Batang pohon mangga & nangka dibacok dulu baru berbuah banyak. Manusia?

mythhttptipiswebidwp-contentuploads200801myth

Petani di kampung dan desa sudah tahu bahwa batang pohon mangga perlu disayat atau dibacok. Nah, sesudah itu ia akan berbuah banyak.


mangotree-02httpwwwparadisegardensfloridacomimagesmangotree-02

Mengapa pohon mangga berbuah banyak setelah batangnya dibacok?


mangos_on_treeimagesgooglecoid

Berbuah banyak setelah disiksa?


jackfruit_tree1httpbenedikawidyatmokofileswordpresscom200808jackfruit_tree1

Batang pohon nangka pun perlu dibacok baru pohon itu menghasilkan banyak buah?


jackfruit-tree

Di Pulau Belitung petani biasa membacak-bacok batang pohon nangka, sambil mengancam: “Awas kau, kalau tidak berbuah kutebang kau!” Kemudian, pohon nangka yang “ketakutan” itu berbuah banyak.

Mengapa? Penjelasan ilmiah yang saya baca, bahwa dengan demikian batang pohon itu tidak menguras zat makanan. Zat makanan lebih terfokus ke bunga yang kemudian menghasilkan buah. Penjelasan ini belum masuk akal. Bukankah tubuh yang terluka membutuhkan lebih banyak zat makanan untuk memulihkan lukanya? Begitulah cara pikir sederhana orang yang tak ahli.

Apa gunanya pohon mangga atau pohon nangka yang subur dan berdaun rimbun tetapi tidak berbuah? Apa gunanya manusia yang tumbuh sehat, berbadan tegap atau montok tetapi tak menghasilkan karya apa pun yang berguna bagi sesama?  Pengamatan sehari-hari menunjukkan, bahwa orang yang tabah merasakan kesulitan, menghadapi masalah, mengalami tantangan, dan berkali-kali mendapatkan cobaan, dan bahkan sering gagal akan menghasilkan banyak “buah” dalam pekerjaan dan kehidupannya.

Sumber foto:

  1. myth.httptipis.web.idwp-contentuploads200801myth.jpg
  2. MangoTree-02.httpwww.paradisegardensflorida.comimagesMangoTree-02.jpg
  3. mangos_on_tree.images.google.co.id
  4. s8001504.httpriskaworld.comwp-contentuploads200808s8001504.jpg

About these ads

Tag: , , , , , , ,

3 Tanggapan to “Batang pohon mangga & nangka dibacok dulu baru berbuah banyak. Manusia?”

  1. utara19 Says:

    very nice posting… :D

  2. B. AGUSTIARJO Says:

    Mengapa pohon mangga dan nangka jika dibacok baru berbuah banyak? Sepengetahuanku setelah diselidiki dengan saksama, dikarenakan dengan keluarnya getah dari bekas bacokan maka zat-zat makanan yang terkandung dalam getah tsb yang seharusnya untuk pertumbuhan generatif pada pohon tsb tidak jadi karena zat makanan tidak sampai ke ujugn pangkal pohon. Oleh pohon tsb dengan tidak adanya supply makanan tsb maka yg timbul adalah sebaliknya pohon tsb tidak jadi melakukan pertumbuhan generatif melainkan yang muncul adalah pertumbuhan vegetatif dengan munculnya bunga pada pohon tsb. Bunga akan muncul banyak sekali dan secara otomatis buah pun muncul banyak sekali? Belum tentu ! Jika buah yang muncul banyak, maka kita harus memberi makanan kepada pohon tsb juga banyak dengan cara memberi pupuk NPK, DAN obat penguat buah agar bunga tidak rontok. Caranya disemprotkan ke seluruh pohon pakai amnistar dan obat serangga agar tidak ada serangga yang merontokan bunga, dilakukan 1 minggu 2 x sampai bunga menjadi pentil selama 2 bulan aku jamin pasti bunga tsb akan menjadi buah unggulan yang masuk ke supermarket dengan harga tinggi, so pasti coba aja resepku.

    • S Belen Says:

      Terima kasih, Pak Agus atas penjelasannya yang benar-benar masuk akal. Baru sekarang saya mengerti. Karena asupan makanan dihambat dengan membacok batang pohon mangga dan nangka, pohon itu akan segera berbunga dan dari bunga menjadi buah karena fungsi buah adalah menyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan pada waktu hujan tidak turun pada masa paceklik untuk tumbuhan. Tumbuhan itu pintar. Kalau di awal musim kemarau makanan mulai berkurang,tumbuhan segera berbunga dan dari bunga menjadi buah agar tumbuhan itu tidak “kelaparan” pada musim kering.

      Orang di Timor biasanya memprediksi musim kemarau dengan melihat pohon mangga. Jika pohon mangga mulai berbunga, mereka bilang ini tandanya telah mulai datang musim kemarau. Setelah mangga berbuah biasanya petani di Timor merasa terik mentari amat menyengat yang biasa meeka alami pada musim kemarau.

      Semoga pembaca dapat meneruskan informasi dari Pak Agus kepada para petani agar pohon buah-buahannya menghasilkan buah yang bagus yang layak masuk supermarket.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: