Batuk tak sembuh-sembuh? Minumlah air daun mayana (miana)

Mayana untuk menyembuhkan batuk

 

Praktik di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Manado dan Jakarta untuk menyembuhkan batuk-batuk:

  1. Ambil 7 lembar daun mayana (ada yang menyebut yana atau miana), dicuci, lalu ditumbuk. Kemudian, diberi air panas, lalu diperas / disaring.
  2. Campurkan dengan madu karena daun ini terasa pahit.
  3. Tambahkan kuning telor bila perlu.
  4. Diminum.

Semoga sembuh. Agar lebih lengkap, silahkan klik file berikut ini!

Khasiat Mayana

Campurkan madu secukupnya!

Minumlah! Pasti batuk-batuk terbang. Sembuh.

Marten Tangyong bercerita khasiat lain daun miana dari pengalaman orang Tanah Toraja (Tator) di Sulawesi Selatan. Orang Tator yang menyebutnya “bulu nangko” sering membuat sayur daun miana. Daun miana juga digunakan untuk memasak daging babi dengan membungkus daging babi 2 – 3 potong kecil-kecil. Kalau mereka memasak belut dan ikan lele mereka campurkan daun miana sehingga bau amis dan lemaknya dinetralisasi. Bisa juga daun miana diperas dan ditempelkan sebagai obat korengan. Ibu yang baru melahirkan juga biasa mengkonsumsi daun miana untuk membersihkan perut.

*********************************************

Iklan

annie dancing

Klik gambar ini kalau belum bergerak

Tekanan darah tinggi

Kunjungilah posting kami ini:

http://sbelen.wordpress.com/2013/05/03/bawang-putih-cuka-apel-madu-jahe-lemon-jantung-sehat-tubuh-bugar/

Gambar spanduk Sano

Sano darah tinggi

Kartu nama Yuni 3

About these ads

Tag: , , , , ,

48 Tanggapan to “Batuk tak sembuh-sembuh? Minumlah air daun mayana (miana)”

  1. Klemens Siamukwele Says:

    Pak Sirilus Belen,
    Limpah terima kasih untuk berita bagus ini.
    Tanaman yang ditayangkan ini rupanya seperti bunga yang sangat common di banyak tempat? Harap observasi ini benar.

    Ya, maklum di Afrika banyak ramuan kita butuhkan untuk membantu orang di sini.

    Saya akan coba dan hasilnya akan saya beritakan.

    • S Belen Says:

      Dear Klemens, rasanya tumbuhan ini ada di mana-mana, termasuk di Afrika, hanya namanya mungkin lain untuk tiap daerah / negara. Nama ilmiahnya Coleus. Saya tunggu beritanya. Selamat berkarya di rantau orang. Bae-bae.

  2. Wilson Sitorus Says:

    Pak Belen,
    Ada dua gambar daun yang berbeda.

    Yang hijau mirip daun bangun-bangun (kata orang Batak bilang), dan khasiatnya untuk kaum ibu khususnya setelah melahirkan, dan mitosnya memperbanyak ASI.

    Melihat gambarnya, yang merah saya tanam pohon ini di rumah.
    Biasanya, para ibu yang ambil, khasiatnya cocok untuk penyakit kaum ibu serta theroid.

    Baru tahu kalau khasiatnya untuk obat batuk.

    Mohon izin bagi-bagi informasi ini buat orang lain.

    • S Belen Says:

      Pak Wilson, memang khasiatnya banyak. di Jakarta daun tumbuhan itu dipakai juga untuk mengobati alat kelamin anak yang terluka. Di Filipina juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Bagus, Pak jika disebarkan ke teman dan kenalan. Horas!

  3. mitha Says:

    Benarkah akan sembuh??
    Saya sudah cape sama batuk saya…
    Bikin badan jadi kurus kering juga …T__T

    • S Belen Says:

      Banyak orang telah sembuh berkat daun miana. Dari bayi, anak-anak sampai orang dewasa dan lansia sembuh. Cobalah secepatnya.

  4. harun anggo Says:

    terima kasih atas informasinya pak. apakah daun mayana tersebut bisa dikonsumsi anak-anak pak??? jika bisa, saya akan berikan ke sakti yang lagi batuk-batuk saat ini.

    • S Belen Says:

      Pak Harun, air daun mayana bisa dikonsumsi anak-anak. Jangan lupa tambahkan madu karena terasa amat pahit. Bagaimana keadaan Sakti? Saya kangen sama Sakti soalnya sekarang dalam rumah semua orang dewasa. Pingin sekali anak yang lucu dan menarik seperti Sakti ada bersama di rumah. Sakti pasti cerdas dan tampil lucu karena kecerdasannya. Bae-bae. Salamku buat ibu dan Sakti.

  5. uyi Says:

    Terima kasih atas jawabannya.Tentang daun mayana saya sudah pernah membukanya,hanya saja saya belum mencobanya. Kebetulan saya suka tanaman hias,dan saya punya yang berdaun coklat tua, tengahnya merah dan yang polos coklat tua, tapi saya masih bingung saya pernah mendengar kalau yang bisa buat obat itu yang coklat tua polos. Saya mau tanya apa benar begitu? O..ya diminum berapa kali sehari? Saya sedang terapi daun sirsak apa bisa diminum bersamaan? Saya tunggu jawabannya.Terima kasih

    • S Belen Says:

      Dear Uyi, daun mayana yang dimiliki itu juga bisa diminum. Dan, itu saya sudah minum sendiri, juga anggota keluarga besarku dan ternyata batuk sembuh. Menurut tetanggaku orang Manado, memang yang paling berkhasiat itu mayana (miana) yang berkwarna ungu kecokla-coklatan seperti daun bayam merah / ungu. Minumnya ya satu kali sehari. Minum daun mayana sebaiknya terpisah dari minum rebusan daun sirsak. Misalnya yang satu pagi dan yang lainnya di sore hari.

      Yakinlah dan Anda pasti sembuh. Karena jika kita yakin, pikiran atau otak akan memberi perintah kepada gen-gen penyembuh untuk bergerak menyerang / menggempur kuman, bakteri, virus, dan sel-sel kanker, tumor, kista.

    • S Belen Says:

      Dear Uyi, daun mayana yang dimiliki itu juga bisa diminum. Dan, itu saya sudah minum sendiri, juga anggota keluarga besarku dan ternyata batuk sembuh. Menurut tetanggaku orang Manado, memang yang paling berkhasiat itu mayana (miana) yang berkwarna ungu kecokla-coklatan seperti daun bayam merah / ungu. Minumnya ya satu kali sehari. Minum daun mayana sebaiknya terpisah dari minum rebusan daun sirsak. Misalnya yang satu pagi dan yang lainnya di sore hari.

      Yakinlah dan Anda pasti sembuh. Karena jika kita yakin, pikiran atau otak akan memberi perintah kepada gen-gen penyembuh untuk bergerak menyerang / menggempur kuman, bakteri, virus, dan sel-sel kanker, tumor, kista.

  6. Ummahat Inn Says:

    Syukron ats infonx ……..

  7. Harga Hotel Indonesia Says:

    Salam kenal sebelumnya, saya mau tanya apakah daun bila dikeringkan masih mempunyai khasiat yang sama? Mengingat, lendir yang ada di daun ini sudah hilang jika dikeringkan? Mohon informasinya karena saya kesulitan mencari daun ini, sehingga saya memutuskan untuk membeli keringnya di toko herbal..
    Terima kasih atas jawabannya

    • S Belen Says:

      Tentu saja khasiat daun basah dan daun kering berbeda. Khasiat daun kering berkurang. Namun, karena sulit mendapatkan daun ini dan kita keringkan untuk bisa dikonsumsi jangka panjang bisa saja. Karena khasiat yang menurun, dosisnya dalam arti jumlah daun mayana hendaknya ditambah maksimal dua kali lipat daun basah.

      Saya baru pulang dari Merauke, Papua. Ternyata orang Papua berpengalaman banyak dalam memanfaatkan daun ini. Karena daging babi banyak dipakai dalam acara pesta adat, daun miyana digunakan untuk menetralisasi lemak daging ini. Caranya dengan membungkus daging dengan daun ini lalu dimasak.

  8. ifand Says:

    thanks infonya.

  9. primanellaranda@ymail.com Says:

    Apa saja khasiat dari tanaman mayana? Apakah ada dampak negatif dari tanaman mayana? Apakah tanaman mayana bisa dikonsumsi anak yang berusia 6 tahun?

    • S Belen Says:

      Dear Primanellaranda,

      Khasiat daun mayana yang lain adalah untuk menyembuhkan luka lecet pada alat kelamin anak. Pastilah ada banyak khasiat lain. Bisa dibrowse di internet. Yang menarik bagi kami adalah setelah kami dan keluarga coba mengkonsumsi daun mayana, batuk menahun ternyata cepat sembuh. Cespleng! Untuk anak usia 6 tahun tak masalah mengkonsumsi daun mayana. Anak temanku yang masih bayi dibawa berobat balik-balik ke dokter tak sembuh-sembuh. Setelah baca posting ini, ia coba dan ternyata bayinya langsung sembuh. Seeing is believing. Doing is really believing. Selamat mencoba. Semoga cepat sembuh.

  10. Basran Says:

    Dear Mr S Belen…,

    Saya seorang pelaut selalu bepergian ke luar negeri.Pada saat medical check up di salah satu Medical Centre di Jakarta, aku dinyatakan UNFIT sbb pada hasil rontgen paru-paru aku sebelah kanan ada bekas goresan luka,tetapi kata dokter pemeriksa luka itu sudah sembuh dan tidak menular serta tidak perlu mengkonsumsi obat …. Aku jadi resah karena tidak dapat berangkat kerja ke luar negeri…. Yang ingin aku tanyakan: Apakah obat daun mayana juga bisa menghilangkan bekas goresan luka yang ada di paru-paru aku.. ? Mohon jawaban dan sarannya…. Terima kasih….

    Best regards
    Basran..

    • S Belen Says:

      Dear Basran,

      Terus terang saya tidak tahu jawaban apakah daun miana dapat menyembuhkan bekas goresan luka pada paru-paru. Karena barusan kami produksi ramuan herbal Sano, mungkin bisa dicoba karena khasiatnya termasuk menyembuhkan infeksi dan peradangan, termasuk infeksi paru-paru yang sering disebut pneumonia. Bahan Sano adalah bawang putih, cuka apel, madu, jahe, dan lemon. Lihat posting kami yang ada advertorial pada posting ini.

  11. donlinggad Says:

    Untuk anak satu tahun enam bulan boleh gak dikasi mayana kalau batuk..?

    • S Belen Says:

      Dear Don,

      Tampaknya tak masalah memberi ramuan daun mayana kepada anak usia satu setengah tahun. Temanku berkali-kali mengobati bayinya yang batuk menahun kepada dokter tapi tak kunjung sembuh. Setelah membaca blog ini ia mencoba memberi ramuan mayana kepada anaknya dan ternyata tokcer, langsung sembuh. Namun, kalau ragu-ragu, berkonsultasilah kepada bidan atau dokter.

  12. vin Says:

    Mau tanya ini. Kalau lagi hamil 3 bulan dan lagi batuk, apakah bisa minum daun miana ini dicampuir madu?

    • S Belen Says:

      Dear Vin,

      Untuk menjawab pertanyaan Vin terus terang kami tak bisa menjawab sekenanya. Yang lebih bijak adalah bertanya kepada bidan atau dokter yang kompeten tentang obat atau ramuan herbal apa yang dapat dikonsumsi ibu hamil.

      Dulu waktu istriku hamil anak keempat, ia resah berbulan-bulan selama hamil karena pada awal kehamilannya ia terlanjur minum obat sakit kepala Procold tanpa bertanya kepada bidan atau dokter. Syukurlah anak kami sehat dan normal setelah lahir.

      Menghadapi kesulitan ponakan istri yang sedang hamil dan menderita flu berat, ia tak berani minum obat apa pun karena takut berdampak negatif terhadap janin dalam kandungannya. Kami hanya bisa menyarankan ia bertanya kepada bidan atau dokter.

  13. muliwarni Says:

    khasiat daun miyana memang tokcer. Pengalaman saya pulang haji batuk ndak sembuh-sembuh padahal sudah beberapa macam obat telah dicoba namun ternyata dengan daun mjyana langsung satu kali minum air rebusan daun miyana langsung sembuh. Alhamdulillah

  14. candra sri Says:

    Mau tanya bisa tidak sih buat yang kena flek juga? Lalu, kalau dicampur dengan vitamin rasa jeruk bagaimana? Memang di Biak, Papua, banyak yang memberi info yang terkena flek diberi mayana ditambah madu, 1 bulan sembuh. Anak saya telah diobati 6 bulan namun setelah dironsen masih ada. Kasihan minum obat terus. Pingin coba daun ini dan berhenti minum obat flek. Tapi, takutnya berhenti minum obat flek malah tidak berhasil. Karena jika telat 1 hari tidak minum obat, pengobatan harus diulang dari awal.

  15. S Belen Says:

    Dear Chandra Sri,

    Menurut pendapat saya, lebih baik daun mayana dicampur dengan madu akan lebih berkhasiat. Mengenai pengobatan flek anak, sejauh pengetahuan saya obat pengobatan flek dalam 6 bulan itu adalah satu-satunya obat yang mujarab dalam dunia kedokteran sekarang ini. Belum ada obat lain yang lebih baik. Karena itu, sebaiknya anak tetap diberi obat flek mengikuti nasihat dokter. Kalau lupa 1 hari, ulangilah mulai dari awal lagi. Memang kasihan anak. Tapi, mau apa lagi. Inilah risiko yang harus dijalani.

    Pengobatan dengan daun mayana dalam hal ini sebagai tambahan untuk meningkatkan kesembuhan anak agar setelah menggunakan obat flek selama 6 bulan, hasilnya memuaskan.

    Untuk flek, jika anak kehujanan dan bajunya basah, hendaknya baju yang basah cepat dilepas dan badan dikeringkan. Jika naik sepeda motor hendaknya pakai jaket yang tebal, tidak boleh anak langsung terpapar angin kencang, apalagi kalau badannya berkeringat, terkena angin waktu naik sepeda motor sampai bajunya kering.

  16. Sumiman Udu Says:

    Terima kasih atas infonya menganai bunga ini, saya selama ini merasa ada masalah dengan dadaku, dan setelah minum daun itu langsung segar bugar

  17. Livia Says:

    Numpang tanya, apa daun mayana juga bagus untuk orang tua yang ada riwayat maag?? Bolehkah tau cara untuk memperbanyak tanaman ini?? Terima kasih atas infonya ya..

    • S Belen Says:

      Dear Livia,

      Untuk orang tua yang ada riwayat maag, minum air daun mayana tak bermasalah. Menurut pemenang hadiah nobel kesehatan beberapa tahun silam, penyebab maag itu adalah bakteri. Obat yang manjur adalah minum antibiotik selama tiga hari a 3 butir per hari. 1 butir pagi, 1 butir siang, dan 1 butir malam. Dokter-dokter ahli Indonesia pun telah mengakui hasil penelitian 2 pemenang nobel orang Australia ini.

      Cara memperbanyak tumbuhan mayana gampang sekali. Petik tumbuhan ini, satu tangkai misalnya tancap di pot atau di tanah, ia akan mudah tumbuh. Cepat sekali tumbuhan ini berkembang biak.

      Selamat mencoba.

  18. Hotel Murah Diskon Says:

    Pak S Belen, Boleh tahu tidak di mana saya bisa mendapatkan daun Mayana ini? Soalnya, di tempat saya sulit menemukan daun ini. Jika ada yang jual, mohon saya diberi informasinya. Saya sudah googling, belum ada yang menjual daun ini. Ada yang jual dalam bentuk serbuk. Saya pernah mencoba serbuknya, tapi khasiatnya tidak bagus.
    Terima kasih atas jawabannnya.

    • S Belen Says:

      Selama ini saya belum temukan ada yang menjual daun miana. Memang di wilayah tertentu sulit menemukan miana. Cobalah jika ketemu, petik saja dahannya lalu ditanam di tanah atau dalam pot agar jika kita perlukan tinggal petik saja. Miana mudah tumbuh di mana saja dan sering digunakan orang sebagai tanaman hias dekat pagar.

  19. Rini Says:

    Mohon info teman2, di mana beli daun miyana dalam jumlah banyak

    • irma sury Says:

      anak sy waktu umur 3bln terkena pneumonia, dan kata dokter harus diobati slama 6 bln, tp stekah 3 bln berobat sy diberitahu sm teman u mencoba perasan air daun miana, alhamdulillah stelah minum slama seminggu anak sy sembuh, dokter pun sanpai terheran2.

  20. Sunyoto Tinombala Says:

    Yang terhormat Pak S Belen, kalo boleh tahu biasanya untuk mengobati batuk yang menahun dengan menggunakan daun mayanga membutuhkan waktu berapa lama baru bisa sembuh ? Mohon penjelasan, terimakasih

    • S Belen Says:

      Dear Sunyoto,
      Biasanya 1 s.d. 3 kali mengkonsumsi air daun miana batuk sudah bisa sembuh. Namun, berapa kali itu bergantung kepada seberapa parah sakit batuk itu. Hope for the best healing.

  21. thamrin Says:

    Kalau penyakit asma bisa nggak disembuhkan dengan daun miana?

    • S Belen Says:

      Dear Thamrin, Menurut tradisi di Asia, termasuk di Indonesia daun miana bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit asma. Selamat mencoba.

  22. caturhp Says:

    Pak daun Miana itu memang ada berapa macam, Pak? Apakah semuanya mempunyai khasiat yang sama? Saya lihat banyak sekali warna-warna daun Miana. Contohnya yang ada di sini: http://www.kaskus.co.id/thread/517fc0b7db9248840600000a/jual-seed-miana–coleus-import-warna-menarik-harga-bersahabat100-unik/1
    Kalo lihat foto2 itu, mana daun miana yang berkhasiat untuk obat batuk?
    Terima kasih

  23. S Belen Says:

    Dear Catur,

    Terima kasih atas kiriman link yang berisi beragam foto tanaman miana. Dari pengalamanku mencoba minum daun miana, saya pakai daun miana jenis apa saja dan ternyata berkhasiat. Dari cerita orang Manado, miana yang berdaun merah seperti sayur bayam merah itu yang paling berkhasiat.

  24. caturhp Says:

    Dear bp Belen,
    Kata penjual di link itu, tanaman Miana yang dia jual adalah jenis Hibrida untuk tujuan tanaman hias. Apakah tanaman Miana itu boleh kita minum alias tidak beracun pak?
    Saya tertarik untuk membelinya selain untuk tanaman hias bisa juga untuk obat batuk.

    • S Belen Says:

      Dear Catur, Menurut pendapat saya, walaupun yang dijual itu jenis hibrida tampak tak masalah jika dikonsumsi untuk pengobatan penyakit. Daun miana tak hanya berkhasiat menyembuhkan sakit batuk tapi penyakit-penyakit lain juga. Bisa browse di internet untuk pemanfaatan yang lain itu.

  25. Inaya Says:

    Daun miana itu berbeda-beda, ada yang merah ungu kecoklat-coklatan, ada juga yang warnanya merah keungu-unguan campur dengan warna hijau. Yang dipakai buat obat itu tanaman miana jenis apa ya pak ?

    • S Belen Says:

      Dear Inaya,

      Daun miana macam-macam itu pada prinsipnya bisa dipakai untuk mengobati, tapi yang paling manjur adalah yang berwarna ungu / merah seperti bayam merah. Semoga bisa memanfaatkan untuk pengobatan.

  26. dianarchitect Says:

    Wah, ternyata ada daun bernama Mayana ya :D
    https://duniamayana.wordpress.com/

  27. Nidha Al-Niaz Says:

    Dear Pak Belen..
    Saya mau nanya neh pak.
    Apa daun miana ini bagus buat penderita bronkhitis ?

    Saat ini saya sedang menderita penyakit bronkhitis kronis, batuk yang berkepanjangan tak sembuh-sembuh…. Padahal saya sudah minum obat yang diresepkan oleh dokter, tapi tak kunjung sembuh.

    Mohon infonya pak..
    Thanks sebelumnya.

    • S Belen Says:

      Dear Nidha, Menurut laporan miana atau mayana digunakan sebagai obat tradisional di Asia untuk asma, angina (sesak dada), bronkitis, epilepsi, insomnia, ruam kulit, dan berbagai masalah pencernaan. Tradisi berabad-abad ini membuktikan bahwa miana dapat menyembuhkan macam-macam penyakit termasuk bronkitis. Selamat mencoba!

      • Nidha Al-Niaz Says:

        Makasih Atas Infonya. :)

        Skgr Ini Sy Sudah Berobat Daun Miana, Tp Blum Sembuh2 Jg. Apa mungkin, daun miana yg sy taruh dikulkas itu khasiatnya berkurang ?
        Dan gimana takaran dosisnya, 7lembar daun miana itu, mnghasilkan berapa milli liter air ? 1gelas kah ? / 1 sendok teh ?

        Mohon Infonya pak.
        Makasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: