang putih, temulawak, bahkan air seni. Dan, istriku tekun mencoba-coba dan bereksperimen membuat ramuan-ramuan itu.

      Kami tidak tahu apakah ada pelatihan tentang terapi herbal. Jika kami peroleh informasi akan kami kirim posting tentang hal ini. Hari ini dalam pelatihan contextual teaching & learning selama 3 hari bagi para guru dan dosen, termasuk guru SMK program studi Farmasi, Farmasi Industri dan dosen Akademi Farmasi di Semarang, kami akan memperkenalkan ramuan-ramuan yang telah dicoba pembuatannya oleh istri kami dan menugaskan para peserta untuk membuat resep ramuan sendiri, terutama diharapkan dari guru dan dosen Farmasi.

      Mohon pamit dulu. Tetap bersemangat.

    • Suwondo Says:

      Sebenarnya sih ada, tapi kok materinya disembunyikan dan biayanya sangat besar ??? Ada yang meminta sampai 4 – 12 jt. Itu yang sering membuat saya tidak berani untuk ambil pelatihan. Tetapi kalau pas ada pelatihan dari lembaga-lembaga yang cukup besar, misalnya : dinkes, taman herbal Misal : taman sari Bogor), pusat pengembangan tanaman obat, atau majalah trubus; malah biayanya lebih terjangkau dan materinya lebih jelas. Biasanya biaya mencapai kisaran sekitar 1 jt rupiah.
      Ini saya juga sedang cari informasi untuk daerah sekitar SOlo, peluang untuk mengikuti pelatihan yang materinya jelas, tetapi biaya terjangkau di mana. Ini sedang cari informasi ke Balai Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional di Tawang Mangu, siapa tahu di sana juga menyediakan pelatihannya.

  85. yudi Says:

    Terima kasih buat informasinya. 2 bulan yang lalu ayah saya divonis kanker paru stadium 3 lanjut. Awalnya mau dikemoterapi tetapi tidak jadi. Setelah berjalan 1 minggu dari check up di rumah sakit,tiba-tiba tangan dan kaki kiri ayah saya lemas. Setelah itu saya konsultasi ke dokter saraf. Jawabannya ini stroke akibat penyebaran dari paru-parunya dan sekarang terdapat benjolan di leher sebelah kanan yang membesar. Yang mau saya tanyakan apakah daun sirsak bisa mematikan sel kanker yang sudah menyebar??? Dan, ayah saya sudah 1 minggu konsumsi rebusan daun sirsak, dengan dosis 10 lembar, 3 gelas menjadi 1 gelas.

    • S Belen Says:

      Dear Yudi,

      Banyak pasien kanker stadium 4 yang telah mencoba terapi daun sirsak dan banyak juga yang berhasil seperti dilaporkan dalam Majalah Trubus dan informasi dari internet.

      Untuk ayah, karena telah mencapai stadium 3 lanjut, dosis yang disarankan adalah 21 lembar direbus dengan air 5 gelas sampai tersisa 3 gelas lalu diminum 3 x sehari. Pada bulan ketiga dapat ditingkatkan menjadi 41 – 50 lembar daun. Maksimum bisa sampai 70 daun.

  86. Suwondo Says:

    Sekedar info untuk menambahi Info dari Mbak/Ibu Dewi, jika untuk sirosis hati, akan lebih baik jika mengkonsumsi :
    * Temulawak
    * Meniran
    Karena keduanya itu memiliki fungsi sebagai
    * hepatoprotector (perlindungan dan perbaikan terhadap hati),
    * dan stimunomodulator (peningkatan ketahanan tubuh).
    Tapi hati-hati, karena keduanya memiliki sifat diuretik (walaupun bukan diuretik kuat). Yang berarti akan memperbanyak pembuangan melalui jalur kemih.

    • Suwondo Says:

      Ini saya ambilkan cuplikan dari buku InfoKit nya Trubus :

      Temulawak erat kaitannya dengan organ liver. Ia dikenal sebagai hepatoprotektor, alias pelindung hari. Dalam 1 bulan temulawak dapat menurunkan SGPT dan SGOT sampai 50%.

      Pemberian kapsul temulawak terhadap pasien penderita hepatitis kronis menyebabkan nilai serologi (GOT, GPT, GGT dan AP) menurun mendekati normal. Temulawak mirip ginseng, mengandung saponin untuk kesegaran tubuh sekaliogus sebagai immunomodulator. Karena khasiat-khasiat nya itu penderita sirosis hati juga dianjurkan untuk rutin meminum temulawak.

  87. Suwondo Says:

    Oh iya, untuk penggunaan daun nangka maupun buah nangka nya sekalipun, perlu kehati-hatian. Karena fungsi daun nangka dan daging buah nangka adalah untuk asupan energi dan peremajaan sel, hal ini ada yang mengkhawatirkan dapat menjadi sumber bahan material dan bahan energi bagi sel kanker untuk berkembang dan semakin menyebar.
    Saya rasa perlu kehati-hatian, untuk memastikan terlebih dahulu apakah pasien cocok dengan daun sirsak. Bila efek daun sirsak memang sesuai dengan pasien dan berefek signifikan, baru bisa mempertimbangkan penggunaan daun nangka. Karena sifat daun sirsak yang menghambat masuknya ATP ke sel kanker, maka tambahan energi dari daun nangka tidak dapat dipergunakan secara baik oleh sel kanker (karena energi itu hanya bisa diserap sel lewat bentuk ATP). Dan kalau pasien cocok dengan khasiat daun sirsak, maka berarti hanya tingkat ATP tertentu saja (dalam takaran normal) yang diijinkan untuk diserap sel. Bila kedapatan sel menyerap ATP diluar batasannya (istilahnya menggunakan pompa), maka ATP yang akan masuk ke sel tersebut akan dirusak oleh zat aktif daun sirsak.
    Itu analisis dan pendapat saya, belum ada dukungan penelitian ilmiah. Tapi ada baiknya kehati-hatian, terutama untuk memastikan terlebih dahulu bahwa daun sirsak memberikan perkembangan yang signifikan sebelum mengkombinasikannya dengan daun nangka.

  88. yoan Says:

    Saya mau tanya, apakah terapi daun sirsak bisa untuk kanker kandung kemih stadium 2, kalau bisa bagaimana cara aturan minumnya..

    Terima kasih,

    • S Belen Says:

      Dear Yoan,

      Terapi daun sirsak bisa untuk kanker kandung kemih. Untuk stadium 2, cobalah mulai dengan 15 lembar daun sirsak dimasak dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Tiap bulan bisa ditambah 3 – 5 lembar sesuai dengan taraf responsi dan kondisi pasien. Selamat mencoba!

  89. Mutiara Says:

    Saya menderita kista sebesar 3 cm, saat ini saya sudah berobat dengan seorang sinse (tabib), sebelumnya saya sudah mengkonsumsi daun sirsak, tapi setelah berobat saya memberhentikan minum air daun sirsak tsb karena saya merasa khawatir.
    Yang ingin saya tanyakan apakah boleh saya minum air rebusan daun sirsak tsb bersamaan dengan obat dari sinse itu??
    Seandainya boleh berapakah takarannya?
    Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Mutiara,

      Menurut pendapat kami tampaknya tak masalah minum obat dari sinse dan terapi daun sirsak hanya perlu diberi jarak waktu yang cukup, bila perlu diselang-seling 1 hari obat sinse dan 1 hari daun sirsak. Takarannya mungkin bisa 15 lembar daun sirsak dimasak dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Tiap bulan bisa ditambah 3 – 5 lembar sesuai dengan taraf responsi dan kondisi tubuh. Semoga cepat pulih. Pasti berhasil jika kita yakin.

  90. celvin Says:

    Pak Belen, Apakah daun sirsak bisa dipakai untuk menyembuhkan tumor testis? Mohon infonya Pak….Makasih sebelumnya.

    • S Belen Says:

      Dear Celvin,

      Dari bacaan di Majalah Trubus ternyata terapi daun sirsak bisa juga diterapkan untuk kanker testis. Tetaplah berharap dan berusaha untuk yang menderita sakit ini.

  91. Buana Sakti Says:

    Wah,, wah,, semakin kaya saja kita dengan informasi tentang pengobatan herbal.. Sdh dua hari ini saya minum rebusan daun sirsak dengan takaran 10-11 lembar direbus dengan 3 gelas air diminum 2 kali sehari (pagi dan sore). Badan terasa meriang dan mudah ngantuk, pertanda apakah ini? Saya juga mengikuti anjuran teman untuk mengkonsumsi tomat yang direbus selama kurang lebih 15 menit sebanyak 250 gram setiap harinya. Bagaimana menurut Pak Belen dan teman-teman lainnya,,
    Terima kasih sebelumnya

  92. Susi Says:

    Assalamualikum….
    Apa boleh seorang Perempuan yg belum punya momongan / baru menikah mengkonsumsi rebusan daun sirsak atau daun nangka tersebut?
    Apabila boleh aturan minumnya bagaimana?
    apa bisa cepat hamil kembali?

    • S Belen Says:

      Dear Susi,

      Setahu saya rebusan daun sirsak dan daun nangka tidak berefek negatif terhadap kesuburan wanita. Aturan minumnya dapat diamati pada posting di atas atau membaca file pada posting yang bisa di-download. Don’t worry, Just try, please!

  93. Dewi Says:

    Ass..wr..wb..
    Setahun yg lalu saya divonis miom diameter 7 cm, disarankan u/ operasi. Tp saya tidak melakukan operasi, krn takut. Efek nya Saat ini perut sblh kanan agak mengeras, Dan membesar. Memasuki USIA pernikahan yg 2 thn blm memeliki seorang keturunan..
    Jd awal ramadhan kmrn saya mencoba mengkonsumsi propolis, yg ingin saya Tanyakan apakah propolis bisa dikonsumsi berbarengan dgn rebusan daun sirsak.
    Terima kasih….

    • S Belen Says:

      Dear Dewi,

      Mungkin tak salah jika kita memakai propolis dan juga konsumsi rebusan daun sirsak. Hanya mungkin jangan dikonsumsi pada hari yang sama. Kadang-kadang saya minum propolis juga dan yang lebih sering minum rebusan sirsak.

  94. herbalindonesiaterpercaya Says:

    daun sirsak memang cukup terbukti. Kami sebagai penyedia kapsul daun sirsak juga mendapat kesaksian dari pelanggan kami tentang keefektifan daun sirsak.
    perlu kapsul daun sirsak hubu : 081233597027 / 087759944125

  95. Felicity Says:

    Dear Pak Belen…artikel Bapak ini sungguh mencerahkan..Saya tertarik untuk mengikuti terapi daun sirsak ini.. Ibu saya pernah menjalani operasi pengangkatan payudara dan rahim..sepengentahuan saya – itu jenis penyakit yang bisa diturunkan. Pastinya saya ingin ibu saya mengikuti terapi daun sirsak supaya tidak kambuh lagi. O ya..Ibu saya sedang menjalani 5 tahun minum obat kemo, sekarang sudah tahun ke-3 minum secara teratur.apa boleh digabung yah,Pak?
    Bapak yang baik, bagaimana caranya untuk mendapatkan bibit pohon sirsak yang baik ataupun membeli daunnya secara teratur..Terima kasih ya Pak..

    • S Belen Says:

      Dear Felicity,

      Kemo bisa digabung dengan terapi daun sirsak seperti yang dilakukan banyak pasien. Ada pasien yang sembuh malah tanpa kemoterapi.

      Bibit pohon sirsak banyak dibeli orang di Sukabumi. Kalau ada keluarga kita yang ke pedesaan bisa dipesan bibitnya. Daun sirsak bisa juga dibeli pada tukang sayur keliling. Bertanya dan minta tolong, ada tukang sayur yang bisa usahakan. Istriku pernah membeli daun sirsak tahun 1 kantong plastik kecil Rp 15 ribu. Dalam kelangkaan dan banyak peminat berlaku hukum ekonomi.

  96. Rida Says:

    dear Sbelen dan salam kenal semuanya.
    mantan Bapak Guru saya saat ini divonis kanker paru-paru stadium akhir. saat ini mungkin Beliau telah dibawa ke RS Dharmais Jakarta untuk pengobatan lanjutan. Untuk para herbalis berikut :Herbalis Valentina Indrajati, Lina Mardiana, dan dr Paulus Wahyudi Halim. dimanakah alamat dan no tlp yg bisa dihubungi? saya tlh membagikan situs ini kpd istri Beliau, Ibu Clara.
    smoga info ini sgera dapat dibaca oleh keluarga beliau.
    terima kasih byk.

    • S Belen Says:

      Dear Rida,

      Maaf sekali telat balas. Alamat para herbalis itu dapat ditanyakan kepada Redaksi Majalah TRUBUS

      Telepon Redaksi Trubus: 021 – 8729 060; 8770 1748. Kadang-kadang saya ikut meeting yang bersebelahan dengan kantor Redaksi Trubus di Wisma Hijau di Mekarsari, Cimanggis, Depok. Mereka adalah pekerja keras yang simpatik.

  97. dwi sukma Says:

    terimakasih atas ilmu yang diberikan, semoga bermanfaat untuk orang lain dan mendapat pahala bagi penulisnya. karena telah memberikan ilmu yang bermanfaat. Bagaimana obat herbalnya untuk kanker tulang??

    • S Belen Says:

      Dear Dwi,

      Ada pasien kanker tulang yang mencoba terapi daun sirsak. Ada yang berhasil. Karena pengobatan herbal bergantung kecocokan setiap individu, seperti responsi dan kondisi tubuh, tak ada salahnya dicoba. Kalau ada pembaca yang memiliki informasi, mohon dibagi dalam bahasan kita tentang kanker tulang. Terima kasih.

  98. azmie zoe h'mansyah Says:

    selamat pagi
    saya mempunyai benjolan di ketiak kiri,sudah 1 tahun. dan ketika saya berobat ke alternatif disitu sang master bilang kalau saya mengidap kelenjar getah bening, saat ini saya mengkonsumsi obat herbal keladi tikus. di samping itu saya juga meminum air rebusan dari daun sirsak. karna saya masih pemula untuk meminum rebusan daun sirsak tsb. apa boleh air rebusan daun sirsak tsb bisa di campurkan dengan madu rasa untuk menghilangkan rasa bau daun ?
    Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Azmie,

      Rebusan daun sirsak dicampur dengan madu tak bermasalah. Terkadang saya campur dengan gula, terkadang pula dengan madu. Tampaknya no problem

  99. Adic Says:

    Saya terkena sakit pinggang sudah sekitar 3 tahun sudah terapi beberapa kali namun kambuh lagi, kemudian saya menemukan daun sirsak untuk mengatasinya namun ternyata ketika sudah beberapa hari tidak minum ternyata kamuh lagi, bagaimana solusinya?? bila daun sirsak sudah digunakan apa masih bisa digunakan lagi(direbus lagi)?? tolong bantuanyya , nuwun………….

    • S Belen Says:

      Dear Adic,

      Mungkin mesti lebih konsisten terapi daun sirsak. Pada tahap awal jangan on-off melulu, minum lalu berhenti. Tubuh sedang bekerja ibarat mobil sedang jalan distop. Lalu starter lagi. Menurut pendapat saya, daun sirsak direbus 1 x saja, jangan pakai lagi yang bekas telah direbus. Terapi apa pun mesti dilandasi keyakinan akan sembuh dan kita percaya kepada herbal yang sedang dikonsumsi. Ini sama juga dengan obat dokter. Jika kita ragu, ya obat yang sebenarnya berkhasiat bisa tak efektif.

  100. Tjiu Says:

    Selamat malam semua, saya mau tanya nih tentang reaksi minum rebusan sirsak. Apakah sehabis minum rebusan sirsak, selain merasa hangat di badan, berkeringat, kencing melulu dan merasa haus, juga akan merasa lelah dan mengantuk?

    • S Belen Says:

      Dear Tjiu,

      Yang disampaikan itu adalah gejala reaksi setelah minum rebusan daun sirsak. Itu tandanya obat herbal ini sedang bekerja. Biasanya setelah minum rebusan daun sirsak saya juga sering kencing dan mengantuk. Kalau kebetulan di rumah ya langsung tidur.

  101. irwansyah Says:

    Saya baru habis operasi hernia 3 minggu lalu, kemudian dokter menyatakan saya kena tumor testis. Pertanyaan saya pak:
    1. Apa tidak apa-apa minum daun sirsak yang baru habis operasi hernia belum sebulan?
    2. Bagaimana cara rebusnya dan berapa lembar, berapa kali minum dosisnya?
    3. Apakah panci yang digunakan merebus harus ditutup agar uapnya tidak keluar, pak? Mohon penjelasannya, pak. Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Irwansyah,

      1. Tampaknya tak apa-apa minum rebusan daun sirsak walau belum sebulan selesai operasi hernia. Karena, daun sirsak berkhasiat anti-peradangan sehingga bisa menyembuhkan infeksi pasca-operasi.

      2. Takarannya mungkin bisa 15 lembar daun sirsak dimasak dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Tiap bulan bisa ditambah 3 – 5 lembar sesuai dengan taraf responsi dan kondisi tubuh. Minumlah rebusan 3 gelas itu, 1 gelas pagi, 1 gelas siang, dan 1 gelas malam.

      3. Sebaiknya pakai panci stainless steel dan lebih baik jika ditutup sehingga uapnya tidak keluar karena ada khasiat pada uapnya.

  102. arif Says:

    Pak, boleh nggak rebusan daun sirsak diminum ibu menyusui?

    • S Belen Says:

      Dear Arif,

      Maaf telat balas. Dari penelusuranku dari membaca Majalah TRUBUS dan dari berbagai situs internet tentang hubungan sirsak dan ibu menyusui dalam bahasa Inggris, disarankan agar ibu yang sedang menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Terbanyak mengemukakan alasan karena bukti atau evidensi ilmiah dari penelitian belum cukup meyakinkan. Terbanyak dokter dan herbalis menyarankan agar pasien kanker sebaiknya menanyakan kepada dokter.

  103. joseph Says:

    Apakah aman air rebusan daun sirsak dan daun nangka utk di konsumsi ibu hamil?

    • S Belen Says:

      Dear Joseph,

      Profesor Andreanus Soemardji dari Fakultas Farmasi ITB mewanti-wanti agar perempuan hamil muda menghindari konsumsi rebusan daun sirsak karena dapat memicu abortus. Dokter Willie Japaries MARS menyatakan pula bahwa daun sirsak bersifat membuyarkan massa karena itu secara tradisional daun sirsak digunakan untuk mengobati bisul. Dari penjelasan ini daun sirsak dapat mengakibatkan keguguran.

      Dr Paulus Wahyudi Halim menjelaskan bahwa ginjal pada perempuan hamil bekerja berat karena banyak hasil ekskresi yang harus dibuang. Karena itu jangan menambah beban ginjal dengan asupan herbal, apalagi yang belum familiar dengan tubuh. Kalau dibutuhkan asupan herbal, disarankan dikonsumsi dalam bentuk air rebusannya saja, jangan menyertakan ampas. (Buku Daun Sirsak vs. Kanker oleh Redaksi Trubus, halaman 62).

      Berdasarkan pendapat-pendapat ini, saran kami adalah sebaiknya wanita hamil tidak mengkonsumsi air daun sirsak.

  104. fani Says:

    terima kasih pak,
    semoga semua orang yang kena penyakit kanker ini bisa sembuh

  105. Dian Says:

    Salam Kenal…saya mau tanya apakah rebusan daun sirsak bisa menghilangkan bengkak pada penderita gondok dalam (hypertiroid),,apakah gondok dalam termasuk tumor? ada teman yg menderita gondok dlm rutin minum rebusan daun sirsak setelah bbrp bln bengkak nya hilang..kalo bisa gmn takaran daun sirsak yg di minum, mohon bantuan bapak, thanks

    • S Belen Says:

      Dear Dian,

      Terima kasih atas informasi bahwa gondok dapat disembuhkan dengan daun sirsak. Ini tidak mengherankan karena khasiat daun sirsak itu banyak. Berkhasiat anti-tumor, anti-kanker, mengeliminasi radikal bebas, menyembuhkan peradangan dalam tubuh.

      Takaran bisa dimulai dengan 15 daun sirsak direbus dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Tiap bulan dapat ditambah 3 – 5 lembar namun dosis bergantung kepada responsi dan kondisi tubuh pasien.

      Herbalis Valentina Indrajati di Bogor menyarankan kepada penderita tiroid agar menghindari konsumsi obat-obatan kimia, duku, sawo, dan nangka. Ketiga buah itu merusak produksi kelenjar sehingga mesti dihindari. Jika tiroid telah mengarah ke tumor jinak ia meresepkan daun sirsak dan beberapa herbal lain seperti sambiloto dan keladi tikus.

  106. erma Says:

    bapak belen di payudara saya ada benjolan dan di ketiak saya ada benjolan kecil lunak.
    5 hari ini saya merebus 33 daun dengan 12 air di jadikan gelas air saya minum 3 x 1 hari sisanya saya masukkan kulkas
    yang saya tanyakan
    1. apa baik menyimpan air sirsak di kulkas?
    2. saya sulit bab dan suara saya habis apa nanti bisa normal kembali pak?
    3. menurut pak belen saya stadium berapa ya?

    • S Belen Says:

      Dear Erma,

      Menyimpan rebusan daun sirsak dalam kulkas diperkirakan baik selama 12 jam. Lebih dari itu khasiatnya berkurang.

      Sulit bab itu gejala biasa sebagai reaksi. Nanti juga akan hilang dengan sendirinya.

      Mengenai stadium berapa, saya ragu memperkirakan karena lebih baik jika diperiksa dokter dengan cara dan alat yang tepat.

      Semoga cepat sembuh. Tetaplah berharap dan berdoa. Yang Mahakuasa pasti membantu.

  107. Rika Says:

    selamat siang pak S Belen…. saya mohon bantuannya.
    saya berumur 18 tahun, ketika saya pipis,, pipisnya terus bermunculan tapi sedikit-dikit. katanya sih keputihan ringan, masalahnya celana saya jadi lembab terus jadi tidak nyaman. saya baru pake daun nangka udah sering pipis, tapi itu baru sekali pak. mohon jawabannya ya pak, udah 4 bulan saya mengalami ini. terimakasih banyak.

    • S Belen Says:

      Dear Rika,

      Sering pipis itu adalah gejala tubuh sedang bereaksi mengeluarkan racun (detoksifikasi). Cobalah tetap konsisten dan dilakukan terus, lama-kelamaan reaksi tubuh ini akan berkurang dan menghilang. Daun nangka terutama berfungsi menciptakan dan meremajakan sel-sel baru, di samping khasiat yang lain untuk meningkatkan stamina dan khasiat lainnya seperti ditulis pada posting di atas.

  108. discky Says:

    istri sy menderita kanker payudara di sebelah kiri dan telah dioperasi kemudian tubuh benjolan lagi dan payudara jadi besar sebelah. kemudian telah minum rebusan daun sirsak dah 2 bulan tapi benjolan belum hilang juga istrisaya minum 10 daun sirsak direbus dgn 3 glas air mnjadi 1 gls. kemudian sy rubah dosisnya menjadi 18 daunsirsak direbus 4 gelas mnjdi 3 gelas tp kemudian sakit perut, panas dingin, padan lemes, nafsu makan hilang apa itu termasuk efek samping mhn penjelasannya. terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Discky,

      Yang dikemukakan itu adalah gejala reaksi terapi rebusan daun sirsak. Penjelasan dapat dilihat pada posting di atas dan file yang bisa di-download pada posting tersebut. Don’t worry, please. Cobalah dengan tekun karena banyak penderita kanker payudara lain yang telah sembuh.

  109. putriana rachmawati Says:

    terimakasih infonya,

  110. Dee Aqila Says:

    Dear Pak Belen,
    saya ada benjolan keras didepan telinga, dokter bilang infeksi kelenjar getah bening,
    saya ingin coba terapi rebusan daun sirsak, tapi saya sedang menyusui, mohon sarannya, apakah rebusan daun sirsak aman untuk bayi saya?
    Terima kasih sebelumnya :)

    • S Belen Says:

      Dear Dee Aqila,

      Maaf telat balas. Dari penelusuranku dari membaca Majalah TRUBUS dan dari berbagai situs internet tentang hubungan sirsak dan ibu menyusui dalam bahasa Inggris, disarankan agar ibu yang sedang menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Terbanyak mengemukakan alasan karena bukti atau evidensi ilmiah dari penelitian belum cukup meyakinkan. Terbanyak dokter dan herbalis menyarankan agar pasien kanker sebaiknya menanyakan kepada dokter.

  111. Lussia Puspita Says:

    Saya 31 oktober 2011 kemaren di diagnosa dokter ada miom dan kista endometriosis dan harus dioperasi. Padahal baru februari 2011 lalu saya operasi miom. Kata dokter miom inilah yg menyebabkan gangguan reproduksi saya. Karena sudah menikah 4 tahun belum juga mendapatkan momongan. Sempat hamil 11 minggu tapi gugur karena dinyatakan blighted ovum dan ditemukan miom. Sekarang saya sedang mengkonsumsi rebusan daun sirsak dengan dosis 10 lembar daun direbus dengan 3 gelas air menjadi 1 gelas di minum 2 kali.
    Sekalipun dokter menyatakan bahwa penyakit saya menyebabkan kondisi rahim saya tidak subur, kami mengabaikan hal tersebut dengan tetap percaya bahwa bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

    1. Apakah dengan dosis tersebut cukup untuk sakit saya?
    2. Karena saya yakin pasti sembuh, apakah dalam proses
    pembuahan rebusan daun sirsak ini bisa membunuh sperma
    yang masuk?
    3. Selama mengkonsumsi rebusan daun sirsak, apakah ada
    pantangan makan?

    Terimakasih

  112. yati Says:

    Pa S Belen & Yuni

    Terimaksih tanggapanya selama ini dan saya juga ingin sharing …pada akhirnya saya memilih untuk operasi miom saya..setelah hampir 3 bulan rutin saya mengkonsumsi daun sirsak. Ini bisa saya lakukan karena Ibu mertua saya di kampung memiliki pohon sisrsak yang tumbuh puluhan tahun di pekarangan rumahnya ga puas dengan hasilnya pada bulan keempat saya tambahkan propolis ..hasilnya setelah bulan ke lima miom saya tambah besar dan hasil USGnya terdekteksi juga yg kecil2. Ga ada hasilnya memutuskan untuk saya operasi hasilnya ada 3 miom dengan ukuran 6-8 cm dan yang kecil2 ukuran 0,5 – 1 cm sekitar 4 buah. yang sebelumnya oleh dokter dinyatakan hanya 1 buah. Saya melakukan operasi dijakarta karena saya belum menikah alhamdulillah rahim bisa dipertahankan dan 6 – 12 bulan kemudian saya dianjurkan oleh dokter untuk melakukan program kehamilan.

  113. yati ardiansyah Says:

    Pa S Belen & Yuni

    Terimaksih tanggapanya selama ini dan saya juga ingin sharing …pada akhirnya saya memilih untuk operasi miom saya..setelah hampir 3 bulan rutin saya mengkonsumsi daun sirsak. Ini bisa saya lakukan karena Ibu mertua saya di kampung memiliki pohon sisrsak yang tumbuh puluhan tahun di pekarangan rumahnya ga puas dengan hasilnya pada bulan keempat saya tambahkan propolis ..hasilnya setelah bulan ke lima miom saya tambah besar dan hasil USGnya terdekteksi juga yg kecil2. Ga ada hasilnya memutuskan untuk saya operasi hasilnya ada 3 miom dengan ukuran 6-8 cm dan yang kecil2 ukuran 0,5 – 1 cm sekitar 4 buah. yang sebelumnya oleh dokter dinyatakan hanya 1 buah. Saya melakukan operasi dijakarta karena saya belum menikah alhamdulillah rahim bisa dipertahankan dan 6 – 12 bulan kemudian saya dianjurkan oleh dokter untuk melakukan program kehamilan.

  114. eliharyani Says:

    ibu saya adalah penderita kanker paru-paru stadium iv. saya telah memberikan air rebusan daun sirsak selama lebih dari 1 bulan. dengan dosisi 10 daun lembar direbus dalam 3 gelas air hingga mjd 1 gelas. itu u/ 1 kali minum. saya memberikan air rebusan sirsak kpd ibu 3 x sehari. namun, sejak pertama kali hingga sekarang ibu meminum rebusan daun sirsak, tidak tampak efek apapun spt yang telah dijelaskan dalam artikel ini. saya bingung apakah saya salah dalam memproses air rebusan daun sirsak tsb shg daun sirsak tidak bereaksi dalam tubuh ibu saya. saya sgt memohon penjelasannya.
    trimakasih

    • S Belen Says:

      Dear Eli Haryani,

      Tampaknya dosis untuk ibu perlu ditingkatkan. Menurut pedoman, untuk kanker stadium lebih dari 3, takarannya adalah 21 lembar daun sirsak dimasak dengan air 5 gelas sampai tersisa 3 gelas. Pada bulan ke-3 bisa ditingkatkan sampai 41 – 50 daun. Maksimum 70 lembar daun. Namun, dosis hendaknya disesuaikan dengan responsi dan kondisi tubuh pasien.

      Semoga bermanfaat.

  115. Tyara Cuexx Says:

    asslmulaikummm,,,saya wanita umur 24 tahun,saya belum menikah, tapi di payudara saya ada benjolan. Daya dianjurkan minum daun sirsak. Saya udah minum 1 bulanini. Gejalanya mirip dengan yang sudah-sudah yaitu mual, bab terus, dan di mulut seperti sariawan. Tapi ada teman saya yang mengatakan, bahwa minum rebusan daun sirsak bagi wanita yang belum mempunyai momongan bisa menyebabkan rahim kering. Apakah benar, pak? Tolong informasi akuratnya. Sekarang saya jadi bingung mau mengkonsumsi lagi.

    • S Belen Says:

      Dear Tyara,

      Sepengetahuan saya terapi daun sirsak tidak menyebabkan rahim mengering. Bahkan tindakan medis bagi pasien kanker seperti operasi, radiasi, dan kemoterapi berisiko membuat wanita mandul. Silahkan kunjungi http://health.detik.com/read/2012/03/30/180231/1881496/763/perawatan-kanker-konvensional-bikin-wanita-mandul

      Sedangkan, terapi herbal yang didukung dengan makan buah-buahan dan sayuran serta minum jus itu yang selama ini menunjukkan fakta tidak berakibat jelek terhadap kesuburan kaum perempuan. Terapi daun sirsak pun tak boleh terlalu ekstrim dan berlebihan, hendaknya tepat dosis. Kalau sudah lama konsumsi mungkin perlu ada jeda waktu istirahat agar tak terjadi penumpukan dan endapan dari herbal ini dalam tubuh. Segala sesuatu, tindakan yang ekstrim berisiko. Vitamin itu bagus untuk tubuh, tapi kalau terus-menerus dan overdosis malah berakibat sebaliknya dari yang diharapkan.

  116. yossebastian Says:

    bagaimana cara pengobatan daun sirsak untuk diabetes,hipertensi,kolestrol,dan asam urat

    • S Belen Says:

      Dear Yosse Bastian,

      Saya jawab untuk diabetes dan hipertensi karena telah mendapatkan bahan bacaan yang relevan.

      Untuk pasien kanker yang mengindap diabetes, disarankan terapi daun sirsak yang dikombinasi dengan herbal penurun gula darah, sperti daun salam dan sirih Piper crocatum masing-masing 5 lembar.

      Terapi air daun sirsak bisa untuk penderita hipertensi. Resep sederhana:

      Bahan: daun sirsak, sedikit garam, daun salam atau daun sirsak, rambut jagung manis muda.

      Cara membuat: Rebus 10 lembar daun sirsak bersama daun salam dalam 4 gelas air. Tambah sedikit garam (garam dikurangi karena hipertensi) dan boleh ditambah madu. Rebuslah hingga air tersisa menjadi 2 – 3 gelas. Resep lain: Rebus daun sirsak dan rambut jagung manis (muda) dan minum 2 – 3 x sehari. (Sumber: My Healthy Life: Daun Sirsak vs. Kanker, Depok: PT Trubus Swadaya

  117. papercoatingchemicalsody Says:

    Ibu saya di-diagnosa mengidap kanker pankreas stadium 4. Beliau sudah berusia 65 th. Sudah 3 kali rawat inap di rumah sakit yg berbeda di Tangerang dan Jakarta. Sekarang sedang rawat inap di salah satu rumah sakit di Yogyakarta.

    Kondisi sekarang adalah: billirubin tinggi, leukosit rendah. Upaya medis untuk operasi by pass belum bisa dilakukan karena kondisi fisik/medis beliau.

    Mengingat kondisi beliaua maka kami telah mencoba mengkombinasikan upaya medis dengan bantuan herbal. Namun, kendala yg dihadapi dalam upaya penyembuhan ibu saya dengan herbal adalah bahwa ibu saya mengalami masalah dengan konsumsi makanan dan minuman melalui mulut, terkadang bisa makan atau minum 1 atau 2 sendok, tetapi sering diikuti dengan mual bahkan muntah.

    Apakah ada saran bagaimana sebaiknya yang bisa kami upayakan untuk penyembuhan beliau?
    Terutama untuk bisa mengkonsumsi herbal tanpa mual dan muntah?

    Terima kasih,
    Dody

    • S Belen Says:

      Dear Dody,

      Turut berempati dengan ibu yang menderita kanker pankreas. Kalau teman saya yang menderita kanker pada tahap tak bisa makan dan minum secara normal, rebusan daun sirsak diinfus dengan selang ke dalam tubuhnya. Melihatnya kita rasa kasihan.

      Untuk menanggulangi mual dan muntah dari hasil penelitian di Amerika Serikat oleh para ahli dapat dipakai jahe. Sekitar 45% keberhasilan untuk mengatasi rasa mual dan muntah menggunakan jahe.

      Semoga ibu bisa segera mendapatkan solusi agar kembali sehat walafiat.

  118. kodir Says:

    Ibu saya ada benjolan di bawah ketiak, terasa sakit katanya. Setelah saya baca artikel tentang daun sirsak saya sarankan agar ibu minum rebusan daun sirsak. Setelah beberapa waktu kira-kira 1 bulan ibu bilang benjolan mengecil dan rasa sakit hilang. Alhamdullilah, tapi ada efek lain yaitu lemas di sendi. Ternyata di artikel ini ada daun nangka untuk pendamping , tentu akan saya sarankan buat ibu saya. Trimmmmm kasih. Artikel ini sangat bagus dan bermanfaat

  119. Fachry Says:

    Pak, mau tanya. Ibu saya menderita kanker serviks stadium tiga, brdasarkan artikel di atas, rebus daun sirsak 4 gelas sehingga menjadi 3 gelas. Nah pertanyaan saya, tiga gelas itu diminum sekaligus untuk pagi, siang, malam atau hasil rebusan 3 gelas tersebut diminum satu gelas per pagi, siang, malam ????

    • S Belen Says:

      Dear Fachry,

      Maksudnya hasil rebusan yang tersisa 3 gelas itu diminum 1 gelas pagi, 1 gelas siang, dan 1 gelas malam.

  120. Listaty Says:

    Pak Belen yth,

    Saya sudah membaca responses diatas, kalau boleh minta saran dari pak Belen : Untuk pengobatan leukimia, kira kira pengobatan apa yang Bapak sarankan?

    • S Belen Says:

      Dear Listaty,

      Dari penelusuranku ke literatur tentang leukimia, ya bisa juga dengan terapi rebusan daun sirsak seperti telah dicoba oleh banyak pasien kanker leukimia. Sebagai herbal pendamping adalah berbagai jenis bit, terutama bit merah. Lama etelah musibah nuklir Chernobyl para dokter melakukan riset pada penduduk di sana dan ternyata di wilayah yang penduduknya kurang sekali terkena kanker leukimia dipengaruhi kebiasaan mereka makan bit yang dimasak matang.

      Di Indonesia banyak pasien kanker leukimia memakai minuman kulit manggis yang direbus dengan air lalu airnya diminum. Saya telah mencoba juga minuman ini. Namun, menurut penjelasan di salah satu acara TV, lebih afdol jika seluruh buah manggis diblender lalu direbus dan diminum airnya. Saya juga sudah mencoba dan rasanya memang sepat sekali.

      Tampaknya di negeri Barat, penderita leukimia dibiasakan makan buah-buahan mentah, sayur-sayuran, terutama bit, dan minum jus. Ada satu herbal yang dipakai di negeri Barat, yaitu Cat’s Claw yang bisa kita lihat fotonya di internet. Tampaknya tumbuhan ini tak ada di tanah air. Di Korea Selatan pasien leukimia mengkonsumsi jamur yamabushitake.

  121. olive Says:

    Dear Pak S. Belen
    17 November 2011 saya baru saja menjalani operasi pengangkatan kista ovarium kiri sebesar +/- 10cm dengan kriteria kista broderline. (Onkolog saya bilang jenis ini tidak perlu kemo tapi harus terus dipantau setiap 3 bulan sekali). Lalu onkolog menyarankan saya untuk tes CA 125 & citi-scan, untuk memantau kondisi saya, tapi itu belum saya lakukan.

    Untuk kondisi saya ini, berapa banyak lembar daun sirsak yang harus saya konsumsi ya, Pak? Dan berapa kali sehari?

    Oya Pak, saya masih menyusui anak saya yang berumur 4 bulan (lahir 25 Juli 2011). Apakah rebusan daun sirsak ini aman untuk ibu menyusui?

    Maaf, 1 lagi pertanyaan saya Pak, ibu saya ada benjolan di leher sebelah kanan, sudah bertahun-tahun didiamkan (tidak diobati/dioperasi), tapi besarnya juga tidak berubah selama didiamkan itu. Untuk ibu saya ini, berapa banyak daun sirsak dan berapa kali sehari, ya Pak?

    Terima kasih banyak untuk bantuannya ya Pak.

    • S Belen Says:

      Dear Olive,

      Maaf telat balas. Dari penelusuranku dari membaca Majalah TRUBUS dan dari berbagai situs internet tentang hubungan sirsak dan ibu menyusui dalam bahasa Inggris, disarankan agar ibu yang sedang menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Terbanyak mengemukakan alasan karena bukti atau evidensi ilmiah dari penelitian belum cukup meyakinkan. Terbanyak dokter dan herbalis menyarankan agar pasien kanker sebaiknya menanyakan kepada dokter.

      Untuk ibu yang mengalami benjolan leher sebelah kanan, mungkin pelru dimulai dengan 10 lembar daun sirsak dimasak dengan air 3 gelas sampai tersisa 1 atau 1,5 gelas. Bergantung kondisi ibu, per bulan dapat ditambah 3 – 5 lembar daun namun pada bulan ketiga maksimum 21 lembar. Frekuensi minum 3 x sehari. Prinsipnya, jumlah daun sirsak disesuaikan dengan responsi dan kondisi tubuh.

  122. olipheolive Says:

    Salam Kenal Pak S. Belen.

    Saya baca di artikel lain, bahwa ibu menyusui tidak boleh minum rebusan air daun sirsak. Apakah itu betul?
    Mohon sarannya Pak, karena saya masih menyusui anak saya yang berumur 4 bulan, sedangkan saya mau menjaga kesehatan saya supaya tidak timbul kista lagi, karena 17 Nov 2011 lalu saya baru saja operasi kista ovarium kiri dengan jenis kista broderline. Onkolog bilang tidak perlu kemo, cukup dipantau tiap 3 bulan sekali untuk tes CA125 & city-scan.
    Terima kasih sebelumnya.
    -olive-

    • S Belen Says:

      Dear Olipheolive,

      Maaf telat balas. Dari penelusuranku dari membaca Majalah TRUBUS dan dari berbagai situs internet tentang hubungan sirsak dan ibu menyusui dalam bahasa Inggris, disarankan agar ibu yang sedang menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Terbanyak mengemukakan alasan karena bukti atau evidensi ilmiah dari penelitian belum cukup meyakinkan. Terbanyak dokter dan herbalis menyarankan agar pasien kanker sebaiknya menanyakan kepada dokter.

  123. eka Says:

    Bagaimana ya…kalau mau mengobati radang usus buntu…
    Ini membuat perut saya jadi besar yang sebelah kanan

  124. yeni Says:

    Jika orang yang terkena kanker ternyata saat itu jg sedang menderita sakit lever, apakah tetap boleh mengkonsumsi daun sirsak?

    • S Belen Says:

      Dear Yeni,

      Tetap bisa mengkonsumsi daun sirsak sambil mengobati juga sakit lever. Menurut dr Paulus Wahyudi Halim herbal untuk penderita lever dapat diberikan daun sukun Artocarpus communis atau rimpang temulawak. (Majalah Trubus No 498, Mei 2011 / XLII halaman 14).

  125. Daniel Prasetyo Says:

    Pa S Belen,
    Untuk dokter herbalis di Malang dan di Surabaya ada di mana ya? Ibu saya kena kanker stadium lanjut, makan harus via selang, bagaimana caranya memasukkan cairannya .. karena di rumah sakit sepertinya sulit untuk memberikan sesuatu di luar dari rumah sakit. Mohon informasinya.

    • S Belen Says:

      Dear Pak Daniel,

      Maaf kami tak punya informasi dokter herbalis di Malang dan Surabaya. Coba hubungi / telepon ke Majalah Trubus karena mereka kenal banyak dokter herbalis di berbagai wilayah di tanah air. Telepon Redaksi Trubus: 021 – 8729 060; 8770 1748. Kadang-kadang saya ikut meeting yang bersebelahan dengan kantor Redaksi Trubus di Wisma Hijau di Mekarsari, Cimanggis, Depok. Mereka adalah pekerja keras yang simpatik.

  126. sarah milawati Says:

    Dear Pak Belen…saya mau tanya apakah teh daun sirsak aman dikonsumsi oleh ibu menyusui?

    • S Belen Says:

      Dear Sarah,

      Maaf telat balas. Dari penelusuranku dari membaca Majalah TRUBUS dan dari berbagai situs internet tentang hubungan sirsak dan ibu menyusui dalam bahasa Inggris, disarankan agar ibu yang sedang menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Terbanyak mengemukakan alasan karena bukti atau evidensi ilmiah dari penelitian belum cukup meyakinkan. Terbanyak dokter dan herbalis menyarankan agar pasien kanker sebaiknya menanyakan kepada dokter.

  127. John Waas Says:

    Sangat yakin daun sirsak dan daun nangka sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia Dengan mematikan sel sel kanker dan dengan daun nangka menumbuhkan sel sel baru maka tubuh manusia akan muda lagi kelihatannya dan lebih energik

  128. John Waas Says:

    Herbal yang paling Ok

  129. ariei Says:

    Pak Belen, terima kasih informasinya, saya mau menanyakan apakah terapi dengan menggunakan air daun sirsak juga efektif untuk kanker payudara?

  130. Zulkirahman Says:

    Selamat Pagi Pak…
    Abang saya sekarang penderita Liver pak. Apakah liver bisa diobati dengan terapi daun sirsak? Mohon infonya, pak.

    Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Zul,
      Tetap bisa mengkonsumsi daun sirsak sambil mengobati juga sakit lever. Menurut dr Paulus Wahyudi Halim herbal untuk penderita lever dapat diberikan daun sukun Artocarpus communis atau rimpang temulawak. (Majalah Trubus No 498, Mei 2011 / XLII halaman 14).

  131. Masytoh Sumarsih Says:

    Saya bingung memahami resep untuk pemula dan stadium 1-3.
    Kalau pemula 10 lembar daun sirsak direbus dengan 3 gelas air disisakan satu gelas diminum tiga kali sehari.

    Yang saya bingung untuk stadium 1-3.
    Rebus 15 lembar daun sirsak dengan 4 gelas air sampai tersisa 3 gelas.
    Tiga gelas sisanya ini diminum sekaligus atau diminum tiga kali?
    Kalau diminum tiga kali (satu hari), masa dosis yang stadium pemula lebih besar daripada yang stadium 1-3? Masa’ stadium pemula menghabiskan 30 lembar daun sirsak kok yang stadium di atasnya cuma habis 15 lembar

    Mohon penjelasannya karena di payudara sebelah kanan saya ada benjolan, tapi aku yakin tumor ini membawa berkah untuk kehidupan saya.

    • S Belen Says:

      Dear Masytoh,

      Tampaknya ada sedikit keliru pengertian. Untuk pemula itu 10 lembar daun sirsak direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 atau 1,5 gelas. Ini diminum satu, dua atau tiga kali dalam sehari bergantung kepada keinginan pasien. Jadi, bukan tiap kali minum 1 atau 1,5 gelas.

      Untuk stadium 1 – 3 jumlah lembar daun sirsak ditambah.

      Yang membuat saya kagum adalah keyakinan Masytoh bahwa tumor payudara ini membawa berkah untuk kehidupan saya. Jarang orang sakit punya pandangan positif begini. Semoga Masytoh sembuh dari sakit ini. Tetaplah berharap dan berusaha.

  132. Resti Says:

    Mamaku menderita kanker payudara stadium lanjut..
    Dan baru terdeteksi sekarang karena beliau tidak pernah cerita..
    Kemarin saya sudah ke dokter lalu disarankan untuk kemo & operasi..
    Dan sekarang kami sedang mencoba mengkonsumsi air rebusan daun sirsak..
    Mohon do’a nya supaya mama bisa sembuh total tanpa perlu dikemo..
    Dan mohon saran herbal pendamping apa yang bisa digunakan setelah daun nangka?
    Makasih..

    • S Belen Says:

      Dear Resti,

      Herbal pendamping lain untuk pasien kanker payudara adalah anggur merah, rebusan kulit manggis, jahe, ekstrak jamur (shintake), dan tapak dara. Banyak juga herbal lain yang dilaporkan oleh pasien kanker payudara yang telah sembuh. Coba browse juga di internet. Semoga mama sembuh dari sakit. Kita tetap yakin, percaya kepada bantuan Tuhan, dan tetaplah berharap.

  133. nennydewikuntari Says:

    Sekadar info bagi yang membutuhkan. Saya menjual TEH DAUN SIRSAK, sangat praktis bagi yang di rumah ataupun bagi anda yang sering mendapat tugas kantor, misalnya keluar kota, dll (mobile)

    Hubungi fb saya nennydewikuntari

    Terima kasih pak Belen… Salam hormat…

  134. lia Says:

    sy berusia 33 thn wkt kehamilan pertama 2 thn yg lalu bayiku berjuang melawan miom yg ukurannya 14 cm. selama kehamilan miom mengecil setelah persalian jd 4 cm. Ukuran sekarang miomnya bertambah lg jd 7 cm. setahun anakku 1 thn (Juni 2011) sy coba minum rebusan sirsak 1x sehari 9lbr dlm 3 gelas air. tp tdk teratur itupun hanya bbrp minggu sy hentikan krn positif hamil yg ke-2. tp dr awal kehamilan selalu keluar pleks sampai akhirnya sy hrs dikuret. Sy tdk tau apakah krn daun sirsak, miom atau kecapean bekerja.
    Sy ingin punya anak lg tp tdk mau operasi. Hampir 2 mggu ini sy kembali rutin minum daun sirsak lg 1x sehari 9lbr dlm 3 gelas air. Baru 2 hari sy coba merebusnya dgn sarang semut krn menurut info bagus utk menumbuhkan sel2 baru. Reaksinya sering buang air kecil tp kesini2 semakin normal (apa krn musim ujan) & jarang BAB (apa krn jarang makan sayur). yg mencolok adalah yg tdnya sering pendarahan diluar haid skrg tdk lg tp kl cairan bening msh suka keluar.
    Yg sy tanyakan:
    1. apakah sdh tepat cara sy
    2. bagaimana dgn sarang semut, bagaimana pengolahannya dgn daun sirsak. apakah direbus bareng atau terpisah
    3. di rumah ada pohon naangka jk sy kombinasikn dgn daun sirsak bagaimana cara mengolahnya

    trimakasih, situs ini sgt bermanfaat sy doakan semoga bpk dan keluarga slalu dlm keadaan sehat

    • S Belen Says:

      Dear Lia,

      Jawaban pertanyaan No. 1: Tampaknya dosis daun sirsak perlu ditambah. Bisa dilihat pedoman umum pada posting di atas dan file yang dapat di-download pada posting itu.

      No.2: Tentang sarang semut, mungkin dapat dibaca komentar Pak Suwondo tanggal 30 September 2011 pada posting ini. Saya kutip bagian yang relevan.
      Pengobatan yang kami rencanakan untuk istri yang menderita kanker limpfoma pada leher adalah sebagai berikut:

      * 2 bulan ini,
      – sebagai terapi penghancur kanker yang utama mencoba terapi dengan
      + Rebusan daun sirsak
      + Dikombinasikan dengan sarang semut papua.
      – Sedangkan untuk menjaga stamina dan memperlemah kanker secara tidak langsung, mencoba terapi pendamping dengan :
      + Juice Sirsak, sebagai sumber vitamin C dan energi
      + Sari Kulit Manggis (Xanthoma)

      * Setelah 2 bulan, atau bila sudah terlihat mulai memasuki masa penyembuhan

      – Sebagai terapi utama
      + Rebusan daun sirsak tetap dipertahankan
      + Sarang Semut tidak baik untuk jangka panjang dan terus-menerus untuk fungsi hati dan ginjal. Maka dari itu, setelah masa kritis awal terlalui, sarang semut kemungkinan akan kami gantikan menggunakan: Keladi Tikus atau Juice Buah Noni.

      No. 3: Untuk daun nangka tidak direbus campur dengan daun sirsak. Tersendiri. Dosisnya, rebus 10 daun nangka tua dengan air 1,5 liter (takaran 1 botol aqua besar), jangan sampai matang, masih hijau diangkat, dituang ke dalam wadah lalu ditutup rapat sampai dingin (uapnya mengembun dan jatuh lagi dalam air rebusan ini). Selanjutnya, diminum 3 x sehari boleh. Yang tersisa disimpan dalam kulkas. Minum rebusan daun sirsak diberi jarak waktu dengan minum rebusan daun nangka.

  135. Pawit Teguh Santosa Says:

    Salam sejahtera pak, 18 januari 2012 ibu saya divonis kanker paru-paru. Setelah baca di internet saya coba buat herbal rebus daun sirsak, ibu saya berkeringat batuk2, dan setelah 5 hari mencret apakah itu reaksinya?….trims mohn penjelasannya
    dari teguh serang sekeluarga

    • S Belen Says:

      Dear Pak Teguh.

      Berkeringat, batuk-batuk, dan mencret adalah reaksi terapi daun sirsak. Ini hal yang lumrah dialami pasien yang pertama kali mencoba terapi ini. Mengapa terjadi reaksi itu telah kami jelaskan pada posting dan file yang dapat di-download pada posting itu.

      Semoga ibu bisa sembuh dari derita ini. Tetaplah berharap dan optimis.

  136. KIKI RAMAYANTI Says:

    Assalamualaikum wr.wb Pak S Belen
    Saya ibu 1 anak, usia 30 tahun. Kemarin saya usg, Hasil usg saya ternyata ada kista sebesar 20 cm. Kata dokter sudah sangat besar dan disarankan untuk operasi. Apakah bisa kista saya sembuh tanpa operasi? Apakah dengan melakukan terapi daun sirsak bisa menyembuhkan kista saya? Dan butuh berapa lama saya harus terapi daun sirsak? Dan berapa banyak pemakaian daun sirsak agar efektif.
    Mohon jawabannya ya pak.
    Terimakasih..
    Wassalam.

    • S Belen Says:

      Dear Kiki,

      Dari bacaanku, terutama Majalah Trubus, banyak pasien kista dapat sembuh tanpa operasi, hanya dengan terapi daun sirsak. Lama waktu penyembuhan berbeda pada tiap orang bergantung responsi dan kondisinya. Tak ada rumus umum yang berlaku untuk semua orang. Tentang jumlah pemakaian dapat dibaca pada posting kami di atas atau pada file yang bisa di-download pada posting itu.

      Optimis bisa sembuh. Jika orang lain sembuh dengan daun sirsak, mengapa saya tidak? Silahkan coba, why not?

  137. mega matra Says:

    Ada perbedaannya ga minum rebusan air sirsak dengan daun sirsak kering dalam kapsul?!lalu apa bisa hamil?!trims,tlg dijawab ya

    • S Belen Says:

      Dear Mega,

      Beda daun sirsak kering dalam kapsul tentu saja khasiatnya sudah berkurang dibandingkan dengan daun basah. Karena itu, dosis daun kering disarankan bisa 2 x jumlah daun sirsak basah. Terapi sirsak tidak langsung berhubungan dengan potensi hamil karena khasiatnya bukan untuk menambah fertilitas atau kesuburan wanita. Untuk tujuan itu dipakai herbal lain. Telah saya baca di informasi di internet dalam bahasa Inggris dan sejauh ini tak ada informasi bahwa daun sirsak meningkatkan kesuburan kaum wanita. Umumnya pasien kanker wanita yang sembuh dapat hamil dan melahirkan anak yang sehat.

  138. rifqy said Says:

    bagaimana resep untuk kolestrol,asam urat dan diabetes.mohon infonya

    • S Belen Says:

      Dear Rifqy,

      Untuk resep penyembuhan diabetes dapat dibaca jawaban kami kepada pertanyaan Yosse Bastian terdahulu. Terima kasih

  139. gita Says:

    apakah mengkonsumsi daun sirsat bisa mempengaruhi kesuburan reproduksi wanita?

    • S Belen Says:

      Dear Gita,

      Sejauh pengetahuankami, daun sirsak tidak mempengaruhi kesuburan reproduksi wanita. Terapi sirsak tidak langsung berhubungan dengan potensi hamil karena khasiatnya bukan untuk menambah fertilitas atau kesuburan wanita. Untuk tujuan itu dipakai herbal lain. Telah saya baca di informasi di internet dalam bahasa Inggris dan sejauh ini tak ada informasi bahwa daun sirsak meningkatkan kesuburan kaum wanita atau merusak kesuburan wanita. Umumnya pasien kanker wanita yang sembuh dapat hamil dan melahirkan anak yang sehat.

  140. Ayu Says:

    Assalamualaikum…
    Saya mau bertanya, beberapa bulan yang lalu adik saya habis menjalani biopsi pada testisnya dengan sangkaan dokter “testis Bilateral”. Namun sampai saat inipun dokter belum bisa menemukan hasil dari biopsi tersebut, sampai akhirnya dokter menganjurkan untuk pengangkatan 1 testisnya. Apa yang sebaiknya kami lakukan?
    Sebagai info, adik saya tidak merasa sakit pada testisnya, memang hanya saja testis tersebut berukuran besar dari ukuran normalnya. Dan anehnya bila beraktifitas banyak dan dalam ruang bersuhu panas testis menjadi besar begitupula sebaliknya.
    Apakah Daun rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan kanker testis?
    Kalaupun Ia,
    1. Daun sirsak yang seperti apa yang sebaiknya dipilih?
    2. Berapa Jumlah daun sirsak yang digunakan & membutuhkan berapa gelas air?
    Mohon penjelasannya ya Pak atas kebingungan kami sekeluarga.
    Terimakasih sebelumnya.

    • S Belen Says:

      Dear Ayu,

      Kecenderungan dokter menyarankan operasi pengangkatan padahal hasil biopsi belum meyakinkan tampaknya berlebihan. Kalau prinsip saya, menjalani operasi sebaiknya dihindari sebisanya kecuali tak ada jalan lain. Soalnya, efek samping operasi bisa lari ke mana-mana.

      Kanker cenderung menyerang organ tubuh yang berjaringan halus. Jika daun sirsak berkhasiat menyembuhkan beragam jenis kanker yang lainm, tentu secara akal sehat bisa disimpulkan bahwa daun sirsak juga bisa menyembuhkan kanker testis.

      Dosisnya bisa dimulai dengan 15 lembar daun sirsak dimasak dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Bisa ditambahkan 3 – 5 lembar daun per bulan.

      Semoga adik cepat pulih.

  141. ribka Says:

    boleh tolong di bantu info bagi penderita kanker kelenjar getah bening??apakah daun sirsak juga bisa mematikan sel2 tersebut??

    • S Belen Says:

      Dear Ribka,

      Khasiat daun sirsak disebutkan menyembuhkan jenis kanker tertentu. Dalam pelaksanaan oleh pasien kanker jenis lain, daun sirsak dicoba juga dan ternyata ada yang berhasil. Tampaknya untuk penderita kanker kelenjar getah bening, bukan tidak mungkin daun sirsak bisa menolong. Selamat mencoba!

  142. candra Says:

    pak mau tanya. makanan atau sayuran apa yang dipantang dikoksumsi dengan rebusan daun sirsak. soalnya selama ini saya minum daun sirsak tapi makan berbagai sayuran. makanya kok nyri di perut saya masih aja tersa. Perlu diketahui saya divonis dokter punya miom dengan diameter 4,7 cm. Udah sebulan ini saya konsumsi daun sirsak tapi kok nyeri diperut saya gak ilang. apa karena saya konusmai sayuran yang dipantang dikonsumsi dengan daun sirsak. Mohon penjelasan.

    • S Belen Says:

      Dear Chandra,

      Menurut pendapat dr Paulus Wahyudi Halim, mereka yang mengkonsumsi daun sirsak juga mesti menghindari memakan seledri, sawi-sawian, brokolo, kol, petai, jengkol, bayam, dan horenzo karena bersifat antagonisme (berlawanan). Bayam misalnya mengandung mineral tinggi sehingga membuat ginjal bekerja keras. Padahal, pada kasus kanker misalnya, fungsi ginjal biasanya sudah terganggu. (My Healthy Life: Daun Sirsak vs. Kanker, Depok: PT Trubus Swadaya, halaman 76). Menurut pendapat saya, mengingat khasiat sayuran tersebut, mungkin ada baiknya sayuran tersebut dikonsumsi sekali-sekali. Langkah ekstrim cenderung tak sesuai untuk jangka panjang.

  143. Emil Says:

    Selamat malam pak…
    Saya mau tanya, Apakah rebusan daun sirsak bisa utk penyembuhan radang amandel ? Anak saya usia 5thn 6 bln amandelnya sering kambuh.
    Mohon jawabannya pak…
    Terimakasih
    Wassalam

    • S Belen Says:

      Dear Emil,

      Daun sirsak berkhasiat menyembuhkan peradangan, misalnya radang tenggorokan, usus, pencernaan, ambeien, dan diabetes. Soal peradangan amandel belum pernah saya temukan bacaannya tapi secara logis dapat diperkirakan air rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan amandel juga. Pengobaran khusus radang amandel mungkin tetap dijalankan. Daun sirsak untuk membantu.

  144. rahma Says:

    selamat siang pak saya mau tanyak…2 bulan ini saya kan tabrakan dan kaki saya retak sehingga tdk bisa beraktifitas seperti biasa dan sejak 2 bulan ini di payudara kiri saya tumbuh benjolan dan bengkak yg sakit kl tersentuh,begitu saya membaca blog ini saya mulai meminum rebusan air daun sirsak, yg ingin saya tanyakan bahaya gak kl saya minum rebusan daun sirsak dan saya juga meminum obat buat tulang walaupun saya meminumnya tidak dlm jarak waktu yg bersamaan ,mohon jawabanya yah pak ..terima kasih sebelumnya

    • S Belen Says:

      Dear Rahma,

      Ternyata Rahma telah mempraktikikan cara yang tepat yaitu mengkonsumsi obat buat tulang dari dokter dengan air rebusan sirsak diberi jarak waktu. Teruskan cara ini. Sebaiknya jangan diminum dua jenis obat ini dicampur atau sekaligus.

  145. sahriani Says:

    Salam kenal pak. Saya sangat tertarik membaca artikel ini tapi saya bingung pak kalau dibarengi dengan herbal pendamping seperti temulawak. Bagaimana cara mengolah temulawaknya pak? Apa bisa dibuat jamu seperti biasa (pakai gula aren + asam jawa)? Mengenai rebusan air daun sirsak, yang 3 gelas diminum sekaligus atau untuk 3 x minum ya pak? Trims atas infonya pak.

    • S Belen Says:

      Dear Sahriani,

      Benar seperti dugaan Sahriani, sebaiknya ramuan temulawak dibuat tersendiri saja. Minum air rebusan daun sirsak diberi jarak waktu dengan konsumsi ramuan temulawak.

      Tentang minum air rebusan daun sirsak sebaiknya diminum 3 x sehari. Sebaiknya tidak diminum sekaligus 3 gelas karena lebih baik herbal ini bekerja efektif setelah tiap kali minum daripada diminum sekaligus.

  146. Ana Says:

    Pak,, saya gx tau apakah saya menderita kanker payudara atau tidak. Tapi puting payudara saya terasa gatal. Saya ingin mencoba minum air rebusan daun sirsak. Apakah boleh saya minum air rebusan daun sirsak ini sementara saya gx tau apakah saya menderita kanker payudara atau tidak. Dan misalnya saya boleh minumnya , sebaiknya takaranya/berapa lembar daun sirsak yg harus saya minum? Dan berapa kali sehari? Thanks

    • S Belen Says:

      Dear Ana,

      Minumlah air rebusan daun sirsak walaupun tak tahu terkena kanker payudara atau tidak karena khasiatnya juga untuk melindungi tubuh kita dari terkena kanker.

      Takarannya adalah 10 mebar daun sirsak dimasak dengan air 3 gelas sampai tersisa 1 atau 1,5 gelas. Tambahkan 3 – 5 lembar per bulan dan pada bulan ketiga maksimum 21 lembar.

  147. Prasetiyo Says:

    Saya mempunyai keponakan berumur 4 tahun yg divonis mengidap leukimia,mohon sudi kiranya utk berbagi informasi tentang pengobatan dg daun sirsak. Bila ada herbalis yg dekat dg Depok Jawa Barat mohon pula referensinya utk berkonsultasi. Atas informasinya saya haturkan banyak terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Prasetyo,

      Untuk penderita leukimia tak ada salahnya dicoba terapi daun sirsak seperti telah dilakukan para penderita leukimia yang lain dan ada yang berhasil sembuh.

      Tentang herbalis di dekat Depok, cobalah telepon ke Majalah Trubus karena mereka kenal banyak herbalis di wilayah Depok yang mereka niai handal. Telepon Redaksi Trubus: 021 – 8729 060; 8770 1748. Kadang-kadang saya ikut meeting yang bersebelahan dengan kantor Redaksi Trubus di Wisma Hijau di Mekarsari, Cimanggis, Depok. Mereka adalah pekerja keras yang simpatik.

  148. tuti Says:

    Pak, ibu saya usia 68 tahun penderita hipertensi. Apakah bisa terapi air daun sirsak untuk penderita hipertensi? Kalau bisa bagaimana dosis pemakaiannya? Terimakasih

    • S Belen Says:

      Dear Tuti,

      Terapi air daun sirsak bisa untuk penderita hipertensi. Resep sederhana:

      Bahan: daun sirsak, sedikit garam, daun salam atau daun sirsak, rambut jagung manis muda.

      Cara membuat: Rebus 10 lembar daun sirsak bersama daun salam dalam 4 gelas air. Tambah sedikit garam (garam dikurangi karena hipertensi) dan boleh ditambah madu. Rebuslah hingga air tersisa menjadi 2 – 3 gelas. Resep lain: Rebus daun sirsak dan rambut jagung manis (muda) dan minum 2 – 3 x sehari. (Sumber: My Healthy Life: Daun Sirsak vs. Kanker, Depok: PT Trubus Swadaya

  149. fitri tya Says:

    maaf pak, kalau ada tekanan darah tinggi, dan kencing manis.
    bolehkah dia mengkonsumsi rebusan daun sirsak?
    terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Fitri Tya,

      Maaf, saya jawab dulu untuk tekanan darah tinggi karena telah mendapatkan bahan bacaan yang relevan.

      Terapi air daun sirsak bisa untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Resep sederhana:

      Bahan: daun sirsak, sedikit garam, daun salam atau daun sirsak, rambut jagung manis muda.

      Cara membuat: Rebus 10 lembar daun sirsak bersama daun salam dalam 4 gelas air. Tambah sedikit garam (garam dikurangi karena hipertensi) dan boleh ditambah madu. Rebuslah hingga air tersisa menjadi 2 – 3 gelas. Resep lain: Rebus daun sirsak dan rambut jagung manis (muda) dan minum 2 – 3 x sehari. (Sumber: My Healthy Life: Daun Sirsak vs. Kanker, Depok: PT Trubus Swadaya)

  150. HENI SUSELA Says:

    Saya terkena kanker miyom dan sejak mengetahui bahwa daun sirsak bisa mengobati kanker, maka saya pun mengikuti saran dan petunjuk untuk pengobatannya. Namun karena saya sering bepergian pengobatan itu pun sering putus nyambung. Apakah ada dampaknya atau kemungkinan sel-sel kanker itu menjadi kebal. Kalau memungkinan, adakah cara lain untuk mempermudah mengkonsumsi daun sirsak itu dengan cara dikapsulkan, seperti yang dibuat untuk daun kelor? Lalu kalo memakai Teh Daun Sirsak, berapa banyak bungkusan yang harus dicelupkan untuk memenuhi jumlah rebusan 10 lembar, direbus dengan 3 gelas air sisa 1 gelas? Mohon saran dan petunjuk. Thanks.

    • S Belen Says:

      Dear Heni Susela,

      Mengenai putus-nyambung konsumsi daun sirsak itu tak perlu dirisaukan. Hal itu lumrah karena berbagai kendala dalam pekerjaan dan hidup.

      Jika digunakan teh daun sirsak, prinsipnya adalah dosisnya 2 x dosis daun sirsak basah. Karena itu, untuk 10 lembar daun sirsak basah diganti dengan 20 lembar daun sirsak kering. Ini prinsip umum, tapi tak perlu kita terlalu berpatok pada prinsip umum. Sesuaikanlah dengan kondisi dan responsi tubuh. Ada yang porsi sedikit sudah berkhasiat, ada yang perlu porsi yang lebih banyak. Penyembuhan bergantung pada keunikan tiap pribadi.

  151. lastri marbun Says:

    Saya menderita tumor di mata kaki selama 15 tahun. Sudah dioperasi 8 tahun lalu, tapi tidak bersih diambil. Jadi tumbuh lagi. Tiga hari lalu setelah scanning, ternyata 2 otot kaki saya sudah rusak dan harus dipotong. Yang rusak dibuang dan katanya setelah operasi saya akan cacat / pincang.

    Saya mau tanya, apa dengan minum daun sirsak dan daun nangka, otot saya yang rusak bisa diselamatkan? Dengan demikian, saat operasi tidak perlu pemotongan otot kaki, cukup hanya pengangkatan tumor tersebut.

    Saat ini saya merasa sangat hancur, berharap ada jalan lain. Mohon bantuannya…
    trims

    • S Belen Says:

      Dear Lastri Marbun,

      Trenyuh dan terharu membaca pertanyaan Lastri. Saya merasa amat berempati atas penderitaan Lastri.

      Daun sirsak berfungsi membasmi sel-sel tumor sedangkan daun dan juga buah nangka berfungsi meremajakan sel, membuat sel baru. Dari penelusuran ke situs http://genuineaid.com/2010/03/01/jackfruit-nutrients-and-benefits/, kami mendapatkan keterangan tambahan tentang khasiat nangka (buah dan daun) yang berhubungan dengan otot berikut ini.

      1. Meningkatkan proses penyembuhan luka.
      2. Membangun / meningkatkan kesehatan tulang dan mendukung penguatan tulang.
      3. Merilekskan otot-otot.
      4. Melindungi kita dari ketegangan otot.

      Dari informasi ini dapat ditafsirkan bahwa daun dan buah nangka dapat membantu penyembuhan luka dan otot-otot yang tak berfungsi.

      Mungkin pendapat dr Paulus Wahyudi Halim, SpB, dokter dan herbalis di Serpong ini berguna. Ia tandaskan bahwa bagi pasien perlu ditekankan bahwa peran herbal hanya 40% dari kesembuhan. Selebihnya adalah pikiran, jiwa, dan semangat hidup pasien. (Trubus, 498, Mei 2011 / XLII, halaman 27).

      Doa kami menyertai proses penyembuhan Lastri. Yakinlah, badai ini pasti berlalu.

  152. tari Says:

    bolehkah ibu menyusui mengkonsumsi / terapi minum rebusan daun sirsak/ bahayakah untuk anak yang meminum asi Ibu . saya punya tumor jinak dipayudara.terimakasih

    • S Belen Says:

      Dear Tari,

      Maaf telat balas. Dari penelusuranku dari membaca Majalah TRUBUS dan dari berbagai situs internet tentang hubungan sirsak dan ibu menyusui dalam bahasa Inggris, disarankan agar ibu yang sedang menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Terbanyak mengemukakan alasan karena bukti atau evidensi ilmiah dari penelitian belum cukup meyakinkan. Terbanyak dokter dan herbalis menyarankan agar pasien kanker sebaiknya menanyakan kepada dokter.

  153. Dyah yekti mumpuni Says:

    Sy akn mencoba,klo untuk org hamil,berbahaya tidak buat janin?terimakasih

    • S Belen Says:

      Dear Dyah,

      Seperti jawabanku kepada Dini di bawah dan juga kepada pembaca yang lain, prinsipnya lebih baik bagi ibu hamil tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak karena kehebatan pengaruh daun ini yang bisa berdampak menggugurkan janin dalam kandungan. Berkonsultasilah kepada dokter jika ada keraguan.

  154. dini Says:

    bolehkah mengkonsumsi rebusan daun sirsak saat hamil? karena ada benjolan kecil ditangan, sebelum hamil saya sudah coba minum, alhamdulillah mengecil, namun sekarang mau diteruskan minum jadi takut karena ternyata saya hamil, takut berefek samping terhadap janin, mohon infonya pak…. terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Dini,

      Ada dokter dan herbalis yang wanti-wanti melarang ibu hamil mengkonsumsi rebusan daun sirsak karena kehebatan pengaruhnya yang mungkin bisa menggugurkan janin dalam kandungan. Cobalah berkonsultasi dengan dokter atau mungkin juga bidan yang berpengalaman bagaimana kira-kira saran mereka.

      Dari pengalaman kami, sering kami melarang ibu hamil mengkonsumsi obat atau ramuan herbal. Jalan teraman adalah selalu bertanya kepada dokter yang lebih ahli soal ini.

  155. rahmi Says:

    Trima kasih ternyata banyak info yang bermanfaat. Saya ada pertanyaan bagaimana dengan mengkonsumsi buah sirsak matang dicampur dengan kunir bagian yang sudah tua manfaatnya apa ya? Thanks

    • S Belen Says:

      Dear Rahmi,

      Maaf Rahmi, kami tak bisa menjawab pertanyaan Rahmi karena belum pernah mencoba campuran demikian. Manfaat kunir umumnya untuk membersihkan racun dan toksin dan manfaat kunir putih juga banyak seperti yang bisa kita baca dalam berbagai tulisan. Manfaat buah sirsak beragam, manfaat kunir juga beragam. Soal manfaat campuran buah sirsak dan kunir ini belum pernah kami coba.

      Mungkin ada pembaca yang punya pengalaman, kami imbau untuk sharing pengalaman untuk menjawab pertanyaan Rahmi ini. Terima kasih.

  156. Hirmas F. Hanum Says:

    Efek minum daun sirsak ini sampai berapa lama yaa…?? karena skrg saya sedang mengalaminya… sering buang air kecil, diare, panas dingin (meriang) dan nyeri otot… sehingga mengganggu aktifitas/kerja saya setiap hari…..

    • S Belen Says:

      Dear Hirmas,

      Efek minum daun sirsak berapa lama bergantung kepada responsi dan kondisi tiap pasien. Ada yang relatif cepat, ada yang lama. Umumnya ramuan herbal itu bekerja untuk jangka waktu yang lama, berbeda dengan obat kimiawi yang relatif lebih cepat berdampak.

      Pengalaman buang air kecil, diare, meriang, dan nyeri otot yang dialami Hirmas tampaknya merupakan gejala tubuh sedang membersihkan racun dan toksin yang ada dalam tubuh. Tahap awal biasanya begitu. Kalau boleh, tetaplah mengkonsumsi dan semoga gejala ini akan menurun dan menghilang dan khasiatnya terasa ke arah kesembuhan.

  157. anik Says:

    Saya punya kerabat. Dari rongten, kondisi paru bagus. Test mantouk negatif. Trombosit dan HB sedikit di bawah normal dengan lekosit normal.
    Ditemukan di ujung atas pengka; lengan kiri ada benjolan lunak – pipih dengan diameter + 5 cm. Si Pangkal bawah leher kiri depan, dari CT Scan ditemukan adanya benjolan lunak kecil-kecil dengan diameter kisaran 0.8 – 1 cm dan didiagnisa sebagai Suspect Kelenjar Getah bening.
    Dokter yang menanganinya, justru menggunakan herbal meskipun secara detil, kami tidak tahu lengkap komposisinya.
    Dari info sang dokter, herbal tersebut dibuat dalam 3 kapsul yakni :
    – Ada Tapak burung, meniran, benalu dan panic atau apa gitu.
    Dari sang dokter diinformasikan bahwa ; herbal tersebut ke-3 nya berfungsi untuk :
    1. Meningkatkan kerja sel T & sel B yang saya tahu disitu ada unsur meniran.
    2. Membatasi asupan makanan oleh sel kanker
    3. Penghancur sel kanker KGB yang saya tahu di situ ada unsur benalunya.
    Pertanyaan saya :
    apakan minum air daun sirsak + daun nangka tsb turut membantu dan bisa dipadukan dengan herbal dari sang dokter?
    Ataukah sebaiknya difokuskan ke salah satu Herbal?
    Jika disarankan minum air daun sirsak, dengan kondisi yang ada, berapa takaran/dosis yang bisa kami berikan pada pasien?
    Terima kasih atas informasinya,
    Semoga Tuhan memberikan kelapangan bagi kita semua. Amin

    • S Belen Says:

      Dear Anik,

      Pertanyaan Anik ini rasanya sulit dijawab. Mungkin ada baiknya berkonsultasi dengan dokter yang memneri resep herbal camputan tersebut.

      Jika prinsip yang secara pribadi saya terapkan untuk diriku adalah mengkonsumsi obat kimiawi dari dokter diberi jarak waktu beberapa jam barulah saya konsumsi rebusan daun sirsak. Jika saya hendak mengkonsumsi rebusan daun nangka, rebusan daun kelor atau rebusan kulit manggis misalnya tidak saya satukan atau campurkan. Diminum satu per satu dengan diberi jarak waktu tertentu.

      Tentang dosis daun sirsak dan daun nangka dapat Anik baca kembali postingku pada bagian awal. Khusus tentang dosis daun sirsak dapat dibaca jawaban kami pada pertanyaan Yasser Malik di bawah ini. Ini adalah gambaran umum dosis namun dapat disesuaikan dengan kondisi pasien.

      Jika ada pembaca yang punya pengalaman yang berkaitan dengan pertanyaan Anik ini, perkenankan menulis komentar / jawaban atas pertanyaan ini. Terima kasih.

  158. yasser malik Says:

    Kakak saya kena kanker payudara dan sudah diangkat, terus sudah dikemo 6 kali, tapi kankernya kambuh lagi. Kata dokter harus kemo lagi 6 kali tapi dengan kemo oral, tapi koq kankernya malah menyebar ke tulang belakang dan ke hati. Kata dokter harus kemo lagi. Apakah saat kemo boleh minum rebusan daun sirsak dan berapa lembar yang harus direbus? Mohon jawabannya dan saya ucapkan terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Yasser Malik,

      Turut berempati dengan penderitaan kakak Yasser. Sungguh luar biasa tekad hidup kakak sampai rela dikemo berkali-kali.

      Teman saya menderita kanker sampai stadium 4 tetap mengkonsumsi rebusan daun sirsak walaupun dikemo. Dokter juga mengizinkan demi kesembuhan.

      Menurut bacaan saya, jumlah daun sirsak yang dikonsumsi bisa mulai dari 15 lembar daun yang dimasak dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas, diminum 3 x sehari. Dapat ditambah 3 – 5 daun per bulan.

      Jika stadium sudah lebih dari 3 dapat dimulai dengan 21 lembar, dimasak dengan air 5 gelas sampai tersisa 3 gelas. Pada bulan ketiga jumlah daun dapat ditingkatkan menjadi 41 – 50 lembar. Jumlah maksimum dapat sampai 70 lembar daun jika tidak dicampur dengan herbal lain.

      Memang, untuk kesembuhan dari penyakit kanker, berbagai upaya diusahakan pasien dan keluarganya. Semoga kakak Yasser cocok dengan rebusan daun sirsak. Tetaplah optimis. Tak ada yang mustahil dalam tangan Yang Mahakuasa.

  159. noning Says:

    Asyik… Artikel daun nangka sangat membantu saya yang lagi kumat radang lambung saya.
    Trims.. Pak. Gbu.

  160. Larose Says:

    Salam sehat dan sejahtera.

    Saya divonis dokter ada kista di rahim kiri saya, 4 cm… Apa saya bisa hamil pak? Usia saya sudah 35 tahun dan suami 40 tahun belum dikaruniai anak yang kami idam-idamkan.. Suami saya juga mengalami kelenjar getah bening pada leher. Bila badan terasa capek sakitnya terasa… sudah 4 hari ini kami mengkonsumsi rebusan daun sirsak 30 lembar dengann 8 gelas air menjadi 6 gelas… Lalu kami juga mengkonsumsi jus buah wortel, apel batu, tomat, jambu biji (merah). Apakah yang kami minum ini benar? Mohon petunjuknya serta dosis yang benar. Sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Larose,

      Benar-benar saya bisa merasakan beban derita yang dialami Ibu dan Pak. Kista mungkin mengakibatkan belum dikaruniai anak, sang buah hati tanda kasih Ibu dan Pak.

      Sekarang Ibu fokus dulu kepada pengobatan kista agar ia lenyap dari rahim ibu sehingga ibu bisa hamil. Konsumsi rebusan daun sirsak dengan dosis yang telah dilakukan itu sudah tepat. Teruskan terapi ini.

      Konsumsi jus buah wortel, apel, tomat, dan jambu biji itu juga sudah tepat.

      Mungkin perlu ibu berhati-hati mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan pasien tumor dan kanker seperti yang kami tulis pada posting di atas.

      Pertanyaan Ibu mendorong kami meng-update posting di atas dengan memasukkan buah-buahan anti-kanker. Bisa Ibu baca lagi karena baru pagi ini kami masukkan. Agar lebih jelas, download juga file di dalamnya yang telah kami perbarui juga.

      Buah-buahan yang telah diteliti ahli dari berbagai belahan dunia yang berciri anti-kanker adalah srikaya (buah nona, terutama daun, biji, dan kulit kayu pohonnya), stroberi, nanas, apel, manggis (terutama kulitnya), pepaya, semangka, anggur,, dan buah kiwi, terutama kulitnya.

      Tidak salah jika Ibu mengkonsumsi juga buah-buahan ini.

      Tetaplah berharap, optimis, dan percaya yang didukung doa. Tidak ada yang mustahil di dunia ini jika kita berusaha dan berdoa.

      • Larose Says:

        Bapak s belen yg baik, maaf saya kembali bertanya… Harus berapa lama saya dan suami mengkonsumsi rebusan daun sirsat?… Akan berdampak buruk kah bg kesehatan kami, bila mengkonsumsi rutin dalam waktu 1bulan…. Lalu untk terapi buah dan sayuran apa yg harus kami hindari…. karena setelah 1mggu ini saya mengalami pendarahan , tp tidak ada timbul rasa sakit apapun…. Dgn harap kami menuggu penjelasan dari bapak. Terima kasih
        Salam sehat … Amin

      • Larose Says:

        Bapak s.belen yang baik…
        Maaf saya bertanya lagi, harus berapa lamanya saya dan suami mengkonsumsi rebusan daun sirsak? Akan berdampak burukkah bagi kesehatan kami bila meminum rebusan daun sirsak ini secara rutin hingga dalam waktu 1 bulan? Adakah ada pengendapan herbal dalam tubuh?

        Lalu untuk terapi buah dan sayur apa yang harus kami hindari… Setelah 1 minggu saya minum rebusan daun sirsak ini, saya mengalami pendarahan, tetapi tidak merasakan nyeri atau sakit apa pun… Apa itu kista yg ada dalam rahim saya pecah bareng dengan menstruasi, karena menurut hitungan kalender menstruasi saya rutin datang tiap tanggal 10… Bapak s belen terkasih, saya mohon penjelasannya supaya kami berdua tidak mengalami kebingungan . Terima kasih. Salam sehat selalu

  161. KIKI RAMAYANTI Says:

    Met siang Pak Belen..
    Saya ingin bertanya lagi pak, makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kista?
    Dan apakah boleh rebusan daun sirsak dicampur dengan rebusan daun dewa dan kunyit putih?
    Alhamdulillah dari hasil USG kista saya sudah mengecil dari 20 cm, sekarang menjadi 15 cm dan sampai saat ini saya masih tetap mengkonsumsi daun sirsak 3 kali sehari.
    Mohon jawabannya ya pak.
    Terima kasih..

  162. S Belen Says:

    Dear Kiki,

    Para dokter dan herbalis kista umumnya menyarankan penderita kista agar jangan mengkonsumsi makanan / minuman berpengawet dan mengandung penyedap, dan jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan / minuman dari kedelai. Daging-dagingan juga jangan sering. Ada juga dari keluarga kami yang mengidap kista dan kistanya sudah hilang karena sungguh-sungguh mengikuti diet seperti diuraikan ini. Prinsipnya adalah jangan konsumsi makanan / minuman yang memberi supply atau makanan kepada kista sehingga dia malah berbiak, berkembang.

    Sebagai pengayaan, boleh browse tentang diet sehat untuk mencegah dan mengobati tumor dan kanker pada website dalam bahasa Inggris berikut ini.

    http://perfecthealthdiet.com/?p=4739

    Mengenai rebusan daun sirsak jangan direbus dengan mencampurinya dengan daun dewa atau kunyit putih. Daun dewa dan kunyit putih sebaiknya dikonsumsi tersendiri.

    Syukurlah ada perkembangan baik kista Kiki. Teruskan upaya yang telah dilakukan. Pasti sembuh dan bisa mengatakan, “Good bye, kista!”

  163. KIKI RAMAYANTI Says:

    Terimakasih banyak atas informasi yang Pak Belen berikan kepada saya..

  164. Rakjab Says:

    Apa ada pengaruh untuk ibu hamil kalau minum air daun sirsak?????

    • S Belen Says:

      Dear Rakjab,

      Ada dokter dan herbalis yang wanti-wanti melarang ibu hamil mengkonsumsi rebusan daun sirsak karena kehebatan pengaruhnya yang mungkin bisa menggugurkan janin dalam kandungan. Cobalah berkonsultasi dengan dokter atau mungkin juga bidan yang berpengalaman bagaimana kira-kira saran mereka.

      Berikut jawaban Pak Suwondo yang dikutip dari jawaban kepada penanya sebelumnya: Untuk penggunaan daun sirsak, tidak disarankan untuk ibu hamil. Apalagi pada masa hamil muda. Karena daun sirsak ditengarai membuyarkan terbentuknya massa, hal ini dikhawatirkan bisa juga mengakibatkan keguguran atau ketidaksempurnaan bayi nantinya.

  165. Rakjab Says:

    Kalau tensinya rendah, bisa minum rebusan air daun sirsak????
    Untuk penyakit gatal-gatal, bisa gak minum rebusan air daun sisak???

    • S Belen Says:

      Dear Rakjab,

      Untuk yang tensi rendah, konsumsi rebusan daun sirsak tak masalah. Tampaknya daun sirsak tak berkhasiat menyembuhkan gatal-gatal.

  166. rya Says:

    Pak,saya mau tanya. Untuk penderita cancer nasofaring stadium 3, terus albuminnya juga rendah, kira-kira air rebusan apa yang bisa dikonsumsi. Mohon infonya. Terima kasih sebelumnya.

    • S Belen Says:

      Dear Rya,

      Albumin bermanfaat untuk memulihkan jaringan tubuh yang rusak. Rendahnya albumin biasanya dialami pasien kanker. Dari bacaanku, cara meningkatkan kadar albumin bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ikan gabus, rumput gandum yang pasti sulit diperoleh di tanah air, spirulina (ganggang hijau biru berukuran sangat kecil, kurang lebih 1 mm berdasarkan hasil riset di India, Jepang, dan Amerika Serikat) dan dunaliella (alga hijau air laut), dan minuman (teh) jahe. Dari semua yang disarankan ini tampaknya spirulina amat berkhasiat. Lihat: http://klinikalangalang.blogspot.com/2011/07/spirulina.html

  167. rya Says:

    Untuk mendapatkan spirulina bagaimana caranya pak? Apa ada dijual dalam bentuk obat herbal? Terus untuk rebusan daun sirsak apa tetap bisa diminum?

    • S Belen Says:

      Dear Rya,

      Membaca kutipan yang bersumber dari Majalah Trubus tak ditemukan bagaimana mendapatkan spirulina. Dari browsing di internet ternyata ada yang menjual dan dapat dipesan dan dikirimkan (ditambah ongkos kirim melalui Tiqi begitu). Coba browse website ini:

      http://pusatgamat.com/category/spirulina/kandungan-spirulina

      Cobalah cari di toko-toko obat. Mungkin sprirulina dapat dibeli langsung tanpa memesan. Semoga bisa. Menurut pendapat saya, rebusan daun sirsak tetap dapat dikonsumsi hanya tentunya diberi jarak waktu dengan waktu konsumsi spirulina.

  168. Lynsey Pillai Says:

    My spouse and I absolutely love your blog and find almost all of your post’s to be exactly I’m looking for. Do you offer guest writers to write content available for you? I wouldn’t mind producing a post or elaborating on some of the subjects you write concerning here. Again, awesome web log!

    • S Belen Says:

      Thank you, Lynsey for your interesting comment. I’m happy to learn that you love my blog. Please send your writing and I don’t mind to create a specific posting for your writing. You’re welcome.

  169. Noor I Says:

    Pak Belen, thanks info-infonya tentang khasiat daun sirsak dan daun nangka. Saran saya… bila minum obat herbal apa pun sebaiknya terus diikuti dengan minum air putih yang agak banyak. Ini untuk mengurangi dampaknya terhadap ginjal. Obat herbal cenderung agak lambat diproses tubuh dibandingkan dengan obat-obatan kimia.
    Salam untuk ibu, ya pak……… Kangen lama gak ketemu.
    Wass

    • S Belen Says:

      Terima kasih, Bu Noor. Belum pernah saya ingatkan pembaca agar banyak minum air putih jika mengkonsumsi ramuan herbal. Saran ibu telah saya masukkan ke dalam uraian posting di atas karena amat penting untuk mencegah efek samping. Akan saya ulang-ulangi nanti dalam menjawab pertanyaan pembaca. Salam juga dari istriku. Ia sudah kangen ingin ketemu Bu Noor dan teman-teman. Tambah maju. Tambah sukses.

  170. Atie Arie Says:

    Mat pagi pak belen… Saya ibu berusia 36 tahun. Saya baru operasi hamil di luar kandungan dan di sebelah kanannya ada kista sekalian juga diangkat. Sekarang sudah berjalan 2 bulan perut saya terasa nyeri aja sampai ke pinggul belakang. Saya konsultasikan ke dokter yang menangani saya saat operasi…. Bilangnya itu hanya pasca-operasi tapi saya tidak percaya, nyerinya sama seperti saya dulu yang pernah terjadi peradangan di rahim. Saya pindah ke dokter kandungan yang satu lagi. Katanya terjadi peradangan di jahitan…. Lalu saya minum obat dari dokter… kok tidak ada perubahan. Saya sekarang ingin mencoba minum daun sirsak. Apakah air daun sirsak baik diminum untuk peradangan pasca-onperasi, dan berapa takarannya? Terima kasih.

  171. S Belen Says:

    Dear Ibu Atie,

    Baguslah ibu mencari the second opinion. Kecenderungan saya malah bisa sampai 4 atau 5 dokter jika timbul masalah tak terpecahkan pada penyakit saya. Tampaknya pendidikan dokter sekarang jauh berbeda dengan dulu. Ada fakultas kedokteran yang tidak punya rumah sakit sendiri sehingga harus nebeng pada rumah sakit lain. Karena banyak terjadi malpraktik, saran saya carilah pendapat ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya jika kita meragukan advis dokter.

    Saya cenderung menyarankan ibu mengkonsumsi daun sirsak karena daun ini bersifat anti-peradangan, dapat menyembuhkan radang pada organ tubuh. Juga, waktu pasca-operasi telah dua bulan berlalu. Dan, daun sirsak ini bisa menyembuhkan kista dalam tubuh ibu. Semoga ibu cepat pulih dan sehat walafiat lagi.

  172. KIKI RAMAYANTI Says:

    Met siang Pak Belen…
    Saya ingin bertanya apakah kacang hijau dan semua jenis kacang-kacangan juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kista? Mohon petunjuknya ya pak. Terima kasih…

  173. S Belen Says:

    Dear Kiki,

    Untuk menjawab pertanyaan Kiki saya bertanya kepada penderita kista yang telah sembuh tanpa operasi. Selain itu, saya baca-baca juga pembahasan tentang hal ini dalam bahasa Inggris di internet.

    Jawaban umum yang dapat diberikan adalah cobalah hindari makan makanan produk kacang kedele. Kacang-kacangan yang lain seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang bernabon tampaknya tidak dilarang. Malah, disarankan untuk memvariasikan berbagai jenis kacang-kacangan untuk menyembuhkan kista. Tentu saja, juga sayur-sayuran dan buah-buahan.

    Khusus tentang konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan ini, mungkin langkah yang bijak adalah tetap mengkonsumsi dengan variasi tapi janganlah berlebihan. Semoga cepat sembuh.

  174. Ani nurajif Says:

    Berapa jam jarak minum air rebusan sirsak dengan rebusan daun nangka? Trims

  175. ekusuma Says:

    Selamat malam pak, Sebelumnya saya pernah berkonsultasi pada bapak September 2011 tentang benjolan lunak di payudara. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh, tidak ada pembengkakan dan rasa nyeri/sakit di payudara … Yang ingin saya tanyakan, apa perlu saya minum terus daun sirsak ini? Atau saya hentikan ..tapi sudah hampir 5 hari ini saya libur minum daun sirsak (biasanya paling bolong 1 atau 2 hari) karena kehabisan daunnya ….

    Menurut bapak apa tetap saya lanjutkan minum daun sirsak ini (benjolan saya hanya melunak, tidak hilang ) saya curiga ini adalah kelenjar air susu yang meradang karena benturan keras, tapi daun sirsak sangat membntu proses penyembuhan (saya hanya minum ramuan ini, tidak ke dokter sama sekali). Tolong saran bapak apakah lebih baik diteruskan/tidak, mengingat keluhan sudah tidak ada … Terima kasih :)

  176. ekusuma Says:

    Oh iya, satu lagi pak saya lupa. Apakah aman atau tidak ada efek samping yang negatif jika saya mengkonsumsi daun sirsak ini setiap hari …mengingat saya sudah mngkonsumsinya hampir 8 bulan lebih setiap hri (2 gelas / kadang-kadang 1 gelas ). Mohon penjelasannya pak … :) Terima kasih sekali lagi. Jawaban bapak sanat membantu….

  177. diajeng Says:

    Apa boleh orang sehat mengkonsumsi daun sirsak? Bagaimana dosisnya? Adakah efek sampingnya?

  178. Merita Says:

    Siang Pak,
    Saya ingin bertanya, saya mempunyai miom sebesar 9 cm. Sudah 2 hari ini saya mencoba minum rebusan air sirsak dengan daun yang sudah kering dengan dosis 10 lembar direbus dengan air 3 gelas menjadi 1 gelas dan diminum 2 x sehari. Yang saya mau tanyakan :
    1. Setelah minum air rebusan pinggang terasa sakit dan perut tidak enak, serta buang air kecil jadi sering. Apakah ini normal?
    2. Apakah dosis yang saya minum ini sudah mencukupi, karena saya menggunakan daun sirsak yang sudah dikeringkan?
    3. Apakah pada saat saya terapi minum daun sirsak rutin bisa juga meminum jelly gamat dan spirulina? Paduan minumnya bagaimana? Apakah harus bergantian satu hari sekali atau bisa berjalan bersamaan, atau sebaiknya saya mencoba meminum daun sirsak dulu dan dilihat hasilnya?
    Terima kasih

  179. Murni Rooseno Says:

    Siang pak…
    Saya seorang ibu rumah tangga berusia 27 tahun dan saat ini saya sedang menyusui anak saya yang berusia kurang lebih 1,5 tahun. Setelah melahirkan anak saya ini, kurang lebih 1,5 tahun yang lalu saya divonis tumor ganas (kelenjar getah bening). Awalnya benjolan teraba di payudara kanan, kiri, leher kemudian di pinggang kanan.

    Saya selama ini menjalani terapi alternatif spiritual rutin (media totok/pijat dengan air doa) dan meminum rebusan air daun sirsak 1 hari 2 kali sebanyak 11 lembar daun sirsak direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Karena, saya tidak mau ke dokter dan dioperasi karena dulu alm. ayah saya mengalami sakit yang serupa, sempat beberapa kali dioperasi tapi setelah 3 bulan benjolannya semakin banyak sampai akhirnya tidak tertolong lagi.

    Saat ini benjolan di payudara kanan dan kiri mengecil dan kalo diraba terasa lembek (sebelumnya sangat besar,keras, dan sakit tapi saya teruskan menyusui sampai sekarang) hanya sewaktu waktu ketika terasa sakit benjolannya agak mengeras, benjolan di leher hilang dan benjolan di pinggang tetap (keras, tidak membesar / mengecil dan terasa sakit). Benjolan yang di pinggang kanan itu rasa sakitnya ke seluruh bagian pinggang, sampai pinggang sebelah kiri dan punggung bawah, kadang terasa panas dan cenut-cenut yang lumayan sakitnya setiap hari.

    1.Apakah dosis rebusan sirsak yang saya lakukan sudah benar atau perlu ditingkatkan lagi atau perlu herbal pendamping lain?
    2.Apakah tidak berefek terhadap anak yang saya susui mengingat saya memberikan full ASI?
    3.Apa makanan yang benar-benar tidak boleh saya konsumsi?
    4.Saya meminta saran yang terbaik yang harus saya lakukan dari bapak agar bisa menunjang kesembuhan saya.
    Terima kasih atas bantuan dan infonya..

  180. KIKI RAMAYANTI Says:

    Met pagi pak Belen,
    Saya ingin bertanya kembali, apakah daun sirsak, daun sambiloto dan kunyit putih boleh direbus berbarengan. Menurut dokter, pengobatan kista saya harus diberikan 3 ramuan tersebut secara bersamaan (sebelumnya hanya rebusan daun sirsak saja), dan dosis obatnya ditambahkan dan sebelumnya juga diberikan danocrine 100 mg sekarang menjadi danocrine 200 mg. Dosis obatnya ditambahkan karena setelah di usg kembali ternyata kista saya ukurannya menjadi 18,7 cm berarti bertambah 3,7 cm dari yang sebelumnya 15 cm. Padahal sampai sekarang saya rutin terus minum daun sirsak. Apakah ada tambahan obat herbal lain untuk kista saya. Menurut dokter kista saya kista dermoid.
    Mohon informasinya ya pak.
    Terima kasih sebelumnya.

  181. Aedlyn Says:

    Selamat siang pak Belen.
    Saya mau bertanya tentang penggunaan daun sirsak yang tepat. Ayah saya divonis menderita kanker paru stadium 4 dan sudah metastase ke tulang. Dia sudah mulai menjalani terapi kemoterapi. Kondisinya masih bagus tapi saya juga ingin mencampurnya dengan meminum air daun sirsak.
    Pertanyaan saya, apakah daun sirsak bisa digabung dengan terapi kemoterapi? Kemudian sebaiknya ayah saya dimulai dengan dosis berapa ya pak? Apakah dari 10 lembar atau langsung 21 lembar seperti yang tertera di atas?

  182. meldawati Says:

    Saya ada baca di beberapa blog herbal, untuk pengobatan kanker menggunakan daun sirsak harus diiringi dengan penggunaan sarang semut, karena fungsi sarang semut ini untuk menetralisasi keasaman lambung akibat mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Apakah pendapat itu benar? Bisakah rebusan air daun nangka sebagai herbal pendamping dari daun sirsak berfungsi sama sebagai penetralisasi keasaman lambung ?

    Mohon penjelasannya dan pencerahannya. Karena, saat ini orang tua saya sedang menderita sirosis hati (perutnya membengkak) dan sedang dirawat di rumah sakit.
    Terimakasih banyak atas info yang bapak berikan.

  183. Dezdez Says:

    Saya pernah mencoba merebus daun sirsak dan meminumnya, air rebusannya berwarna seperti teh tapi agak kehijauan dan gelap apa itu warna rebusan yang benar?
    Dan setelah saya minum, 1 jam kemudian asam lambung saya kumat dengan hebat, jantung berdebar dan keringat dingin, muntah-muntah dan mual, baru mereda setelah saya muntah2 dan dikerokin. Apa memang air rebusan daun sirsak kurang cocok buat penderita maag?
    Mohon penjelasannya. Terima kasih

  184. sumantri Says:

    Sekedar sharing saja. Saya menemukan tulisan yg mungkin berguna dari link berikut:

    http://cancerhelp.cancerresearchuk.org/about-cancer/cancer-questions/can-graviola-cure-cancer

    In laboratory studies, graviola extracts can kill some types of liver and breast cancer cells that are resistant to particular chemotherapy drugs. But there haven’t been any large scale studies in humans. So we don’t know yet whether it can work as a cancer treatment or not. Overall, there is no evidence to show that graviola works as a cure for cancer. Many sites on the internet advertise and promote graviola capsules as a cancer cure, but none of them are supported by any reputable scientific cancer organisations.

    • S Belen Says:

      Dear Sumantri,

      Pandangan yang ditunjukkan dalam kutipan itu telah kami baca pada berbagai literatur tentang khasiat sirsak dalam kaitannya dengan penyembuhan kanker. Kritik utama terhadap terapi ini adalah belum ada bukti yang luas dan meyakinkan dari percobaan terhadap manusia. Percobaan yang dilakukan masih in vitro, ya seperti di tube test dan juga terhadap tikus. Namun, karena obat manjur sejagat untuk menyembuhkan kanker belum juga ditemukan, para pasien di seluruh dunia tidak mau menunggu nasib. Lebih baik berbuat sesuatu daripada menunggu angin surga ditemukannya obat kanker. Hal ini berlaku untuk mengobatan HIV-Aids yang belum juga ditemukan obat yang manjur sejagat. Dan, sirsak ternyata telah digunakan oleh penduduk di Amerika Selatan dan Amerika Tengah selama lebih dari 3 ribu tahun untuk menyembuhkan beragam penyakit.

      Riset modern pertama tentang dampak sirsak telah dilakukan oleh National Cancer Institute tahun 1976, walaupun penyelidikan terhadap sirsak telah dilakukan sejak tahun 1940. Hasil riset modern pertama ini menunjukkan bawa daun sirsak efektif menghancurkan sel-sel kanker yang ganas. Tes sel kanker prostat, pankreas, dan paru-paru di Purdue University menunjukkan hasil yang positif. Dua puluh studi lanjutan terhadap efek kimiawi sirsak pada tes laboratorium telah dilakukan amun tes terhadap hewan dan manusia perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi hasil yang ditemukan. Sebuah studi di Korea menemukan bahwa sirsak membunuh sel kanker colon lebih baik daripada obat kemoterapi Adriamycin. Dampak sirsak sebanyak 10 ribu kali lebih kuat daripada dampak kemoterapi. Tidak seperti obat kemoterapi, sirsak tidak menghancurkan sel-sel sehat lain, kecuali sel-sel kanker. Dampak lanjutannya adalah sirsak tampaknya tidak membuat rambut rontok dan rasa mual berlebihan.

      Perkenankan kami mengutip dari sumber berikut ini.

      http://www.naturalnews.com/026945_graviola_cancer_cures.html

      Graviola Shows Promise in Cancer Cures and Arthritis
      (NaturalNews) Graviola, or Annona muricata, is a tropical fruit that has been found to have amazing healing properties. Also called soursop guanababa, or pawpaw, the Graviola fruit, leaves, bark and roots have been used as sedatives in folk medicine. Native South American healers used the tree to heal liver, asthma, heart problems as well as arthritis. Research on Graviola has shown good results in test tube studies, but there have been no clinical trials on animals or humans, even though the plant shows remarkable healing potential. The plant grows in South and Central America and has been cultivated for its healing properties for over three thousand years.

      The first modern-day research on Graviola was conducted in 1976 by the National Cancer Institute, though the plant has been under investigation since the 1940s. Their findings reported that the leaves of the Graviola plant were effective in destroying malignant cancer cells. Tests at Perdue University on cancer cells of prostate, pancreas and lungs have all shown results. Twenty further studies investigated the chemical effects of the Graviola in laboratory tests, but tests on animals or humans are needed to confirm the results. A Korean study found that Graviola killed colon cancer cells better than a chemotherapy drug called Adriamycin. Graviola results were ten thousand times stronger than the chemotherapy. And, unlike chemotherapy drugs, Graviola did not damage any cells except the carcinogenic cells. This means that there would likely be no hair loss or nausea as side effects from using Graviola as a treatment for cancers.

  185. Budi Setiawan Says:

    Pak, Sudah 2 hari saya menjalani terapi air rebusan daun sirsak, untuk pengobatan tumor tiroid, tetapi pada hari ke-2 tubuh terasa kantuk terus dan tekanan darah turun (100-70). Memang saya memiliki riwayat darah rendah.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah terapi air rebusan daun sirsak ini tidak bisa untuk orang yang memiliki kecenderungan darah rendah?
    2. Apakah bisa dikombinasikan dengan herbal lain untuk menjaga agar tekanan darah tidak drop, herbal jenis apakah yang harus saya konsumsi ?
    Sekian pertanyaan saya, terima kasih banyak atas jawaban yang Bapak berikan.

  186. Johngozal Matindas Says:

    Terima kasih pak. Saya baru mencoba untuk istri saya dengan penyakit tumor payudara bahkan sudah lecet dan kelihatan berlubang. Apakah di samping minum rebusan daun sirsak, apakah daunnya dapat untuk terapi? Menutupi lecet yang nampak seperti lubang di samping payudara??

    • S Belen Says:

      Dicoba saja Pak, siapa tahu berhasil. Jangan lupa minum juga rebusan daun nangka yang berfungsi menciptakan dan meremajakan sel-sel baru.

  187. frisca Says:

    Malam Pak Belen,
    Anak saya umur 2 tahun 18 bulan dikatakan leukimia akut sejak November lalu, bahkan tedeteksi dengan 2 jenis/tipe. Sudah berobat ke dokter sejak Januari, dan beberapa kali kemo berat dengan harapan bisa membuat leukimianya jatuh sehingga lanjut untuk transplantasi sumsum. (Itu pun persentase untuk berhasil hanya 30%).

    Dan minggu kemarin hasil tes sumsum menunjukkan leukimianya masih 0,8%. Setelah beberapa kali naik-turun dan kemarin hasil tes darah menunjukkan leukimianya kelihatannya naik lagi. Pilihan kami hanya minum obat di rumah, atau kemo berat lagi (dengan hasil yang dokter pun tidak tahu pasti).

    Jika kemo, efeknya akan lebih berat dan kondisi anak saya akan lebih buruk dari sekarang (kata dokter). Dokter pun menyarankan untuk berkumpul bersama keluarga (minum obat).

    Sempat berpikir untuk mencoba herbal.. tapi untuk keadaan sekarang apakah daun sirsak patut saya coba? Sambil diminum dengan obat (kemo) dokter tidak apa-apa? Efeknya seperti apa? Karena beberapa hari ini anak saya sering demam. Bisa diselingi dengan herbal lain? Buah bit, barley? Bagaimana dosisnya, mengingat anak saya masih 2 tahun 10 bulan? Mohon informasinya dan terima kasih sebelumnya.

    • S Belen Says:

      Bu Frisca, Maaf saya tidak banyak tahu tentang leukimia. Kami turut berbela rasa atas masalah yang dihadapi anak ibu yang masih kecil.

      Sebagai langkah solusi, kebetulan kami mengenal kinerja seorang ahli pengobatan kanker, termasuk anak-anak, yaitu Suster Antonia Batseran (usia 72 tahun), No. HP 0812 1389 6565, Alamat: Komunitas TMM St Joseph Kemuning, Jl Kemuning IV No. 14, Pondok Indah Kuta Bumi, Tangerang 15560. Suster ini waktu muda terkena kanker payudara sampai stadium lanjut tapi dapat sembuh dengan racikan benalu yang didapat dari mimpi yang ditunjukkan mama, ambil benalu pada pohon ini dan itu, keringkan begini, racik begini, dan rebus begini, lalu minum airnya. Dalam perkembangan pengobatan orang sakit malah ia dapat membantu ibu yang ingin punya anak, lalu mau anak lelaki atau perempuan dapat pula dibantu. Pasien kanker yang tak bisa ditangani Rumah Sakit Kanker Dharmais, Rumah Sakit St Carolus, dan Rumah Sakit Sitanala Tangerang dikirim para dokter ke suster ini. Sudah banyak sekali orang yang sembuh. Kalau setuju, ibu dapat menghubungi Sr Antonia dan mudah-mudahan dapat didlayani mengingat kesibukannya berkeliling ke daerah-daerah, bahkan ke luar negeri.

  188. ismi Says:

    Malam, pak. Apakah kanker hidung bisa diobati juga, pak? Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Ismi,

      Ada sekitar 200 jenis kanker yang dinamai sesuai dengan organ tubuh yang diserang sel kanker. Karena daun sirsak ternyata bisa menyembuhkan sejumlah jenis kanker, tidak masalah jika dicoba juga untuk kanker hidung. Bahkan, pasien kanker darah (leukimia) pun mencoba terapi ini. Semoga sembuh.

  189. Muhammad Yousuf Says:

    Saya kena Hepatitis C. Tiap hari saya minum jus sirsak. Apakah cocok saya tambah dengan rebusan daun sirsak? Makasih

  190. RIsa novrata sari Says:

    Pak, saya mempunyai benjolan di payudara sebelah kiri tapi saya belum berobat. Yang saya rasakan sekarang pada payudara saya terasa nyeri dan benjolan itu kurang lebih 6 bulan terakhir. Saya mau mencoba rebusan daun sirsak. Daun yang bagus itu yang seperti apa untuk dikonsumsi? Terima kasih atas info yang bermanfaat ini.

    • S Belen Says:

      Dear Risa,

      Cobalah terapi daun sirsak. Daun yang bagus itu adalah daun yang di tengah tangkai daun. Jangan yang di pangkal dan yang di ujung. Carilah daun sirsak dari pohon yang telah terbuah dan yang lebih baik dari pohon yang tak banyak terkena polusi udara. Cucilah bersih-bersih terlebih dahulu.

  191. Myla Warbung Says:

    Terima kasih karena sudah berbagi informasi kesehatan kepada kami…. Saya ingin bertanya kalau dosis yang tepat tentang terapi daun sirsak untuk pencegahan pada orang yang sehat bagaimana yahh? Lalu, terapi daunnya selama berapa bulan? Saya ingin melakukan terapi daun sirsak tapi masih bingung dengan dosis yang tepat. Bisa tahu kalau teh daun sirsak bisa dibeli di mana?

    • S Belen Says:

      Dear Myla,

      Untuk terapi pencegahan, rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas sampai tersisa 2 gelas. Berapa lama? Ya, bergantung kepada tiap orang. Bisa juga tak perlu sampai 10 lembar karena kondisi tubuh tiap orang berbeda. Kalau mau coba, ya kadang-kadang minum teh daun sirsak yang telah dikeringkan dalam rumah (jangan terkena sinar matahari langsung). Teh daun sirsak bisa dibuat sendiri dengan menjemur. Sekarang sudah ada yang menjual teh daun sirsak tapi belum tersebar luas ke berbagai wilayah di tanah air.

  192. Mustika Says:

    Selamat siang pak,,
    Saya dinyatakan kanker servik, tapi saya juga punya penyakit jantung (lemah jantung). Boleh nggak saya minum rebusan daun sirsak ini pak? Atau, perlu saya tambahkan apa sebagai herbal pendampingnya? Makasih ya pak.

  193. nurlaily Says:

    Saya punya kakak ipar perempuan menderita sakit polip leher rahim. Apakah dengan menggunakan daun sirsak bisa disembukan?

    • S Belen Says:

      Dear Nurlaily,

      Ada pasien yang sakit pada rahim dapat sembuh dengan mengkonsumi rebusan daun sirsak. Sarankan kakak ipar anda mencobanya. Semoga berhasil.

  194. salsa Says:

    Suami saya diputuskan dokter menderita kanker prostat masih stadium awal. Apakah suami saya bisa sembuh dengan meminum air rebusan daun sirsak dan daun nangka (bersamaan meminumnya)? Karena sudah hampir sebulan saya memberi air rebusan daun nangka dan sirsak, apakah ada efek buruknya? Mohon petunjuk dari teman-teman semua

    • S Belen Says:

      Dear Salsa,

      Rebusan daun sirsak dan rebusan daun nangka hendaknya tidak diminum bersamaan. Terpisah. Tentang efek buruk daun sirsak dan daun nangka tampaknya tidak terlalu banyak. Bergntung kepada kondisi tubuh pasien. Ada yang menyangka suatu gejala itu efek buruk padahal itu adalah gejala mulai bekerjanya air daun sirsak. Baru 1 bulan ibu mencoba. Cobalah teruskan sambil mengamati dampaknya. Semoga suami ibu sehat kembali seperti sediakala.

  195. uunx Says:

    Apakah 3 gelas (untuk stadium 1-3) itu untuk sekali minum atau 3 kali minum?

  196. sugiharto Says:

    Yth.Admin
    Kalau untuk kanker darah (leukimia) gimana??

  197. Rm. Yosdo Pr Says:

    Setiap penyakit tentu ada obatnya. Tapi kalau obat dikonsumsi berlebihan maka ia akan menjadi racun dan menyebabkan timbul penyakit baru lagi. Tapi tiap racun ada penangkalnya. Terimakasih banyak utk info tentang obat2 alam yg berada di sekitar kita.

    • S Belen Says:

      Terima kasih, Rm. Yosdo. Apa yang dikatakan romo itu benar. Obat yang mujarab jika dikonsumsi berlebihan, overdosis ya effeknya dapat menjadi sebaliknya. Tambah sakit atau sakit kian parah.

  198. thoha Says:

    Anak saya kena tumor mata. Setelah konsumsi air daun sirsak 9 lembar dengan 3 gelas menjadi 1 gelas. Selama 2 bulan tambah besar tumornya. Makanan tambahannya pake jamur tiap hari.

    • S Belen Says:

      Dear Thoha,

      Kasihan anak bapak yang setelah konsumsi air daun sirsak tumornya malah membesar. Apakah daun sirsak ini kurang cocok dengan tubuh anak bapak? Atau, mungkin dosisnya terlalu rendah. Cobalah pakai dosis 15 lembar daun sirsak dimasak dengan 4 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Cobalah pula kombinasi dengan herbal lain seperti daun nangka, daun kelor. Semoga anak bapak cepat pulih.

  199. indhy Says:

    Aku berniat mau mencoba terapi sirsak, karena perut saya selalu bermasalah. Yang saya takutkan ada apa-apa di rahim saya. Saya takut ke dokter. Jadi, saya akan mencoba terapi sirsak.

    Aku mau tanya sama bapak. Ada yang mengatakan sebelum daunnya direbus dicuci bersih, dan diendapkan dalam semalam, agar racunnya hilang. Dan, kalau masak sebaiknya jumlah daunnya ganjil. Apa benar demikian? Saya juga sementara ini terapi teh hitam. Apa penggunaannya dengan sirsak berselang sehari atau sejam?? Mohon maaf bila pertanyaanx banyak. Mohon info dari bapak…. Terima kasih sebelumnya…

    • S Belen Says:

      Dear Indhy,

      Mengenai pengendapan daun sirsak selama 1 malam untuk menghilangkan racun tampaknya tidak dilakukan banyak orang yang mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Tentang jumlah daun sebaiknya ganjil itu tampaknya merupakan “mitos” yang biasa dianut dalam masyarakat kita. Yang penting adalah jumlah daun itu cukup agar menimbulkan efek penyembuhan, tidak perlu harus jumlahnya ganjil.

      Mengenai waktu selang konsumsi rebusan daun sirsak dan teh hitam menurut pengalaman saya satu jam rasanya terlalu cepat. Lebih lama mungkin lebih baik.

      Tentang khasiat teh hitam untuk penyembuhan kanker baiklah dikutip berikut ini. “Penelitian telah menunjukkan teh hitam dapat digunakan dalam perang melawan kanker. Sifat teh memperlambat pertumbuhan sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat.” Lihat http://jurnalpendidikanislam.blogspot.com/2012/01/artikel-kesehatan-khasiat-dan-bahaya.html

      Tentang rasa takut Indhy ke dokter, kalau boleh saya sarankan sebaiknya dibuang rasa takut ini. Dari keluarga besarku ada yang anti-pergi ke dokter dan kini ia harus menghadapi kenyataan jari kakinya ada yang diamputasi karena luka yang tak kunjung sembuh sebagai akibat sakit diabetes. Pilihlah dokter yang dapat dipercaya. Lebih baik berkonsultasi ke dokter yang kompeten daripada terlambat. Sesal kemudian tak ada gunanya. Semoga!

  200. dwi-batam Says:

    Pak S Belen, Saya penderita kanker paru stadium 4. Terdeteksi semenjak februari 2012. Telah kemo 4x (split) karena telah bermetastasis ke tulang maka sekalian obat kemonya ditambah untuk tulang juga. Dari awal biopsi saya sudah mengkonsumsi noni tahitian, dan rebusan kulit manggis. Kemudian noni stop dilanjutkan dengan propolis (1 botol/hari) dan jus manggis.

    Efeknya rambut tidak rontok dan keluhan mual juga hampir tidak ada. Fisik semakin baik setelah kemo terakhir. Selama 2 bulan saya minum rebusan sirsak 21 lembar x 2 dan 1 bulan terakhir daun nangka 5 lembar x 1. Hasil pet ct (September) walau tidak bisa hilang tapi ada penurunan ukuran massa dan aktivitas kanker.

    Alhamdulillah kondisi fisik sangat baik. Hanya batuk gatal tenggorokan.

    Hanya sekarang agak nyeri paru kanan dan nyut-nyut di bagian payudara. Kenapa ya ? Mereka lagi berantem, bunuh diri atau lagi makan saya? Sebelumnya saya merasa baik-baik saja, tidak ada keluhan efek mual dsbnya walau dosis tinggi. Atau, itu efeknya baru terasa sekarang? Karena saya suka tiba-tiba mengantuk dan sesak napas setelah minum sirsak.

    Sekarang saya disarankan dokter untuk minum tarceva/iresa. Saya gak pingin minum karena mahal dan itu bahan kimia dan tidak menyembuhkan. Sebaiknya bagaimana ya? Dan, bagaimana herbal2 yang saya minum sekarang ini? Apakah dilanjutkan semua atau bagaimana? Yang saya minum propolis 1 botol/hari, rebusan sirsak 42 lembar 2 x minum/hari, kapsul kulit manggis 3×3 dan actonel dan calcium 95.

    Mohon sarannya , ya pak. Terima kasih sebelumnya. Dwi.

    • S Belen Says:

      Dear Dwi di Batam,

      Terus terang saya salut atas usaha pantang menyerah Pak yang mencoba berbagai obat dan herbal dengan pertimbangan yang hati-hati dan kritis sehingga tampak jelas kemajuan dalam proses penyembuhan Pak. Sikap dan tindakan seperti ini yang seyogianya menjadi teladan bagi pasien lain.

      Saran kami adalah tampaknya lebih baik jika Pak meneruskan kombinasi obat dan herbal yang sekarang ini diterapkan, dan mengubahnya sesuai dengan pengamatan terhadap perkembangan penyembuhan. Khusus tentang manggis dalam literatur dikatakan memiliki khasiat penyembuh terhadap 75 macam penyakit. Zat paling berkhasiat pada manggis adalah zanthones. Hingga saat ini, lebih dari 200 xanthones telah ditemukan secara alami dan sekitar 40 dari xanthones tersebut ditemukan di manggis. Khusus terhadap kanker kulit manggis berkhasiat mencegah perkembangan sel kanker dan tumor.

      Sekadar saran yang dapat dipertimbangkan. Cobalah Pak mencoba daun kelor atau di daerahku disebut daun marungge. Kelor memiliki kehebatan dapat menyembuhkan 300 macam penyakit sehingga disebut pohon ajaib di negara-negara kawasan Afrika dan Asia. Anak tetanggaku seorang pemulung telah mengeluarkan biaya Rp 6 juta untuk mengobati anaknya yang semakin kurus dan menunjukkan gejala lumpuh dapat sembuh setelah mengkonsumsi daun kelor. Orang-orang lansia di kampungku di Flores tidak sakit macam-macam lagi dan bertambah sehat setelah rutin mengkonsumsi daun kelor. Tentang daun kelor ini, perkenankan mengunjungi posting berikut ini.

      http://sbelen.wordpress.com/2011/09/10/apa-rahasia-stamina-pemain-sepak-bola-amerika-latin-daun-kelor-merunggai-marungge/

      Semoga Pak cepat pulih dan semakin segar. Pasti sukses.

    • 503w0nd0 Says:

      Coba dikombinasi antara daun sirsak dengan sarang semut. Tetapi sarang semutnya yang berupa ekstrak saja. Soalnya pengalaman istri dahulu, saat mengkonsumsi rebusan daun sirsak saja, badannya demam dan gemeratan. Tetapi setelah saya coba kombinasikan dengan sarang semut ekstrak, malah tidak hanya hilang demam dan gemetaran, tetapi bisa beraktivitas normal. Bisa mengajar, bahkan naik turun kelas di lantai 4.

  201. terapidaunsirsak Says:

    Untuk memudahkan konsumsi kami membuat daun sirsak menjadi teh celup. cp: 08156735148 / 02747810770. tks

    • sammy Says:

      Di daerah saya sulit sekali mencari pohon sirsak. Jika ada yang menjual produk teh celup daun sirsak saya berniat mencoba membeli. Ayah saya menderita gejala leukimia sudah hampir 2 tahun ini. Badannya tinggal tulang dan kulit. Saya ingin mencoba daun sirsak ini …

      • 503w0nd0 Says:

        Coba Mas Sammy pertimbangkan yang ekstraksi daun sirsak saja. Biasanya berupa kapsul. Kalau yang berupa teh, efek kekuatannya mungkin turun sampai 50% dari yang rebusan daun segar. Tetapi kalau pakai rebusan daun segar, harap berhati-hati dengan kondisi fisik dari ayah. Mengingat sewaktu istri saya dulu mengkonsumsi rebusan daun sirsak segar, badannya gemetaran dan demam. Tetapi setelah saya kombinasikan dengan ekstrak sarang semut, gemetaran dan demamnya bisa hilang, bahkan bisa beraktivitas normal. Kalau saran saya, daun sirsak tersebut bisa dikombinasi dengan ekstrak sarang semut (kapsul).

  202. rizki Says:

    Pak, kalo penderita batu ginjal apa boleh mengkonsumsi air dari daun sirsak?

    • S Belen Says:

      Tak masalah penderita batu ginjal mengkonsumsi air daun sirsak karena air daun sirsak juga berfungsi menyembuhkan sakit batu ginjal atau sering disebut kencing batu.

  203. Buana S Says:

    Yth. Pak Belen,
    Apakah bisa mengkonsumsi daun sirsak dengan jus noni?

    • S Belen Says:

      Dear Buana S,

      Menurut pendapat saya, jus Noni dapat dikonsumsi bersama dengan rebusan daun sirsak. Namun sebaiknya diminum terpisah, tidak dicampurkan. Pendapat umum menunjukkan bahwa daun sirsak berkhasiat membasmi sel kanker secara langsung sedangkan jus Noni secara tidak langsung. Untuk penyembuhan kanker tentu saja lebih baik menggunakan 2 peluru daripada 1 peluru asalkan tidak terjadi “tabrakan” atau saling melemahkan antara dua ramuan yang berbeda.

  204. Md Ayu Dewi Satyawat (@dewisatyas) Says:

    Selamat sore pak,
    Baru satu minggu ini kami mengetahui ibu kena kanker kelenjar getah bening stadium 3. Selama ini ibu gak pernah sakit bahkan sangat fit di usianya yang sudah mendekati 75. Ibu belum tahu bahwa beliau kena KGB. Saya sekeluarga memutuskan tidak mau ibu di-kemo. Altenatifnya kami memberikan ibu extract kulit manggis (Xamtone; air rebusan daun sirsak). Apakah benar tahapan yang kami lakukan? Daun sirsak segar 10 lembar kami rebus dengan 3 gelas air di panci pyrex. Sisakan 1 gelas.
    Saya juga ingin tahu kenapa ibu saya sering demam dan menggigil padahal udara sedang panas-panasnya.

    Tolong segera di balkas pak, herbal terapi apa yang tepat untuk ibu saya

    • 503w0nd0 Says:

      Persis seperti istri saya dahulu saat dikatakan kena kanker kelenjar getah bening. Setiap saya minumkan rebusan daun sirsak segar, selalu menggigil dan demam. Serta lemas. Tetapi setelah saya coba kombinasikan dengan ekstrak sarang semut (kapsul), demam dan menggigilnya hilang, dan daya kerja daun sirsak juga menjadi semakin kuat. Mungkin pengalaman tersebut juga bisa membantu penanganan dari ibu anda. Sekarang kanker istri saya bisa dikatakan sudah normal, cuma tinggal kelenjarnya masih ada pembengkakan.

  205. iswandi Says:

    Maaf pak belen..bagaimana untuk mengetahui terapi daun sirsak cocok atau gak cocok?
    Berapa lama jeda waktu pemberian terapi daun sirsak setelah kemoterapi?
    O iya satu lagi,dari beberapa blog dan salah seorang herbalis di Jogja mengatakan buah anggur,nanas tidak boleh dikonsumsi bagi penderita kanker karena mengandung alkohol..
    Selama 3 minggu ibu saya juga menjalani terapi daun sirsak dengan dosis merebus 21 lembar dengan 4 gelas air (800cc) menjadi 2 gelas diminum pagi dan sore.. Untuk asupan saya berikan jus sirsak campur jus buah bit (buah bit bisa meningkatkan daya tahan tubuh, buah bit juga mengandung caumarin dan betasanin yang mampu menghancurkan sel tumor dan kanker).
    Pak belen.., apakah dosis yang saya berikan sudah tepat?

    • 503w0nd0 Says:

      Biasanya kalau disertai dengan kemoterapi, efek-efek negatif dari kemoterapi; semisal rambut rontok, dll; menjadi jauh berkurang.

      Tetapi kalau tidak disertai dengan kemoterapi, biasanya dalam jangka pendek disertai dengan badan demam, menggigil, badan lemas.

  206. irawati Says:

    Pak, daun nangka yang dekat rumah saya kecil2 pak daunnya, sedangkan yangg saya lihat di gambar besar2. Apakah daun nangka yang kecil itu dapat digunakan pak??

  207. Yudha Says:

    Yth. Pak Belen.
    Saya baru saja di-CTScan, dan menurut dokter radiolog, ginjal kanan saya membesar 2 kali dari ginjal kiri. Nampak padat pada foto. Saya 2 tahun lalu pernah buang air seni keluar darah. Dan muncul kembali pada bulan lalu. Hasil analisis dokter bahwa ginjal kanan saya terkena tumor. Bagaimana cara terapi herbal yang terbaik?

  208. adeh Says:

    Yth Bpk Belen,

    Delapan tahun yang lalu saya positif hepatitis B (belum sirosis). Selama delapan tahun saya mencoba berbagai macam obat termasuk juga obat herbal temulawak tetapi HbsAg-nya belum negatif juga (-). Setahun yang lalu sampai sekarang saya juga coba terapi minum air kristal alga, tetapi belum Negatif juga HbsAg-nya. Saya tertarik dengan artikel yang bapak tulis di forum ini mengenai daun sirsak dan saya mau mencobanya. Berapa takarannya atau berapa lembar daun setiap hari untuk menyembuhkan Hepatitis B saya (HbsAg sampai negatif)? Apakah perlu juga digabung dengan terapi temulawak (di-blender, saring dan diambil airnya)? Kalau perlu berapa takaran temulawak setiap harinya?

  209. adeh Says:

    Yth Bpk Belen,

    Menambah komentar saya sebelumnya, apakah khasiat daun srikaya sama dengan daun sirsak? Soalnya di rumah saya ada pohon srikaya. Ada 1 lagi pertanyaan pak, katanya buah sirsak bisa mengobati asam urat. Istri saya terkena asam urat hingga telapak jari tangannya ada benjolan kecil keras seperti batu, Kalau dipegang sangat sakit/nyeri. Saat ini istri saya sedang hamil jalan 3 bulan (baru), apakah boleh komsumsi buah sirsak untuk mengobati asam uratnya?

    thanks

  210. ahmad Says:

    Yth Bpk Belen,
    mau tanya, daun sirsak bisa ngobatin kanker testis ga?
    terima kasih.

  211. santi Says:

    teman2 yang baik, sebaiknya membaca dengan detil jawaban2 Pak Belen. krn saya lihat banyak orang yg bertanya soal kasus2 yang sama. kasihan jika beliau menjawab berulang2. salam sehat dan terus berjuang untuk sembuh ya..

  212. siti juenah Says:

    maaf pa belen, saudara saya kanker payudara nya sudah pecah seperti kembang kol, apakah harus dioperasi dulu atau langsung minum rebusan daun sirsak,kalau boleh tahu dosisnya bagaimana ya pa, terimakasih banyak sebelumnya.

  213. vesa kristianto Says:

    Permisi pak, mw tanya nih . Dosis daun sirsak untuk kanker pankreas bgmna ? Sudah oprasi tapi tidak di angkat krn terlalu riskan . Dan apakah daun sirsak di rebus bersamaan dengan sarang semut tdk ada masalah ? Kl boleh minta nomor bapak jg . Makasih sebelumny. GBU

    • Suwondo Says:

      Kalau yang pernah saya coba dalam upaya mengobati kanker limfoma istri saya, daun sirsak segar saya rebus, tetapi sarang semut saya pergunakan kapsul ekstraksinya. Dan antara minum rebusan daun sirsak terhadap minum sarang semut, kami beri jarak, paling tidak 1/2-1 jam. Alhamdulillah, hasilnya bagus, sekarang benjolan di leher istri sudah menghilang.

  214. Novianti Says:

    Pagi pak…
    Mau tanya juga donk :-) Apakah teh daun sirsak bisa untuk menyembuhkan penyakit amandel pada anak? Anak saya berusia 7 tahun dinyatakn mengidap OSA (obstructive sleep apnea) karena amandelnya yang bengkak dan harus dioperasi/diangkat. Dia juga obesitas. Apakah teh daun sirsak bisa jadi solusi untuk masalah kesehatan anak saya? Terima kasih sebelumnya.

  215. dwi-batam Says:

    p S belen, terima kasih ya sudah membalas pertanyaan sy di bulan sep. hasil kontrol tiap bulan CEA saya naik drastis dari 2.7 menjadi 7.3. akhirnya tdk ada jalan lg utk kemo kloter ke 2. dokter paru saya bilang kanker paru itu sangat smart, dia bisa berubah mutan lg dalam waktu yg cepat. mungkin dia jadi kebal dg daun sirsak dan dll herbal yg saya minum padahal dosis tinggi semuanya. jadi sy berhenti dulu dg sirsak. doakan ya supaya kuat untuk bisa melewatinya dgn baik.

    • 503w0nd0 Says:

      Coba untuk penggantinya sementara pakai kombinasi antara sarang semut dan keladi tikus. Kalau untuk memperkuat paru-paru dan juga sedikit membantu menahan kanker, bisa dipertimbangkan penggunaan : meniran. Karena meniran salah satu fungsinya sebagai pelindung paru-paru juga.

    • siti juenah Says:

      Pak S Belen, menurut usg saya terkena endometris. Menurut bapak bagaimana dosis rebusan daun sirsak yang tepat pak… dan kira-kira bisa sembuh berapa lama ya, pak? Terima kasih banyak sebelumnya

  216. roby Says:

    Pak mau tanya apakah boleh proses rebus daun sirsak dibarengi dengan daun nangka dalam satu panci? Mengingat kalau terpisah akan banyak sekali minum air rebusannya. Untuk Penderita kanker stadium tinggi 50 daun sirsak dan 10 daun nangka direbus dalam satu panci, 5 gelas jadi 3 gelas… Apakah dosisnya cukup, pak? Thx

  217. ela Says:

    Kepada bpk Belen, saya ucapkan terima kasih atas artikelnya dan semoga bermanfaat. Saya ingin bertanya, apakah rebusan daun sirsak juga bermanfaat bagi penderita tumor atau kanker tyroid?

    • Suwondo Says:

      Kalau kanker tyroid insya Allah bisa, tetapi saya belum pernah menemukan informasi tentang kasus tersebut. Mungkin Pak S Belen lebih jelas informasinya.

      Tetapi jika permasalahannya adalah hiper/hypo tyroid. Herbal yang lebih tepat adalah : xamthone dan ciplukan.

  218. Nur Says:

    Saya ada benjolan keras di leher kanan dekat pangkal rahang, di bawah telinga. Menonjolnya agak keluar tapi ke dalam rongga tenggorokan sebesar telur ayam kampung. Saya tak pernah ke dokter specialis, hanya ke dokter umum. Diduga kanker kelenjar, soalnya kelenjar pangkal paha juga bengkak. Tanggal 29 Januari kemarin aku mulai minun rebusan daun sirsak dengan dosis 9 daun disobek-sobek ditambah 2 gelas air terus direbus 15-20 menit api kecil, pakai panci stainles bukan alumunium, minum pagi dan malam. 1-2 jam efeknya badan terasa panas, terutama paha sampai betis..efek itu timbul cuma kalau habis minum pagi terus saya gerak badan ringan/jalan kaki, kalau minum yang malam tak ada efek panas.

    Efek lainya ya rasa kantuk dan lesu, makanya trus saya pake gerak badan. Perkiraanku kemungkinan rasa kantuk itu karena darah tidak lancar akibat sel kanker yang mati larut dalam darah..terus residu daun sirsak juga larut dalam darah bersama residu oksidan lain. Ternyata benar benjolan itu sekarang susut hampir seperempatnya. Yang tidak aku sangka sakit exim di betis kaki kiriku malah sembuh duluan, baru aku sadari beberapa hari ini aku tidak garuk-garuk kaki, soalnya yang aku pantau hanya perkembangan benjolan di leher.

    Oh ya,, saran saya bagi yang kena sembarang benjolan tak wajar silakan dicoba air rebusan daun sirsak, dosis awal saya cuma pakai 7 daun. Untuk memperingan kerja hati dan ginjal, ada baiknya kita berbekam,membuang darah statis mengandung larutan toksid residu dari sel-sel yang mati.

    Konsumsi buah, kalau aku manfaatkan yang ada di kebun sendiri, yaitu buah markisa untuk meremajakan sel.

    Mohon doa semoga saya bisa sembuh total dan sempurna.

  219. vera Says:

    Saya mau tanya pak. Apakah boleh orang yang menderita penyakit liver dan leukimia mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Kalau bisa berapa dosisnya? Terima kasih

  220. masriah Says:

    Pak mau tanya apakah rebusan daun sirsak bisa sembuhkan eksim yang sudah menahun?

  221. debi firlandi Says:

    Terima kasih atas informasi pak Belen dan kawan-kawan semua yang telah berbagi pengalaman dalam usaha mengobati kanker..

    2 minggu lalu ibu saya terdiagnosa mengidap hepatitis B kronis dan Hepatoma (kanker hati). Berdasarkan hasil USG terdapat benjolan berdiameter 3 cm di liver. karena keterbatasan ekonomi keluarga kami lebih condong menempuh pengobatan tradisional.

    Sejauh ini berdasarkan konsultasi dengan dokter spesialis hepatologi dan dokter klinik obat tradisional Indonesia sebuah rumah sakit umum daerah di Surabaya, kami dianjurkan memberikan treatment berupa rebusan temulawak, kunyit putih, meniran sebagai sebagai pengobatan hepatitis B dan nutrisi hati, alang-alang sebagai penguat ginjal dan daun sirsak serta daun benalu untuk melawan dan menghambat kanker hati, serta memakan buah noni dan minum susu kambing etawa. Treatment ini baru kami terapkan 4 hari dengan cara meminum rebusan herbal tersebut secara terpisah dan dengan jeda waktu 2 jam .. juga berlaku untuk jeda setelah meminum obat kimia dokter.

    Menurut dokter sebulan sekali ibu saya disarankan tes darah dan USG untuk melihat perkembangan dan kemajuan dari pengobatan herbal yang diterapkan.

    Menurut dokter klinik obat tradisional saya diberikan saran untuk memperhatikan cara membuat seduhan herbal, gunakan wadah kuali atau panci gelas dalam memasak, gunakan api sedang, herbal hasil rebusan sebaiknya digunakan dalam kurun waktu 10 jam.. jika ingin lebih bisa dimasukkan ke kulkas. Jika memilih bentuk herbal kering perhatikan kebersihan dan jamur yang mungkin tumbuh. Daun sirsak terbaik adalah daun urutan 4,5,6 dalam satu tangkai. Perbanyak minum air putih, 8 gelas sehari untuk meringankan kerja ginjal dalam mengurai hasil sekreksi herbal.

    Selain itu saya juga mempertimbangkan alternatif lain berupa ektrak buah ciplukan namun ini belum saya terapkan karena menunggu saran dari dokter. Dari hasil referensi di internet buah ciplukan mengandung senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan 3 jenis sel kanker hati pada manusia.

    http://www.ugm.ac.id/en/?q=news/%E2%80%9Cciplukan%E2%80%9D-fruit-brought-pharmacy-students-win-ppri

    Oh iya sebelumnya saya juga melakukan treatment jus kulit manggis dan sirsak dalam kemasan namun karena perut beliau bereaksi seperti maag saat mengkonsumsi jus ini, akhirnya pemberian jus ini kami hentikan untuk sementara.. dikarenakan ibu saya 3 minggu sebelumya mengalami pendarahan lambung. Mungkin saat ini saluran pencernaan beliau masih sensitif terhadap rasa masam dari jus

    Yang ingin saya tanyakan apakah ada pengalaman atau wawasan informasi pak Belen atau kawan-kawan yang lain mengenai peyembuhan kanker hati dengan herbal ciplukan atau herbal lain?

    Terima kasih

    • 503w0nd0 Says:

      Saya lihat ada 3 hal yang sudah termasuk dalam pengobatan dan coba ditelateni dahulu saja. Karena di sana sudah ada 2 bahan penguat hati yang cukup kuat, yaitu : Temulawak dan meniran. Sedangkan di sisi lain juga ada bahan untuk anti kanker yang cukup kuat juga, yaitu daun sirsak. Sepertinya ramuan ini sudah termasuk ramuan terbaik yang layak untuk diuji coba. Semoga lekas mendapatkan kesembuhan adanya.

  222. Agata Says:

    Yth. Pak S Belen

    Pak, ibu saya terkena kanker usus besar yang bersifat adenokarsinoma. Ia sudah menjalankan operasi untuk mengangkat daerah ususnya yang membengkak. Puji Tuhan daerah usus lainnya masih bagus. Dokter mengatakan ada kemungkinan penyebaran sel kanker karena ia berada pada stadium 3. Dokter menganjurkan untuk kemoterapi namun itu belum dijalani karena takut efek samping dari kemo.

    Setelah membaca artikel bapak tentang daun sirsak dan daun nangka ini, saya memutuskan untul memberikannya kepada ibu saya. Namun saya bingung dengan cara perebusan dan dosis minum air daun nangka.

    -Bila 10 lembar daun nangka direbus dengan 1,5 liter air harus disisakan sampai berapa liter air?
    -Lalu berapa mililiter untuk sekali minum?
    -Bolehkah bila saya merebus 6 lembar dengan 900 ml air dan disisakan sampai 700 ml untuk 3x minum?
    Sekian untuk 3 pertanyaan saya. Mohon dijawab pak.
    Trims

  223. S Belen Says:

    Dear Agata,

    Untuk stadium 3:

    Mulailah dengan 15 lembar daun sirsak. Lalu, tambahkan 3 – 5 daun sirsak tiap 1 bulan. Pada bulan ke-3 maksimal 31 lembar. Rebus daun sirsak dengan air 4 gelas hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Minumlah 3 x sehari. Semoga ibu cepat pulih dan tidak perlu menjalani kemoterapi. Dengan keyakinan, ibu pasti bisa sembuh.

  224. Candra Says:

    Yth. Pak S Belen

    Pak, istri saya punya penyakit kista, pas di-USG kistanya sebesar 5,8cm. Apakah daun sirsak bisa buat penyakit kista? Bagaimana kalau dokter sarankan harus operasi, Pak?

  225. dhiantikha Says:

    Yth. Pak S Belen
    Pak, ibu saya ada tumor di lidah dan sudah pecah/ Bagaimana resep ramuan dari daun sirsak? Untuk ramuan daun sirsak, jangka waktu efektif penyembuhan bisa bertahan berapa lama dari pembuatannya?

    Trmksh

    • S Belen Says:

      Dear Dhiantikha,

      Mulailah dengan 15 lembar daun sirsak. Lalu, tambahkan 3 – 5 daun sirsak tiap 1 bulan. Pada bulan ke-3 maksimal 31 lembar. Rebus air 4 gelas hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Rebusan daun sirsak ini tampaknya bertahan sekitar 2 hari dalam kulkas. Kalau tak disimpan dalam kulkas, menurut saya langsung saja diminum 3 x 1 gelas per hari.

  226. A. P. Budi Says:

    Yth pak S Belen
    Istri saya terkena penyakit kanker rahim / serviks stadium 2B, diperiksa ke dokter dikasi rujukan ke rumah sakit untuk kemo dan operasi. Sebelum hal itu saya lakukan, saya telah menemukan web blog ini dan saya sudah 1 bulan ini memberi rebusan daun sirsak 11 lembar dengan air 3 gelas menjadi 1 gelas. Kira-kira untuk memeriksakan ke lab butuh berapa lama agar bisa dilihat hasilnya? Soalnya saya juga takut bila sel-sel kanker menyebar dan menjadi stadium yang lebih tinggi. Soalnya sampai 1 bulan ini istri mencoba daun sirsak masih pendarahan walaupun kadang2 sedikit, kadang2 banyak. Mohon jawabanyya. Terima kasih.

  227. S Belen Says:

    Dear Budi,

    Dampak konsumsi rebusan daun sirsak itu bergantung kepada kondisi penyakit tiap pasien. Tidak bisa dijadikan patokan umum sekian lama barulah terlihat hasilnya. Cara kerja penyembuhan alopati ramuan herbal itu tidak sama dengan obat dokter yang bisa cespleng mengobati satu penyakit. Pengobatan alopati lebih terarah ke penyembuhan secara holistik, keseluruhan kesehatan tubuh. Karena itu, relatif proses kerja rebusan daun sirsak lebih lama. Diperlukan konsumsi secara rutin, bisa sampai 6 bulan baru terlihat hasilnya bagi pasien yang benar-benar sakit.

    Ada anggota keluarga besar saya yang tinggal di desa hanya bergantung kepada rebusan daun sirsak karena ia tidak mampu membeli obat dokter. Karena diminum secara kontinu dan konsisten, sekarang tubuhnya tetap bugar. Sel-sel kanker lama-lama berkurang. Kami sarankan jangan berhenti karena kalau berhenti ketika penyembuhan kanker belum sampai ke tahap stabil, penyakit dapat kambuh lagi.

    Pendarahan yang dialami bisa saja sebagai dampak bekerjanya ramuan ini dalam proses penyembuhan. Kalau pendarahan berlangsung terus, tak berhenti, lebih baik konsutasi ke dokter spesialis penyakit kanker. Semoga istri bapak pulih dan sehat seperti sediakala.

  228. maria Says:

    Bapak Suwondo, boleh minta info beli ekstrak sarang semutnya di mana ya. Makasih

  229. sri murni Says:

    Yth Pak S Belen dan Pak Suwondo,

    Ibu saya ada benjolan di bawah puting sejak lama, mungkin saya pernah lihat 5 tahun yang lalu. Nah 2 minggu lalu tiba2 saya ditelepon karena ibu dibawa ke UGD sebab pendarahan di payudaranya tsb. Yang saya kaget bukan kepalang karena sudah menjadi lebih besar, puting ke dalam, dan sekelilingnya merah tapi tidak semua. Dipegang ada berasa keras benjolannya, hanya seputaran puting, kira2 diameter 10 cm lingkaran, tapi pinggir2 yang lainnya tetap mulus.

    Dokter Onkologi cuma melihat dan meminta test lab serta tet thoraq tapi tidak saya lakukan. Karena ibu tidak mau, jadi saya ajak ke dokter herbalis holistik di AM Sangaji. Diberikan obat herbal HERCERS (kunir putih) dan 3S pil (sirsak,sambiloto, dan sarang semut) serta obat penurun tensi serta makan nasi dari beras pecah kulit.

    Di samping itu ibu saya minta minum air rebusan daun sirsak sebanyak 10 lembar setiap hari. Karena sudah minum obat 3S itu jadi saya takut overdosis.

    Pertanyaan saya :
    1. Sudah tepatkah ukuran rebusan sirsak itu? Reaksi yang dirasakan ibu persis sama seperti ditulis pak belen ini, pipis terus=menerus, keringatan, dan pagi pasti BAB sampai seperti habis kotorannya.

    2. Makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan ibu, karena saat ini hanya makan sayur mayur dan lauk yaitu tahu, tidak digoreng tapi direbus atau tumis. Karena, kata dokter tidak boleh makan daging, telor, ikan. Ayam belum ditanyakan tapi sekarang tidak makan dulu. Karena, dari banyak informasi di internet itu beda2 ya kadang yang satu bilang tidak boleh, yang lain bilang boleh.

    3. Sebenarnya sudah stadium berapa ya kondisi seperti itu? Karena, kalau untuk biopsi takut juga karena ibu ada gula darah 200 terakhir.

    Dan jujurnya saya juga takut dengan vonis dokter. Kata ibu, sampai saat ini tidak ada yang dirasa sakit, sehingga ibu beraktivitas seperti biasa.

    4. Pak Belen dan Pak Suwondo tolong bantu jawab pertanyaan saya, karena saya sedang bingung dan takut sekali kalau saya salah langkah.
    Maaf kalau berantakan suratnya…

    Trims

    • S Belen Says:

      Dear Sri Murni,

      Pertama-tama saya salut atas perhatian dan pengorbanan besar Sri bagi ibu yang melahirkan kita. Itulah panggilan bagi kita anak-anaknya untuk membalas jasa ibu yang tak terkira.

      Mengenai stadium berapa kanker payudara ibu. Ya, saya rasa enggan sekali menjawab. Soal stadium itu jangan terlalu dipusingkan karena secara psikologis membuat kita bertambah cemas. Dari sebaran kanker pada ibu yang telah 10 cm ya katakanlah ini sudah stadium lanjut. Angkanya tidak penting karena stadium itu bisa naik turun.

      1. Dosis rebusan daun sirsak itu tampaknya bisa ditambah sesuai dengan saran kami pada posting ini. Mungkin 10 lembar itu perlu ditingkatkan sambil mengamati perkembangan kondisi ibu.

      2. Soal makanan itu tampaknya saran dokter sudah tepat karena intinya adalah jangan memberi “makanan” kepada sel-sel kanker. Mengenai daging ayam, sejumlah pasien kanker tetap mengkonsumsinya. Tapi, ini pun tampaknya kadang-kadang saja. Kalau ingin sama sekali tanpa daging ayam, keputusan bergantung kepada ibu dan keluarga.

      3. Pagi ini saya baca link di internet: http://rawfoodinfo.com/articles/art_cidervingarlichoney.html
      Pada link ini disarankan resep blender bawang putih 8 potongan dengan 1 mangkuk cuka apel dan 1 mangkuk madu murni. Resep ini berkhasiat untuk beragam penyakit, termasuk kanker payudara, usus besar, kerongkongan, kulit, dan perut. Simpan dalam kulkas selama 5 hari dan setelah itu minumlah hanya 2 sendok teh atau 1 sendok makan setiap hari sebelum makan. (Dengan istri kami kebetulan telah memproduksi ramuan herbal Sano yang terdiri dari 5 bahan, yaitu bawang putih, cuka apel, madu, jahe, dan lemon. Kelima bahan ini berfungsi mengatasi kanker, termasuk kanker payudara. Ada ibu yang menderita kanker payudara mengkonsumsi Sano dan kondisi kesehatannya membaik).

      4. Pagi ini saya baca juga sebuah file powerpoint tentang kanker payudara (breast cancer). Pada file ini ahli kanker menjelaskan juga tentang pengobatan alternatif. Obat-obat alternatif untuk mengurangi dan membasmi sel-sel kanker biasanya mengandung Vitamin A, Betacarotine, Vitamin C, Vitamin E, Cholecalciferol. Ia juga menyebutkan temulawak dan beberapa jenis cendawan.

      Berbagai ramuan herbal ini tampaknya cocok-cocokan dengan orang tertentu. Ada yang cocok dengan bawang putih. Ada yang cocok dengan temulawak, sarang semut, sambiloto atau herbal lain. Kalau ibu sudah cocok dengan ramuan tertentu, menurut pendapat saya bisa fokus dan konsisten mengkonsumsi ramuan itu. Yang penting rutin mengkonsumsi sambil mengecek perkembangan penyakit. Pengobatan alternatif itu berorientasi kepada penyembuhan individu secara holistik, termasuk ketenangan pikiran dan berpikir positif.

      Doa kami dan pembaca agar ibu cepat pulih dari sakit ini. Di dunia ini tak ada yang mustahil asal kita percaya. Banyak vonis dokter ternyata keliru dan saya pun telah divonis mati oleh dokter beberapa kali tapi ternyata sampai hari ini masih hidup.

      • sri murni Says:

        Pak Belen, terima kasih sekali telah menjawab pertanyaan saya. Dan juga ikut mendoakan ibu saya. Waktu saya bilang ke ibu, Ibu saya mau mencoba juga ramuan bawang putih, cuka apel dan madu yg dari bapak. Sedang saya cari bahan2nya.
        Mengenai ukuran minum daun sirsak, Ibu saya kesulitan buang air besar ya Pak dengan 10 lembar ini, padahal bapak sarankan ditambah, saya jadi kasihan, dan dia juga jadi takut kalo tambah daunnya nanti tambah sulit buang air besarnya, menurut bapak bagaimana??

      • S Belen Says:

        Dear Sri, Syukurlah Sri akan mencoba resep yang kami sertakan dalam jawaban. Mengenai 10 lembar daun sirsak tak apalah tetap pada dosis 10 lembar ini. Yang penting zat berkhasiat pada daun sirsak tetap ada dan bekerja dalam tubuh ibu. Walaupun ditambah tapi ibu merasa cemas ya mungkin rebusan daun sirsak tidak bekerja maksimal karena psike mempengaruhi kinerja ramuan. Biarlah tetap dengan 10 lembar asalkan ibu merasa nyaman mengkonsumsinya.

  230. linda Says:

    Bapak, Kakak saya menderita kanker paru. Tapi tidak sampai batuk mengeluarkan darah. Cuma memang batuknya tidak sembuh-sembuh. Kata dokter sudah stadium 3. Kira-kira butuh waktu berapa lama untuk penyembuhannya? Dan, bagaimana therapinya. Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Linda,

      Sulit menjawab pertanyaan Linda karena terapi rebusan daun sirsak itu bekerja efektif sesuai dengan kondisi pasien. Patokan untuk stadium 1 – 3:

      Mulailah dengan 15 lembar daun sirsak. Lalu, tambahkan 3 – 5 daun sirsak tiap 1 bulan. Pada bulan ke-3 maksimal 31 lembar. Rebus air 4 gelas hingga mendidih dan tersisa 3 gelas.

      Waktu mencari bahan untuk menjawab pertanyaan Linda, saya browse di internet dan ketemu website http://www.livestrong.com. Dan saya dapatkan artikel berjudul “Benefts of coleus forskohlii” (manfaat daun mayana, miana). Dalam artikel ini disebutkan juga bahwa air daun miana dapat pula berkhasiat untuk membantu penyembuhan kanker, ya dalam kasus Linda ya kanker paru-paru juga.

      Resep air daun miana:
      1. Ambil 7 lembar daun mayana (ada yang menyebut yana atau miana), dicuci, lalu ditumbuk. Kemudian, diberi air panas, lalu diperas / disaring.
      2. Campurkan dengan madu karena daun ini terasa pahit.
      3. Tambahkan kuning telor bila perlu.
      4. Diminum.

      Agar lebih jelas silahkan kunjungi posting kami: Batuk tak sembuh-sembuh? Minumlah air daun mayana (miana).

      Semoga bermanfaat.

  231. Muhammad Akbar Says:

    Selamat siang, saya mau tanya kalau untuk tumor testis, daun sirsak ini bisa nggak ya?
    Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Pak Muhammad,

      Ada pandangan umum di kalangan ahli kanker, bahwa sebenarnya sel kanker itu bisa berkembang biak pada organ tubuh mana saja. Kalau di payudara disebut kanker payudara, di kulit disebut kanker kulit, di paru-paru disebut kanker paru-paru, di pankreas disebut kanker pankreas, dan di testis disebut kanker testis. Ciri-ciri kanker yang umum dicirikan juga sesuai dengan organ yang diserang. Karena itu, pengobatan modern membedakan obat penyakit kanker payudara, obat penyakit kanker kulit, dst. Namun, sebenarnya obat umum bisa digunakan untuk berbagai jenis kanker. Jika diterapkan untuk ramuan tradisional yang berkhasiat menyembuhkan penyakit kanker, ya bisa saja digunakan untuk jenis berbagai jenis kanker pula. Untuk ramuan rebusan daun sirsak para ahli melakukukan riset in vitro dan mencobakannya pada pasien jenis-jenis kanker tertentu. Dalam kenyataan, pasien jenis kanker yang belum diteliti pun bisa sembuh berkat khasiat daun sirsak. Karena itu, menurut pendapat saya tampaknya rebusan daun sirsak bisa juga menyembuhkan penyakit kanker testis. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

      • pepenx Says:

        Terima kasih sudah bagi ilmu …. Sangat bermanfaat…. Kalau buat yang menderita darah rendah bagaimana caranya, Pak Belen???

      • S Belen Says:

        Dear Pepen,

        Untuk yang menderita darah rendah ramuan daun sirsak tidak berbahaya. Aman-aman saja. Bisa diselingi dengan ramuan herbal lain yang mampu meningkatkan tensi darah. Atau, lebih sering makan buah-buahan dan sayuran yang membantu meningkatkan tensi darah. Selalu optimis.

  232. Lius Says:

    Dear Pak Belen
    Ibu saya tahun 1999 divonis kanker payudara, dilakukan penyinaran sebanyak 36 kali (seharusnya 31 kali tetapi karena ada yang tidak sesuai jadwal ditambah 5 kali). Tahun 2005 kembali ditemukan kanker di tempat yang sama sehingga dilakukan pengangkatan payudara dan kemoterapi sebanyak 6 kali. Dua minggu yang lalu beliau basuk UGD. Dari hasil CT Scan ditemukan adanya penggumpalan darah di otak dan adanya tumor di otak. Langsung dilakukan operasi dan pemasangan saluran cairan dari otak ke lambung. Diagnosis dokter, tumor yang berada di otak tersebut merupakan tumor sebaran. Kemudian dilakukan CT scan, yang hasilnya diketahui ada kanker di paru-paru dan di hati, sementara diyakini kanker di paru-paru merupakan primer dan pada kondisi stadium 4. Saya akan meminta ibu mencoba terapi daun sirsak. Kondisi ibu saya sedang terbaring di rumah sakit, belum bisa minum dikarenakan semuanya lewat selang. Pertanyaan saya adalah :
    1. Apakah setelah selang dicopot ibu saya bisa langsung diberikan terapi daun sirsak?
    2. Apakah tidak akan tabrakan antara terapi daun sirsak dengan pengobatan medis yang sedang dilakukan ibu saya?
    3. Mohon dibantu untuk takaran yang baik untuk kondisi ibu saya seperti yang saya terangkan di atas.
    Terima kasih untuk perhatiannya pak.

    • S Belen Says:

      Dear Lius,

      Kasihan sekali kondisi ibu. Saya berbela rasa dengan ibu dan seluruh keluarga dalam menghadapi penderitaan ibu. Tampaknya sel-sel kanker itu sudah menjalar ke mana-mana. Pertanyaan Lius dapat dijawab sbb:
      1. Ada pasien kanker yang dalam kondisi kritis diizinkan dokter mengonsumsi rebusan daun sirsak setelah selang dicopot. Tindakan ini tentunya atas persetujuan dokter yang merawat ibu.

      2. Soal tabrakan antara rebusan daun sirsak dan obat medis tentu saja lebih bijak jika kita ikuti saja saran dokter ahli penyakit kanker. Ada pasien kanker teman saya yang diizinkan dokter mengkonsumsi rebusan daun sirsak yang diselang-selingi dengan obat dokter. Tentu hal ini tidak bisa diterapkan untuk semua pasien karena bergantung dari kondisi pasien dan obat apa yang diberikan dokter.

      3. Mengingat kondisi ibu tampaknya dimulai saja dengan dosis yang paling rendah, yaitu 10 lembar daun sirsak direbus dengan air 3 gelas sampai tersisa 1 gelas. Kalau kondisi ibu sudah membaik barulah jumlah daun sirsak ditambah secara bertahap sampai mencapai 21 lembar daun direbus dengan air 5 gelas sampai tersisa 3 gelas.

      Sikap kita adalah berusaha dengan menempuh cara alternatif jika cara medis kurang berhasil. Ada pasien kanker yang sembuh hanya dengan tidak makan daging apa pun karena daging memberi supply makanan kepada sel-sel kanker. Ada juga pasien kanker yang sembuh setelah mengikuti secara ketat diet menu makanan menurut golongan darah. Tentang hal ini dapat dibaca posting kami pada http://sbelen.wordpress.com/2013/11/06/ingin-sehat-makanlah-makanan-sesuai-dengan-golongan-darah-anda/

      Doa kami bagi ibu agar bisa sembuh dari penyakit yang mendera ini. Tak ada yang mustahil jika kita menyerahkan kepada kekuasaan Sang Ilahi pencipta dan pemelihara kehidupan.

  233. yunia Says:

    siang pak, maaf saya mau tanya, saya memang tidak pernah menderita penyakit kanker atau apapun, saya sengaja minum rebusan daun sirsak tapi kenapa ya badan dan payudara saya malah terkadang menjadi sakit, saya bingung apakah harus dilanjutkan atau bagaimana ya? terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Yunia,

      Menurut pendapat saya, ada baiknya minum rebusan daun sirsak walaupun tidak sakit kanker. Ini bagus untuk mencegah. Mengenai badan dan payudara merasa sakit ya mungkin saja ada sesuatu yang tak beres dalam tutuh. Nah, itu tandanya rebusan yang telah masuk ke dalam tubuh itu telah bekerja memulihkan bagian yang sakit pada tubuh kita. Jika payudara sakit ya mungkin itu bukan gejala kanker. Tapi, andaikan ada bibit kanker di situ yang belum terdeteksi ya bagus itu kalau rebusan daun sirsak mulai mengamankan payudara agar tidak menjadi kanker. It is good to try. It is better to prevent than to heal. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Bravo.

  234. Rasmawati Says:

    Slamat siang pak… Sebelumnya maaf dan terima kasih untuk waktunya. Saya ingin sedikit cerita pak.. Saat USG akhir Maret kemarin saya dinyatakan terkena kista yang sudah berukuran 13 cm x 6 cm.. dan dokter menyarankan untuk segera operasi… karena sudah besar dan bisa disebut tumor…. Saya takut sekali pak karena saya baru menikah akhir Desember kemarin dan belum pernah hamil dan sangat ingin segera hamil.. Saya takut kalau setelah operasi saya tidak bisa hamil karena dokter bilang akan mengangkat indung telur saya yang sebelah kanan pak… Pertanyaan saya apa bisa tumor saya disembuhkan dengan daun sirsak pak?? Berapa takaran untuk tumor sebesar itu dan sampai berapa lama saya harus mengkomsumsi pak… Terima KASIH..

    • S Belen Says:

      Dear Rasmawati,

      Pertama-tama saya berbela rasa atas masalah yang dihadapi Rasmawati yang barusan menikah dan harus memecahkan masalah ini.

      Setuju menolak dioperasi. Banyak dokter kita cenderung menempuh jalan pintas. Apa-apa solusinya operasi. Seharusnya ditempuh alternatif lain dulu dan kalau sudah buntu sama sekali barulah operasi sebagai alternatif terakhir. Seharusnya dokter mengikuti semboyan pegadaian: “Mengatasi masalah tanpa masalah”. Karena, ini menyangkut keinginan seorang wanita mendapatkan momongan.

      Untuk pengobatan air daun sirsak, cobalah pakai 15 lembar dimasak dengan air 4 gelas sampai tersisa 3 gelas. Tambahkan 3 – 5 lembar per bulan sampai maksimum 31 lembar. Mohon pembaca yang telah berhasil membasmi kista dengan ramuan rebusan daun sirsak membagikan pengalaman melalui komentar pada posting ini.

      Kebetulan saya barusan terbitkan posting http://sbelen.wordpress.com/2014/04/06/kata-mutiara-latin-tentang-keadilan-uang-korupsi-hukum-kesehatan-penguasa-cinta-perang-pidato-i-have-a-dream-martin-luther-king-jr/

      Pada posting ini ada kata mutiara “Coniecturalem artem esse medicinam – Pengobatan adalah seni menebak. (Medicine is the art of guessing). (Aulus Cornelius Celsus). Dan, kata mutiara lain: “Medicus curat, natura sanat – Dokter merawat, alam menyembuhkan.”

      Pengobatan di tangan dokter itu kan adalah seni menebak. Dicoba obat X dan kalau tak berhasil diganti obat Y. Dokter hanya membantu mendiagnosis dan menyarankan tindakan atau obat tapi yang menyembuhkan adalah tubuh kita. Organ manusia itu misteri dan mampu menyembuhkan dirinya sendiri walaupun dokter bisa saja memvonis.

      Kebetulan sekarang kami lagi fokus kepada ramuan herbal Sano yang sudah berjalan satu tahun. Coba baca http://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

      Beberapa ibu yang menderita miom, kista, dan tumor telah sembuh. Ada ibu usia 40-an yang menderita tumor pada kedua matanya yang sudah menyerang saraf mata. Dokter sudah angkat tangan. Setelah minum Sano kedua matanya sembuh. Kebetulan ia pun menerita kista. Kista pun luruh sedikit demi sedikit dan keluar melalui buang air besar. Pak Agus di Depok yang menderita tumor di sekujur tangannya berupa benjolan-benjolan besar sembuh setelah minum Sano dua botol. Ya, janganlah lihat penjelasanku ini sebagai promosi. Tapi, cobalah ramuan ini, di samping terapi air daun sirsak.

      Banyak jalan ke Roma. Banyak alternatif mengobati penyakit. Mengobati adalah seni menebak.

  235. Rasmawati Says:

    Terima kasih atas jawabannya ya pak.. Saya sangat senang sekali..

    Oh ya, itu diminum sehari berapa kali??? Sebelum saya menuliskan komentar saya beberapa hari sudah mencoba 10 lembar dengan air 3 gelas sampai 1 gelas sehari 3x tapi kok malah saya BAB-nya jadi tiap hari ya pak? Sedangkan, kalau saya membaca postingan yang di atas itu ada yang reaksinya BAB jadi terganggu. Apa rebusan daun sirsaknya sudah mulai bereaksi di tubuh saya??

    Terus yang saya ingin tanyakan lagi boleh tidak kalau merebusnya di sembarang panci?? Apa ada perbedaan efeknya, pak??

    Maaf ya Pak kalau pertanyaan saya panjang lebar..
    Terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Rasmawati,

      Patokan minum berapa kali dalam sehari itu bergantung kepada pengalaman seseorang. Namun, umumnya orang minum 3 x sehari. Dan, kalau masih mengkonsumsi obat dokter, sebaiknya diberi jarak waktu, misalnya satu setengah jam.

      Kalau ibu BAB tiap hari berarti ini gejala yang baik. Ada orang yang sampai 1 minggu, bahkan 3 minggu tidak BAB. Tampaknya BAB itu menunjukkan proses detoksifikasi (pembersihan racun) dalam tubuh ibu.

      Merebus daun sirsak sebaiknya pada periuk tanah (tembikar) atau panci stainless steel.

      Tetaplah optimis, penyakit ibu akan hilang dan ibu akan sembuh, sehat wal-afiat. Tidak ada yang mustahil dalam hidup ini bagi orang yang tekun berusaha dan mencoba.

  236. Rasmawati Says:

    Aamiin… terimakasih Pak Belen.. Kebetulan sy tidak sedang mengkonsumsi obat dr dokter..jadi bisa fokus pengobatan..

  237. rahman Says:

    Selamat sore pak Belen,

    Maaf saya mau tanya …. Ibu saya menderita kanker paru-paru dan sudah mulai melakukan terapi rebusan daun sirsak yang dikombinasikan dengan sarang semut dan kulit manggis …. Setelah minum selama 2 minggu ibu saya mengalami gejala sering kencing, diare, perut perih, batuk kering, dan tenggorokan kering ( sering merasa haus )…. Hal itu menyebabkan fisik ibu saya kelihatan melemah….

    Ketika saya membaca tulisan bapak di atas, yang mengatakan bahwa gejala seperti itu merupakan tanda-tanda kalau herbal sedang bereaksi terhadap sel kankernya ….

    Yang ingin saya tanyakan, apakah yang harus saya lakukan selanjutnya, pak? Apakah saya harus mengurangi takarannya atau saya harus melanjutkan takarannya soalnya tidak tega melihat kondisi ibu yang menurun….

    • S Belen Says:

      Dear Rahman,

      Ikut berbela rasa kepada ibu yang menderita. Perlu kami sampaikan bahwa dosis rebusan daun sirsak itu tidak selalu harus mengikuti jumlah daun seperti yang kami kemukakan dalam posting.. Perlu disesuaikan dengan daya tanggap (responsi) pasien. Kalau menimbulkan efek yang berlebihan ya dikurangi saja karena bergantung juga pada umur dan daya tahan tiap orang.

      Dugaan saya juga yang mungkin juga tak benar adalah kemungkinan kombinasi dengan ramuan herbal lain, dalam hal ini sarang semut dan kulit manggis yang mungkin tidak cocok untuk kondisi ibu. Dari yang kami kemukakan pada tabel untuk penderita kanker paru-paru, ramuan pendamping yang umumnya digunakan orang lain adalah biji kemukus, bunga cengkih atau daun sembung.

      Faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah jarak waktu antara minum rebusan daun sirsak dan sarang semut serta kulit manggis. Mungkin jaraknya terlalu pendek. Apalagi kalau kalau ibu juga minum obat dokter, jadinya 4 jenis obat yang masuk ke dalam tubuh ibu dalam sehari.

      Alternatif lain yang dapat ditempuh adalah menghentikan kedua ramuan itu untuk sementara, hanya fokus ke rebusan daun sirsak. Lalu, bisa dicoba juga minum rebusan daun nangka untuk menciptakan sel-sel baru karena ada defisit sel dalam tubuh karena telah dibasmi sel-sel kanker oleh rebusan daun sirsak. Mungkin juga rebusan daun sirsak itu tidak hanya membasmi sel kanker tapi juga sel-sel sehat lain.

      Pengobatan herbal itu menuntut juga penyesuaian dengan kondisi pasien. Kita dituntut untuk melakukan eksperimen terbatas, mencoba-coba, misalnya mengurangi atau menambah jumlah daun sirsak.

      Semoga yang terbaik yang kita harapkan bagi proses penyembuhan ibu terkasih.

  238. rahman Says:

    Selamat Pagi Bapak Belen, terima kasih atas jawabannya.

    Yang masih mengganggu pikiran saya adalah bagaimana cara mengatur jadwal kombinasi antara daun sirsak dengan daun nangka, Pak? Apakah bapak punya kenalan penderita kanker paru2 stadium lanjut yang sudah sembuh berkat rebusan daun sirsak pak, dan kalau bapak berkenan menceritakan proses kesembuhannya pak… (sebagai semangat kami untuk terus berusaha memerangi penyakit ini pak.
    terima kasih sebelumnya pak…….

    • S Belen Says:

      Dear Pak Rahman,

      Cara atur minum rebusan daun sirsak terpisah dari minum rebusan daun nangka diberi jarak sekitar 2 jam. Minum juga tidak mesti harus tiga kali sehari. Semuanya disesuaikan dengan daya tanggap pasien.

      Teman sekantor saya pernah menderita kanker paru-paru waktu belum dikenal khasiat daun sirsak. Ia menjalani pengobatan alternatif tapi nyawanya tidak tertolong.

      Seperti yang telah kami kemukakan dalam berbagai jawaban atas pertanyaan pembaca, penyakit kanker itu sebenarnya tidak punya nama. Kalau sel-sel kanker menyerang paru-paru dinamakan kanker paru-paru. Kalau terkena tulang ya disebut kanker tulang, dst.

      Saudara kami di sebuah dusun di Kabupaten Kediri tidak memakai obat dokter dan ramuan herbal lain. Ia terkena kanker rahim dan sudah sekitar 7 tahun masih bertahan hidup dan malah tampak lebih sehat hanya minum rebusan daun sirsak dan rebusan daun nangka.

      Sebagai informasi kami tambahkan keterangan sbb: Dari bacaan kami di internet kami temukan ramuan herbal China bernama Ping Xiao Capsules yang terutama berisi ramuan dari radix curcume (kunyit), herba agrimonia, dan buah Aurantii. Obat ramuan ini cocok untuk kanker tulang, kanker esophagus, kanker paru-paru, dan kanker gastric. (Jawaban kami kepada Pak Frans pada komentar pada posting ini). Paling tidak bisa dicoba pengobatan dengan kunyit.

      Penelitian terbaru di Jepang dan Australia mengungkapkan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat berhasil disembuhkan dengan minum satu sendok (makan) madu dicampur dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis 3 x sehari selama 1 bulan. Kalau ramuan ini bisa menyembuhkan kanker perut dan tulang bisa dicoba juga untuk kanker paru-paru.

      Ekstrak jahe juga terbukti menghentikan penyebaran sel-sel kanker kulit, paru-paru, ginjal, dan pankreas.

      Semoga ibu mendapatkan kemajuan dalam pengobatan. Tetaplah optimis dan yakin bahwa tubuh manusia itu misteri dan mampu menyembuhkan dirinya.

  239. yanti Says:

    Pagi pak Belen,
    Saya ada kista dan dokter menganjurkan untuk operasi, tapi selama ini saya selalu minum obat herbal dari herbalis. Tapi sekarang saya mau coba terapi daun sirsak dan Sano. Apakah boleh rebusan daun sirsak dibarengi dengan minum Sano?

    Apakah ada penderita kista yang sembuh dengan terapi daun sirsak atau Sano? Terima kasih sebelumnya.

    • S Belen Says:

      Dear Yanti,

      Tampaknya banyak dokter yang doyan operasi. Apa-apa operasi. Sekarang ibu melahirkan juga seperti bergengsi jika operasi caesar. Orang yang sakit jantung koroner juga para dokter cenderung mengarahkan untuk operasi pasang ring atau bypass. Padahal, operasi itu berisiko karena organ tubuh dibedah, dipotong-potong ya dampaknya bisa saja berpengaruh kepada serabut darah dan jaringan saraf. Seharusnya solusi operasi adalah alternatif terakhir jika tak ada lagi alternatif lain.

      Setuju dengan Yanti agar berusaha semaksimal mungkin dengan pengobatan agar terhindar dari operasi kista.

      Kalau terapi rebusan daun sirsak hendak digandengkan juga dengan Sano ya bisa asalkan diberi jarak 2 jam. Sano kan diminum sebelum makan pagi sehingga tidak menganggu orang untuk mengkonsumsi obat atau herbal lain sepanjang hari.

      Sano ternyata berkhasiat menyembuhkan miom, kista, dan juga tumor. Ada beberapa ibu yang melaporkan telah sembuh dari kista setelah mengkonsumsi Sano. Yang lain tidak melapor. Ada ibu yang menderita kista, setelah minum Sano kistanya dibasmi dan keluar berupa gumpalan-gumpalan darah waktu buang air besar. Sekarang ia sudah lega, terbebas dari kista yang mengganggu sekian lama.

  240. roy Says:

    salam sejahtera pak,..
    saya ada tumor pada paha,sudah bengkak dansakit pak,pada saat minum air rebusan daun sirsak badan terasa panas dan sakit pada tumor,itu knpa,.?saya minum 2 kali sehari,.

    • S Belen Says:

      Pak Roy, tampaknya itu reaksi awal minum ramuan rebusan daun sirsak. Gejala awal berbeda pada tiap orang karena kondisi tubuh itu spesifik untuk tiap individu. Kalau sakit pada tumor itu ya pertanda ramuan ini sedang bekerja membereskan tumor pada paha.

  241. roy Says:

    Obat herbal yang cocok untuk tumor tulang apa pak? Terima kasih sebelumnya….

    • S Belen Says:

      Pak Roy,

      Jawaban atas pertanyaan Pak bisa dilihat pada komentar kami kepada Melly di bawah komentar ini.

      Para ahli Jepang dan Australia menemukan dalam risetnya bahwa kayu manis berkhasiat membantu menyembuhkan penyakit kanker perut dan tulang.

      Resep yang dianjurkan adalah:
      campurkan 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh serbuk kayu manis, dikonsumsi 3 x dalam sehari.

  242. Emelya Sinaga Says:

    Selamat pagi pak,
    Hanya mohon info apakah untuk kasus lymphoma, daun sirsak kurang berguna, karena saya baca/dan ikuti dari atas-untuk darah belum ada terbukti khasiatnya.

    Mohon bantuan pak, ibu saya sesuai hasil biopsi terkena lymphoma non hodgkin, belum ada tindakan dari dokter karena masih menunggu hasil histokimia. Namun, ibu saya sudah meminum rebusan daun sirsak, apakah ada ramuan lain selain daun sirsak dan nangka.

    Terima kasih
    Melly

    • S Belen Says:

      Dear Melly,

      Turut berbela rasa dengan ibunya Melly yang menderita penyakit ini. Guna menjawab pertanyaan Melly saya coba baca-baca dan akhirnya menemukan artikel yang mungkin berguna untuk pengobatan ibu.

      Artikel itu berjudul: Non-Hodgkin’s Lymphoma: Top Natural Supplements for Treatment. Di bagian akhir artikel dikemukakan tentang sejumlah suplemen alamiah untuk pengobatan penderita non-Hognin’s lymphoma sbb:
      1. Pengobaatan alami yang terpenting adalah berjemur di sinar matahari. Riset menunjukkan fakta bahwa keterpaparan terhadap sinar matahari akan memproduksi vitamin D yang dapat menolong mengobati penyakit ini.
      2. Antioksidan pada makanan dan asam lemak omega 3 berguna sebagai suplemen alami yang penting.
      3. Pengobatan Non-Hodgin’s lymphoma dan Hodgin’s lymphoma dapat terdiri dari penggunaan cendawan Reishi, the hijau, daun zaitun, akar kayu manis, dan ekstrak terstandar.
      4. Herbal yang dapat menurunkan kekentalan darah sehingga meningkatkan sistem imunitas (kekebalan).
      5. Pengobatan medis kedokteran dilengkapi suplemen herbal menyumbang penyembuhan non- Hodgkin’s lymphoma sampai tingkat keberhasilan 90%.

      Sumber: http://www.newsmax.com/FastFeatures/non-hodgkins-lymphoma-treatment/2011/02/02/id/370086/

      Karena dalam artikel tersebut disebut akar kayu manis, cobalah dengan kayu manis yang telah terbukti menyembuhkan kanker perut dan tulang sesuai dengan hasil riset ahli di Jepang dan Australia. Siapa tahu mampu pula menyembuhkan penyakit ini.

      Resepnya adalah campurkan 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh serbuk kayu manis, dikonsumsi 3 x dalam sehari.

      Dari bacaan tentang penyakit ini saya mendapatkan kesan betapa rumit penyakit ini, penyebabnya beragaam dan penanganan medis harus berdasarkan jenis penyebab dan stadium penyakit ini. Di artikel yang lain saya baca juga bahwa ramuan bawang putih, cuka apel, madu, jahe, dan lemon bisa membantu menyembuhkan infeksi virus. Karena penyakit ini dapat pula disebabkan oleh virus boleh dicoba ramuan ini. Hanya, perlu ditambah bawang putih yang berkhasiat pula membantu menyembuhkan penyakit kanker. (Lihat http://www.lup-tup.com/

      Karena kayu manis berkhasiat pula membantu menyembuhkan kanker, ya bisa juga ramuan ini dicampurkan dengan menambah sedikit serbuk kayu manis.

      Semoga ada pembaca yang punya pengalaman atau pengetahuan tentang penyakit ini dapat menambah informasi dengan memberi komentar pada posting ini. Terima kasih.

  243. roy Says:

    Saya juga konsumsi rebusan daun sirsak. Bolehkah dikombinasikan sama ramuan madu + serbuk kayu manis interval minumnya 1 jam pak? Terima kasih lagi sebelumnya pak…

    • S Belen Says:

      Pak Roy, bisa dikombinasi Pak tapi diberi jarak waktu 1 setengah sampai 2 jam. Begitu juga dengan obat dokter, diberi jarak waktu demikian.

  244. Bayu Says:

    Met Siang Pak Belen.

    Saya mau menanyakan tentang khasiat daun sirsak. Apakah air rebusan daun sirsak ini cocok untuk penderita flek paru / TBC?
    Kalau memang bisa, bagaimana takaran yang tepat untuk penyakit ini? Dan, apakah cocok juga dikonsumsi oleh balita di bawah 1 tahun.
    Mohon bantuannya Pak Belen.

    Terimakasih
    Bayu

    • S Belen Says:

      Dear Bayu,

      Sudah saya telusuri bacaan di internet. Tampaknya tak ada pernyataan khusus tentang khasiat daun sirsak menyembuhkan TBC. Ada yang mengatakan gabungan daun sirsak dan kulit manggis tapi ini pernyataan dalam kerangka iklan ramuan herbal kulit manggis. Cenderung kurang meyakinkan. Kami coba telusuri hasil riset di Google Scholar juga tidak menemukan pernyataan khasiat daun sirsak untuk menyembuhkan TBC.

      Untuk pengobatan TBC sekarang obat dokter khusus sudah ada dan ternyata berhasil tapi harus diminum selama 6 bulan, hari demi hari tanpa lupa 1 hari. Kalau lupa 1 hari harus diulang dari pertama lagi.

      Di Google Scholar saya temukan khasiat cengkih untuk mengobati TBC. Cengkih mengandung agen antimiroba dan basil yang amat ampuh. Cengkih juga mengandung caryophyllene yang merupakan agen antimikroba yang ampuh. Komponen-komponen ini tersalur melalui aliran darah, membunuh parasit mikroskopis dan larva parasite serta telurnya. Cengkih amat efektif untuk menyembuhkan malaria, tuberculosis (TBC), kolera, kudis dan parasit lainnya, virus, bakteri dan fungi. Cengkih juga menghancurkan semua spesies Shigella, Staphylococcus, dan Streptococcus.
      Sumber:

      http://augmentinforce.50webs.com/Show%20of%20the%20Month%20%C2%A0January%202014.htm

      Boleh juga dioba dengan cengkih. Bisa dijadikan bubuk lalu dicampur dengan air hangat lalu diminum.

  245. Sri Baz Says:

    Selamat malam, pak Belen….

    Maaf jika saya bertanya lagi. Saya ingin tahu, apakah ada risiko jika terlalu banyak minum rebusan daun sirsak atau teh sirsak dalam sehari? Karena dari yang saya baca, umumnya minum 2 atau 3 kali sehari. Sebaiknya berapa kali sehari, pak? Ini untuk pengobatan kanker prostat di mana sudah tidak mengkonsumsi obat apa pun selain sirsak.

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    • S Belen Says:

      Dear Sri Baz,

      Pada posting ini kami cantumkan porsi daun sirsak dan berapa gelas air untuk memasak dan tinggal berapa gelas air tersisa pada rebusan daun sirsak menurut stadium kanker yang dialami. Kebiasaan minum umumnya 3 x sehari. Namun, porsi daun sirsak dan frekuensi minum tentu saja dapat disesuaikan dengan kondisi sakit kanker yang dialami dan daya tahan tubuh penderita. Bisa 2 x sehari dan bisa juga 1 x sehari. Karena itu, sebenarnya patokan umum ini disesuaikan untuk tiap penderita yang memiliki kekhasan. Jangan lupa dicoba juga dengan minum rebusan daun nangka yang diminum terpisah dari minum rebusan daun sirsak. Karena rebusan daun nangka berguna untuk produksi sel-sele baru untuk mengganti sel-sel yang telah dibasmi oleh rebusan daun sirsak.

  246. Sri Baz Says:

    Selamat sore, pak Belen…
    Terima kasih atas balasan dan info yg lainnya. Sementara ini, beliau minum sekitar 5 atau 6 kali teh sirsak (dlm bentuk tea celup dan bubuk teh), karena tidak setiap saat mendapatkan daun sirsak segar untuk direbus. Dulu pernah disuntik Zoladex, tp efeknya membuat tubuhnya merasa lebih sakit. Diganti dengan yg lain, tetap saja efek sampingnya tidak membuat lebih baik. Nah, sejak minum rebusan daun sirsak dan teh sirsak (sudah 2 bulan), beliau merasa lebih sehat dan bugar, dan benar-benar berhenti minum obat2 dari dokter.
    Yang saya tanyakan, apakah minum rebusan daun sirsak atau teh sirsak sebanyak 5 atau 6 kali sehari tidak ada resiko buruk ke tubuh, pak? Tentu saja dibarengi minum banyak air putih untuk kesehatan ginjal. Kebetulan beliau baik2 saja dgn terapi ini. Mengenai daun nangka, agak sulit mendapatkannya disini jadi kita fokus ke daun sirsak saja
    Terima kasih banyak atas perhatiannya, pak….

  247. reyza Says:

    Halo selamat sore, mama saya ada kista ukuran kecil, dan kemarin sempat keputihan gatal dan bau tidak enak di miss V nya..
    Kemudian membeli obat di apotek dan sudah berkurang,
    Kemarin ketika melakukan hubungan intim mama merasa miss V-nya perih gitu, saya takut jika gejala kanker serviks, sekarang rutin minum rebusan air daun sirsak, tapi efeknya pusing, darah rendah kambuh lagi, bagaimana mengatasinya?
    Kalau untuk kista dan gejala serviks apakah ampuh? Semoga kita selalu diberikan kesehatan. Amin.

    • S Belen Says:

      Dear Reyza, rebusan daun sirsak ampuh untuk kista dan kanker serviks. Sudah banyak orang yang sembuh. Untuk mengatasi darah rendah mesti selalu dicek tensi darah. Kalau misalnya terlalu rendah bisa dihentikan sementara konsumsi rebusan daun sirsak. Coba usahakan makan sayuran untuk meningkatkan tensi darah seperti sayur bayam, terutama bayam merah.

  248. April Says:

    Pak Belen yth, saya mendapat kanker payudara stadium lanjut, tapi saya takut dioperasi karena saudara yang sudah dioperasi malah semakin parah, berapa dosis daun sirsak yang yang harus saya minum? Saat ini saya hamil 2 bulan, saya bingung pak, pada bulan kehamilan berapa saya dapat minum rebusan sirsak? Bolehkan saya juga minum herbal Sano yang bapak racik?

    • S Belen Says:

      Dear April, dari pengalaman pasien kanker payudara dan bacaan kami ternyata terapi rebusan daun sirsak tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena dapat menggugurkan janin yang dikandung. Demikian pun, herbal Sano dilarang dikonsumsi ibu hamil karena alasan yang sama.

      Sebagai langkah solusi, kebetulan kami mengenal kinerja seorang ahli pengobatan kanker, yaitu Suster Antonia Batseran (usia 72 tahun), No. HP 0812 1389 6565, Alamat: Komunitas TMM St Joseph Kemuning, Jl Kemuning IV No. 14, Pondok Indah Kuta Bumi, Tangerang 15560. Suster ini waktu muda terkena kanker payudara sampai stadium lanjut tapi dapat sembuh dengan racikan benalu yang didapat dari mimpi yang ditunjukkan mama, ambil benalu pada pohon ini dan itu, keringkan begini, racik begini, dan rebus begini, lalu minum airnya. Dalam perkembangan pengobatan orang sakit malah ia dapat membantu ibu yang ingin punya anak, lalu mau anak lelaki atau perempuan dapat pula dibantu. Pasien kanker yang tak bisa ditangani Rumah Sakit Kanker Dharmais, Rumah Sakit St Carolus, dan Rumah Sakit Sitanala Tangerang dikirim para dokter ke suster ini. Sudah banyak sekali orang yang sembuh. Kalau setuju, ibu dapat menghubungi Sr Antonia dan mudah-mudahan dapat didlayani mengingat kesibukannya berkeliling ke daerah-daerah, bahkan ke luar negeri.

  249. marion Says:

    Malam pak..
    Saya marion..
    Bulan lalu mama saya baru saja operasi pengangkatan payudara karena ditemukan adanya kanker stadium 3B… dan dokter menyuruh mama saya untuk kemo dan sinar….. Tapi mama saya takut. Sekarang saya sedang coba terapi daun sirsak, cuma saya pakai daun sirsak kering karena agar awet. Tetapi beberapa hari hari lalu saya mendapat resep dari salah seorang teman. Resep itu herbal dari kunyit putih. Apakah boleh saya campurkan obat herbal dengan terapi air sirsak untuk mama saya? Maksud saya tidak dicampur jadi satu, cuma saya berikan berbarengan..
    Trims..

    • S Belen Says:

      Dear Marion,

      Saya berbela rasa dengan derita yang dialami ibu. Yang penting kita tetap optimis. Sakit kanker sekarang bisa disembuhkan, berbeda dengan pada zaman dulu. Semakin banyak ditemukan hal-hal baru dalam dunia kedokteran dan juga praktik pengobatan tradisional, terutama di zaman internet ini, karena informasi tersebar luas.

      Kami juga setuju jika ibu menolak tindakan kemo dan penyinaran karena kita perlu melihat efektivitas tindakan medis ini dan membaca hasil-hasil riset tentang efektivitasnya. Jangan-jangan malah sakit tambah parah.

      Pada posting di bagian depan dikemukakan bahwa penggunaan herbal pendukung terapi daun sirsak untuk memperkuat kinerja herbal utama, mencegah / menghilangkan efek samping, meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati penyakit lain, dan / atau memperbaiki pencernaan. Herbal pendamping untuk kanker payudara bergantung kepada organ lain apa yang bermasalah akibat kanker payudara berupa inflamasi atau peradangan. Kalau yang bermasalah itu ovarium dibarengi dengan herbal temu putih (bukan kunyit putih), bila serviks diberi herbal jintan, uterus herbal delima putih.

      Dari bacaan kami, herbal kunyit putih itu ampuh menyembuhkan kanker payudara, bahkan sampai sembuh total. Namun, dosis yang diberikan hendaknya sesuai dengan diagnosis kanker yang diderita dan pengobatan yang telah dilakukan. Selain itu, tak sembarang tanaman kunyit putih yang digunakan. Kunyit putih untuk obat kanker ini harus ditanam dengan bebas pestisida. Kunyit putih dalam bentuk kapsul pun dibuat tanpa bahan pengawet dan monosodium glutamat. Sumber: http://health.kompas.com/read/2014/09/07/094438423/Khasiat.Kunyit.Putih.yang.Bisa.Sembuhkan.Kanker

      Melihat keampuhan kunyit putih ya bisa dipilih yang mana yang menjadi herbal utama dan yang mana herbal pendamping, apakah rebusan daun sirsak yang utama atau kunyit putih yang utama. Pilihan ini menentukan dosis yang diterapkan. Bila digunakan daun sirsak kering, dosis bisa ditambah karena yang lebih berkhasiat itu daun yang masih segar.

      Baru-baru ini saya baca tentang ramuan herbal soda kue yang dicampur dengan madu untuk penyembuhan kanker, termasuk kanker payudara. Soda kue berfungsi membuat tubuh yang bersifat asam menjadi basa (alkalis). Sel-sel kanker bisa mati dan tidak berbiak pada tubuh atau organ-organ tubuh yang bersifat basa. Kunjungilah: https://sbelen.wordpress.com/2014/10/05/soda-kue-madu-kanker-sembuh/

      Mungkin bisa dicoba tapi tidak diberikan berbarengan. Misalnya terapi rebusan daun sirsak yang didukung kunyit putih selama 2 bulan lalu stop, diganti dengan terapi soda kue dan madu. Tampaknya dokter herbalis tidak setuju jika kita memberi sampai 3 herbal berbarengan dalam satu hari.

      Penderita kanker dan keluarga biasanya mencob-coba berbagai ramuan herbal sampai ditemukan yang cocok. Hanya perlu diberi waktu karena kerja ramuan herbal itu perlahan-lahan, lambat, berjangka panjang. Karena, penyembuhannya bersifat holistik seluruh bagian tubuh penderita. Obat dokter itu bekerja lebih cepat.

      Di muka bumi ini jumlah solusi jauh lebih banyak dari jumlah masalah. Semoga ibunya Marion cepat pulih dan kembali sehat seperti sediakala.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: